5 + 5 Modul Belajar Saham Level Beginner dan Intermediate yang Wajib Diikuti

Share on facebook
Share on linkedin
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
5 + 5 Modul Belajar Saham Level Beginner dan Intermediate yang Wajib Diikuti

Jika kamu saat ini sedang dalam proses belajar investasi saham, apalagi pengin melakukannya secara mandiri, maka kamu harus ditemani oleh modul belajar saham yang tepat. Pasalnya, modul yang tepat akan dapat memberimu ilmu yang akan sangat bermanfaat untuk menemanimu memulai perjalanan investasi demi masa depan yang lebih baik.

Investasi saham belakangan memang semakin populer. Tak hanya para selebriti dan public figure yang secara terang-terangan mengaku berinvestasi saham, bahkan aktivitas ini pun sudah mulai dikenal pula oleh masyarakat luas. Kamu pasti sudah sering baca banyak kisah sukses investasi saham yang dilakukan oleh banyak orang, mulai dari satpam, supir, dan masih banyak lagi.

Kamu pengin menambah daftar panjang investor yang sukses dengan saham? Bisa kok! Semua orang bisa banget meraih kesuksesan dengan saham. Kuncinya adalah belajar saham dengan benar, dan kemudian praktik, karena tak ada guru yang terbaik selain pengalaman. Setuju?

So, untuk menemanimu berproses belajar saham, Ternak Uang punya banyak modul belajar saham yang bisa kamu manfaatkan sebagai bahan pembelajaran nih. Disusun sedemikian rupa agar mudah dipahami oleh investor pemula dan yang masih dalam proses belajar, modul belajar saham dari Ternak Uang pasti akan mudah untuk diikuti.

Modul belajar saham apa saja nih, yang bisa kamu pelajari? Ada banyak, tapi kamu bisa mulai dari modul-modul berikut ini, yang sudah disusun sesuai dengan tingkat kesulitannya yaitu level Beginner dan Intermediate.

Belajar Investasi Kecil-Kecilan dengan 6 Instrumen yang Ramah Pemula

5 Modul Belajar Saham untuk Level Beginner

Saham 101

Saham 101 adalah modul belajar saham pertama yang harus kamu pelajari jika kamu ingin merealisasikan potensi keuntungan saham yang memang besar seoptimal mungkin. Karena, potensi keuntungan saham ini belumlah jadi keuntungan yang sebenarnya jika kamu tak tahu cara kerja saham, bagaimana strategi terbaik untuk berinvestasi, dan bagaimana pengelolaannya dengan benar.

Di sini, kamu akan belajar:

  • Cara kerja saham
  • Bagaimana memilih saham pertamamu
  • Bedanya menjadi investor dan trader, mana yang lebih sesuai untukmu
  • Apa yang harus dilakukan jika kita mengalami gagal dalam investasi saham

Tak hanya itu, di modul belajar saham yang pertama ini, kamu juga akan berkenalan dengan analisis kualitas perusahaan, analisis rasio keuangan, hingga sedikit juga mengenal analisis teknikal.

Laporan Keuangan 101

Jika kamu berniat untuk menjadi seorang value investor sukses, maka akan wajib bagi kamu untuk belajar membaca laporan keuangan perusahaan dengan baik. Dalam laporan keuangan, kita akan menemukan banyak data terkait perusahaan yang dapat membantu kita mempertimbangkan hingga mengambil keputusan investasi dengan tepat.

Dalam modul belajar saham ini, kamu akan belajar:

  • Seluk beluk laporan laba rugi dan arus kas
  • Cara mengecek kesehatan perusahaan
  • Berbagai rasio keuangan yang harus diperhatikan dalam laporan keuangan perusahaan

Kamu juga akan diajak untuk praktik loh, dengan saham-saham properti dan real estate, consumer goods, dan berlatih membandingkan saham-saham yang populer.

Mau Belajar Analisa Teknikal Saham dengan Mudah? Ini Caranya!

Technical Analysis 101

Modul belajar saham berikutnya yang bisa kamu pelajari adalah Technical Analysis 101 yang akan memberimu pencerahan seputar seluk-beluk analisis teknikal saham.

Di sini kamu akan belajar:

  • Bedanya analisis fundamental dan teknikal, serta mengapa belajar analisis teknikal itu penting
  • Trendline, support and resistance, chart parttern, serta candlestick
  • Berbagai indikator yang sering digunakan
  • Teknik fibonacci
  • Mengamati flow

Setelah kamu menyelesaikan modul belajar saham ini, kamu akan dengan mudah dapat menerapkan analisis teknikal untuk menentukan saham mana yang akan kamu transaksikan, hingga mengoptimalkan keuntungan yang bisa kamu dapatkan.

E-IPO

Di Ternak Uang, kamu juga bisa menemukan modul belajar saham khusus tentang e-IPO, atau Electronic Initial Public Offering, yang kini bisa menjadi cara investor retail untuk ikutan beli saham perdana emiten-emiten yang baru melantai di Bursa Efek Indonesia.

Di sini, kamu akan belajar berbagai persiapan dan langkah yang diperlukan untuk ikut IPO secara lengkap.

Belajar Fitur Sekuritas Ajaib

Ada banyak aplikasi trading dan investasi saham yang dapat kamu pilih, salah satunya Ajaib. Ternak Uang menyediakan modul belajar saham khusus buat kamu yang  pengin memanfaatkan aplikasi yang sudah cukup populer ini untuk berinvestasi maupun trading saham.

Di modul ini kamu akan belajar:

  • Mengenal aplikasi Ajaib
  • Membuka rekening dana nasabah (RDN) untuk kemudian bisa kamu gunakan untuk bertransaksi saham
  • Melakukan analisis komprehensif atas saham yang kamu incar
  • Melakukan jual beli saham secara praktis.
5 + 5 Modul Belajar Saham Level Beginner dan Intermediate yang Wajib Diikuti

5 Modul Belajar Saham untuk Level Intermediate

Fenomena di Pasar Saham

Sebagai investor pemula yang ingin naik kelas, pastinya kamu harus mengenal ‘medan perang’-mu. Karena itulah, modul belajar saham yang khusus mempelajari seluk beluk pergerakan pasar saham ini wajib untukmu.

Dalam modul ini, kamu akan belajar tentang:

  • Fenomena yang terjadi setiap bulan di pasar saham
  • Bagaimana mengambil langkah yang paling tepat untuk setiap fenomena yang terjadi

Setelah selesai mempelajarinya, nantinya kamu akan dapat memanfaatkan setiap momen fenomena yang terjadi, hingga dapat memaksimalkan keuntungan yang bisa kamu dapatkan.

Cara Menghitung Nilai Saham

Nilai saham penting untuk kamu ketahui, agar kamu bisa melihat mana saham yang layak dibeli dan tidak. Pasalnya, harga saham di pasaran bisa saja lebih mahal daripada seharusnya karena berbagai sebab. Begitu pula jika yang terjadi sebaliknya; harga saham jauh lebih rendah daripada yang seharusnya.

Membeli saham saat harganya tinggi atau saat harganya rendah pastinya akan memberikan tingkat keuntungan yang berbeda untukmu. Jika kamu membeli saham di harga tinggi, tapi ternyata harus menjual di harga lebih rendah, itu artinya kamu mengalami kerugian.

Dalam modul belajar saham ini, kamu akan belajar tentang:

  • Valuasi dengan beragam jenisnya
  • Cara menghitung nilai saham dengan berbagai metode

Setelah menyelesaikan modul ini, kamu akan dapat menimbang harga saham; apakah terlalu tinggi ataukah cukup rendah sehingga keputusan membeli ataupun menjual saham bisa lebih tepat dan mendatangkan keuntungan untukmu. Kamu perlu menyelesaikan modul Saham 101 dulu ya, untuk bisa belajar modul Cara Menghitung Nilai Saham ini.

Belajar Analisa Fundamental Saham: Ini Prinsip yang Harus Kamu Ketahui

Analisis Fundamental: Top Down Analysis

Modul belajar saham berikutnya di level Intermediate adalah Analisis Fundamental: Top Down Analysis, yang dapat kamu manfaatkan untuk melijat potensi suatu saham ke depannya. Dengan menggunakan teknik analisis ini, kamu akan dapat mengetahui pergerakan ekonomi, industri, dan perusahaan secara lengkap.

Di sini kamu akan belajar:

  • Fungsi analisis fundamental
  • Berbagai komponen analisis fundamental, mulai dari ekonomi, industri, hingga lingkup perusahaan terkait

Corporate Action

Modul belajar saham Corporate Action akan mengajakmu belajar mengenal apa itu aksi korporasi, dan bagaimana memanfaatkannya dengan baik. Hal ini penting, karena sedikit banyak harga saham dapat terpengaruh oleh berbagai aksi yang dilakukan oleh perusahaan terbuka ini.

Dalam modul belajar saham ini, kamu akan mempelajari:

  • Tahu berbagai aksi korporasi yang dilakukan oleh perusahaan-perusahaan terbuka
  • Efek apa yang terjadi akibat aksi korporasi
  • Bagaimana memanfaatkan momen ini untuk mengoptimalkan keuntungan yang bisa didapat

Technical Analysis Level Menengah

Setelah kamu selesai mempelajari modul belajar saham Technical Analysis untuk beginner, maka saatnya kamu melanjutkan proses belajarmu ke modul level menengah ini.

Di sini, kamu akan belajar tentang:

  • Dow Theory
  • Mengenal chart pattern yang lebih rumit
  • Gap
  • Time frame
  • Divergence
  • Transition

Jangan lupa, belajar sambil praktik ya!

Nah, lengkap banget kan, modul belajar saham yang disediakan oleh Ternak Uang?

Karena itu, jangan ketinggalan! Daftar di berbagai academy yang ada di Ternak Uang, pilih topik sesuai kebutuhanmu, mulai dari personal finance, investasi, asuransi, hingga crypto.

Bagikan Via

Share on facebook
Share on linkedin
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp