5 Cara Mendapatkan Modal Bisnis untuk Memulai Usaha

Share on facebook
Share on linkedin
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
5 Cara Mendapatkan Modal Bisnis untuk Memulai Usaha

Di era sekarang ini, banyak orang yang terjun ke dunia bisnis karena bisa mendapatkan keuntungan jangka panjang. Namun, sering kali ketika memulai usaha, banyak yang terkendala dengan modal bisnis. Lantas bagaimana agar bisa mendapatkannya? Karena ternyata masih ada yang bingung cara mendapatkan modal untuk memulai usaha.

Memiliki usaha punya kelebihan tersendiri. Di sini, kamu bisa mengatur waktu, tidak ada deadline dan tidak ada bos yang memerintah kamu setiap saat. Alasan lainnya, punya bisnis, terutama yang bisa berkelanjutan, bisa jadi salah satu jalan untuk mencapai financial independence loh. Dengan berinvestasi pada bisnis sendiri, nantinya kamu akan bisa mendapatkan “gaji” atau dividen dari keuntungan bisnismu yang bisa menjadi passive income.

Alasan-alasan inilah yang kerap digunakan oleh banyak orang untuk berhenti kerja dan mencoba peruntungan di dunia bisnis.

Baca juga: 7 Startup Decacorn Dunia yang Harus Kamu Tahu; 2 di Antaranya Ada di Asia Tenggara

Sebelum memulai usaha, ada baiknya kamu harus menentukan terlebih dulu produk apa yang akan dijual, segmennya untuk siapa, marketingnya bagaimana, tim kerja dan tentunya modal bisnis. Bagi kamu yang sudah memiliki ide namun terkendala dengan modal bisnis, tenang, di artikel ini akan dikupas secara tuntas cara yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkannya.

Mengenal Modal yang Merupakan ‘Fondasi’ Sebuah Bisnis

Pengertian modal adalah sekumpulan barang atau uang yang bisa kamu gunakan sebagai dasar dalam melakukan sebuah usaha atau pekerjaan.

Bisa dikatakan, modal usaha merupakan fondasi bagi sebuah bisnis atau perusahaan. Tidak ada modal untuk usaha, maka bisnis pun sulit untuk bergerak. Modal bisnis diperlukan di berbagai skala usaha, mulai dari skala kecil hingga besar.

Contohnya kamu ingin membuka usaha bakso, maka kamu membutuhkan modal bisnis berupa uang dan barang-barang untuk memulainya. Barang-barang di sini bisa berupa meja, bangku, gerobak, alat masak, dan lainnya. Sedangkan modal berbentuk uang, akan digunakan untuk membeli bahan baku bakso, seperti daging, sayuran, mi, cabai dan lain sebagainya.

Dari sekian banyak jenis usaha yang ada, berikut ini daftar tren bisnis yang menjanjikan dan berpeluang cuan, bisa kamu sontek salah satunya.

5 Cara Segera Mandiri secara Finansial

5 Bisnis Menjanjikan 2022 yang Berpeluang Cuan

Frozen food

Bisnis makanan beku atau frozen food masih menjadi usaha yang menjanjikan di tahun ini dan tentunya berpeluang menghasilkan cuan yang lumayan bagi kamu. Usaha ini masih akan mendapat banyak pelanggan karena banyak yang menginginkan kepraktisan dalam hal memasak. Belum lagi ditambah kondisi pandemi yang belum usai, menyetok makanan beku adalah salah satu jalan terbaik.

Fotografi dan videografi

Fotografi dan juga videografi masih akan menjadi bisnis yang menjanjikan di tahun ini. Keadaan memang mulai berangsur pulih, pernikahan pun sudah bisa dilaksanakan dengan protokol kesehatan ketat maka jasa ini pun tetap dicari.

Selain itu, sekarang ini banyak brand dan usaha-usaha kecil menengah yang membutuhkan fotografer dan videografer untuk keperluan marketing. Ini bisa dijadikan peluang mendapatkan cuan.

Jangan lupa untuk sering share karya kamu sebagai portofolio, agar banyak orang yang bisa tahu skill yang kamu miliki dan tentunya untuk memperluas networking. Kamu bisa membangun portofolio ini di media sosial, ataupun di berbagai website yang menyediakan layanan khusus untuk menaruh portofolio online, seperti Behance, DeviantArt, atau Dribbble.

Kursus online

Selama masa pandemi, jasa kursus online tumbuh subur. Ini tak lepas dari kondisi yang membuat kita tidak bisa keluar rumah tapi membutuhkan ilmu untuk mengasah skill. Maka, tak heran banyak bermunculan jasa kursus online dari berbagai bidang.

Bagi kamu yang memiliki skill di bidang tertentu, bisa memanfaatkan peluang ini. Modal bisnis untuk jasa ini terbilang minim, hanya mengandalkan ruang zoom, internet, dan laptop.

Online shop

Ini adalah bisnis yang everlasting dan sangat disukai banyak orang. Modal bisnisnya pun tidak membutuhkan biaya banyak. Dengan modal smartphone, internet, strategi marketing yang tepat maka kamu bisa mengembangkan online shop yang dimiliki.

Tren online shop 2022 masih ada di bidang kecantikan khususnya skincare, fashion, crafting dan aksesori. Kamu bisa memilih salah satunya untuk memulai. Walaupun banyak online shop yang sejenis, tidak perlu khawatir. Kamu hanya butuh strategi marketing yang mumpuni agar bisa bersaing dengan mereka.

Baca juga: Investasi di Tech Company: Ini Dia Prospek dan 5 Tips Terbaik untuk Memulainya

Coffee shop

Tidak bisa dimungkiri, beberapa tahun belakangan ini tren coffee shop sangat hype di seluruh Indonesia. Banyak coffee shop skala kecil maupun besar bisa kamu temukan di tiap sudut kota. Tren ini muncul karena pengaruh gaya hidup masyarakat urban, khususnya generasi milenial dan gen Z, yang senang nongkrong dan mengunggah foto di media sosial.

Memang sih modal bisnis untuk coffee shop termasuk besar, oleh karena itu kamu membutuhkan beberapa cara agar bisa mengumpulkan modal yang sesuai.

5 Cara Mendapatkan Modal Bisnis untuk Memulai Usaha

5 Cara Mendapatkan Modal Bisnis

Tabungan pribadi

Cara mendapatkan modal bisnis yang paling mudah adalah dengan menggunakan tabungan yang kamu miliki. Kamu bisa memulainya dengan menyisihkan sebagian pendapatan setiap bulannya. Jangan lupa pasang target ya mau berapa lama mengumpulkan modal bisnis dari tabungan.

Ketika sudah sesuai target, silakan gunakan untuk memulai bisnis. Kelebihan menggunakan tabungan pribadi, kamu tidak perlu repot memikirkan utang ke keluarga atau lembaga keuangan. Kendati demikian, perlu diingat bahwa cara ini membutuhkan waktu yang lumayan lama. Sanggup tidak menunggu?

Pinjam ke orang terdekat

Cara meminjam uang ini sering dipakai oleh banyak orang, tapi sayangnya, dari sekian banyak kasus pinjaman modal bisnis ini, mayoritas berakhir dengan rusaknya hubungan pertemanan atau keluarga.

Oleh karena itu, jika kamu berniat meminjam ke orang terdekat, sebaiknya siapkan rencana bisnis dengan matang. Berlakulah secara profesional, selayaknya kalau kamu meminjam modal ke lembaga resmi seperti perbankan. Buat proposal yang layak, dengan strategi bisnis yang jelas.

Buat perjanjian hitam di atas putih, yang dengan jelas menyebutkan jumlah pinjaman, nama pihak pemberi pinjaman, nama peminjam, bunga dan tenor yang disepakati.

Dengan begini, orang yang mau memberikan pinjaman pun optimis bahwa bisnis kamu akan dapat berjalan dengan baik, dan kamu bisa mengembalikan uang tepat waktu.

Jual aset

Cara mendapatkan modal bisnis berikutnya yang bisa kamu lakukan adalah dengan cara menjual aset, seperti rumah, tanah, kendaraan pribadi, atau perhiasan yang dimiliki. Saat menjual harus ada persetujuan dengan pasangan ya, apabila kamu sudah menikah.

Kamu bisa menggabungkan cara menjual aset dan tabungan pribadi agar bisa mendapatkan modal bisnis yang lebih besar.

Pinjam di bank

Cara ini adalah cara yang umum dan aman untuk dilakukan dalam mendapatkan modal bisnis. Sekarang ini ada banyak macam kredit yang ditawarkan oleh lembaga perbankan, baik dengan jaminan atau tanpa agunan.

Namun pastikan sebelum mengajukan pinjaman, kamu memiliki dana yang cukup setiap bulan untuk membayar cicilan. Hindari keterlambatan membayar karena nantinya akan ada denda yang harus kamu tanggung.

Rekan bisnis

Mengelola bisnis sendiri itu berat, apalagi jika kamu masih terkendala saat mencari modal. So, kamu bisa mencari rekan bisnis agar bisa mempunyai modal bisnis yang jauh lebih besar. Coba kamu ajak sahabat atau teman yang dipercaya, memiliki visi dan minat yang cocok dengan kamu.

Tapi, sebelum memulai bisnisnya, kamu harus membahas terlebih dulu dengan detail tentang strategi bisnis, apa yang ingin dicapai, pembagian keuntungan, job desc, dan lain sebagainya.

Kelebihan memiliki rekan bisnis adalah kamu mempunyai partner untuk bertukar pikiran dan mendiskusikan ide untuk pengembangan usaha.

Baca juga: Wujudkan Financial Independence Retire Early: 8 Hal Ini yang Harus Kamu Perhatikan

Jika kamu punya ide usaha, coba salah satu cara di atas untuk mendapatkan modal bisnis agar bisa memulainya. Setidaknya dengan memiliki bisnis sampingan, langkah kamu untuk mencapai fase financial independence semakin terbuka lebar. Yuk, semangat!

Let’s become financially independent dengan membership Ternak Uang selama 1 tahun! Learn, practice, one step at a time. Dengan menjadi member, kamu bisa mendapatkan 365 hari penuh untuk belajar berbagai tahapan menuju merdeka finansial. Termasuk di dalamnya boleh ikut di 100 sessions belajar keuangan bersama speakers yang sudah ahli di bidangnya, dan 2 big events! Tunggu apa lagi? Klik saja tombol di bawah ini, dan ikuti step by step-nya ya!

Bagikan Via

Share on facebook
Share on linkedin
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp