7 Personal Finance Tips untuk Tingkatkan Kesehatan Keuanganmu

Share on facebook
Share on linkedin
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
7 Personal Finance Tips untuk Tingkatkan Kesehatan Keuanganmu

Ingin berhasil mengelola keuangan pribadi untuk mencapai financial goals, salah satu cara yang kamu butuhkan adalah mengetahui personal finance tips kemudian melakukannya.

Personal finance, atau keuangan pribadi, adalah seni money management yang dilakukan untuk mencapai tujuan keuangan. Tujuan ini bagi setiap individu pastinya berbeda-beda. Ada yang ingin membeli rumah, menyiapkan dana pendidikan, dana pernikahan, renovasi rumah, dan lain sebagainya.

So, pada dasarnya personal finance tips akan membahas tentang pendapatan, pengeluaran, gaya hidup, tujuan keuangan, serta strategi yang kamu susun agar bisa merealisasikan tujuan keuangan tersebut.

Tujuan utama dari mempelajari personal finance tips adalah agar bisa memaksimalkan pendapatan dan mengelola pengeluaran dengan baik. Untuk itu, kamu harus melek literasi keuangan karena nantinya kamu bisa memilah personal finance tips yang sesuai dengan kondisi keuangan kamu dan mana yang tidak sesuai.

Baca juga: Personal Financial Planning: Apa Artinya dan 5 Langkah Terbaiknya

Selain itu, personal finance tips yang tepat akan membantumu untuk bisa mencapai financial goals terbesar, yaitu bebas keuangan. Yes, siapa sih yang tidak pengin masuk ke fase ini? Semua orang pasti menginginkannya. Dengan mencapai tahap ini, kamu bebas melakukan apa pun tanpa perlu khawatir besok kebutuhan hidup bisa terpenuhi atau tidak.

4 Tanda Kondisi Keuangan Kamu yang Sehat, dan Tip Mengelolanya

Seberapa penting sih kita harus tahu personal finance?

Well, saat kamu bisa melakukan pengelolaan keuangan dengan baik, ini akan memberikan efek besar dalam kehidupan. Akan banyak manfaat positif yang bisa kamu peroleh dengan mengatur keuangan lebih disiplin.

Beberapa manfaat dari personal finance misalnya seperti:

  • Bisa mengatur segala bentuk pengeluaran dan memangkas pengeluaran yang tidak penting
  • Menyusun penghasilan lebih tertib
  • Tidak telat membayar cicilan
  • Bisa menyimpan uang dan berinvestasi
  • Merencanakan dana pensiun

Gimana tertarik untuk mempelajari lebih lanjut tentang keuangan pribadi? Pengin dapatkan financial tips lebih banyak? Berikut ini beberapa personal finance tips yang bisa kamu lakukan.

7 Personal Finance Tips untuk Tingkatkan Kesehatan Keuanganmu

7 Personal Finance Tips untuk Tingkatkan Kesehatan Keuanganmu

Belajar mengontrol diri

Mengontrol keuangan berarti tentang belajar mengontrol diri juga. Ini tentang bagaimana kamu bisa mengendalikan hasrat untuk berbelanja yang tidak terlalu penting. Ini adalah money management tips yang paling mendasar loh!

Begini, sekarang ini teknologi sudah semakin canggih dan gaya hidup masyarakat pun mulai bergeser. Salah satu yang paling menonjol adalah munculnya cashless society. Tak bisa dimungkiri kemudahan memakai kartu debit dan kartu kredit memudahkan kita dalam melakukan transaksi. Begitu pun munculnya beragam paylater.

Inilah yang menjadi momok bagi kebanyakan orang dalam melakukan pengelolaan keuangan. Banyak yang mengalami kebocoran keuangan karena tidak bisa mengendalikan diri menggunakan layanan keuangan yang ada.

Memiliki kartu kredit tidak masalah, tapi pastikan kamu bisa mengelolanya dengan baik. Pastikan kamu membayar cicilannya tepat waktu, agar terhindar dari denda yang tak perlu. Kalau kondisi memungkinkan, percepat perlunasannya. Kalau tidak, ya sampai bertahun-tahun tidak akan selesai cicilannya.

Ini juga berlaku dengan paylater yang lagi marak bermunculan. Pastikan kamu memiliki dana khusus untuk membayar cicilannya setiap bulan.

So, ini adalah personal finance tips yang penting untuk diingat terkait pengelolaan utang: belajarlah untuk mengontrol diri dalam menggunakan fasilitas keuangan yang kamu miliki.

Kontrol keuanganmu di masa depan

Jika kamu buta berbagai strategi dan personal finance tips, maka orang lain yang akan melakukannya untukmu. Dan apakah kamu yakin 100% bahwa orang tersebut benar-benar melakukannya untuk membantu atau hanya semata-mata karena ingin mendapatkan fee?

Sudah banyak kejadian ketika orang yang tidak melek literasi keuangan, tidak tahu cara mengelola keuangan menjadi sasaran empuk bagi para penipu untuk melancarkan aksinya.

Agar kamu terhindar dari hal tersebut, dapatkan berbagai personal finance tips dari buku, artikel atau bisa loh bergabung di komunitas seperti Ternak Uang yang menyediakan kelas untuk pengelolaan keuangan. Dengan begitu, kamu akan memiliki pengetahuan dasar yang mumpuni dan bisa menerapkannya ke dalam keuangan pribadi. Sehingga, keuanganmu di masa depan bisa terkontrol dengan baik.

Lacak ke mana pengeluaran bulanan

Personal finance tips penting berikutnya adalah menulis ke mana saja aliran dana setiap bulan. Mengapa hal ini penting? Karena bisa membuat kamu tahu apakah dana tersebut sudah benar dibelanjakan sesuai kebutuhan utama, atau malah ada pengeluaran tak terduga yang terjadi setiap bulan.

Agar memudahkan kamu melacak aliran dana setiap bulan, coba unduh berbagai aplikasi manajemen keuangan yang ada di PlayStore atau AppStore. Apakah kamu tahu, Ternak Uang juga memiliki aplikasi untuk cek kesehatan keuangan?

Baca juga: 3 Cara Cek Kesehatan Keuangan Pribadi dan 8 Tip Mengaturnya

Kamu bisa memanfaatkannya, untuk membantu kamu dalam menuliskan dengan detail segala jenis pengeluaran rutin dan tidak terduga. Dan nantinya akan memudahkan kamu mengevaluasi keuangan pribadi setiap bulannya.

Siapkan dana darurat

Life is unpredictable! So, emergency fund is a must!

Maka kamu mesti menyiapkan dana darurat untuk segala bentuk ketidakpastian di masa depan.

Sebagai contoh personal finance tips ini, misalnya kamu sudah mengalokasikan pengeluaran bulanan dengan detail tapi tiba-tiba laptop yang biasa dipakai bekerja butuh diservis. Apa alternatif untuk solusinya? Sedangkan, keperluan lain juga sama mendesaknya. Pinjam uang ke orang lain?

Nah, di sinilah peran dana darurat. Memilikinya kamu tidak akan terjebak ke dalam utang-piutang yang tidak mengenakan dan pos dana lainnya bisa aman.

Porsi ideal dana darurat adalah 6-12 kali pengeluaran per bulan. Namun, sekali lagi kembali ke kondisi keuangan masing-masing, menabunglah dana darurat sesuai kemampuan. Perlahan kamu akan bisa kok mencapai porsi yang ideal.

Dana pensiun jangan ditunda

Untuk personal finance tips ini, barangkali kamu akan berpikir, untuk apa menyiapkan dana pensiun sekarang? Toh juga akan pensiun belasan atau puluhan tahun lagi.

Tahukah kamu, justru dengan memulai menyiapkan dana pensiun sejak dini, kamu bisa mengumpulkan uang lebih banyak yang bisa kamu gunakan di usia pensiun nanti. Perlu diingat, kebutuhan hidup belasan atau puluhan tahun lagi akan sangat berbeda dari sekarang. Oleh karena itu, jangan tunda lagi menyiapkan dana pensiun.

Perlindungan kesehatan itu penting

Pandemi COVID-19 mengajarkan pada kita bahwa ternyata perlindungan kesehatan itu sangatlah penting. Perlindungan di sini dalam artian yaitu memiliki asuransi kesehatan.

Untuk karyawan perusahaan atau PNS pastinya mendapatkan asuransi sesuai kebijakan perusahaan dan masing-masing instansi. Namun bagi kamu pekerja mandiri, wirausahawan tetap mesti mempunyai asuransi kesehatan, minimal BPJS Kesehatan.

Mengapa ini penting? Siapa pun pastinya tidak pengin sakit. Namun ada kalanya kondisi tersebut tidak bisa kita tolak, di sinilah peran asuransi kesehatan. Dengan memilikinya, kamu akan terbantu dari segi pembiayaan dan perawatan. Kamu tidak akan pusing dari mana harus mendapatkan uang untuk membayar obat, jasa medis dan rawat inap karena sudah ada asuransi yang mengcover-nya.

Jangan lupa untuk mengasuransikan keluarga juga ya, agar semua tercover dengan baik.

Miliki strategi investasi yang sesuai tujuan

Berinvestasi adalah hal yang sudah tidak bisa ditawar lagi. Karena itu, hal ini akan selalu ada dalam setiap personal finance tips yang kamu temukan.

Tidak perlu uang banyak dalam memulai investasi, dengan dana yang minim pun kamu sudah bisa melakukannya. Yang penting kamu rutin berinvestasi setiap bulan maka kelak kamu akan merasakan manfaatnya.

Ada banyak perusahaan sekuritas yang bisa kamu pilih dan cara mendaftarnya pun sangat mudah yaitu lewat aplikasi. Namun, pastikan perusahaan sekuritas tersebut terdaftar di OJK, ya.

Dalam berinvestasi sebelum memilih instrumennya, kamu mesti susun dulu tujuan keuangan dan tahu profil risiko. Karena ini akan membantu kamu dalam membuat strategi investasi dan meminimalisir risiko yang terjadi di kemudian hari.

Baca juga: Financial Independence: 4 Cara untuk Mencapainya

Ternyata personal finance tips itu tidak serumit yang dipikirkan, bukan? Jika kamu sudah memutuskan untuk mengelola keuangan dengan disiplin dan konsisten, yuk mulai terapkan personal finance tips di atas. Kelak kamu akan bisa mencapai financially independent sesuai target yang diinginkan. Semangat!

Let’s become financially independent dengan membership Ternak Uang selama 1 tahun! Learn, practice, one step at a time. Dengan menjadi member, kamu bisa mendapatkan 365 hari penuh untuk belajar berbagai tahapan menuju merdeka finansial. Termasuk di dalamnya boleh ikut di 100 sessions belajar keuangan bersama speakers yang sudah ahli di bidangnya, dan 2 big events! Tunggu apa lagi? Klik saja tombol di bawah ini, dan ikuti step by step-nya ya!

Bagikan Via

Share on facebook
Share on linkedin
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp