6 Cara Trading Saham Harian Biar Dapat Cuan Besar

Share on facebook
Share on linkedin
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
6 Cara Trading Saham Harian Biar Dapat Cuan Besar

Trading saham untuk pemula lagi marak dibicarakan di kalangan generasi milenial dan gen Z karena terbukti bisa meraup cuan besar jika tahu caranya. Dan cara trading saham harian ini juga menjadi populer karena kamu bisa mendapatkan keuntungan besar dalam jangka waktu yang pendek.

Sekarang ini, masyarakat sudah mulai melek akan literasi keuangan, walau angkanya masih jauh belum mencapai titik ideal dan tertinggal dari negara tetangga. Bagian menggembirakan dari jalannya edukasi keuangan ini adalah naiknya angka investor dua tahun belakangan ini. Semakin banyak yang mulai sadar salah dua cara untuk memperbanyak aset adalah dengan berinvestasi dan trading.

Dulu cara trading saham harian seperti ini akan dipandang sebagai hal yang haram, judi, banyak ruginya. Namun, seiring edukasi mulai dijalankan, perlahan masyarakat pun paham bahwa trading tidak seburuk anggapan tersebut.

Memang benar adanya bahwa cara trading saham harian bisa mendatangkan cuan yang cukup besar. Kendati demikian, kamu mesti hati-hati ya karena jika salah strategi, maka kerugianmu pun tidak sedikit.

Apabila kamu berniat untuk terjun ke dunia trading, sebaiknya memahami dasarnya terlebih dahulu dan cara trading saham harian yang benar. Berikut ulasannya.

Analisis Fundamental Saham: Pengertian dan 6 Strategi Terbaiknya

Pahami Cara Trading Saham Harian

Memutuskan untuk investasi saham, kamu bisa memilih untuk menjadi investor apabila memiliki tujuan keuangan jangka panjang, atau menjadi trader jika ingin mendapatkan imbal hasil dengan jangka waktu pendek. Keduanya sah-sah saja dilakukan, tapi kamu harus memiliki dasar pengetahuan yang cukup agar tidak terjebak dari sekadar ikut-ikutan atau salah membuat strategi. Jika itu yang kamu lakukan, efeknya, kamu akan mengalami kerugian yang lumayan besar.

Baca juga: Investasi atau Trading Saham, Mana yang Lebih Menguntungkan?

Pengertian cara trading saham harian adalah kegiatan jual beli saham di sebuah platform digital dengan memanfaatkan fluktuasi harga pasar setiap hari.

Sebelum memulainya, kamu mesti tahu terlebih dulu cara kerja trading saham harian berikut ini.

Memiliki frame waktu yang singkat

Walaupun cara trading saham harian merupakan bagian dari investasi tapi kedua hal ini memiliki cara kerja berbeda.

Investasi, cara kerjanya kamu menyetorkan dana hari ini, tapi imbal hasilnya akan didapatkan dalam jangka waktu menengah dan panjang. Mulai dari 3 tahun hingga 10 tahun, semua bervariasi tergantung tujuan investasi.

Sedangkan hasil dari cara trading saham harian bisa kamu peroleh dalam kurun waktu yang singkat, yaitu harian. Contohnya, kamu menyetorkan dana ke platform trading di pagi hari, kemudian beli saham yang berpeluang mendatangkan cuan. Setelah harga saham berada di titik tertinggi di siang atau sore hari, maka kamu bisa menjualnya saat itu juga.

Semoga paham ya.

Seorang trader wajib untuk bisa menganalisis

Cara trading saham harian itu berbeda dengan judi. Karena dalam trading, seorang trader wajib untuk terampil menganalisis pasar.

Di trading, kamu tidak bisa sembarang loh menyetorkan dana ataupun memilih saham. Hal yang wajib untuk kamu lakukan adalah menganalisis pasar terlebih dulu. Dimulai dengan mengamati saham yang berpotensi mendatangkan keuntungan, juga kapan waktu terbaik jual dan beli saham.

Jika kamu tidak bisa menganalisis saham dengan tepat, maka siap-siap saja untuk mendapatkan kerugian.

Prinsip buy and sell

Di investasi saham, kamu membelinya hari ini, maka kamu tidak bisa jual di hari yang sama. Pasalnya, imbal hasil baru akan terlihat di jangka waktu panjang.

Di trading, seorang trader harus menggunakan prinsip buy and sell, yaitu kamu membeli di saat harga murah, dan jual di hari yang sama apabila harga sudah tinggi.

Jika sudah memahami cara kerja trading saham harian, berikut ini beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan cuan besar.

Capital Markets: Pengertian dan 2 Jenisnya yang Wajib Kamu Pahami

6 Cara Trading Saham Harian Biar Dapat Cuan Besar

1. Harus ada trading plan

Sama halnya dengan investasi, salah satu cara trading saham harian juga mewajibkan kamu untuk memiliki rencana. Trading plan adalah rencana perdagangan saham yang akan dijadikan pedoman bagi investor maupun trader dalam melakukan transaksi jual beli saham di Bursa Efek Indonesia.

Ada empat komponen utama trading plan, antara lain:

Daftar saham untuk trading

Ini kamu peroleh dengan cara menyeleksi saham ‘potensial’ yang ada di bursa efek disesuaikan dengan kriteria kamu. Tips cara trading saham harian, sebaiknya kamu cari saham yang pergerakan harganya cepat.

Titik entry atau buy

Ini adalah momen saat kamu beli saham ketika harganya mencapai level tertentu.

Titik exit (sell)

Momen yang tepat untuk menjual saham saat harganya naik sekian persen dari harga beli untuk mendapatkan keuntungan (take profit).

Cut loss

Titik cut loss adalah menjual saham saat harganya turun sekian persen dari harga pembelian, tujuannya untuk mengurangi kerugian yang akan dialami.

Perlu diingat bahwa trading plan tidak boleh dibuat sembarangan untuk menghindari kerugian, apalagi kalau sekadar ikut-ikutan dengan orang lain. Sebuah trading plan yang baik ketika disusun berdasarkan hasil analisis fundamental dan teknikal saham yang dilakukan secara cermat.

Baca juga: Trik Trading Saham Online untuk Keuntungan Optimal

2. Harus perhatikan risk/reward tiap trade

Risk Reward Ratio (R/R Ratio) merupakan indikator yang akan digunakan dalam mengukur perbandingan antara risiko dan potensial profit di sebuah trading. Risk Reward Ratio ini bisa diperoleh dengan cara membagi risiko kerugian dengan potensi keuntungan trading berdasarkan trading plan yang sudah kamu susun.

3. Jalankan trading plan dengan disiplin

Untuk apa mempelajari cara trading saham harian dan membuat trading plan apabila kamu tidak bisa menjalankannya dengan disiplin?

Memang sih, disiplin untuk menjalankan trading plan itu tidaklah mudah. Apalagi sifat dasar manusia yang cenderung membuat keputusan berdasarkan emosi daripada akal sehat.

Meskipun terbilang sulit teruslah berusaha agar kamu terbiasa. Selain itu, jangan lupa untuk terus evaluasi berkala trading plan kamu ya, agar sesuai dengan tujuan keuangan, kondisi pasar saat ini, juga profil risiko.

6 Cara Trading Saham Harian Biar Dapat Cuan Besar

4. Lakukan manajemen keuangan

Cara trading saham harian yang tidak boleh dilewatkan adalah kamu harus memiliki manajemen keuangan yang baik. Manajemen keuangan di trading adalah strategi kamu dalam mengelola dana trading saham yang tersedia agar tidak habis. So, kamu harus belajar keuangan agar bisa mengelola dana dengan baik.

Manajemen keuangan trading saham bisa kamu lakukan dengan beberapa cara seperti:

  • Pisahkan dana yang akan dipakai untuk trading
  • Batasi jumlah saham yang akan dibeli
  • Diversifikasi sebagai bentuk mitigasi risiko
  • Disiplin take profit dan cut loss sesuai trading plan yang disusun
  • Mengurangi atau memperbesar modal trading saham tertentu yang disesuaikan kebutuhan

5. Pilih aplikasi trading terpercaya

Sekarang ini ada banyak platform trading yang beredar di Google PlayStore dan App Store, kamu harus jeli dan jangan mudah tertipu dengan aplikasi trading yang memberikan tawaran tidak masuk di akal. Pasalnya, tren trading yang lagi hits selalu dimanfaatkan oleh oknum-oknum tertentu untuk meraup keuntungan dengan melakukan penipuan atas nama aplikasi trading.

Sebaiknya memilih aplikasi trading yang sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan, seperti Stockbit, Indopremier, Ajaib, dan lain-lain.

Baca juga: Memilih Aplikasi Trading Saham Terbaik, Ini yang Harus Diperhatikan

6. Sabar

Cara trading saham harian memang bisa mendatangkan keuntungan yang besar. Namun perlu diingat, ini tidak bisa terjadi secara instan apalagi kalau kamu baru trader pemula. Untuk itu, kamu perlu bersabar dan terus belajar agar bisa menyusun trading plan dengan baik dan memilih saham terbaik untuk bisa mendapatkan keuntungan.

Lakukan cara trading saham harian dengan cermat agar kamu bisa memaksimalkan keuntungan. Dan sekali lagi, hindari tren ikut-ikutan ya karena di trading maupun investasi itu bukan arena tebak-tebakan, tapi ada ilmu yang mesti dipelajari untuk menciptakan strategi, memaksimalkan keuntungan dan meminimalkan potensi kerugian.

Selamat trading!

Yuk, gabung jadi member Ternak Uang! Ada banyak keuntungan yang bisa kamu dapatkan, mulai dari akses video modul-modul pembelajaran, ikutan berbagai event, dan masih banyak lagi! Segera daftarkan dirimu, dan mulai langkah pertama untuk sukses menjadi investor!

Bagikan Via

Share on facebook
Share on linkedin
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp