Pengertian Online Banking, dan 4 Tips Aman Memanfaatkannya

Share on facebook
Share on linkedin
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Pengertian Online Banking, dan 4 Tips Aman Memanfaatkannya

Online banking, atau akrab dikenal dengan istilah internet banking, memang saat ini marak kita temui. Lihat saja, perusahaan perbankan mana yang tidak memiliki layanan perbankan online ini? Semuanya sudah melengkapi layanannya dengan fasilitas ini, ya kan?

Perkembangan teknologi dan informasi juga diikuti dengan transformasi dunia perbankan konvensional menjadi digital. Nah, online banking inilah yang menjadi salah satu penerapan teknologi pada perbankan di era digital.

Kemudahan layanan yang ditawarkan oleh online banking ini tidak dapat diabaikan begitu saja. Pasalnya, hadirnya fasilitas ini dapat menjawab keinginan kamu, sebagai nasabah, yang menginginkan layanan cepat, aman, nyaman, mudah, murah, serta dapat diakses selama 24/7 alias kapan dan di mana saja.

So, apakah kamu penasaran apa sebenarnya pengertian dari online banking? Jika iya, yuk belajar keuangan dengan menyimak artikel ini hingga usai, yuk!

E Banking: Pengertian, Manfaat, dan 7 Jenis Layanan yang Perlu Kamu Ketahui

Apa pengertian Online Banking?

Melansir dari beberapa sumber, online banking atau internet banking adalah sebuah kegiatan transaksi atau aktivitas perbankan yang melibatkan internet, dengan menggunakan situs resmi milik bank dengan dilengkapi sistem keamanan. Terhitung hingga saat ini, hampir semua perusahaan perbankan telah memiliki layanan internet banking.

Bukan tanpa alasan, adaptasi teknologi dan internet di dunia perbankan ini memang dapat meningkatkan efektivitas dan efisiensi dalam layanan, lho. So, tidak heran apabila hampir setiap bank di Indonesia, bahkan dunia, telah dilengkapi dengan layanan ini.

Agar dapat menggunakan layanan internet banking, kamu perlu mendaftar ke bank terkait. Setelah itu, kamu akan diminta membuat username dan mengatur password. Usai semua siap, kamu hanya perlu mengakses internet banking dengan mengunjungi situs web bank terkait, masuk ke akun yang telah kamu buat, dan kamu sudah dapat melakukan berbagai transaksi keuangan di dalamnya.

Layanan ini memungkinkan kamu untuk mengecek saldo, melakukan transaksi perbankan, transfer dana antar rekening dan antarbank, mengecek mutasi rekening, membayar berbagai macam tagihan, hingga berinvestasi di produk tertentu, salah satunya reksa dana. Keren bukan?

Personal Finance: Pengertian, Contoh, Prinsip, dan 7 Tips Terbaiknya

Keuntungan Online Banking untuk Perbankan

Tidak dapat dipungkiri bahwa hadirnya online banking atau internet banking ini telah memberikan keuntungan bagi pihak bank. Berikut beberapa keuntungan yang diperoleh pihak bank dengan hadirnya layanan internet banking.

Baca juga: Berkenalan dengan Digital Banking: Pengertian, Plus Minus, dan 5 Langkah untuk Registrasi

Business expansion

Hadirnya internet banking membuat bank mengalami perkembangan dalam layanannya. Dahulu bank harus memiliki kantor cabang di tempat-tempat tertentu untuk beroperasi.

Namun, seiring berkembangnya teknologi, operasional dan layanan perbankan mulai menjamah ke mesin ATM, phone banking, hingga ada internet banking. Dengan layanan internet banking ini, nasabah pun dipermudah dalam bertransaksi keuangan karena melebur batas ruang dan waktu.

Customer loyalty

Bagi kamu yang menjadi nasabah mobile banking, maka hadirnya internet banking ini memberikan rasa nyaman untuk melakukan aktivitas perbankan tanpa harus membuka akun di bank yang berbeda di berbagai tempat.

Revenue and cost improvement

Hadirnya online banking atau internet banking dapat memangkas biaya operasional perbankan, tetapi tidak akan mengurangi kualitas layanannya.

Competitive advantage

Dengan internet banking, bank akan mendapatkan keuntungan berkali-kali lipat dibandingkan dengan bank yang tidak memiliki layanan ini. So, tidak heran bahwa hampir semua bank, khususnya di Indonesia, menyuguhkan layanan ini untuk nasabahnya.

New business model

Last but not least, kehadiran internet banking bagi pihak bank ini memungkinkan adanya bisnis model yang baru. Layanan perbankan baru dapat diluncurkan dengan cepat melalui situs web resmi mereka.

Manfaat Online Banking

Popularitas online banking tidak lepas dari kemudahan layanan dalam bertransaksi yang ditawarkan. Berikut adalah beberapa manfaat yang dapat kamu rasakan sebagai nasabah:

  • Memudahkan nasabah dalam mentransfer uang, tanpa perlu repot keluar rumah
  • Membuat segala aktivitas perbankan menjadi lebih cepat dan hemat
  • Memudahkan kamu, sebagai nasabah, maupun pihak bank untuk bertransaksi
  • Efisiensi dan efektivitas dalam bertransaksi
  • Membantu perusahaan perbankan dalam memangkas biaya operasional
  • Menarik nasabah baru, terutama mereka yang memiliki kebutuhan transaksi online.
Pengertian Online Banking, dan 4 Tips Aman Memanfaatkannya

4 Tips Aman dalam Penggunaan Online Banking

Fasilitas ini memang sangat praktis. Sayangnya, kemudahan dan kepraktisan layanan online banking ini tidak jarang membuat penggunanya terlena begitu saja.

Makanya kamu perlu tahu cara menggunakan layanan ini dengan benar, agar tetap aman.

Stop memberikan informasi pribadi dan rahasia melalui ponsel atau email

Apa pun alasan dan urgensinya, jangan sekali-kali kamu memberikan informasi pribadi yang bersifat rahasia melalui ponsel atau email. Perlu kamu ingat, bahwa bank tidak pernah meminta informasi pribadi ataupun informasi rahasia melalui telepon ataupun email terkait layanan ini.

Bahkan, bank juga tidak pernah meminta kamu untuk memberitahu kata sandi, PIN, atau username. So, kamu harus waspada dan tetap berhati-hati apabila ada pihak yang mengatasnamakan bank untuk meminta informasi tersebut, ya. Jangan-jangan yang bersangkutan akan menggunakan informasi tersebut untuk upaya phising.

Gunakan jaringan WiFi yang terjamin keamanannya

Sebelum kamu mengakses akun online banking, pastikan bahwa kamu mengaksesnya dengan jaringan internet yang terjamin keamanannya. Pasalnya, WiFi gratisan belum tentu terjamin keamanannya.

So, hati-hati ya! Usahakan dan pastikan kamu menggunakan jaringan yang berasal dari ponsel pintar atau dari rumah kamu, bukan WiFi umum cuma-cuma.

Baca juga: 3 Perbedaan Internet Banking dan Mobile Banking yang Mesti Kamu Tahu

Buatlah PIN yang sukar ditebak

Memakai tanggal lahir sebagai PIN, dapat membuat akun kamu rentan menjadi target aksi kejahatan cyber. Makanya, kamu perlu menggunakan kombinasi angka yang jarang ada orang mengetahuinya. Tidak harus rumit. Alih-alih terlindung dari kejahatan cyber, nanti malah kamu yang lupa dan harus membuat PIN baru.

Amankan smartphone dengan password

Apabila kamu sering membuka layanan online banking melalui smartphone, maka kamu perlu mengamankan ponsel pintar tersebut dengan kata sandi atau password.

Membiarkan smartphone tanpa password ini secara tidak langsung memberikan akses orang-orang yang tidak bertanggung jawab untuk mencuri informasi pribadi yang terdapat di smartphone kamu.

So, dengan memasang password di smartphone secara tidak langsung kamu sudah mencegah aksi kejahatan cyber.

Hati-hati Kejahatan dalam Layanan Online Banking

Security hole dalam setiap layanan memang akan selalu ada. Tidak terkecuali pada layanan online banking. Namun, hal ini bukan menjadi halangan sehingga berhenti berkembang. Adanya potensi kecacatan dalam keamanan, membuat penyedia jasa layanan perbankan online terus meningkatkan keamanannya.

Keamanan bertransaksi melalui layanan online banking ini dapat ditinjau dari adanya password dalam setiap transaksi yang kamu lakukan. Untuk sekadar transaksi yang bersifat informatif, kamu hanya perlu menggunakan password dan masuk ke akun milikmu. Namun, untuk transaksi yang bersifat memindahkan atau mengurangi saldo, kamu akan diminta untuk memasukkan pin melalui token yang diberikan oleh pihak bank diawal kamu aktivasi layanannya.

Dengan adanya token ini, maka keamanan bertransaksi menggunakan online banking menjadi lebih terjamin. Mengapa? Pasalnya token hanya dapat dimiliki oleh pemilik rekening, sehingga baik bank maupun nasabah lain tidak dapat masuk dan menggunakan layanan milikmu.

Baca juga: 4 + 4 Layanan dan Tips Menjadi Pengguna Digital Banking yang Cerdas

Demikianlah ulasan mengenai pengertian online banking, beserta tips agar kamu aman dalam memanfaatkannya. Apabila kamu tertarik untuk mengetahui informasi terkait keuangan dan investasi, serta tips-tips keuangan lainnya, silakan bergabung dengan Ternak Uang.

Ternak Uang merupakan salah satu platform edukasi yang menyediakan ribuan konten artikel keuangan, event, dan komunitas yang menunjang kamu dalam belajar keuangan.

So, tunggu apa lagi? Yuk, bergabung dengan Ternak Uang bersama ribuan anggota lainnya.

Bagikan Via

Share on facebook
Share on linkedin
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp