5 Cara Segera Mandiri secara Finansial

Share on facebook
Share on linkedin
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
5 Cara Segera Mandiri secara Finansial

Thanks to technology! Sekarang ini kita makin mudah mengakses segala bentuk informasi dengan berbekal benda kecil seukuran telapak tangan. Banyak pengetahuan yang bisa kita peroleh termasuk tentang keuangan dari berbagai sumber yang kredibel. Tak heran jika saat ini, kaum milenial dan gen Z makin sadar bahwa mandiri secara finansial itu sangatlah penting.

Mandiri secara finansial bukan tentang seberapa banyak uang yang kamu miliki, gaya hidup seperti apa yang bisa kamu jalani, atau besarnya gaji setiap bulan. Tidak. Ini tentang bagaimana cara kamu memiliki penghasilan sendiri, mengelola uang tersebut, mengetatkan pengeluaran, punya dana darurat, dan menyisihkan sebagian dana ke tabungan juga investasi, hingga akhirnya bisa merasakan kebebasan finansial.

Dengan mandiri finansial, secara langsung kamu akan terlepas dari bahaya ketergantungan terhadap orang tua, keluarga, dan menghindari pengangguran.

Banyak hal yang dilakukan orang-orang saat ini agar bisa cepat mandiri secara finansial seperti menjadi wirausahawan muda. Tujuan utamanya agar tidak perlu disupport keuangan lagi oleh orang tua, maupun bergantung pada perusahaan dengan gaji per bulan ditambah beban kerja yang kadang kala semakin banyak.

Baca juga: Financial Independence: 4 Cara untuk Mencapainya

Bagi kamu yang ingin memulai mandiri secara finansial, yuk, ini saat yang tepat untuk memulai! Agar kamu lebih mantap melangkah menuju gerbang financial independence, atau mandiri secara finansial, berikut ini berbagai manfaat yang akan kamu dapatkan ketika melakukannya.

Financial Independence: 4 Cara untuk Mencapainya

3 Manfaat Mandiri Secara Finansial

Lebih percaya diri

Mandiri secara finansial akan membuat rasa percaya diri kamu meningkat.

Uang bukanlah segalanya, tapi segalanya butuh uang. Betul? Memiliki keuangan yang aman, akan membuat kamu menjadi lebih bahagia dan percaya diri karena berbagai masalah keuangan bisa kamu atasi karena memiliki pengelolaan yang baik.

Kamu juga bisa membeli kebutuhan yang diinginkan tanpa perlu merasa khawatir bahwa bulan besok kamu akan kekurangan uang dalam mencukupi kebutuhan bulanan. Kamu akan merasakan perbedaan ketika kamu sudah mandiri secara finansial. Hidup lebih tenang, damai dan bye-bye boros.

Memiliki dana darurat

Manfaat kedua dari mandiri secara finansial, kamu dapat mulai memiliki dana darurat.

Yup, life is unpredictable. Kita tidak akan pernah tahu hal buruk apa yang akan terjadi di kemudian hari, sehingga dana darurat ini sangatlah penting perannya.

Sama halnya dengan pandemi COVID-19 ini yang entah sampai kapan akan usai. Semua pasti terpuruk bukan saat pandemi menyerang pertama kali? Di situ kita belajar bahwa dana darurat sangatlah penting untuk menjaga kondisi keluarga kita agar tetap bisa terpenuhi segala kebutuhan hidup.

Menjadi inspirasi bagi orang lain

Mandiri secara finansial bisa dicita-citakan oleh segala lapisan usia. Namun, ada rentang waktu yang cukup untuk bisa melakukannya. Oleh karena itu, ketika kamu sudah mandiri secara finansial, di sini kamu sudah membuktikan bahwa kamu bisa melakukannya yang mungkin dulu banyak orang yang skeptis akan hal tersebut.

Pencapaian kamu ini bisa menjadi inspirasi bagi orang lain untuk melakukan hal positif tersebut. Well, tidak perlu menjadi influencer atau so called selebgram untuk menjadi agen penggerak semangat, tapi kamu bisa menjadi inspirasi bagi orang-orang terdekat misalnya saudara, teman kantor dan sahabat agar bisa mandiri secara finansial.

Lantas, bagaimana cara agar bisa mandiri secara finansial? Berikut ini cara yang bisa kamu lakukan untuk memulainya.

5 Cara Segera Mandiri secara Finansial

5 Cara Segera Mandiri Secara Finansial

Buat tujuan yang detail

Hidup itu tentang tujuan. Mau ke mana dan bagaimana caranya, betul?

Begitu pun dengan mandiri secara finansial, langkah awal yang mesti kamu lakukan adalah tentukan dulu tujuan keuangan kamu. Dalam menentukan tujuan berarti kamu harus tahu dulu kondisi keuangan saat ini dan buatlah tujuan yang realistis sesuai keadaan tersebut.

Kamu bisa memulai dengan menentukan rentang waktu yang ingin kamu capai agar bisa mandiri secara finansial. Apakah dalam waktu 5 tahun atau 10 tahun? Kamu yang tentukan.

Lalu, bisa lagi diperinci dalam rentang waktu 5 tahun, apa yang harus kamu lakukan? Misalnya melunasi kartu kredit, menabung membeli mobil, dan lain sebagainya.

Ingat, semakin spesifik tujuan kamu buat, maka akan semakin besar kemungkinan untuk tercapai.

Saatnya melakukan financial planning

Setelah menetapkan tujuan, langkah berikut adalah financial planning atau perencanaan keuangan.

Keuangan itu mesti direncanakan agar kamu bisa mencapai segala tujuan keuangan yang sudah disusun dan tentunya bisa mandiri secara finansial. Mulailah dengan menuliskan seluruh kebutuhan per bulan, cicilan apa saja yang dipunya, dana yang mesti disiapkan seperti dana darurat, dana pendidikan. Lalu sesuaikan dengan gaji yang kamu peroleh per bulan.

Kamu bisa menggunakan strategi dengan metode 50-30-20. Angka 50 adalah persentase untuk kebutuhan bulanan, 30 gaya hidup (pengin traveling, nongkrong dan lain sebagainya), 20 ini ke tabungan dan investasi. Tapi, tentunya angka ini tidaklah mutlak, karena kondisi keuangan setiap orang tidaklah sama. Jadi, silakan buat sendiri perencanaan keuangan versi kamu sendiri, ya.

Tak kalah penting dalam financial planning adalah mencatat segala transaksi keuangan secara detail. Tujuannya agar segala pengeluaran dan pemasukan bisa dipantau. Jadi, nantinya akan memudahkan kamu dalam mengevaluasi keuangan setiap bulan.

Baca juga: Personal Financial Planning: Apa Artinya dan 5 Langkah Terbaiknya

Menambah penghasilan

Menambah penghasilan di sini dalam artian kamu memiliki pekerjaan sampingan di luar pekerjaan utama.

Barangkali sekarang ini penghasilan kamu sudah mencukupi, namun tidak ada salahnya melakukan pekerjaan paruh waktu dengan memanfaatkan skill yang kamu punya agar bisa memiliki penghasilan sampingan. Selain itu, kamu juga bisa memanfaatkan berbagai aset agar bisa mendapatkan passive income.

Yup, tujuan menambah penghasilan memang bermuara pada passive income. Jika ada passive income, nantinya kamu akan lebih mudah mencapai mandiri secara finansial. Bisa saja waktu yang kamu targetkan 10 tahun untuk mencapainya, tapi saat memasuki tahun ke-7 misalnya, ternyata kamu sudah bisa berada di fase mandiri secara finansial.

Tabungan dan investasi tidak boleh ditunda

Jika selama ini kamu selalu menunda menabung dan berinvestasi, maka sekarang saatnya menyingkirkan kemalasan tersebut. Tujuan menabung dan investasi adalah agar kamu selain bisa mandiri secara finansial, kelak kamu akan memasuki tahapan bebas finansial dengan melakukan dua hal ini.

Sekarang ini ada digital bank yang memudahkan kamu untuk membuka rekening tabungan jika ingin menabung. Begitu pun dengan berinvestasi, kamu sudah bisa melakukan investasi bermodalkan aplikasi saja.

Memang sih ada banyak jenis instrumen investasi, namun jika kamu memiliki tujuan ingin mencapai mandiri secara finansial dalam rentang waktu 5-10 tahun maka saham bisa dijadikan pilihan. Saham memang investasi high risk high return, oleh karena itu kamu mesti belajar saham agar bisa membeli saham terbaik untuk dikoleksi.

‘Investasi’ ke diri sendiri

Inilah yang seringkali dilupakan oleh banyak orang, ‘investasi’ ke diri sendiri. Terlalu sibuk ingin mencapai tujuan tapi lupa bahwa diri kita juga butuh mendapatkan asupan pengetahuan agar bisa meningkatkan kualitas diri. Apabila kualitas diri kita meningkat maka akan berpengaruh juga terhadap peningkatan kualitas hidup.

Maka, sempatkan waktu untuk membaca agar menambah pengetahuan atau bergabung di komunitas saham pemula misalnya agar kamu bisa mendapatkan berbagai insight dari yang sudah berpengalaman.

Baca juga: Financially Independent Retire Early: Mengenal Konsep dan 5 Langkah untuk Mencapainya

Mandiri secara finansial merupakan tahapan bagi kamu yang ingin bisa berdiri sendiri tanpa perlu sokongan dana dari orang tua maupun keluarga. Akan ada kelegaan ketika kamu bisa mencapainya. Untuk itu, jangan pernah patah semangat ya dalam menjalani segala prosesnya. Yakin deh, kamu bisa!

Let’s become financially independent dengan membership Ternak Uang selama 1 tahun! Learn, practice, one step at a time. Dengan menjadi member, kamu bisa mendapatkan 365 hari penuh untuk belajar berbagai tahapan menuju merdeka finansial. Termasuk di dalamnya boleh ikut di 100 sessions belajar keuangan bersama speakers yang sudah ahli di bidangnya, dan 2 big events! Tunggu apa lagi? Klik saja tombol di bawah ini, dan ikuti step by step-nya ya!

Bagikan Via

Share on facebook
Share on linkedin
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp