Wujudkan Financial Independence Retire Early: 8 Hal Ini yang Harus Kamu Perhatikan

Share on facebook
Share on linkedin
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Wujudkan Financial Independence Retire Early: 8 Hal Ini yang Harus Kamu Perhatikan

Dapat dikatakan bahwa Financial Independence Retire Early adalah mimpi semua orang. Mengapa demikian? Pasalnya FIRE, atau Financial Independence Retire Early merupakan sebuah metode yang memungkinkan kita untuk menabung secara ekstrem dengan tujuan pensiun dini sesegera mungkin.

Pensiun dini yang dimaksud bukanlah pensiun di usia 55-an. Para praktisi FIRE movement, atau Financial Independence Retire Early, biasanya menginginkan pensiun di usia 40-an, atau bahkan lebih awal. Apakah FIRE masuk akal bagi kamu?

Untuk mencapai pensiun dini sesegera mungkin, perlu beberapa langkah yang tidak mudah. Kamu dianjurkan untuk menjadi pribadi yang ulet, disiplin, dan konsisten demi mencapai tujuan keuangan yang satu ini.

Apabila kamu mengalihkan sebagian besar pendapatanmu untuk tabungan pensiun dan investasi, memiliki semangat menabung yang tinggi, maka mengadopsi FIRE sebagai gaya hidup dapat menjadi jalan pintas bagi kamu untuk menuju kebebasan finansial. Bahkan apabila kamu tidak tertarik untuk mengadopsi Financial Independence Retire Early sepenuhnya, beberapa elemen dari metode ini juga dapat membantumu mencapai tujuan keuangan dengan lebih cepat.

Baca juga: Wanita Harus Mandiri Secara Finansial: 5 Alasan dan 4 Cara untuk Mewujudkannya

Nah, kamu pasti sudah bertanya-tanya kan, sebenarnya seperti apa sih konsep dari Financial Independence Retire Early ini? Dan siapa saja yang dapat mencapainya? Simak ulasan mendetail mengenai seluk beluk Financial Independence Retire Early ini dengan membaca artikel ini hingga usai, yuk!

Financially Independent Retire Early: 5 Hal yang Perlu Dipahami

Apa itu Financial Independence Retire Early?

Pada dasarnya, Financial Independence Retire Early adalah sebuah sebuah gerakan untuk mencapai kebebasan finansial dan pensiun dini sesegera mungkin. Oleh karena itu, Financial Independence Retire Early juga cukup menarik bagi mereka yang menghargai waktu untuk meningkatkan portofolio investasi.

Untuk mencapai kebebasan finansial dan pensiun dini menggunakan metode Financial Independence Retire Early, kamu hanya butuh mengumpulkan aset yang cukup untuk menutupi biaya hidup kamu selamanya. So, langkah awal yang perlu kamu lakukan untuk mencapai kebebasan finansial menggunakan metode Financial Independence Retire Early adalah menetapkan tujuan penghematan berdasarkan aturan penarikan 4 persen, belajar investasi, serta mengumpulkan aset yang setara dengan 25 kali pengeluaran kamu setiap tahun.

Mengenal Konsep dan Gerakan Financial Independence Retire Early

Siapa sih yang tidak ingin mencapai kebebasan finansial dan melakukan pensiun sedini mungkin? Nah, gerakan Financial Independence Retire Early ini adalah jawabannya. Dengan mengadopsi Financial Independence Retire Early sebagai gaya hidup, kamu setidaknya memiliki pilihan untuk menjalani kehidupan secara mandiri baik sekarang maupun di masa yang akan datang.

Tidak jarang Financial Independence Retire Early dijadikan referensi untuk pensiun secepatnya. Bukan pensiun di tahun 55, akan tetapi lebih cepat. Menjadi pensiunan di usia 35 tahun tanpa memiliki apa-apa selain waktu mungkin terdengar menakutkan. Namun, sangat masuk akal apabila kamu belajar investasi dan menabung ekstrem untuk pensiun di usia 35 tahun.

Siapa yang Bisa mencapai Financial Independence Retire Early?

Siapa saja bisa, tidak terkecuali kamu. Mulailah bertanya kepada diri sendiri mengenai beberapa pertanyaan dan lakukan perhitungan untuk mengetahui seberapa banyak kamu harus berhemat untuk menyesuaikan dengan tujuan keuangan yang ingin kamu capai.

  • Berapa banyak pendapatan yang kamu butuhkan untuk mempertahankan gaya hidupmu di masa pensiun dini?
  • Seberapa cepat kamu ingin mencapai tujuan tersebut?

Kedua pertanyaan tersebut penting untuk kamu renungkan apabila ingin mencapai FIRE. Untuk pertanyaan pertama, sebagaimana yang sudah disebutkan sebelumnya, aturan praktis yang sangat berguna adalah aturan 4%.

Aturan ini mengatakan bahwa tabungan pensiun kamu harus cukup besar agar kamu dapat menarik 4% per tahun. Untuk itu, kamu perlu menabung 25 kali dari pengeluaran rutin tahunan. Yang perlu kamu catat, adalah jumlah penarikan kamu mungkin akan meningkat karena inflasi. So, kamu perlu mempersiapkan dana tabungan yang lebih banyak lagi.

Baca juga: Personal Finance: Pengertian, Contoh, Prinsip, dan 7 Tips Terbaiknya

Untuk meningkatkan jumlah tabungan dan memaksimalkan pertumbuhan tabungan kamu, maka kamu dapat menggunakan metode FIRE. Dan ingat, FIRE ini proposinya adalah semua atau tidak sama sekali. Bahkan, mencapai 50% dari tujuan kebebasan finansial adalah sebuah pencapaian yang luar biasa.

So, apakah kamu tertarik untuk mengadopsi Financial Independence Retire Early sebagai gaya hidupmu? Apabila iya, kamu perlu menyimak beberapa tips berikut.

Wujudkan Financial Independence Retire Early: 8 Hal Ini yang Harus Kamu Perhatikan

8 Tips Mencapai Financial Independence Retire Early

Seseorang yang mengadopsi Financial Independence Retire Early sebagai gaya hidupnya, maka penganutnya akan sangat berhemat. Mungkin sebagian dari mereka berpikir bahwa Financial Independence Retire Early berarti menjalani kehidupan dengan penuh pengorbanan hingga portofolio investasinya tercapai.

Namun, jangan salah. Beberapa pengorbanan strategis yang diterapkan akan memberikan ruang kepada para praktisi Financial Independence Retire Early untuk memanjakan diri. So, pada dasarnya prinsip-prinsip Financial Independence Retire Early bisa diakses secara bebas oleh semua orang.

Nah, untuk mencapai Financial Independence Retire Early dengan efektif, maka kamu perlu memperhatikan beberapa tips berikut:

  1. Maksimalkan employer matching dengan rencana pensiun, misalnya Dana Pensiun Lembaga Keuangan atau Dana Pensiun Pemberi Kerja. Pilih dan pilahlah pengeluaran yang termasuk kebutuhan atau keinginan. Alokasikan sebagian gajimu untuk menabung dana pensiun, ya.
  2. Berinvestasilah dalam pada instrumen yang tepat, seperti reksa dana indeks berbiaya rendah untuk menghasilkan pengembalian jangka panjang yang lebih tinggi daripada uang tunai.
  3. Mulailah berinvestasi dalam aset real estat komersial atau properti sewaan yang dapat menghasilkan pendapatan yang dapat diprediksi.
  4. Lunasi semua utang mahal, seperti mobil, kartu kredit, dan pinjaman berbunga tinggi sesegera mungkin
  5. Manfaatkanlah program poin kartu kredit, asalkan kamu bisa disiplin dalam pengeluaran dan tidak memotong saldo
  6. Pelajarilah keterampilan baru untuk meningkatkan kemampuanmu di bidang pekerjaan.
  7. Carilah pekerjaan sampingan yang sesuai dengan minat dan keterampilan yang kamu miliki untuk meningkatkan penghasilan
  8. Hiduplah dengan lebih hemat.
  9. Beli mobil bekas dan simpan selama mungkin,
  10. Gunakan sepeda atau moda transportasi murah lainnya untuk memangkas biaya perjalanan
  11. Pelajari cara memperbaiki rumah sendiri daripada membeli peralatan baru atau membayar tukang, terutama jika kerusakannya hanya kecil saja.
  12. Kurangi pengeluaran rutin, seperti berlangganan akun streaming, internet dan layanan lainnya apabila memungkinkan.
  13. Manfaatkan hiburan gratis

Baca juga: Personal Financial Planning: Apa Pentingnya dan 8 Langkah Mudah untuk Memulainya

Belanja Bijak dan … FIRE!

Praktisi FIRE atau Financial Independence Retire Early biasanya akan sangat berhati-hati dalam membelanjakan uangnya. Setiap uang yang mereka belanjakan selalu berharga dan memiliki tujuan. Mereka sangat memahami bahwa setiap tindakan kecil yang dilakukan memiliki peran penting dalam mencapai tujuan pensiun dini.

Setelah mengetahui apa itu Financial Independence Retire Early dan tips-tips untuk mencapainya, apakah kamu tertarik untuk menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari?

Let’s become financially independent dengan membership Ternak Uang selama 1 tahun! Learn, practice, one step at a time. Dengan menjadi member Ternak Uang, maka kamu bisa mendapatkan 365 hari penuh untuk belajar berbagai tahapan menuju merdeka finansial.

Kamu bisa mengikuti 100 session belajar keuangan bersama pembicara yang ahli dalam bidang keuangan dan 2 big events! Tunggu apa lagi? Klik tombol di bawah ini, dan ikuti step by step-nya ya!

Bagikan Via

Share on facebook
Share on linkedin
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp