8 Cara Sukses Trading Saham Harian bagi Pemula

Share on facebook
Share on linkedin
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
8 Cara Sukses Trading Saham Harian bagi Pemula

Tertarik untuk menjadi day trader saham sukses yang bisa raih cuan besar dalam waktu singkat? Kedengarannya memang sangat menggiurkan, namun di balik itu trading saham harian juga bisa membuat seorang trader jungkir balik ketika volatilitas pasar menurun drastis. Lantas, adakah cara sukses trading saham harian yang akurat bagi pemula?

Kamu bisa menemukan jawaban pertanyaan tersebut sekaligus tips tradingg saham terbaik di artikel ini. Sebelum itu, perlu kamu ketahui bahwa ada konsep perdagangan jual beli saham harian atau yang biasa dikenal day trading. Day trading adalah perdagangan sekuritas baik itu membeli saham maupun menjual di hari yang sama dengan tujuan memperoleh keuntungan dalam waktu singkat.

Di akhir periode perdagangan harian, trader menutup posisi mereka dan mengetahui dengan langsung keuntungan atau kerugian yang didapat. Main saham begini cukup populer untuk investasi saham jangka pendek.

Baca juga: Swing Trading: Pengertian, Risiko, dan Tips Terbaiknya

Namun, risiko di balik day trading pun cukup besar karena volatilitas pasar dapat menjadikan nilai saham turun hingga merugikan trader dalam waktu singkat. Kamu bisa memulai trading harian dengan modal kecil sehingga psikologis kamu pun lebih stabil saat terjadi pergerakan nilai.

So, penasaran bagaimana cara sukses trading saham harian? Kalau iya, ikuti trading saham terefektif agar bisa sukses menjadi seorang trader berikut ini.

Analisis Teknikal dan Fundamental: Apa Bedanya dan Mana yang Lebih Baik?

8 Cara Sukses Trading Saham Harian

Ada banyak cara sukses trading saham harian, atau day trading ini. Jadi, kamu bisa memilih mana yang terbaik, yang sesuai dengan kebutuhanmu.

Berikut ini merupakan cara sukses trading saham harian yang paling penting, khususnya untuk mengelola risiko substansial yang melekat pada day trading ini.

Gunakan Uang Dingin dan Awali dengan Modal Kecil

Cara sukses trading saham harian pertama adalah mulailah dengan uang dingin atau uang “nganggur”. Jangan melakukan trading menggunakan dana darurat, cicilan utang, atau dana lain yang sudah mau dipakai. Kondisi pasar bisa naik turun drastis, sehingga kamu harus siap jika rugi dan kehilangan uang.

So, penggunaan uang dingin adalah hal utama di sini.  Sisihkan sejumlah uang, tidak perlu terlalu besar untuk trading pertamamu. Terutama saat kamu memulai, kamu bisa saja membuat kesalahan dan kehilangan uang saat transaksi.

Tentukan Profil Risiko

Cara sukses trading saham harian tak lepas dari bisa tidaknya kamu memastikan seberapa besar risiko yang bisa kamu ambil. Hal ini karena besaran risiko sejalan dengan potensi keuntungan, begitu pun sebaliknya. Artinya jika ingin banjir cuan, kamu juga harus siap dengan apap un risiko yang bisa menjadi ancaman asetmu.

Pasang Angka Cut Loss dan Setting Limit Order

Salah satu rahasia cara sukses trading saham harian yang dilakukan investor profesional adalah memberikan toleransi kerugian maksimal hingga 2% per transaksi. Namun, jika modal yang kamu keluarkan lebih kecil, maka lebih baik kurangi juga persentase toleransi kerugian tersebut agar modal tidak tergerus cut loss.

Selain itu, atur limit order untuk menjual dengan harga tertentu. Hal ini berguna ketika harga saham terlalu jatuh, jadi saham tetap terjual dengan batas toleransi risiko yang kamu atur di awal.

Pahami Analisis Saham dengan Baik

Setiap investasi memerlukan strategi agar dapat berjalan sesuai dengan tujuan keuangan. Begitu pun dengan cara sukses trading saham harian ini, kuncinya terletak pada kepiawaian trader untuk menganalisis saham sebelum melakukan transaksi jual beli. Minimal, perlu untuk memahami konsep analisis teknikal.

Selain itu, kamu juga bisa menambah pemahaman tentang aset incaran dengan analisis fundamental. Untuk mempelajarinya, kamu bisa dengan mudah mencari informasi tentang saham tertentu dan cara menganalisisnya lewat platform keuangan.

Baca juga: Analisis Teknikal dan Fundamental: Apa Bedanya dan Mana yang Lebih Baik?

Pilih Saham Terbaik, Hindari Saham Gorengan

Kamu bisa menemukan berbagai jenis aset saham yang menarik di pasar saat trading. Pilihlah saham yang sesuai dengan kebutuhan dan tujuan keuangan kamu adalah salah satu cara sukses trading saham harian.

Trader pemula disarankan untuk menghindari saham gorengan atau emiten dengan market cap yang kecil. Pasalnya, akan sulit terbaca pergerakannya dan berisiko tinggi.

Jangan Gegabah, Lakukan dengan Teliti dan Sabar

Trading harian adalah kegiatan mengadu strategi dan rencana bagi setiap trader. Maka kamu perlu berhati-hati dalam setiap pengambilan keputusan. Ini merupakan cara sukses trading saham harian yang penting, sehingga kamu tidak mudah terprovokasi suatu momen apalagi influencer.

Buatlah rencana sematang mungkin, yaitu dengan up to date terhadap segala informasi yang berkaitan. Trader memang harus cepat tanggap menyikapi pasar, namun pastikan keputusanmu diambil dengan tepat. Di sisi lain, kamu juga harus bersabar karena untuk memperoleh keuntungan besar tidak ada yang instan.

Bersikap Realistis terhadap Keuntungan

Kondisi market yang sedang bullish sering kali memengaruhi trader, sehingga momentum untuk memperoleh profit malah terlewat karena salah perhitungan. So, cara sukses trading saham harian lain yang perlu diperhatikan adalah tetaplah bersikap realistis untuk meraih cuan. Trader yang tamak justru akan berujung pada kerugian.

Saat trading, kamu harus fokus dan hindari ekspektasi berlebih terhadap aset. Pastikan untuk mengatur ekspektasi di angka yang realistis agar tidak telat dalam memilih momentum dan mengambil profit.

Pahami Dinamika Pasar Sebelum Pasang Penawaran

Pastikan kamu sudah membaca kondisi pasar termasuk pola pergerakan suatu saham. Jika diperhatikan, kamu mungkin menyadari di waktu tertentu pasar saham dibuka merah lalu kembali ke hijau dan bergulir terus.

Atau mungkin di jam tertentu pasar lebih fluktuatif, di lain waktu justru terjadi break out industri yang memungkinkanmu bisa mengambil keuntungan dalam kondisi tersebut. Jadi, ini dia cara sukses trading saham harian lain yang bisa kamu pelajari: perhatikan dinamika pasar sebelum memasang penawaran saat transaksi. Tak lupa untuk perhatikan data historis suatu emiten yang kamu incar.

8 Cara Sukses Trading Saham Harian bagi Pemula

Kenali Strategi Cara Sukses Trading Saham Harian

Ada beberapa strategi cara sukses trading saham harian yang biasanya direkomendasikan atau digunakan oleh day trader berpengalaman dan bisa kamu sontek.

1. Breakout

Strategi breakout mengacu pada fluktuasi yang cukup besar dan di harga saham yang relatif tidak bergerak untuk waktu yang lama. Contoh saham selama beberapa minggu terakhir harganya tidak bergerak, tiba-tiba kamu menyadari harganya turun atau naik secara dramatis. Artinya ini saat yang tepat untuk berdagang karena volatilitas seperti itu menarik bagi day trader.

2. Scalping

Scalping adalah aktivitas menjual saham dengan segera setelah perdagangan menjadi menguntungkan. Cara kerjanya tidak terlalu rumit dalam hal kapan harus menjual saat perdagangan harian. Scalping juga disebut sebagai mengambil keuntungan dari “spread”, karena trader mendapat untung dari selisih antara harga yang diminta penjual dan penawaran pembeli.

3. Momentum

Strategi trading momentum didasarkan pada berita dan informasi yang sedang tren. Baik itu laporan pendapatan baru atau berita terkini terkait suatu saham. Day trader menggunakan suatu tren untuk memproyeksikan naik dan turunnya saham. Tetapi, strategi ini membutuhkan riset mendalam agar mendapatkan kesimpulan terbaik. Strategi momentum bisa menjadi pilihan yang baik untuk pemula.

4. Fading

Strategi fading adalah kegiatan menjual saham ketika harga naik dengan cepat sehingga keuntungan dapat diperoleh dari margin yang cukup. Caranya dengan memasukkan harga penawaran di satu titik tertentu ketika trader siap membeli lagi. Asumsinya, harga sedang mengalami overbought, bandar ambil untung, investor ketakutan, dan jajaran investor yang kena FOMO berbondong-bondong tidak mau tertinggal.

5. Daily Pivots

Sejumlah aset memiliki harga yang terus mengalami volatilitas tinggi, bahkan range hariannya terbilang besar. Aset tersebut bisa jadi pilihan yang pas untuk menjadikannya sebagai cara sukses trading saham harian dengan menggunakan daily pivots. Kamu hanya perlu pasang penawaran dengan harga terendah harian, lalu jual dengan harga tertinggi.

Baca juga: Simulasi Trading Saham: 7 Pilihan Aplikasi dan Tips Terbaiknya

Sebelum Berinvestasi, Pahami Dulu Apa itu IHSG dan Seluk-beluknya!

Selain strategi di atas, masih banyak cara sukses trading saham harian lain yang bisa kau coba telaah dan gunakan. Ingat, meski terlihat sederhana, day trading tidaklah mudah yang dibayangkan. Bahkan ada beberapa kompleksitas yang memerlukan penelitian mendalam bagi day trader pemula. Jika kamu memutuskan untuk menjadi day trader, penting untuk dipahami bahwa trading saham bukanlah skema cepat kaya.

Akan ada kemungkinan ketika kamu akan kehilangan uang dan tidak semua strategi trading akan membuahkan hasil seperti yang diharapkan. Untuk menjadi day trader yang sukses, kamu harus bersedia bekerja keras dan meluangkan waktu lebih banyak untuk memahami pasar, mengembangkan strategi, dan menjalankan rencana secara konsisten dari waktu ke waktu.

Apabila kamu tertarik untuk belajar investasi dan membutuhkan informasi lain mengenai dunia investasi, silakan bergabung dengan academy Ternak Uang. Sebagai platform digital yang bergerak di bidang finansial, Ternak Uang menyediakan ribuan konten edukasi investasi dengan berbagai instrumen bagi investor pemula.

Yuk, gabung jadi member Ternak Uang! Ada banyak keuntungan yang bisa kamu dapatkan, mulai dari akses video modul-modul pembelajaran, ikutan berbagai event, dan masih banyak lagi! Segera daftarkan dirimu, dan mulai langkah pertama untuk sukses menjadi investor!

Bagikan Via

Share on facebook
Share on linkedin
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp