Mau Join Forum Saham Indonesia? Kenali Dulu 10 Bahasa Gaul Ini!

Share on facebook
Share on linkedin
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Mau Join Forum Saham Indonesia? Kenali Dulu 10 Bahasa Gaul Ini!

Kalau kamu berpikir bahwa yang namanya berinvestasi itu melulu soal penanaman modal dan bagaimana cara mengelolanya, itu memang benar. Tapi, bisa juga dibilang kurang tepat. Terlebih, bila kamu ingin bergabung dalam sebuah atau beberapa forum saham Indonesia yang ada.

Sebelum benar-benar mengambil langkah untuk bergabung dalam suatu forum saham Indonesia tertentu, ada beberapa hal lain yang perlu kamu ketahui juga mengenai saham. Nggak cuma cara kerjanya saja, meski memang ini yang paling penting. Kamu juga mesti berkenalan dengan berbagai istilah saham dan bahasa-bahasa gaul yang memang sering digunakan dalam komunikasi antar investor yang satu dengan lainnya, yang tergabung dalam forum saham Indonesia.

Apakah mengetahui dan memahami bahasa gaul dalam investasi saham adalah hal yang penting? Jawabannya: tentu saja. Komunikasi dan interaksi dengan sesama investor saat berada di bursa atau forum saham Indonesia akan menjadi lebih mudah jika kamu paham dengan benar istilah-istilah yang biasa dipakai.

7 Pertanyaan tentang Saham yang Paling Sering Ditanyakan serta Jawabannya

Kenali 10 Bahasa Gaul Ini Sebelum Join Forum Saham Indonesia

Berikut ini adalah 10 bahasa gaul yang biasa digunakan dalam forum saham Indonesia.

1. Haka

Haka adalah singkatan yang sering digunakan di setiap obrolan dalam forum saham Indonesia yang artinya dari hajar kanan. Maksud hajar kanan di sini adalah langsung membeli saham dengan harga tinggi saat itu juga tanpa perlu mengantre jual pada penjual yang ada pada kolom kanan harga.

2. Haki

Kebalikan dari makna haka, haki adalah singkatan dari hajar kiri. Jika menemukan istilah ini dalam forum saham Indonesia, maka itu artinya langsung saja menjual saham kepada para pembeli yang menunggu giliran di baris kiri.

3. Cuan

Dalam area forum saham Indonesia, dan di dunia saham secara luas, maksud dari kata cuan adalah untung. Hal ini merujuk pada keuntungan yang didapat saat bisa menjual saham dengan harga lebih tinggi dibandingkan dengan harga belinya dulu.

Belajar Jual Beli Saham, Kenali Dulu Setiap Tahapnya!

4. RI

Jangan salah paham, ya. RI di forum saham Indonesia bukan bermakna Republik Indonesia, melainkan singkatan dari right issue. Jika istilah RI digunakan, itu artinya sedang ada perusahaan yang melakukan aksi korporasi yang sedang menerbitkan kembali saham baru, dan menawarkannya hak untuk membeli terlebih dulu pada investor lama sebelum menjualnya pada publik.

5. CL

CL atau Cut Loss, maknanya berhubungan dengan proses penjualan saham secara merugi sebelum harga saham lebih rendah lagi bila dibandingkan dengan harga saat membelinya dulu.

6. FT

FT memiliki kepanjangan fast trade, yang artinya kurang lebih adalah proses jual beli saham dalam jangka waktu yang sangat cepat/pendek. Penggambarannya adalah kamu membeli saham di pagi hari, lalu langsung menjualnya kembali di siang hari. Bisa juga dengan menggunakan jangka pendek, kurang lebih seminggu, dalam dunia trading.

Free Class: Ikut Bandar Saham Jadi Cuan? Masa Sih?

7. FL

FL memiliki korelasi dengan CL. FL merupakan singkatan dari dua kata, yaitu floating loss. Makna dari floating loss yang sering disebut-sebut dalam forum saham Indonesia ini adalah jenis kerugian yang bisa saja dialami saat kamu membeli saham dengan harga tinggi, hingga akhirnya menyebabkan adanya kerugian yang mengambang pada posisi portofolio yang dipegang saat ini.

Kerugian yang mengambang sendiri maksudnya adalah saham tersebut bisa dibilang sebagai sebuah realisasi hanya jika benar-benar sudah dijual.

8. ARA

Istilah ARA merupakan singkatan dari Auto Reject Atas. ARA berarti saham yang berada dalam pergerakan harian pada hari itu menuju/mencapai/berada/pernah berada dalam posisi harga tertinggi yang diperbolehkan dalam perdagangan saham pada hari itu – yaitu pada posisi:

  • + 20% untuk harga saham > Rp 5000 per lembar
  • + 25% untuk harga saham > Rp 200 s/d < Rp 5000 per lembar
  • + 35% untuk harga saham < Rp 200 per lembar

9. ARB

Ada yang dinamakan Auto Reject Atas, maka secara otomatis hadir pula istilah ARB dengan kepanjangan Auto Reject Bawah. Artinya adalah saham pada pergerakan harian di hari itu menuju/mencapai/pernah berada dalam posisi harga terendah. Harga terendah ini merupakan batas harga yang memang diperbolehkan dalam perdagangan saham pada hari itu, yakni menyentuh posisi angka -7% dari harga penutupan saham pada hari sebelumnya.

Mau Join Forum Saham Indonesia? Kenali Dulu 10 Bahasa Gaul Ini!

10. Stock Split

Bahasa gaul terakhir yang perlu kamu tahu sebelum memutuskan untuk join atau bergabung dengan suatu forum saham Indonesia adalah stock split. Dalam dunia saham, stock split merupakan proses menjual atau memecah harga sahamnya menjadi lebih kecil oleh sebuah perusahaan.

Harga saham yang sudah dipecah dengan stock split akan memiliki harga yang lebih rendah. Dengan begitu, saham yang ditawarkan akan berubah bentuk menjadi liquid alias bisa diperjual belikan dengan mudah. Ini terjadi karena harga yang sudah dipecah tersebut menjadi lebih terjangkau oleh beberapa investor, terutama yang pemula. Emiten yang biasanya melakukan stock split adalah perusahaan yang sudah memiliki fundamental bagus dan harga sahamnya sudah mencapai titik tertinggi.

Sebenarnya masih ada banyak istilah dalam bahasa gaul yang bisa kamu pelajari dengan mencari sumbernya pada laman berita sejarah di Google, atau dengan mencari informasi selengkapnya melalui berbagai buku dan jurnal di perpustakaan

Anggap saja ini merupakan hal khusus yang kamu dapatkan sebagai wawasan baru dalam dunia saham, terutama jika kamu ingin bergabung dalam sebuah forum saham Indonesia. Tentunya, hal ini dapat membawa keuntungan tersendiri nantinya buatmu, ya kan?

Kamu juga pasti ingin untuk lebih bisa berkomunikasi dengan nyaman bersama para investor kan?

Kamu juga bisa loh, gabung di community Ternak Uang, dan bisa ajukan pertanyaan tentang saham, investasi, dan seputar keuangan lainnya. Download aplikasinya, dan bergabung bersama ribuan orang lain yang sudah tergabung di dalamnya.

Bagikan Via

Share on facebook
Share on linkedin
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp