Wanita Harus Mandiri Secara Finansial: 5 Alasan dan 4 Cara untuk Mewujudkannya

Share on facebook
Share on linkedin
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Wanita Harus Mandiri Secara Finansial: 5 Alasan dan 4 Cara untuk Mewujudkannya

Wanita harus mandiri secara finansial! Mengapa demikian? Pada dasarnya, mandiri secara finansial memang tidak memandang status sosial maupun jenis kelamin seseorang. Dapat dikatakan juga bahwa menjadi mandiri finansial merupakan impian semua orang, baik wanita maupun pria.

Namun, secara khusus, terutama di dunia yang masih patriarkis seperti ini, wanita kadang harus menerima nasib untuk menjadi seseorang yang ditanggung hidupnya, apalagi jika sudah bersuami. Inilah yang kemudian menjadi hambatan tersendiri.

Tapi, mengapa seorang wanita harus mandiri secara finansial? Apa maksudnya, dan bagaimana mencapainya? Yuk, simak ulasannya sampai selesai!

10 Pertanyaan Seputar Investasi Saham yang Paling Banyak Ditanyakan Investor Pemula

Memahami Maksud Mandiri Finansial

Mandiri finansial adalah suatu kondisi ketika ketika seseorang dapat memenuhi kebutuhan hidup sepenuhnya, memiliki penghasilan sendiri, dapat mengelola keuangannya sendiri, tanpa merasa khawatir kekurangan. Apalagi sebagai wanita, hasrat untuk berbelanja atau sekadar self reward dengan membeli barang yang diinginkan, dan memenuhi gaya hidup tertentu terkadang tidak tertahankan. Well, tidak heran apabila kondisi ini membuat wanita harus mandiri secara finansial.

Baca juga: Financially Independent: Pengertian dan 7 Tips Sederhana untuk Meraihnya

Sebagai seorang wanita millennial yang produktif dan memiliki penghasilan sendiri, maka kamu perlu mengelola dan mengatur keuangan. Nantinya, hal ini akan sangat berarti terutama jika kamu menginginkan untuk bisa mencapai financial independence.

Meskipun demikian, untuk menjadi wanita mandiri pun tidaklah mudah. Namun, bukan berarti kamu tidak dapat melakukannya kan? Momentum setiap individu untuk menjadi wanita yang mandiri secara finansial memang berbeda-beda. Karena untuk mencapai kemandirian finansial pun sangat bergantung pada masalah keuangan masing-masing dan cara pengelolaannya.

Faktanya, banyak loh yang telah gagal saat mencapai fase ini. Alasannya pun beragam, mulai dari gaya hidup yang konsumtif, tidak memiliki investasi, dana darurat, sudah terlalu lama hidup tergantung pada orang lain (keluarga, pasangan), dan masih banyak lagi.

Mengapa Wanita harus Mandiri secara Finansial?

Berikut adalah sejumlah alasan mengapa wanita harus mandiri secara finansial.

Memberi kekuatan dalam mengambil keputusan

Saat kamu menjadi wanita harus mandiri secara finansial, maka saat itu kamu seharusnya memiliki penghasilan sendiri serta mampu mengelola keuanganmu. Hal ini akan menjadi suntikan kekuatan untuk mengambil keputusan. Pasalnya, kamu sudah tidak bergantung lagi kepada siapa pun secara finansial.

Menjadi wanita harus mandiri secara finansial hendaknya dilakukan dengan sedini mungkin. So, jika suatu saat nanti kamu sudah menikah, kamu terbiasa untuk mengelola keuangan rumah tangga demi tercapainya tujuan keuangan di masa depan.

Baca juga: Personal Financial Planning: Apa Artinya dan 5 Langkah Terbaiknya

Diandalkan semua orang

Wanita harus mandiri secara finansial pastinya agar dapat diandalkan oleh banyak orang. Bagaimana tidak? Denga memiliki kondisi keuangan stabil, kepercayaan diri dan kekuatan yang penuh untuk memutuskan sesuatu pun akan dimiliki.

Terutama jika sudah menikah, wanita harus mandiri secara finansial. Pasalnya, dengan begitu, kamu pun bisa menjadi orang kedua yang memiliki nafkah dalam keluarga. Dengan demikian, tujuan keuangan keluarga bisa lebih cepat tercapai. Selain itu, tak seorang pun ingin hal buruk terjadi, tetapi yang seperti ini tak bisa kita hindari kalau memang sudah harus dijalani. Jika pencari nafkah utama keluarga tak lagi bisa melanjutkan tugasnya, maka tugas wanita (baca: istri/ibu)-lah yang harus menggantikannya.

Karena itu, penting banget bagi wanita harus mandiri secara finansial.

Meningkatkan kepercayaan diri

Menjadi wanita harus mandiri secara finansial. Dengan demikian, kepercayaan diri kamu akan meningkat. Disadari atau tidak, kamu akan merasa berdaya apabila sudah berada di fase mandiri finansial.

Menyadari tingginya biaya hidup seiring berjalannya waktu

Hari demi hari, bulan demi bulan, dan tahun demi tahun berlalu dengan biaya hidup yang terus meningkat.

Oleh karena itu, kamu perlu berusaha lebih keras untuk memenuhi kebutuhanmu sendiri, dan keluargamu nantinya. Kamu perlu mengelola keuanganmu dengan lebih cermat, apabila kamu ingin mencapai kemandirian finansial.

Bisa menjadi role model

Wanita harus mandiri secara finansial agar dapat menjadi role model yang baik untuk orang yang di sekitarnya, terutama bagi anak-anaknya jika sudah berkeluarga. Pasalnya, dengan kemampuan mengelola keuangan hingga mencapai kemandirian finansial, maka seorang wanita memerlukan sifat yang tekun, keuletan, disiplin dan pekerja keras.

Tidak ada yang tahu bagaimana kondisi di masa depan. Karena itulah, wanita harus mandiri secara finansial, agar dapat meminimalkan dampak kondisi keuangan yang buruk.

Lantas, bagaimana cara mewujudkan impian untuk menjadi wanita harus mandiri finansial?

Wanita Harus Mandiri Secara Finansial: 5 Alasan dan 4 Cara untuk Mewujudkannya

Wanita Harus Mandiri secara Finansial dengan 4 Langkah Ini

Menabung

Seorang wanita yang ingin mandiri finansial, haruslah dapat menabung. Dengan memiliki tabungan, kamu akan merasa lebih aman ketika kondisi keuangan yang buruk menimpamu.

Pastikan kamu menyisihkan dan mengelola gaji dengan bijak. Catat semua pemasukan dan pengeluaran sebagai pertinggal jika sewaktu-waktu keuanganmu membengkak. Pisahkan pengeluaran yang menjadi preferensi juga, ya. Minimalkan pengeluaran kamu yang sifatnya tidak mendesak.

Belajar Investasi

Wanita harus mandiri secara finansial dan ini bisa diwujudkan tak hanya dengan menabung, tetapi juga dengan belajar investasi. Sisihkan sebagian penghasilan kamu untuk diinvestasikan. Kamu juga dapat membuat pos-pos dari penghasilanmu, lho.

Terdapat banyak jenis investasi yang dapat kamu pilih demi menunjang kemandirian finansialmu di masa depan.

Namun, yang perlu kamu perhatikan adalah jangan sekali-kali berinvestasi hanya bermodal FOMO. Pelajari cara kerja dan manfaat yang kamu dapat dari instrumen investasi tersebut, serta sesuaikan dengan profil risikomu, ya.

Menyiapkan Proteksi Diri dan Asuransi

Apa artinya wanita harus mandiri secara finansial jika tak punya perlindungan terhadap asetnya yang paling berharga: dirinya sendiri.

So, proteksi diri dan asuransi penting untuk dimiliki. Asuransi merupakan hal yang mendasar dalam kehidupan. Dengan memiliki asuransi, maka pos-pos keuangan lain sudah tidak akan terganggu jika terjadi risiko atau musibah yang menimpamu. Terdapat beragam jenis asuransi dan layanan yang ditawarkan. Mungkin kamu tak bisa memenuhi semuanya sekaligus, tetapi milikilah beberapa proteksi dasar seperti asuransi kesehatan dan asuransi jiwa.

Pelajari setiap manfaat asuransi dan sesuaikan dengan kebutuhanmu. Jangan sampai kamu membeli asuransi yang manfaatnya tidak sesuai dengan kebutuhanmu.

Menyiapkan Dana Pensiun

Menjadi wanita harus mandiri finansial, maka kamu juga perlu menyiapkan dana pensiun. Dana pensiun merupakan dana yang akan kamu gunakan ketika kamu sudah tidak bekerja lagi.

Dana pensiun ini perlu dipersiapkan dengan matang. Bagaimana tidak? Kamu perlu merencanakan gaya hidup seperti apa yang akan dijalani kelak. Pasalnya, gaya hidup dan aktivitas saat pensiun akan jauh berbeda dengan kondisi ketika kamu masih bekerja.

Hal pertama yang perlu kamu pertama ketika menyiapkan dana pensiun adalah memikirkan hal-hal yang harus dimiliki saat pensiun. Setelah itu, kamu juga perlu menentukan kapan kamu pensiun dan berapa lama kamu membutuhkan waktu untuk mengumpulkan dana pensiun.

Last but not least, kamu menentukan jumlah dana yang kamu butuhkan dan gaya hidup seperti apa yang akan kamu jalani ketika pensiun nanti.

Baca juga: Financial Independence: 4 Cara untuk Mencapainya

Nah, demikianlah ulasan mengenai alasan mengapa wanita harus mandiri secara finansial, beserta beberapa cara untuk mewujudkannya. Lantas, apakah kamu sudah menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari?

Tetap semangat dan let’s become financially independent dengan membership Ternak Uang selama 1 tahun! Learn, practice, one step at a time. Dengan menjadi member Ternak Uang, maka kamu bisa mendapatkan 365 hari penuh untuk belajar berbagai tahapan menuju merdeka finansial.

Kamu bisa mengikuti 100 session belajar keuangan bersama pembicara yang ahli dalam bidang keuangan dan 2 big events! Tunggu apa lagi? Klik tombol di bawah ini, dan ikuti step by step-nya ya!

Bagikan Via

Share on facebook
Share on linkedin
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp