Menghasilkan Uang dari 7 Hobi Ini di Masa Pandemi, Dijamin Cuan!

Share on facebook
Share on linkedin
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Menghasilkan Uang dari 7 Hobi Ini di Masa Pandemi, Dijamin Cuan!

Kamu punya hobi? Tentu akan sangat menyenangkan apabila kamu bisa menghabiskan waktumu untuk melakukan apa yang kamu suka dan menghasilkan uang dari aktivitas tersebut.

Biasanya seseorang memang memiliki suatu aktivitas atau kegiatan yang digemari dalam kehidupan sehari-hari. Mulai dari kegiatan outdoor maupun indoor, baik olahraga ekstrem hingga diam di rumah untuk menonton drama Korea. Semua kegiatan itu baik adanya, lantaran memberimu rasa nyaman, bahagia, dan puas. Betul?

Seringnya untuk melakukan hobi, kamu akan merogoh kocek sehingga kadang membuat bujet bulanan membengkak. Terlebih lagi jika kamu melakukannya di tengah pandemi berkepanjangan seperti ini, maka akan semakin banyak hal yang perlu kamu perhatikan. Apalagi penghasilan kamu juga belum pulih benar, seperti di masa-masa sebelum virus corona menyerang. So, memang ada baiknya kamu lebih bijak dalam menggunakan uang, terutama yang terkait dengan hobi.

Well, lalu, kenapa tak mengupayakan agar hobi atau kegiatan yang menyenangkanmu itu bisa menghasilkan uang? Pastinya, hal ini akan dapat membantumu memperpanjang napas, sementara pekerjaan utama masih belum bisa optimal dituntaskan, bukan? Lumayan loh, buat menambah uang belanja, atau untuk menambal dana darurat.

Baca juga: 4 Tanda Kondisi Keuangan Kamu yang Sehat, dan Tip Mengelolanya

So, ini dia beberapa hobi yang bisa banget menghasilkan uang dan bisa kamu lakukan di masa pandemi yang belum juga rampung seperti ini.

5 Komunitas Investor Saham Pemula dan 4 Tip Belajar Saham Termudah

7 Referensi Hobi yang Dapat Menghasilkan Uang dan Bisa Kamu Lakukan dari Rumah

1. Memasak

Kamu menyukai kegiatan di dapur seperti memasak? Dan kamu percaya diri bahwa masakan yang kamu buat memiliki cita rasa yang ciamik? Fix, kamu bisa menjadikan hobi memasak ini sebagai ladang cuan.

Berbisnis kuliner memang bisa menjadi jalan ninjamu untuk menghasilkan uang. Tidak perlu heboh, kamu dapat memulai berbisnis kuliner dengan cara yang sangat sederhana. Kamu bisa memasarkan masakanmu via online atau menggunakan sistem preorder terlebih dahulu, lho. Bahkan kamu juga bisa bekerja sama dengan jasa layanan pesan antar.

Makanan akan selalu menjadi hal yang paling dicari karena hal tersebut sudah kebutuhan pokok setiap orang. Terdapat beragam jenis makanan yang bisa kamu jajakan, mulai dari makanan berat, minuman, cake, snack, dan masih banyak lagi.

Coba saja, misalnya, kamu menawarkan paket katering untuk mereka yang lagi isolasi mandiri. Variasikan menunya dengan berbagai menu penuh gizi, agar bisa membantu mereka segera sembuh dan pulih. Sounds good kan?

2. Menulis

Menulis juga bisa menjadi hobi yang menghasilkan uang, lho. Tidak main-main, apabila kamu menekuni dunia penulisan, cuan yang kamu dapat dari menulis bisa menambah pemasukan bulanan.

Jenis tulisan yang dapat kamu tulis pun beragam, mulai dari artikel, hingga cerita fiksi dan nonfiksi. Kamu dapat mengasah kemampuan menulis dengan memperbanyak referensi bacaan, agar diksi yang kamu gunakan menjadi lebih variatif sehingga tulisan kamu tidak terkesan membosankan.

Kemudahan teknologi saat ini pun dapat mempermudah kamu dalam menghasilkan uang melalui tulisan. Kamu bisa mengirimkan naskah ke penerbit melalui email, atau mempublikasikan artikel yang kamu tulis di kanal baca online seperti Wattpad, Cabaca, hingga media online.

Kamu juga bisa menjajal untuk terjun ke dunia content writer dan copywriter, lho. Pekerjaan ini selain fleksibel juga memungkinkan kamu untuk bekerja dari mana saja alias remote working. Selain dapat menghasilkan uang, dengan menulis kamu juga dapat memperbanyak portofolio tulisan serta pengalaman kerja yang akan mempercantik CV kamu.

Baca juga: 6 Tips Belajar Bisnis Terbaik dan Paling Mudah untuk Pemula

3. Painting atau menggambar

Kamu anaknya ‘nyeni’ banget, misalnya suka menggambar, suka bikin digital art, dan sebangsanya? Hobi ini dapat kamu jadikan sumber untuk menghasilkan uang.

Menggambar dapat melalui berbagai media, mulai dari kanvas hingga gambar digital seperti ilustrasi. Apabila karya-karyamu cukup menarik bagi khalayak, maka kamu bisa menjual gambar tersebut dengan cara memajangnya di situs portofolio milikmu.

Bahkan, sekarang lebih heboh lagi. Sudah banyak loh, seniman terutama pelukis atau illustrator yang menjajakan karyanya melalui NFT marketplace atau pasar Nonfungible Token. Yakin, kamu enggak mau mencobanya juga?

Fenomena NFT memang menjadi angin segar bagi seniman untuk memasarkan mahakaryanya. Semakin unik suatu karya atau aset digital yang kamu miliki, maka value-nya pun akan semakin tinggi. Begitu pula, apabila aset NFT kamu dibangun oleh komunitas agar memiliki value, maka harganya pun akan melambung tinggi.

Apabila kamu tertarik untuk menghasilkan uang dengan memasarkan gambar digital atau lukisanmu melalui NFT Marketplace, maka kamu dapat mempelajari dunia NFT melalui Ternak Uang Academy.

4. Foto dan Video Editing

Suka dunia editing foto dan video? Jangan sia-siakan kesempatan untuk menghasilkan uang dengan menjadi foto atau video editor.

Konon, dengan kamu menekuni dunia editing dan mengasah skill editingmu, maka hal tersebut dapat menjadi sumber penghasilan tambahan. Alih-alih hanya mengunggahnya ke media sosial pribadi, foto dan video yang kamu edit juga bisa kamu komersilkan, lho.

Jasa foto dan video editing sering kali dicari oleh perusahaan ataupun perseorangan yang membutuhkannya. Gambar dan shoot yang menakjubkan akan membuatmu dilirik oleh perusahaan-perusahaan penyedia jasa foto dan video editing.

Apabila kamu pernah tergabung dalam beberapa project foto dan video editing, jangan lupa untuk mengunggah dan menambahkannya di portofoliomu, ya.

5. Main Media Sosial

Siapa sih yang nggak demen mainan media sosial alias medsos? Bermain media sosial adalah salah satu killing time terbaik yang biasa dilakukan oleh gen Z. Benar tidak?

Namun, dalam bermain media sosial ini terkadang malah menguras kuota. So, kamu bisa mengubah hobi bermain media sosial ini menjadi ladang cuan yang menghasilkan uang. Dengan hobimu yang satu ini, kamu akan cenderung up to date dengan tren dan informasi di media sosial. Oleh karena itu, kemampuanmu menyerap informasi dan memperhatikan pasar online, maka kamu bisa menjadi seorang social media manager, online marketing, UX researcher, influencer, dan masih banyak lagi.

Menghasilkan Uang dari 7 Hobi Ini di Masa Pandemi, Dijamin Cuan!

6. Gardening atau berkebun

Bercocok tanam adalah hobi yang tidak kalah menyenangkan. Nah, buat kamu yang suka bercocok tanam, maka kamu dapat membuka peluang bisnis dan menghasilkan uang dengan hobi berkebunmu ini.

Biasanya, pecinta tanaman memiliki beragam koleksi bunga dan tanaman cantik di rumahnya. Seiring berjalannya waktu, bunga tersebut terus berkembang dan beranak pinak, sehingga kamu dapat menjual beberapa koleksi tanaman di rumahmu.

Tak hanya itu. Kamu juga bisa membuat kebun organik sendiri yang menghasilkan sayur dan buah yang penuh kandungan gizinya. Kesadaran masyarakat akan pentingnya makanan sehat sekarang semakin meningkat loh. Karena itu, ini bisa jadi peluang cuan tersendiri buat kamu.

Tak hanya bisa menjual bunga, buah, atau sayurannya saja, kamu juga bisa menjual bibit, hingga tanaman yang sudah mulai tumbuh dengan harga yang bervariasi.

7. Desain grafis

Nah, buat kamu yang tertarik dan jago dalam menggunakan tools desain seperti Photoshop, Adobe Illustrator, Corel, Figma dan lain sebagainya, maka kamu berpeluang besar menjadi seorang graphic designer.

Desain grafis pun memiliki jenis yang beragam, mulai dari desain template hingga ilustrasi. Apabila kamu suka mendesain template, kamu cocok menjadi seorang content creator.

Namun, apabila kamu lebih suka membuat ilustrasi, menggambar logo dan icon digital akan lebih cocok untuk pekerjaanmu. Dan bila kamu lebih tertarik untuk mendesain situs web, maka UI designer bisa menjadi pilihan pekerjaanmu untuk menghasilkan uang.

Cukup banyak bukan pilihan pekerjaan di dunia graphic designer? Nah, tinggal kamu aja nih, lebih minat di fokus desain yang mana.

Baca juga: 5 Cara Mendapatkan Modal Bisnis untuk Memulai Usaha

Nah, itulah beberapa hobi yang dapat menjadi opsi untuk menghasilkan uang dan tetap cuan di masa pandemi.

Sebenarnya, masih banyak referensi hobi yang bisa kamu jadikan untuk ladang cuan. Seperti yang dilakukan oleh ko Agus Leo Halim. Siapa sih yang tidak mengenal ko Agus? Buat yang belum kenal, ko Agus adalah seorang content creator andal baik di YouTube maupun Instagram. Dari seorang fotografer, ia menjadi storyteller yang memiliki banyak pengikut.

Apabila kamu tertarik dengan tips dan trik menghasilkan uang dari kegiatan yang kamu suka, maka kamu wajib hadir dalam webinar event Ternak Uang bersama content creator jempolan, Agus Leo Halim. Dalam event From Photographer to Storyteller: How to Make Money From It, akan ada banyak ilmu yang kamu dapat mengenai bagaimana cara menghasilkan uang, tidak hanya di masa pandemi, namun juga ekspansi.

Tunggu apa lagi? Yuk, bergabung di event Ternak Uang, dan rasakan manfaatnya!

Bagikan Via

Share on facebook
Share on linkedin
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp