7 Langkah Cara Trading Saham Harian untuk Pemula

Share on facebook
Share on linkedin
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
7 Langkah Cara Trading Saham Harian untuk Pemula

Bagi sebagian orang, trading saham masih dianggap sebagai suatu hal yang rumit dipelajari. Bahkan tidak sedikit orang yang mengira cara trading saham hanya bisa dilakukan oleh orang-orang yang memiliki latar pendidikan di bidang ekonomi atau orang-orang yang bergelut di dunia finance consultant saja.

Padahal asalkan ingin belajar, mengasah kemampuan analisis, dan mengetahui langkah-langkah yang tepat, cara trading saham tidak sesulit kelihatannya, kok. Tidak terkecuali secara harian. Meskipun jenis trading yang satu ini terkenal dengan high risk high return-nya, namun masih bisa kok dipelajari oleh pemula. Dan, seiring waktu, pasti bisa dikuasai dengan baik juga.

Kini cara trading saham harian menjadi salah satu jenis trading yang populer dikalangan para trader karena cepatnya keuntungan yang dapat diraih. Meski begitu, perlu diingat bahwa banyak hal yang harus diperhatikan untuk masuk ke dunia trading saham.

Baca juga: Apa Itu Trading? Apa Perbedaannya dengan Investasi?

Nah, buat kamu yang sedang mendalami cara belajar trading harian ataupun ingin mencoba main saham, kamu sudah datang di tempat yang tepat! Artikel ini memuat penjelasan mengenai cara trading saham yang wajib diketahui pemula.

Analisis Teknikal Klasik dan Modern: Mana yang Lebih Baik?

Apa Itu Trading Saham?

Sebelum membahas lebih jauh mengenai cara trading saham harian, sebaiknya kamu ketahui terlebih dahulu tentang apa itu trading saham harian.

Trading saham harian merupakan kegiatan jual beli surat kepemilikan atas perusahaan maupun perseroan terbatas—yang disebut dengan saham—di sebuah platform dengan memanfaatkan fluktuasi harga pasar setiap harinya. Platform yang dimaksud biasanya berasal dari pialang atau broker ataupun sekuritas.

Cara trading saham ada berbagai macam, salah satunya adalah perdagangan harian, atau yang sering disebut trading saham harian. Strategi ini biasanya digunakan oleh trader yang bermain saham dengan cara menjual, membeli, dan menutup posisi mereka dari saham yang sama dalam satu hari perdagangan tunggal. Perdagangan harian ini dilakukan agar dapat menghasilkan keuntungan dalam beberapa menit, jam, atau pada hari berikutnya berdasarkan fluktuasi harian.

Nah, dari sinilah keuntungan hasil trading saham berasal. Karena mengandalkan fluktuasi harian dengan jangka waktu yang sebentar, pundi-pundi cuan dapat diraih dengan jangka waktu yang sebentar pula. Meski begitu, perlu diingat bahwa untuk mendatangkan keuntungan tidak semerta-merta dapat diraih tanpa proses ya! Terdapat sejumlah langkah cara trading saham yang harus dilakukan dan dipahami, terlebih bagi pemula.

Perbedaan Investasi dan Trading: Mana yang Lebih Menguntungkan?

Cara Trading Saham Harian untuk Pemula

Tidak ada hal yang instan di dunia ini, termasuk mendapatkan cuan dengan cara trading saham. Trading saham harian memang dipercaya dapat memberikan keuntungan dalam waktu yang terhitung singkat bagi pelakunya.

Namun jika tidak berbekal ilmu dan pengetahuan cara trading saham yang mumpuni, alih-alih untung, maka kerugianlah yang akan membanjiri portofoliomu! So, seperti apa sih, cara trading saham harian yang tepat untuk dilakukan pemula? Simak tipsnya berikut ini!

1. Memperkaya Ilmu

Memperkaya ilmu cara trading saham sebelum praktik adalah hal wajib yang harus dilakukan pemula sebelum benar-benar terjun. Cara belajar trading sebaiknya dipelajari secara berurutan, mulai dari hal dasar hingga yang lebih kompleks. Kamu bisa mulai dari mempelajari prosedur dasar trading, membiasakan diri mengikuti berita bisnis dan ekonomi, hingga cara analisis teknikal saham.

Baca juga: Simulasi Trading Saham: 7 Pilihan Aplikasi dan Tips Terbaiknya

2. Tentukan Anggaran

Ketika sudah memutuskan, buat bujet dan sisihkan khusus untuk trading. Pastikan kamu hanya menginvestasikan sejumlah uang yang sudah diperhitungkan dan masih dalam batas wajar jika kehilangan uang tersebut.

Jangan pernah menggunakan uang yang seharusnya dialokasikan untuk kebutuhan sehari-hari, dan pastikan juga kamu sudah memiliki dana darurat yang sehat.

Hal lainnya yang harus diperhatikan adalah kamu harus menilai berapa banyak modal yang kamu sediakan untuk mengambil risiko di setiap trading. Karena cara trading saham harian ini memiliki risiko tinggi, kamu harus siap jika sewaktu-waktu merugi.

3. Cari dan Pilih Akun Pialang atau Broker yang Sesuai

Setelah menentukan anggaran yang akan dipakai untuk trading saham, selanjutnya kamu bisa mencari akun pialang dan broker yang sesuai dengan kebutuhanmu.

Pialang atau broker merupakan individu atau perusahaan yang berperan sebagai perantara jual beli saham di pasar modal. Pialang atau broker biasanya bekerja di sebuah perusahaan yang menjalankan aktivitas jual beli saham dan bekerja sesuai dengan etika bursa.

Di era digital seperti sekarang, sudah banyak pialang atau broker yang menawarkan jasa perantara jual beli saham online dan menawarkan berbagai kemudahan, seperti membantu menganalisis indeks saham. Karena pialang atau broker merupakan perantara transaksi menjual dan membeli saham atas nama kamu, maka pastikan pilih pialang atau broker terbaik yang sudah terdaftar di OJK dan menjadi anggota bursa. Hati-hati terhadap pialang atau broker abal-abal yang menawarkan investasi bodong dengan modus titip dana ya! Kamulah yang bisa membeli saham untukmu sendiri.

4. Investasikan Waktu

Cara trading saham—terutama trading saham harian—dapat menyita waktu, karena harus memanfaatkan fluktuasi harga pasar setiap harinya.

Jika kamu ingin menjadi seorang trader saham harian yang sukses, maka wajib investasikan waktu untuk memantau perkembangan saham setiap harinya. Pasalnya, spot opportunities bisa muncul kapan saja. So, kalau kamu sering melihat banyak orang rela melepaskan pekerjaan utamanya dan fokus menjadi trader saham harian, maka hal itu menjadi wajar saja rasanya.

7 Langkah Cara Trading Saham Harian untuk Pemula

5. Mulai dari yang Kecil Dulu

Selain belajar cara trading saham, salah satu kunci kesuksesan seorang trader adalah belajar dari pengalaman.

Sebagai pemula, kamu bisa memulai pengalaman trading dari bermain saham yang kecil dulu. Coba fokus pada maksimal satu hingga dua saham saja selama sesi perdagangan. Seiring berjalannya waktu, kamu akan semakin terbiasa melacak dan menemukan peluang dari beberapa saham. Setelah mulai memahami polanya, kamu baru bisa perlahan mencoba fokus melihat saham-saham lainnya.

6. Tentukan Waktu Terbaik untuk Trading

Salah satu cara trading saham yang paling kunci adalah menentukan timing dan strategi yang tepat. Trader-trader saham harian berpengalaman biasanya lebih cepat mengenali pola, mengeksekusi saham dengan tepat, dan berujung pada cuan saat jam sibuk di pagi hari bursa dibuka.

Lain halnya dengan pemula, sebaiknya jangan terlalu terburu-buru mengambil keputusan. Disarankan untuk hanya membaca pasar dan melihat harga saham tanpa membuat gerakan apa pun dulu selama 15 hingga 20 menit pertama saat pasar dibuka. Meskipun biasanya jam sibuk di pagi hari memiliki banyak peluang, bagi pemula sebaiknya coba membaca pasar dulu agar tidak salah langkah.

7. Tetap Tenang dan Sabar

Cara trading saham harian memang bisa memberi peluang menambah pundi-pundi rupiah dengan jangka waktu yang terbilang cepat. Meski begitu kembali lagi pada prinsip ‘tidak ada yang instan di dunia ini, termasuk mendapatkan cuan dengan cepat’, apalagi kamu masih seorang pemula. Wajar saja jika kamu mengalami kebingungan, melakukan kesalahan, atau sampai mengalami kerugian.

Selain harus memiliki ilmu dan strategi yang mumpuni, seorang trader juga dituntut untuk selalu bisa mengelola emosinya. Pastikan tetap tenang dan sabar selama melakukan trading. Karena keputusan harus diatur oleh logika, bukan emosi. Jadikan semuanya sebagai pengalaman dan pelajaran berharga dalam menjadi seorang trader yang cerdas.

Baca juga: 3 Trading Strategy yang Perlu Kamu Ketahui

Nah, itu dia ulasan mengenai cara trading saham untuk pemula.

Kalau kamu tertarik belajar lebih lanjut tentang trading ataupun investasi saham, kamu bisa gabung jadi member Ternak Uang dan mengikuti Ternak Uang Academy! Sebagai platform digital yang bergerak di bidang finansial, Ternak Uang menyediakan ribuan konten edukasi investasi dengan berbagai instrumen bagi investor pemula, termasuk trading saham.

Yuk, gabung jadi member Ternak Uang! Ada banyak keuntungan yang bisa kamu dapatkan, mulai dari akses video modul-modul pembelajarajn, ikutan berbagai event, dan masih banyak lagi! Segera daftarkan dirimu, dan mulai langkah pertama untuk sukses menjadi trader!

Bagikan Via

Share on facebook
Share on linkedin
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp