Nusantara Sejahtera Raya (CNMA) mencatat pendapatan sebesar Rp2,4 triliun pada medio 2023, naik 22% dari tahun sebelumnya yang mencapai Rp2 triliun. Peningkatan ini didorong oleh pendapatan dari penjualan tiket bioskop yang berkontribusi sebanyak 60,2% dari total pendapatan.
Pendapatan lainnya berasal dari penjualan makanan dan minuman sebesar 35,6%, iklan sebesar 1,6%, dan platform digital 2,2%. CNMA berhasil mencatat EBITDA sebesar Rp681,1 miliar, laba sebelum pajak Rp274,5 miliar, dan laba bersih Rp215,1 miliar.
Jumlah penonton juga meningkat 22,3% menjadi 36,9 juta dibandingkan tahun sebelumnya yang hanya 30,1 juta. Peningkatan ini menghasilkan Gross Box Office (GBO) senilai Rp1,6 triliun pada paruh pertama tahun ini. Kenaikan penonton juga sejalan dengan pertumbuhan penjualan produk F&B sebesar 40,5% dari Rp675 miliar pada semester I-2022 menjadi Rp948,2 miliar pada semester I-2023.
Dengan begitu, persentase penjualan produk F&B terhadap GBO meningkat dari 47,9% di semester I-2022 menjadi 58,5% di semester I-2023. Performa positif ini diperkuat oleh kinerja bagus sepanjang kuartal II-2023, dimana masyarakat memanfaatkan libur Idul Fitri dan masa liburan sekolah untuk menonton film di bioskop.
Dibandingkan dengan kuartal I-2023, jumlah penonton pada kuartal II tumbuh 74,0%. Sementara untuk pendapatan meningkat 74,9%.
Direktur Utama Cinema XXI Hans Gunadi mengatakan perusahaan terus berupaya meningkatkan kinerja, layanan berkualitas, dan inovasi produk F&B agar pengalaman menonton film semakin istimewa bagi penonton.
Selama semester I-2023, Cinema XXI telah membuka tujuh bioskop baru dengan total 31 layar tambahan. Salah satunya terletak di Kota Cianjur yang sebelumnya tidak memiliki bioskop. Sampai Juni 2023, Cinema XXI memiliki 1.239 layar di 230 lokasi bioskop di 56 kota di Indonesia.
Baca Berita Lainnya: LRT Jabodebek Mulai Beroperasi, Tarif Jauh-Dekat Rp5.000
Hans menegaskan komitmen untuk membuka 80 layar baru pada akhir 2023 dan 140 layar baru pada akhir 2024. Cinema XXI ingin hadir di lebih banyak kota dan kabupaten untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat Indonesia saat industri perfilman dan kondisi ekonomi pulih sepenuhnya.
Cinema XXI juga terus berinovasi dalam menyajikan beragam makanan dan minuman sesuai dengan selera masyarakat yang bertujuan untuk meningkatkan pendapatan dari penjualan produk F&B.
Selama semester I-2023, Cinema XXI memperkenalkan produk baru seperti Popcorn Milo Dinosaurs, Dark Choco Peanut Bread, Sesame Korean Chicken, Nasi Goreng Rawon, Iced Avocado Latte, Avoccino, Go Matcha, dan menghadirkan kembali nachos sebagai menu unggulan.
Dalam sisi animo masyarakat terhadap film nasional, filmindonesia.or.id mencatat tujuh film nasional yang ditonton lebih dari satu juta penonton sepanjang 2023 di berbagai bioskop di Indonesia.
JFA/EFR
Referensi: emitennews