Menteri Transportasi Singapura S. Iswaran diduga terlibat kasus korupsi yang saat ini sedang ditangani oleh Biro Investigasi Praktik Korupsi Singapura. 

Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong mengumumkan telah meminta menterinya itu untuk mengambil cuti sampai proses penyelidikan selesai. Ia juga telah menunjuk Menteri Senior Negara Bagian Chee Hoong Tat untuk menggantikan posisi Menteri Iswaran selama periode ini.

“Saya telah memberi instruksi kepada Menteri Iswaran untuk mengambil cuti hingga penyelidikan ini selesai,” kata Lee, dikutip dari CNBC Indonesia, Rabu (12/7).

Baca Berita Lainnya: CLEO Bakal Ekspansi

Ironisnya, Singapura merupakan negara yang dikenal memberikan upah tinggi kepada menterinya. Negara ini berada di peringkat kelima dalam indeks Persepsi Korupsi terbaru dari Transparency International.

Dalam situs resmi Public Service Division yang dikutip Rabu (12/7), gaji bulanan menteri Singapura mulai dari SGD46.750 atau sekitar Rp526 juta. Dengan demikian, gaji tahunan mereka mencapai SGD935.000 atau Rp10,5 miliar, di mana SGD607.750 merupakan gaji tetap dan sisanya bonus.

Pada tahun 2012, ketika terakhir kali gaji para menteri disesuaikan, gaji bulanan mereka berada pada tingkat standar sebesar SGD55.000 atau sekitar Rp620 juta. Dengan demikian, gaji tahunan menteri mencapai SGD1,1 juta.

JFA/EFR

Referensi: CNBC Indonesia