PT Campina Ice Cream Industry Tbk (CAMP) terus berusaha memperkuat bisnisnya di industri es krim. Salah satu upaya yang kian gencar dilakukan adalah melakukan inovasi dengan meluncurkan sejumlah produk es krim baru di pasar.
Sekretaris Perusahaan Campina Ice Cream Sagita Melati menyampaikan pihaknya terus berinovasi dengan memperkaya portofolio bisnis melalui produk es krim baru. Sejumlah produk es krim anyar dengan berbagai rasa telah diperkenalkan sepanjang semester pertama, antara lain Campina Cashew Nut, Banana Split, Mochi Durian, Ariel yang bekerja sama dengan Disney, Nastar, Petit Milky Crunch, dan Strawberry Cheese Cake dengan kemasan personal 90 ml.
Meski tidak diungkap secara gamblang, CAMP masih memiliki produk terbaru lainnya yang akan diluncurkan ke publik. Hal ini menjadi bagian dari langkah perusahaan untuk meningkatkan daya tarik konsumen sekaligus menjadikan merek Campina dalam top of mind masyarakat Indonesia.
Momentum musiman seperti libur sekolah menjadi faktor pendukung kinerja CAMP. Apalagi, liburan sekolah pada akhir Juni 2023 terjadi bersamaan dengan libur dan cuti bersama Lebaran Idul Adha. Liburan kali ini juga bertepatan dengan perubahan status pandemi menjadi endemi di Indonesia.
Momen seperti ini dapat memberi angin segar bagi industri pariwisata, perhotelan, transportasi, hingga konsumer, termasuk es krim. CAMP dapat memanfaatkan padatnya aktivitas mobilitas masyarakat untuk memaksimalkan penjualan es krim.
Di samping menjajakan produk baru, CAMP juga aktif memperkuat fundamental perusahaan dengan meningkatkan brand awareness, efisiensi dan memangkas biaya pengeluaran, dan optimalisasi rantai pasok. Upaya pemasaran produk melalui kanal digital seperti Tokopedia, Shopee, Tiktok Shop, dan lain sebagainya juga gencar dilakukan oleh perusahaan tersebut.
Baca Berita Lainnya: Cinema XXI Bakal Melantai di Bursa Saham, Incar Dana Rp2,4 T
Implikasi: Prospek Saham CAMP di Tahun 2023
Kami menilai tahun ini, PT Campina Ice Cream Industry Tbk (CAMP), memulai tahun dengan kinerja yang cukup baik dan kami pun optimistis menorehkan kinerja positif hingga akhir tahun. Sejumlah strategi pun kami lihat telah dicanangkan manajemen guna merealisasikan hal tersebut.
Sebagai informasi, penjualan bersih CAMP tumbuh 4,44% (yoy) menjadi Rp270,09 miliar pada kuartal I-2023. Pada saat yang sama, laba bersih tahun berjalan CAMP naik 22,20% (yoy) menjadi Rp34,18 miliar.
Capaian kinerja pada kuartal pertama lalu disebabkan oleh upaya efisiensi dan kemampuan perusahaan untuk beradaptasi dengan cepat di tengah ketatnya persaingan industri es krim nasional.
Salah satu faktor pendukung bisnis CAMP adalah kondisi Indonesia yang dilanda cuaca panas ekstrem selama beberapa bulan. Cuaca tersebut mendorong permintaan es krim ke level tinggi dibandingkan sebelumnya.
Selain itu, ruang pertumbuhan bisnis es krim masih sangat besar. Sebab, meski didukung kondisi geografis dan faktor cuaca, konsumsi es krim di Indonesia masih lebih rendah dibandingkan negara lain di Asia Tenggara.
RMK/EFR
Referensi: Kontan.co.id