Gen Z Mandiri Finansial Sedini Mungkin, 6 Hal Krusial Ini Perlu Direncanakan

Share on facebook
Share on linkedin
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Gen Z Mandiri Finansial Sedini Mungkin, 6 Hal Krusial Ini Perlu Direncanakan

Mencapai mandiri finansial, atau financial independence, sedini mungkin merupakan impian dan tujuan keuangan bagi banyak orang. Apakah kamu juga termasuk salah satu dari mereka? Apabila iya, kamu perlu mempersiapkan beberapa hal yang akan diulas dalam artikel ini agar mencapai mandiri finansial sedini mungkin.

Sebagaimana yang kamu tahu, mandiri secara finansial adalah kondisi ketika kamu tidak lagi bergantung kepada orang lain, baik orang tua, pasangan maupun kerabat secara finansial. Dapat dikatakan bahwa dalam kondisi ini, kamu sudah cukup piawai dalam mengelola dan membuat perencanaan keuangan.

Sebagai Gen Z yang produktif dan sudah memiliki penghasilan sendiri, kamu perlu memahami secara mendalam bagaimana cara mengelola dan mengatur keuangan. Kamu juga harus akrab dengan kegiatan menabung, berhemat, memilih dan memilah prioritas kebutuhan, serta beberapa kegiatan lain sebagai transisi untuk mencapai level mandiri finansial sedini mungkin.

4 Langkah Memulai Investasi Halal yang Menguntungkan Menuju Bebas Finansial

Kenali Ciri-ciri Gen Z yang sudah Mencapai Mandiri Finansial

Sebelum mengulas lebih lanjut mengenai hal apa saja yang perlu dipersiapkan menuju level mandiri finansial sedini mungkin, kenali beberapa ciri Gen Z yang telah mencapai mandiri finansial agar kamu lebih memahaminya.

1. Berpenghasilan sendiri

Salah satu ciri Gen Z yang sudah mencapai mandiri finansial adalah memiliki penghasilan sendiri. Adanya penghasilan ini dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, mulai dari makan, tempat tinggal, hingga hiburan.

Apabila kamu belum memiliki penghasilan sendiri, maka kamu bisa mencoba terjun ke dunia freelancer. Ambilah project-project freelance yang sesuai dengan skillmu, ya. Selain dapat menambah penghasilan untuk memenuhi tujuan keuangan, menjadi freelancer juga dapat mempercantik CV-mu, lho.

Baca juga: Menghasilkan Uang dari 7 Hobi Ini di Masa Pandemi, Dijamin Cuan!

2. Memiliki dana darurat yang cukup

Ngomong-ngomong soal mandiri finansial, pasti tak luput dari pembahasan mengenai dana darurat. Memiliki dana darurat yang cukup, yakni 3 hingga 6 kali pengeluaran bulanan, adalah ciri yang identik dengan kemandirian finansial seseorang.

Siapkan dana darurat dan rutinlah menabung khusus untuk pos tersebut. Kamu juga bisa memenuhi alokasi dana darurat dengan terjun ke dunia investasi, lho.

3. Membayar utang dengan lancar

Kemampuanmu membayar utang ternyata juga bisa menjadi ciri dari mandiri finansial. Apabila kamu lancar dalam membayar cicilan atau utang lainnya, maka dapat dikatakan bahwa kamu sudah mencapai level mandiri secara finansial.

Namun, apabila kamu masih terkendala dalam membayar utang, maka kamu perlu melakukan evaluasi terhadap manajemen keuanganmu. Cek kembali total cicilan bulananmu, dan pastikan cicilan tersebut tidak lebih dari 30 persen dari penghasilanmu, ya.

4. Mempunyai tabungan dan investasi yang cukup

Semua kebutuhan dan gaya hidup kamu sudah terpenuhi dengan baik? Nah, dengan demikian dapat dikatakan bahwa kamu sudah berada dalam fase mandiri finansial.

Selain seluruh kebutuhan dan lifestyle sudah tercukupi, kamu juga memiliki tabungan serta investasi yang memadai untuk kebutuhan jangka panjang di masa depan.

So, mulailah rutin menabung dan berinvestasi di awal bulan dengan menyisihkan 5 – 10 persen dari total penghasilanmu, ya. Ingat, tidak dianjurkan bagi kamu untuk menabung dan berinvestasi dengan uang sisa gajian!

5. Memiliki literasi keuangan yang memadai

Melek akan literasi keuangan juga termasuk ke dalam ciri bahwa kamu sudah semakin dekat dengan level mandiri finansial. Sebagai Gen Z, tentunya saat ini kamu sudah sangat terfasilitasi dengan banyaknya platform edukasi finansial yang menjamur di masyarakat. Kamu juga dapat belajar dan memperluas literasi keuangan dengan menjadi anggota academy Ternak Uang, lho.

Baca juga: 6 Alasan Financial Education Sangat Krusial Dipelajari oleh Semua Orang

6. Berpola pikir jangka panjang

Penting bagi kamu untuk memiliki pola pikir jangka panjang apabila ingin mencapai mandiri finansial sedini mungkin. Dengan begitu, kamu dapat menentukan langkah apa saja yang akan kamu tempuh demi mencapai impian tersebut.

Itulah beberapa ciri Gen Z yang telah mencapai mandiri finansial. So, kamu masuk ke dalam ciri yang mana?

Nah, apabila belum ada salah satu ciri mandiri finansial yang melekat pada dirimu, maka kamu perlu mempersiapkan beberapa hal untuk mencapai mandiri finansial sedini mungkin.

Gen Z Mandiri Finansial Sedini Mungkin, 6 Hal Krusial Ini Perlu Direncanakan

Persiapan Gen Z untuk Mandiri Finansial Sedini Mungkin

Well, setelah mengetahui ciri-cirinya, berikut adalah beberapa hal yang perlu kamu siapkan untuk mencapai financial independence sedini mungkin.

1. Belajar menabung

Membiasakan diri untuk menabung adalah hal utama yang dapat kamu lakukan untuk segera mencapai mandiri finansial. Membiasakan diri untuk menabung biasanya menjadi hal yang sulit bagi sebagian orang. Namun, bukan berarti kamu tidak dapat melakukannya kan?

So, biasakan menabung sedini mungkin agar kamu segera mencapai level mandiri secara finansial. Jangan lupa untuk menabung dalam jangka panjang, ya.

2. Gunakan kartu kredit atau debit dengan bijak

Beberapa sumber menyebutkan, berhenti menggunakan uang tunai atau aplikasi pembayaran digital setidaknya dalam kurun waktu tiga bulan. Penggunaan kartu kredit atau debit dalam transaksi akan mempermudah kamu dalam membuat pertinggal.

Namun, dalam penggunaan kartu kredit maupun debit tidak boleh sembarangan, ya. Kamu tetap harus memperhatikan dan menentukan mana kebutuhan terpenting yang menjadi prioritasmu. Jika kamu menggunakan kartu kredit, pastikan bahwa kamu juga mampu membayar tagihan di setiap bulannya.

3. Membuat perencanaan keuangan

Usai mengetahui mana yang menjadi preferensi belanjamu, cobalah membuat perencanaan keuangan, minimal dalam kurun waktu satu bulan. Dengan demikian, maka kamu akan mendapatkan gambaran secara keseluruhan seberapa banyak uang yang perlu kamu keluarkan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

4. Tentukan prioritas kebutuhan

Penting bagi kamu untuk mengetahui mana yang menjadi prioritas kebutuhan saat melakukan perencanaan keuangan. Hal ini akan membantumu dalam membuat pos-pos keuangan. Dengan demikian, kamu bisa menentukan apa saja sumber penghasilan untuk memenuhi pos-pos keuangan tersebut.

5. Siapkan dana darurat

Dana darurat adalah hal yang paling krusial dalam perencanaan keuangan demi mencapai mandiri finansial. So, kamu perlu mempersiapkan dana darurat sedini mungkin.

Menabung dana darurat tidaklah mudah, namun juga bukan hal yang sulit. Mulailah menyisihkan sebagian dari penghasilanmu untuk memenuhi pos dana darurat.

Umumnya, dana darurat yang perlu kamu persiapkan berkisar 3 hingga 6 kali dari total pengeluaran bulanan. Kamu juga dapat memenuhi dana darurat dengan belajar investasi, lho.

So, sudahkah kamu memiliki dana darurat yang cukup? Coba cek lagi, ya.

6. Hati-hati dalam penggunaan kartu kredit

Memiliki kartu kredit adalah sebuah tanggung jawab keuangan yang cukup besar. Pasalnya kamu perlu melunasi tanggungan kartu kredit di setiap bulannya. Apabila kamu teledor dalam membayar tagihan, maka kamu harus siap-siap membayar bunga tambahan, ya.

Sebelum memakai kartu kredit, kamu perlu memperhatikan beberapa hal berikut:

  • Penggunaan kartu kredit adalah cara yang ciamik untuk membangun skor kredit
  • Kartu kredit menyediakan perlindungan penipuan yang lebih besar dibandingkan dengan kartu debit
  • Banyak pilihan program menarik dari kartu kredit

Namun, di sisi lain, kartu kredit juga akan menambah pos pengeluaranmu setiap bulannya. Pasalnya kamu perlu membayar tagihan di akhir bulan dengan bunga yang sudah ditentukan persentasenya.

Baca juga: Wujudkan Financial Independence Retire Early: 8 Hal Ini yang Harus Kamu Perhatikan

Mencapai fase mandiri finansial tidak dapat terjadi begitu saja. Kamu perlu melakukan beberapa usaha mulai dari berhemat, menabung, hingga belajar investasi agar dapat berada di level mandiri finansial sedini mungkin.

So, let’s become financially independent dengan membership Ternak Uang selama 1 tahun! Learn, practice, one step at a time. Dengan menjadi member Ternak Uang, maka kamu bisa mendapatkan 365 hari penuh untuk belajar berbagai tahapan menuju merdeka finansial.

Kamu bisa mengikuti 100 session belajar keuangan bersama pembicara yang ahli dalam bidang keuangan dan 2 big events! Tunggu apa lagi? Yuk, segera bergabung bersama Ternak Uang!

Bagikan Via

Share on facebook
Share on linkedin
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp