3 Perbedaan Internet Banking dan Mobile Banking yang Mesti Kamu Tahu

Share on facebook
Share on linkedin
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
3 Perbedaan Internet Banking dan Mobile Banking yang Mesti Kamu Tahu

Internet banking dan mobile banking adalah dua istilah yang identik dengan layanan jasa keuangan. Memiliki layanan dan tujuan yang serupa, ternyata perbedaan internet banking dan mobile banking ini cukup signifikan.

Umumnya masyarakat menganggap layanan internet banking dan mobile banking adalah suatu layanan yang sama. Pasalnya, kedua layanan ini dapat diakses menggunakan ponsel dengan memerlukan jaringan internet. Namun, ternyata kedua layanan ini memiliki perbedaan yang cukup mencolok, lho. Baik dari segi pengertian, fitur, hingga cara penggunaannya. 

So, apa saja perbedaan internet banking dan mobile banking? Yuk, belajar keuangan lebih jauh dengan menyimak artikel ini hingga usai, untuk mendapatkan jawaban terkait apa saja perbedaan internet banking dan mobile banking.

Berkenalan dengan Digital Banking: Pengertian, Plus Minus, dan 5 Langkah untuk Registrasi

Apa saja Perbedaan Internet Banking dan Mobile Banking?

Meskipun sama-sama merupakan layanan yang mempermudah transaksi keuangan, perbedaan internet banking dan mobile banking terletak pada beberapa indikator berikut.

Baca juga: Berkenalan dengan Digital Banking: Pengertian, Plus Minus, dan 5 Langkah untuk Registrasi

Definisi Internet Banking dan Mobile Banking

Internet banking adalah sebuah layanan yang digunakan untuk melakukan transaksi keuangan di situs resmi bank yang dapat diakses melalui browser. Nah, situs ini hanya dapat kamu akses apabila ponsel atau PC sudah terkoneksi dengan internet dan telah terdaftar sebagai nasabah yang menggunakan layanan ini.

Bagi kamu yang sudah akrab dengan penggunaan layanan internet banking, segala fitur perbankan bisa kamu akses melalui layanan ini. Mulai dari transfer uang, penyetoran, hingga pembayaran tagihan. So, kamu tidak perlu repot-repot lagi ke ATM terdekat untuk sekadar melakukan transaksi ‘sepele’.

Tidak hanya efisien dan nyaman, layanan internet banking ini juga telah dilengkapi dengan keamanan tingkat tinggi, lho. Namun, meskipun demikian, kamu juga perlu berhati-hati dalam penggunaannya. Pasalnya, kejahatan cyber dapat terjadi kapan dan di mana saja, tanpa mengenal korbannya.

Serupa dengan internet banking, mobile banking juga menyediakan fitur yang hampir. Namun, kamu hanya dapat menggunakan dan mengakses mobile banking melalui aplikasi yang terinstall di ponsel mu. Hingga saat ini, hampir setiap perusahaan perbankan telah meluncurkan aplikasi mobile banking untuk mempermudah nasabahnya dalam bertransaksi keuangan. Selain untuk efisiensi layanan, penggunaan mobile banking ini juga tidak membutuhkan penggunaan token, lho. Ponsel pintarmu hanya perlu terkoneksi dengan internet.

Cara pendaftaran layanan mobile banking ini juga cukup mudah. Kamu hanya perlu mengunjungi kantor cabang terdekat, mengurus kelengkapan data, dan kemudian akan dilakukan proses verifikasi dengan format SMS ke nasabah yang bersangkutan. Selanjutnya, kamu akan diminta membuat password, yang nantinya password tersebut akan digunakan untuk mengakses layanan mobile banking. Umumnya, untuk menjaga keamanan data para nasabah, pihak bank akan mengirimkan One-Time Password atau OTP melalui SMS ke nomor yang telah kamu daftarkan. Nah, cukup mudah bukan?

Sekarang, apakah kamu sudah mulai memahami, konsep dasar dari perbedaan internet banking dan mobile banking?

E Banking: Pengertian, Manfaat, dan 7 Jenis Layanan yang Perlu Kamu Ketahui

Ragam Fitur Internet Banking dan Mobile Banking

Agar lebih memahami perbedaan internet banking dan mobile banking, kenali beberapa fitur andalan dari masing-masing layanan tersebut.

Fitur Internet Banking

Adapun fitur-fitur andalan yang terdapat dalam internet banking adalah:

  • Informasi umum rekening tabungan atau giro
  • Pembayaran tagihan
  • Transfer uang
  • Pembelian e-commerce
  • Mutasi rekening
  • Informasi kurs dan suku bunga
  • Bantuan layanan

Fitur Mobile Banking

Berbeda dengan fitur internet banking, fitur-fitur yang terdapat dalam mobile banking umumnya lebih beragam. Selain itu, fitur-fitur mobile banking terus diperbarui secara masif demi memudahkan transaksi para penggunanya.

Berikut adalah beberapa fitur umum yang terdapat dalam mobile banking:

Informasi rekening

Umumnya, fitur ini biasa digunakan untuk mengecek informasi yang berkaitan dengan mutasi rekening, saldo, rekening deposito, reksa dana, pinjaman, tabungan, kurs, deposito rupiah dan valas, hingga kartu kredit.

Transfer

Dengan fitur ini, pengguna dapat mentransfer uang baik antar-rekening maupun antarbank. Fitur ini juga didukung layanan transfer melalui virtual account, lho.

Membayar tagihan

Selain mentransfer uang, kamu juga dapat dengan mudah membayar tagihan melalui mobile banking. Tagihan yang dapat kamu bayar pun cukup beragam, mulai dari ponsel, kartu kredit, telepon, air, listrik, internet, pinjaman, dan juga asuransi.

Belanja dan Cardless

Fitur belanja ini memungkinkan kamu untuk mengisi ulang voucher atau listrik prabayar. Sementara cardless adalah fitur yang mendukung transaksi di ATM tanpa menggunakan kartu.

Bantuan

Fitur bantuan adalah fitur yang memungkinkan kamu untuk menyampaikan keluhan dan saran terkait layanan.

3 Perbedaan Internet Banking dan Mobile Banking yang Mesti Kamu Tahu

Perbedaan Internet Banking dan Mobile Banking dari Cara Penggunaannya

Selain layanan dan fitur yang ditanyakan berbeda, cara menggunakan internet banking dan mobile banking juga berbeda, lho. Berikut adalah uraian terkait perbedaan cara penggunaan kedua layanan tersebut.

Baca juga: 4 + 4 Layanan dan Tips Menjadi Pengguna Digital Banking yang Cerdas

Cara Penggunaan Internet Banking

Dalam menggunakan layanan internet banking, kamu perlu memiliki token yang sudah diaktifkan. Token ini merupakan sebuah alat kecil yang biasanya mirip dengan kalkulator. Nah, si token inilah yang konon dapat menjamin keamanan transaksi kamu dari oknum yang tidak bertanggung jawab.

Setelah memiliki token, kamu dapat mengakses beberapa transaksi nontunai, seperti mengecek saldo tabungan. So, token ini perlu kamu bawa ke mana pun agar kamu dapat dengan leluasa memanfaatkan fitur dari internet banking.

Umumnya, penggunaan token akan disesuaikan dengan peraturan dari bank yang bersangkutan. Usai memasukkan PIN, kamu akan disuguhkan tampilan yang berisi kode di layar alat yang mungil ini. Nah, setelah itu kamu dapat memasukkan kode tersebut ke kolom yang tersedia sebelum menyelesaikan transaksi menggunakan internet banking.

Namun, perlu kamu ingat bahwa dalam bertransaksi menggunakan internet banking, pastikan kamu sudah mengunjungi alamat situs yang benar. Pasalnya, marak beredar tautan phising yang tersebar di internet dan mengaku sebagai pihak bank untuk mengelabui nasabah. Hati-hati ya!

Cara Penggunaan Mobile Banking

Secara konsep, penggunaan mobile banking lebih praktis dibandingkan dengan penggunaan internet banking. Pasalnya, untuk mengakses fitur dan layanan mobile banking, kamu tidak perlu repot membawa token ke mana-mana. Yang kamu butuhkan hanyalah ponsel yang sudah diinstall aplikasi dan koneksi internet yang memadai.

Untuk mengakses fitur mobile banking, kamu hanya perlu membuka aplikasi, lalu memasukkan PIN yang sudah didaftarkan. Setelah itu, kamu dapat memilih menu apa saja yang akan gunakan, mulai dari transfer, informasi saldo, pembayaran tagihan, e-commerce, cardless, atau bantuan.

Baca juga: 12 Karakter Zodiak dalam Mengelola Keuangannya – Kamu yang Mana?

Nah, itulah ulasan mengenai perbedaan internet banking dan mobile banking dari segi pengertian, fitur yang disajikan, dan cara penggunaannya. So, kamu tim mana nih? Internet banking atau mobile banking?

Kedua layanan tersebut memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Namun, hal terpenting yang perlu kamu ingat, janganlah terlena dengan kemudahan yang ditawarkan melalui kedua layanan tersebut. Tetaplah berhati-hati dalam menggunakan layanan internet banking dan mobile banking, untuk menghindari kejahatan cyber yang mengancam, ya.

Selain memahami konsep dasar dalam perbedaan internet banking dan mobile banking, kamu juga perlu belajar keuangan, lho. Saat ini belajar keuangan menjadi lebih mudah dengan hadirnya platform edukasi finansial, seperti Ternak Uang.

Ternak Uang merupakan salah satu platform edukasi yang menyediakan ribuan konten artikel keuangan, event, dan komunitas yang menunjang kamu dalam belajar keuangan.

So, tunggu apa lagi? Yuk, bergabung dengan Ternak Uang bersama ribuan anggota lainnya.

Bagikan Via

Share on facebook
Share on linkedin
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp