Financially Independent Retire Early: Mengenal Konsep dan 5 Langkah untuk Mencapainya

Share on facebook
Share on linkedin
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Financially Independent Retire Early: Mengenal Konsep dan 5 Langkah untuk Mencapainya

Tahukah kamu apa itu FIRE, atau Financially Independent Retire Early? Sebagian orang mungkin sudah awam dengan istilah tersebut. Namun, mungkin ada di antara kita yang belum mengenal istilah yang juga dikenal sebagai Financial Independence Retire Early ini. Bagaimana dengan kamu? Apakah kamu sudah tahu konsep ini? Atau, bahkan kamu sudah menerapkan langkah-langkahnya?

FIRE, atau Financially Independent Retire Early, merupakan sebuah gerakan atau metode yang memungkinkan kita untuk menabung ekstrem dengan tujuan mencapai pensiun dini secepatnya.

Wah, secepatnya? Enak dong. Pensiun kan artinya kita tak perlu bekerja lagi, sementara dana yang akan dipakai untuk memenuhi kebutuhan hidup sudah tersedia dan siap digunakan. Hmmm, sounds legit ya? Tapi, memangnya itu mungkin? Atau, hanya impian belaka?

Nggak loh! Cita-cita untuk bisa pensiun dini itu wajar kok. Bahkan kamu bisa saja mewujudkannya, dengan gerakan ini! Bahkan semua orang juga bisa segera pensiun dini dengan menerapkan langkah-langkahnya, terlepas apa pun profesi dan penghasilannya.

Baca juga: Mandiri Finansial di Usia Muda: 6 Ciri dan 7 Langkah Mudah untuk Mencapainya

Nah, penasaran nggak tuh? Lantas, pasti kamu bertanya-tanya, apa sih sebenarnya yang menjadi konsep dari gerakan Financially Independent Retire Early ini? Dan, bagaimana langkah-langkah untuk mencapainya? Simak ulasan mendetailnya dalam artikel ini, yuk!

Mandiri Finansial di Usia Muda: 6 Ciri dan 7 Langkah Mudah untuk Mencapainya

Awal Mula Munculnya Gerakan Financially Independent Retire Early, atau FIRE

Melansir dari berbagai sumber, Financially Independent Retire Early adalah sebuah istilah untuk gerakan mencapai pensiun dini secepatnya dan meraih kebebasan finansial sesegera mungkin. Konsep Financially Independent Retire Early ini memang cukup menarik perhatian, dan semakin populer di tengah semakin sadarnya kita akan pentingnya literasi keuangan.

Menurut sejarahnya, ide ini pertama kali muncul dari buku yang ditulis oleh Vicki Robin dan Joe Dominguez, berjudul Your Money or Your Life yang dirilis pada tahun 1992 silam. Gerakan ini memungkinkan kita untuk membuat rencana keuangan yang komprehensif dengan memanfaatkan berbagai produk keuangan dengan sebaik-baiknya, demi tujuan kemerdekaan finansial dan bisa merasakan pensiun dini dengan segera.

FIRE movement pada prinsipnya memang cocok bagi kamu yang bercita-cita untuk bebas finansial. Tujuan utama dari konsep Financial Independence Retire Early ini tidak lain adalah bagaimana caranya untuk membuat keuanganmu lebih sehat, lebih hemat dengan budgeting yang komprehensif dan gaya hidup yang minimalis. Selain itu, juga membuat rencana keuangan dan berusaha mewujudkannya dengan cara menabung ekstrem; menyisihkan minimal setengah dari pendapatanmu, serta fokus untuk membangun sumber passive income.

Faktanya, FIRE movement ini telah memberikan daya tarik tersendiri di tengah pandemi. Bahkan untuk para usia muda. Semakin banyak dari mereka yang ingin segera mencapai kemerdekaan finansial, dan bisa pensiun dini. Rebahan sepanjang hari.

Hal ini terlihat dari data hasil penelitian yang dilakukan oleh Moneyfarm, sebuah perusahaan wealth management, yang menyebutkan bahwa satu dari 4 orang yang berusia 18 hingga 34 tahun telah menetapkan pensiun dini sebagai tujuan keuangan mereka.

Nah, apakah kamu adalah salah satu dari 4 orang tersebut? Jika iya, kamu bisa menerapkan gerakan FIRE ini mulai hari ini.

5 Contoh Layanan Keuangan Digital yang Harus Kamu Kenali, dan Apa Saja Manfaatnya

Prinsip Financially Independent Retire Early atau FIRE

Setelah mengetahui konsep dari Financially Independent Retire Early, berikut adalah beberapa prinsip yang perlu kamu ketahui sebelum mencoba mengaplikasikannya dalam kehidupanmu.

  • Menabung sebanyak mungkin dari jumlah pendapatan yang kamu terima (up to 70%)
  • Menerapkan hidup yang sangat hemat, miliki gaya hidup minimalis atau frugal living
  • Melunasi semua utang atau personal loans yang kamu punya

Selain ketiga prinsip tersebut, dalam gerakan Financially Independent Retire Early, kamu juga perlu untuk membangun kekayaan bersih yang besarannya 25 kali dari pengeluaran tahunan kamu saat ini, bisa dalam bentuk aset lancar maupun investasi, sebagai retirement savings. Setelah mencapai besaran kekayaan bersih tersebut, untuk memenuhi kebutuhanmu di masa pensiun, tarik maksimal 4% dari investasi yang kamu miliki ini setiap tahunnya.

Baca juga: Capai Financial Freedom ala Raditya Dika

Lantas, bagaimana caranya bisa memiliki kekayaan bersih 25 kali rata-rata pengeluaran tahunan tersebut? Langkah apa saja yang perlu kamu tempuh untuk mencapai financially independent retire early?

Financially Independent Retire Early: Mengenal Konsep dan 5 Langkah untuk Mencapainya

Langkah-langkah Mencapai Financially Independent Retire Early

Sebagaimana pada ulasan sebelumnya, jika kamu ingin financially independent retire early, maka kamu perlu melakukan beberapa langkah berikut.

1. Menabung dengan rutin

Sebagian besar penabung dengan metode financially independent retire early akan menyisihkan 25% hingga 50% dari seluruh pendapatan mereka di setiap bulannya.

Agar dapat mencapai rasio ini, kamu perlu mengidentifikasi pengeluaran penting dan mengubah gaya hidup, lho. Tanpa penghematan, mengetatkan belanja, rasanya akan agak sulit untuk bisa mencapai rasio tabungan sebesar 25% hingga 50% seperti ini. Betul?

Selain meningkatkan rasio menabung, kamu juga sangat dianjurkan untuk memutuskan di mana kamu akan menaruh tabunganmu. Ada banyak instrumen yang bisa kamu manfaatkan. Namun, jika kamu ingin danamu bisa berkembang dengan pesat, maka instrumen investasi agresiflah yang paling sesuai, ditambah dengan adanya compound interest. Misalnya, seperti berinvestasi di stock market, alias pasar saham.

Namun, jika memang ingin memanfaatkan instrumen dengan pertumbuhan agresif untuk membantu melipatgandakan tabungan, maka kamu juga wajib memiliki manajemen risiko yang tepat.

2. Memiliki dana darurat

Memiliki tabungan dana darurat merupakan langkah awal agar kamu dapat mencapai financial independence. Ibaratnya, kamu pengin panjat tebing atau dinding yang tinggi, maka kamu harus menyiapkan jaring penyelamatnya. Kalau sewaktu-waktu, kakimu terpeleset, efek jatuhnya tidak akan terlalu fatal.

Untuk dana darurat, kamu perlu menyisihkan hingga tiga hingga enam kali dari pengeluaran bulanan. Selain dana darurat, yang juga berfungsi sebagai jaring penyelamat adalah asuransi. Milikilah asuransi yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuanmu ya.

Belajar Investasi Reksadana Mulai dengan Memahami 4 Hal Ini Dulu!

3. Belajar investasi

Selain mengalokasikan pendapatan untuk dana darurat dan berusaha hemat, penting bagi kamu yang ingin financially independent retire early untuk belajar investasi. Kini belajar investasi bisa kamu lakukan kapan dan di mana saja. Platform edukasi finansial yang menjamur di kalangan masyarakat dapat kamu manfaatkan untuk memperkaya ilmu dan skill di dunia investasi.

Dengan tahu instrumen mana yang bakalan memberimu keuntungan yang optimal, maka kamu akan bisa memanfaatkannya dengan baik untuk melindungi nilai aset, bahkan melipatgandakannya dengan lebih cepat. Keuntungan dalam berinvestasi akan memberikanmu penghasilan pasif yang dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan keuanganmu di masa yang akan datang.

Namun sebelum benar-benar terjun ke dunia investasi, kamu perlu mempelajari seluk-beluknya terlebih dahulu, ya. Sebagaimana yang kamu ketahui, bahwa investasi merupakan suatu hal yang kompleks, memiliki risiko yang tak boleh diabaikan, dan tak bisa dilakukan hanya bermodal FOMO saja.

Pelajarilah berbagai instrumen investasi, cara kerjanya, hingga beragam risikonya. Jangan lupa sesuaikan dengan profil risiko dan tujuan keuanganmu, ya!

4. Mencari penghasilan tambahan

Mencari penghasilan tambahan juga menjadi salah satu alternatif yang jitu untuk bisa financially independent retire early. Beberapa hal yang dapat kamu lakukan untuk mendapatkan penghasilan tambahan adalah dengan:

  • Mengambil pekerjaan paruh waktu
  • Menambah pekerjaan konsultasi tambahan
  • Meningkatkan kualitas kinerja untuk mendapatkan kenaikan gaji
  • Menerima pekerjaan freelance yang sesuai dengan skill yang kamu miliki
  • Mengikuti pelatihan untuk meningkatkan kualitas kerja dengan gaji yang lebih tinggi

Nah, bagaimana? Yang mana nih yang kamu lihat sesuai untukmu?

4 Tanda Kondisi Keuangan Kamu yang Sehat, dan Tip Mengelolanya

5. Habiskan uangmu dengan bijak

Hal yang tidak kalah penting yang perlu kamu perhatikan untuk dapat financially independent retire early adalah membelanjakan uang dengan bijaksana. Pikirkan secara matang-matang sebelum kamu membeli sesuatu.

Mayoritas penabung dengan prinsip financial independence retire early akan cenderung menghindari kemewahan yang tak perlu, tidak tergoda membeli barang yang tak berguna, dan menghemat uang dengan cara yang mereka bisa.

Dalam hal ini, kamu mungkin bisa membatasi berbagai keinginan konsumtif. Kamu dapat menyimpan dananya untuk berbagai keperluan lain yang lebih penting, misalnya melunasi utang. Selain itu, kamu juga bisa menyisihkannya untuk menambah pos investasi.

Baca juga: 7 Tip Belajar Saham Terbaik untuk Pemula

Nah, demikianlah langkah-langkah yang perlu kamu lakukan untuk bisa financially independent retire early. Mudah? Tidak, realistis saja. Tetapi, bukan tak mungkin dilakukan. Kita kan selalu percaya, di mana ada usaha, di situ ada hasil kan?

Let’s become financially independent dengan membership Ternak Uang selama 1 tahun! Learn, practice, one step at a time. Dengan menjadi member, kamu bisa mendapatkan 365 hari penuh untuk belajar berbagai tahapan menuju merdeka finansial. Termasuk di dalamnya boleh ikut di 100 sessions belajar keuangan bersama speakers yang sudah ahli di bidangnya, dan 2 big events! Tunggu apa lagi? Klik saja tombol di bawah ini, dan ikuti step by step-nya ya!

Bagikan Via

Share on facebook
Share on linkedin
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp