Ngabuburit: Asal Usul Tradisi dan Cara Mengisinya – No. 9 Harus!

Share on facebook
Share on linkedin
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Ngabuburit: Asal Usul Tradisi dan 9 Cara Mengisinya dengan Berfaedah Tahun Ini

Nggak terasa bahwa sebentar lagi umat muslim akan menunaikan ibadah puasa, ya. Nah, ibadah puasa di bulan Ramahan ini biasanya cukup identik dengan kebiasaan ngabuburit.

Ngabuburit merupakan tradisi unik yang identik dengan bulan Ramadhan. Kebanyakan orang mendefinisikan ngabuburit sebagai kegiatan yang dilakukan menjelang berbuka puasa di bulan Ramadhan. Kegiatan tersebut cukup beragam, lho.

Biasanya umat muslim yang sedang menjalankan ibadah puasa Ramadan akan berburu takjil, berkumpul dengan kerabat atau sahabat, hingga melakukan berbagai kegiatan sosial untuk mengisi waktu luang menjelang berbuka puasa. Bahkan tidak jarang umat muslim yang mengaji sambil mengisi waktu luang menjelang berbuka.

Lantas, apa definisi sebenarnya dari ngabuburit? Dan bagaimana istilah ngabuburit bisa muncul hingga menjadi tradisi unik saat bulan Ramadhan tiba?

Isi Ibadah Bulan Puasa 2022 dengan 9 Hal Bermanfaat Ini!

Apa sih Ngabuburit Itu?

Apabila kamu mencari istilah ‘ngabuburit’ dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, sudah pasti tidak akan ketemu. Pasalnya, ngabuburit adalah kata yang berasal dari bahasa Sunda.

Melansir dari kamus bahasa Sunda yang diterbitkan oleh Lembaga Bahasa dan Sastra Sunda atau LBSS, kata ngabuburit merupakan akronim dari “ngalantung ngadagoan burit”. Kalimat tersebut berarti ‘bersantai menunggu waktu sore’.

Nah, seiring berjalannya waktu, istilah ngabuburit menjadi semakin populer untuk merujuk pada kegiatan yang dilakukan pada sore hari menjelang berbuka puasa.

Namun, hal ini tidak berlaku di semua daerah di Nusantara, lho. Ada juga wilayah yang menggunakan istilah dalam bahasa daerahnya untuk menyebutkan kegiatan di sore hari menunggu berbuka puasa. Misalnya, orang Minang menyebut ngabuburit dengan kata “malengah puaso”, yang berarti kegiatan untuk mengalihkan rasa haus dan lapar ketika berpuasa.

Baca juga: Isi Ibadah Bulan Puasa 2022 dengan 9 Hal Bermanfaat Ini!

Lantas, apa saja kegiatan-kegiatan yang dilakukan untuk mengisi waktu luang menjelang berbuka puasa di bulan Ramadan tahun 1443 H?

Ngabuburit: Asal Usul Tradisi dan 9 Cara Mengisinya dengan Berfaedah Tahun Ini

Ini Dia Sederet Kegiatan Ngabuburit yang bisa dilakukan di Bulan Ramadan Tahun 1443 H

Tidak cukup berbeda dari tahun kemarin, Ramadan tahun 1443 H ini masih disambut dengan kondisi pandemi di Indonesia yang tidak kunjung usai. Namun, kamu tidak perlu khawatir. Pemerintah sudah memberikan beberapa kelonggaran terkait kebijakan PPKM di beberapa daerah.

Nah, agar Ramadan kamu lebih bermakna, berikut beberapa referensi kegiatan ngabuburit yang dapat kamu jadikan alternatif saat menunggu berbuka puasa.

1. Mengunduh game seru di PC maupun smartphone

Hal yang dapat kamu lakukan ketika ngabuburit di tengah pandemi COVID-19 ini adalah kamu perlu mencari dan mengunduh permainan seru, baik di PC maupun di smartphone. Alih-alih memikirkan perut yang keroncongan karena lapar, bermain dapat membuat kamu terhindar dari rasa bosan saat menunggu waktu berbuka puasa.

Baca juga: Ini Dia 6 NFT Game Penghasil Uang yang Populer Saat Ini

2. Berkumpul bersama kerabat, sahabat, dan keluarga

Hal lain yang dapat mengusir rasa bosan ketika menunggu berbuka puasa adalah berkumpul dengan kerabat, sahabat, dan keluarga. Selain untuk mempererat jalinan silaturahmi, dengan berkumpul dengan mereka akan mengalihkanmu dari rasa bosan dan dahaga saat menunggu berbuka puasa, lho.

Kamu juga bisa mengajak mereka untuk bermain sejumlah permainan seru yang dapat dilakukan berkelompok, seperti ular tangga, ludo, UNO, atau bahkan monopoli. Menarik bukan?

3. Movie marathon

Kegiatan movie marathon atau menonton beberapa film juga dapat menjadi alternatif untuk mengusir kebosananmu ketika menunggu adzan maghrib tiba, lho. Pilihlah film yang bergenre “family movie” sehingga semua keluarga bisa menonton.

Dengan menonton beberapa film favorite, menunggu waktu berbuka akan lebih seru dan mengasyikkan. Apakah kamu tertarik untuk mencobanya?

4. Tadarus Alquran

Tidak hanya melakukan hal-hal yang bersifat entertaining, kamu juga dapat menambah pahala puasamu dengan tadarus alquran sembari menunggu waktu berbuka. Kegiatan ini akan membuat puasamu menjadi lebih afdsl dan bermakna, lho.

Ajaklah keluarga lainnya untuk bergabung dan tadarusan bersama, agar mereka tidak kehilangan esensi dari puasa itu sendiri.

5. Berkebun atau gardening

Berkebun adalah kegiatan yang konon dapat menghilangkanmu dari stress. Hal ini juga telah disebutkan dalam beberapa sumber, bahwa hobi berkebun dapat membantu kamu mengurangi stress.

Konon, orang yang bercocok tanam cenderung akan lebih berkembang dan memiliki keseimbangan dalam hati dan pikiran. Pasalnya, untuk bercocok tanam memerlukan kesabaran dan ketelatenan yang cukup agar tanaman dapat tumbuh dengan sempurna.

So, berkebun merupakan salah satu kegiatan ngabuburit yang layak kamu coba, ya.

6. Memasak

Memasak merupakan kegiatan yang patut kamu coba saat ngabuburit, lho. Daripada keluar untuk membeli sayur atau takjil, kamu dapat membuatnya sendiri di rumah.

Selain hemat, memasak sendiri makanan yang akan disantap ketika berbuka juga lebih sehat dan kreatif. Kamu juga dapat mencoba menu baru, agar kamu tidak bosan dengan menu berbuka puasa yang ‘itu-itu’ saja.

7. Melakukan perawatan diri

Melakukan perawatan diri dirumah dapat menjadi alternatif kegiatanmu saat ngabuburit, lho. Selama pandemi, kamu memang dianjurkan untuk menjaga imun agar tetap bagus sehingga dapat meminimalisir paparan virus tersebut.

Namun, kamu juga tidak boleh abai terhadap kesehatan kulitmu, ya. Penting bagi kamu untuk tetap memperhatikan kesehatan kulit dan melakukan perawatan diri, agar setelah pandemi kamu menjadi glow up. 

8. Beberes rumah

Kegiatan ngabuburit yang tidak hanya bermanfaat tapi juga akan menuai pujian dari orang terdekat adalah beberes atau bersih-bersih rumah. Kegiatan ini dapat kamu lakukan ketika badanmu mulai terasa lemas dan bosan saat menunggu azan magrib.

Tidak usah melakukan hal yang berat, kamu cukup memilih kegiatan ringan seperti menyapu, mengepel, atau sekedar merapikan meja makan agar saat momen berbuka puasa tiba meja sudah kinclong.

Belajar Saham: Kenali 6 Jenis Saham dan 8 Tipsnya untuk Pemula

9. Belajar keuangan

Last but not least, hal penting yang layak kamu coba saat ngabuburit adalah belajar keuangan. Terhitung hingga saat ini, terdapat beragam platform financial education yang dapat kamu gunakan sebagai sarana untuk meningkatkan literasi keuangan.

Baca juga: 4 Langkah Belajar Keuangan, From Zero to Hero

Nah, salah satu platform yang menyediakan jasa dan layanan terkait financial education adalah Ternak Uang. Di platform tersebut, kamu dapat menggali berbagai informasi seputar dunia keuangan, lho. Menarik bukan?

Yes, mengisi kegiatan ngabuburit dengan belajar keuangan di Ternak Uang dapat membantumu dalam merancang masa depan. Pasalnya, platform yang didirikan oleh Raymond Chin ini memberikanmu banyak pilihan layanan. Mulai dari ribuan konten edukasi keuangan, event literasi keuangan, hingga kamu dapat mengajukan pertanyaan seputar dunia keuangan di Ternak Uang Community.

Yuk, tunggu apa lagi? Bergabunglah dan menjadi member Ternak Uang bersama ribuan anggota lainnya. Kamu akan mendapatkan banyak keuntungan, mulai dari akses video edukasi keuangan, modul-modul pembelajaran, hingga berbagai event besar dengan narasumber yang sudah pasti ahli dalam bidangnya.

Bagikan Via

Share on facebook
Share on linkedin
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp