5 Instrumen Investasi Halal dan Menguntungkan di Tahun 2022

Share on facebook
Share on linkedin
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
5 Instrumen Investasi Halal dan Menguntungkan di Tahun 2022

Kamu tertarik untuk berinvestasi namun masih ragu apakah investasi halal atau tidak? Tenang saja, ada beberapa instrumen investasi ini yang dapat kamu pilih, lho. Investasi ini tentunya berbasis syariah, yang dalam pengelolaan dananya dilakukan berdasar pada syariah agama Islam.

Hadirnya instrumen investasi syariah di tengah masyarakat, membuat masyarakat yang beragama Islam dapat berinvestasi dengan tenang dan nyaman. Namun, sebelum kamu mengetahui apa saja instrumen yang dapat dipilih oleh kaum muslim, alangkah baiknya apabila kamu mengenal lebih dalam apa itu investasi halal.

3 Tips Memulai Investasi Halal, Datangkan Keuntungan Sesuai Ajaran Agama

Apa Itu Investasi Halal?

Pada dasarnya, investasi yang sesuai syariat Islam ini memiliki definisi yang mirip dengan pengertian investasi pada umumnya.

Baca juga: Apakah Investasi Saham Halal? Ini Penjelasan dan 5 Tips Terbaiknya

Investasi adalah sebuah aktivitas menempatkan modal baik dalam bentuk uang maupun aset berharga lainnya dengan harapan mendapatkan imbal hasil yang optimal dalam kurun waktu tertentu. Sementara itu, investasi halal merupakan sebuah jenis investasi yang dilakukan berdasar pada syariah Islam dalam pengelolaan dananya.

Melansir dari berbagai sumber, aktivitas investasi menurut agama Islam hukumnya halal dan sudah ada anjurannya dalam Alquran dan Hadist. Lebih dari itu, ternyata sudah banyak kisah yang mengisyaratkan untuk mengelola keuangan sehingga aktivitas investasi ini dihalalkan dalam Islam. Terlebih, di Indonesia sendiri sudah terdapat regulasi mengenai investasi syariah. Cukup menarik bukan?

Tidak dapat dimungkiri bahwa investasi merupakan langkah awal untuk mencapai financial independent. Oleh karena itu, sebelum kamu memutuskan untuk benar-benar terjun ke dunia investasi halal, maka kamu perlu memahami aturan main yang berlaku dalam dunia investasi.

Investasi syariah sering dianggap lebih minim risiko dibandingkan pilihan investasi saham konvensional, sehingga lebih aman. Pasalnya, dalam investasi halal atau investasi syariah ini seluruh informasi dan ketentuan terbuka untuk investor, mulai dari akad hingga bagi hasil. Semuanya transparan, sesuai kaidah syariah Islam.

Umumnya, investasi halal ini dikelola di tempat-tempat yang sebagian besar digunakan untuk kepentingan umum. Nah, hal inilah yang membuat risiko dalam investasi syariah tergolong lebih rendah dibandingkan dengan yang lain. So, apakah kamu tertarik untuk terjun ke dunia investasi halal?

Meskipun demikian, kamu juga harus tetap menyesuaikannya dengan tujuan keuangan dan profil risiko, lho. Jangan asal FOMO saja.

Apakah Investasi Saham Halal? Ini Penjelasan dan 5 Tips Terbaiknya

5 Instrumen Investasi Halal yang Berpeluang Memberikan Cuan Optimal di Tahun 2022

Usai mengetahui apa itu investasi halal dan anjurannya dalam Islam, berikut adalah beberapa instrument investasi halal yang dapat kamu jadikan referensi dalam mencapai financial independent.

Baca juga: 3 Tips Memulai Investasi Halal, Datangkan Keuntungan Sesuai Ajaran Agama

Emas

Instrumen investasi halal yang pertama adalah emas. Investasi emas ini memang sudah menjadi primadona di kalangan investor, baik investor pemula maupun professional. Emas dianggap sebagai instrumen yang tahan terhadap krisis dan inflasi, membuat instrumen investasi yang satu ini relatif rendah risiko dibandingkan dengan lainnya.

Dalam syariah Islam, emas dapat dijadikan investasi halal apabila wujudnya benar-benar ada. Selain itu, emas juga tidak diperjualbelikan dengan skema keuangan yang berbahaya seperti Ponzi.

Kemudian MUI mengeluarkan aturan dan memperbolehkan transaksi jual beli emas secara kredit. Dengan catatan, selama perjanjian harga jualnya tetap sama dan tidak dijadikan jaminan lain yang menyebabkan perpindahan kepemilikan.

Sukuk Ritel

Sukuk ritel merupakan salah satu jenis Surat Berharga Negara atau SBN yang berbasis syariah. Nah, instrumen investasi syariah yang satu ini memberikan imbal hasil yang disebut kupon. Kupon ini akan dibayarkan kepada nasabah di setiap bulannya.

Sukuk ritel adalah SBN yang dikelola penuh dengan prinsip syariah, sehingga terbebas dari riba dan maisir atau judi. So, kamu tidak perlu khawatir dan merasa “bertaruh” terhadap modal investasi yang ditanamkan pada instrumen investasi yang satu ini.

Alih-alih mengambilnya sebelum jatuh tempo, sebaiknya sukuk ritel ini dipegang hingga jatuh tempo agar keuntungan yang kamu dapatkan optimal, ya.

Properti Syariah

Properti syariah berarti berinvestasi pada properti, seperti tanah dan bangunan dengan berbasis syariah. Secara syariah Islam, berinvestasi properti seperti tanah dan bangunan termasuk dalam kategori investasi halal. Mengapa demikian?

Karena dengan berinvestasi properti, kamu tidak hanya memberikan uang untuk menghasilkan return yang lebih banyak, melainkan kamu juga menjual atau menyewakannya.

Sudah banyak pula yang menilai, bahwa nilai jual tanah dan bangunan ini cenderung naik di setiap tahunnya, sesuai dengan pertumbuhan inflasi. So, apakah kamu tertarik untuk berinvestasi pada properti syariah?

Deposito Bagi Hasil

Deposito bagi hasil adalah sebuah instrumen investasi halal yang memungkinkan kamu, sebagai investor muslim, untuk menjajal produk perbankan yang tentunya sesuai dengan pengelolaan syariah Islam. Jadi, dalam hal ini bank syariah akan menawarkan dan menerapkan sistem bagi hasil bagi investor syariah.

Umumnya, deposito bagi hasil dengan deposito bank konvensional tidak jauh berbeda. Namun, dalam deposito bagi hasil, pihak bank tidak akan mematok keuntungan yang bisa kamu dapatkan.

Di awal, pihak bank akan membuat kesepakatan terlebih dahulu dengan kamu sebagai investor syariah terkait keuntungan yang akan didapatkan. Kemudian, mereka akan mengelola keuanganmu secara produktif, dan tentunya berdasar pada prinsip syariah, agar hasilnya dapat maksimal.

Reksa Dana Syariah

Pilihan terakhir dari referensi instrumen investasi halal yang patut kamu coba adalah reksa dana syariah. Bedanya dengan reksa dana bank konvensional adalah pada reksa dana syariah pengelolaan danamu akan disesuaikan dengan syariah Islam.

Penanaman modal dalam reksa dana syariah ini hanya dapat dilakukan di perusahaan-perusahaan yang regulasinya sudah sesuai dengan prinsip dasar agama Islam. Bahkan, tidak jarang reksa dana syariah melakukan proses cleansing terhadap dana yang akan mereka kelola. Hal ini dilakukan agar tidak ada hal-hal yang dapat mengganggu aspek kehalalan dana yang mereka kelola. Keren ya?

Dengan begitu, dapat dipastikan bahwa imbal hasil yang kamu dapatkan dari investasi ini bersih dari riba atau berbagai hal yang diharamkan.

Nah itulah daftar instrumen investasi berbasis syariah Islam yang dapat kamu gunakan sebagai referensi saat berinvestasi. Jangan lupa melakukan riset sebelum berinvestasi, ya. Pastikan bahwa instrument dan perusahaan investasi yang kamu pilih telah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

5 Instrumen Investasi Halal dan Menguntungkan di Tahun 2022

Kelebihan Investasi Halal

Selain mendapatkan untung, investasi syariah ini memang dijamin kehalalannya. Sudah halal, untung lagi, siapa sih yang nggak tergiur untuk investasi halal?

Salah satu kelebihan yang ditawarkan oleh investasi syariah adalah bebas dari riba. Riba ini memang acap kali menjadi pertimbangan kaum muslim untuk berinvestasi. Namun, kamu jangan khawatir. Praktik riba hanya terjadi apabila bunga ditetapkan secara sepihak oleh pihak perbankan kepada nasabahnya.

Selain jauh dari riba, praktik investasi halal ini jauh dari grahar dan maysir. Grahar merupakan sistem ketidakterbukaan pihak bank kepada nasabahnya. Sementara itu, bank syariah telah menerapkan sistem keterbukaan mulai dari penanaman modal hingga penyaluran dana investasi.

Saat melakukan investasi syariah, kamu juga dipastikan dapat terhindar dari maysir. Yang mana, pihak bank sejak awal dituntut untuk memberikan informasi dan menjelaskan kepada calon investor mengenai harga untuk menghindari spekulasi mengenai dana yang dibayarkan secara tiba-tiba.

Baca juga: 7 Tips Belajar Investasi untuk Pemula Agar Bisa Meraup Cuan Maksimal

Gabung Ternak Uang untuk Belajar Investasi Halal

Apabila kamu tertarik untuk belajar lebih jauh mengenai investasi halal dan membutuhkan informasi lain mengenai cara mengatur dan mengelola keuangan, silakan bergabung dengan academy Ternak Uang. Sebagai platform digital yang bergerak di bidang finansial, Ternak Uang menyediakan ribuan konten edukasi investasi dengan berbagai instrumen bagi investor pemula.

Yuk, gabung jadi member Ternak Uang! Ada banyak keuntungan yang bisa kamu dapatkan, mulai dari akses video modul-modul pembelajaran, ikutan berbagai event, dan masih banyak lagi! Segera daftarkan dirimu, dan mulai langkah pertama untuk sukses menjadi investor!

Bagikan Via

Share on facebook
Share on linkedin
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp