Financially Independent Retire Early: 5 Hal yang Perlu Dipahami

Share on facebook
Share on linkedin
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Financially Independent Retire Early: 5 Hal yang Perlu Dipahami

Istilah financially independent retire early (FIRE) belakangan ini banyak dibicarakan oleh berbagai kalangan khususnya milenial. Banyak yang termotivasi dengan gerakan ini dan menjadikannya sebagai tujuan keuangan.

Gerakan FIRE atau financially independent retire early ini seperti pecut penyemangat bagi orang-orang agar bisa lebih bijak mengelola keuangan, belajar investasi, dan memiliki pendapatan pasif agar kelak bisa pensiun dini serta melakukan apa yang diinginkan selama ini.

Memang sih terdengar seperti kisah dongeng ya, bisa pensiun dini dan memiliki uang yang cukup untuk membiayai segala kebutuhan hidup. Tapi, hal ini sudah nyata terjadi dan tengah dilakukan oleh banyak orang dari seluruh belahan dunia.

Seperti apa sih gerakan financially independent retire early ini? Di artikel ini akan dibahas seluk-beluknya agar bisa dimengerti, dilakukan dan pastinya tidak sekadar ikut-ikutan tren tanpa tahu dasarnya.

Gerakan Financially Independent Retire Early (FIRE)

Financial Independence Retire Early, atau FIRE movement, adalah gerakan finansial yang bisa kamu lakukan dengan cara yaitu menghemat hingga 70% dari penghasilan per bulan. Tak hanya itu, kamu juga mesti menyiapkan investasi atau tabungan sebesar 30 kali lipat dari penghasilan tahunan.

Awal mula istilah Financially Independent Retire Early muncul tahun 1992 dikenalkan oleh Vicki Robin dan Joe Dominguez, seorang penulis buku. Robin dan Dominguez merupakan penulis buku best seller “Your Money Your Life”.

Selain mereka berdua, gerakan FIRE ini juga turut dikenalkan oleh penulis Jacob Lund Fisker yang menulis buku berjudul “Early Retirement Extreme”. Melalui buku ini, Fisker menjelaskan keutamaan dari FIRE movement, dan bagaimana cara supaya bisa menghasilkan cuan yang maksimal dalam jangka waktu pendek.

Dari tanah air, dilansir dari Otoritas Jasa Keuangan, gerakan FIRE ternyata sudah ada sejak tahun 2010. Dan sudah banyak komunitas financially independent retire early yang mengulas gerakan ini di berbagai channel seperti podcast, blog dan juga forum. Yang mengejutkan, anggota komunitas FIRE ini datang dari berbagai kalangan sosial ekonomi.

OJK pun memberikan pandangan bahwa gerakan financially independent retire early bukan sekedar merdeka secara finansial dan pensiun dini saja tapi lebih ke gerakan agar masyarakat bisa mencapai cita-cita.

Baca juga: Financially Independent: Pengertian dan 7 Tips Sederhana untuk Meraihnya

Memang sih awalnya banyak yang skeptis dengan gerakan financially independent retire early (FIRE) ini karena besarnya persentase yang harus dihemat dan disisihkan untuk investasi maupun tabungan. Banyak yang menganggap bahwa ini hanya bisa dilakukan oleh kalangan berduit saja. Namun, seiring berkembangnya teknologi, perubahan gaya hidup ternyata banyak yang bisa melakukan gerakan ini tak terbatas kalangan dengan berpenghasilan tinggi saja.

Financially Independent: Pengertian dan 7 Tips Sederhana untuk Meraihnya

Pahami 5 Hal Ini Sebelum Memulai Financially Independent Retire Early

Mencapai fase merdeka finansial itu adalah impian semua orang. Pasalnya, dengan merdeka finansial, kamu sudah tidak pusing lagi mikirin cicilan, harus memenuhi target pekerjaan bahkan dengan berada di fase ini kamu memiliki pendapatan pasif yang bisa membiayai seluruh kebutuhan juga gaya hidup kamu.

Semua itu bisa terjadi loh. Gerakan financially independent retire early ini akan membantu kamu mewujudkannya. Namun, sebelum kamu melakukannya yuk pahami hal-hal penting di bawah ini.

1. Harus ada tujuan

Apa pun yang ingin kamu lakukan, tujuan adalah hal esensial yang harus ada. Begitupun saat mau melakukan financially independent retire early, kamu harus tetapkan tujuan.

Seperti apa tujuannya?

Begini, kamu memiliki target ingin pensiun di usia 55 tahun misalnya. Ketika berada di usia tersebut, kamu sudah merdeka finansial dan tidak perlu lagi bekerja, sangat menyenangkan bukan?

Kendati demikian, kamu perlu memikirkan hal apa saja yang akan kamu lakukan saat memasuki usia pensiun nanti. Bisa saja kamu pengin pindah ke pinggiran kota, traveling bersama pasangan, atau melakukan pekerjaan yang selama ini belum bisa dilakukan.

Walaupun masih jauh, tetapkan tujuan apa yang akan kamu lakukan nantinya.

2. Passive income is a must

Salah satu cara untuk melakukan gerakan financially independent retire early adalah dengan memiliki passive income.

Kenapa harus ada passive income?

Karena dengan passive income kamu bisa mencapai target untuk menabung dan berinvestasi. Di kemudian hari passive income inilah yang akan kamu gunakan sebagai ‘penghasilan’ tanpa harus bekerja ekstra. Dan juga yang akan membiayai hidup kamu saat memasuki usia pensiun nanti.

Walaupun kamu memiliki dana pensiun tapi yakin deh, itu tidak cukup untuk biaya hidup belasan tahun ke depan.

Di masa yang akan datang, biaya hidup tidak akan sama lagi karena akan mengalami kenaikan akibat dari inflasi. Jadi jangan bayangkan harga bakso seporsi sekarang ini Rp15 ribu akan sama harganya saat 15 tahun lagi.

Namun bukan berarti dana pensiun itu tidak penting untuk disiapkan loh. Kamu harus tetap memiliki dana pensiun ya untuk menunjang kehidupan kamu nantinya.

Di zaman serba canggih ini, banyak hal loh yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan passive income. Mulai dari buka bisnis kecil-kecilan, bekerja part time sebagai Youtuber atau kamu bisa menjual skill yang dimiliki dengan membuka kelas online.

Banyak peluang yang bisa kamu manfaatkan untuk mendapatkan passive income. So, jangan menunda lagi!

Baca juga: Mandiri Finansial di Usia Muda: 6 Ciri dan 7 Langkah Mudah untuk Mencapainya

3. Setop gaya hidup konsumtif, saatnya mengetatkan ikat pinggang!

Ingat prinsip gerakan financially independent retire early adalah menabung dan berinvestasi sebanyak mungkin. Jadi, mulai sekarang kamu harus bisa memilah yang mana kebutuhan dan keinginan.

Gaya hidup masyarakat urban sekarang ini bisa dikatakan semakin hedon. Apalagi teknologi sangat mendukung gaya hidup tersebut. Contohnya, diskon harbolnas setiap bulan, kafe kekinian kian menjamur. Kalau mau dituruti keinginan, maka ada saja barang yang akan dibeli dan setiap minggu mampir di kafe ini-itu untuk sekedar ngopi atau nongkrong dengan teman.

Inilah yang akan membuat kamu sulit untuk menabung juga berinvestasi. Maka mulai dari sekarang coba dianggarkan lebih detil seluruh pengeluaran setiap bulan. Agar arus kas terkendali dan kamu harus disiplin juga konsisten dalam melakukannya.

4. Investasi dan tabungan adalah prioritas

Prioritaskan investasi dan tabungan jika ingin memulai financially independent retire early.

Investasi adalah salah satu cara mendapatkan passive income loh. Semakin besar kamu menyisihkan dana untuk investasi dan menabung maka semakin besar pula peluang kamu untuk bisa pensiun dini.

Memang sih menabung dan berinvestasi dengan persentase 50 dari penghasilan bulanan bisa dikatakan berlebih bagi kamu untuk sekarang ini. Apalagi kamu harus menyisihkan dana untuk berbagai cicilan, dana pendidikan dan sebagainya. Tenang, itu tidak jadi masalah.

Maka, mulailah menabung dan berinvestasi dengan porsi yang realistis sesuai kondisi keuangan. Namun, pastikan ada dana yang kamu sisihkan ke pos investasi dan tabungan setiap bulan ya.

Financially Independent Retire Early: 5 Hal yang Perlu Dipahami

5. Miliki tujuan yang sama dengan pasangan

Apabila kamu memiliki pasangan, pastikan kamu dengan istri/suami memiliki tujuan keuangan yang sama.

Mengapa demikian?

Jangan sampai kamu memiliki tujuan merdeka finansial dan pensiun dini tapi pasanganmu pengin traveling saja dulu atau membeli barang-barang branded.

Berbeda tujuan seperti ini akan sulit bagi kamu melakukan financially independent retire early. Sebaiknya diskusikan dengan pasangan apa yang harus dilakukan agar bisa bekerja sama mencapai gerakan FIRE ini.

Baca juga: Cara Cerdas Raih Kebebasan Finansial

Kehadiran gerakan financially independent retire early ini sangat membantu kamu untuk lebih bisa menekan pengeluaran tidak penting, tahu yang mana kebutuhan dan mengalokasikan dana ke tabungan juga investasi. Semua lapisan usia bisa melakukan FIRE ini. Semakin cepat kamu memulainya maka ini akan semakin baik.

Let’s become financially independent dengan membership Ternak Uang selama 1 tahun! Learn, practice, one step at a time. Dengan menjadi member, kamu bisa mendapatkan 365 hari penuh untuk belajar berbagai tahapan menuju merdeka finansial. Termasuk di dalamnya boleh ikut di 100 sessions belajar keuangan bersama speakers yang sudah ahli di bidangnya, dan 2 big events! Tunggu apa lagi? Klik saja tombol di bawah ini, dan ikuti step by step-nya ya!

Bagikan Via

Share on facebook
Share on linkedin
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp