7 Tahap Financial Freedom dan Tips Terbaik untuk Mencapainya

Share on facebook
Share on linkedin
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
7 Tahap Financial Freedom dan Tips Terbaik untuk Mencapainya

Istilah financial freedom akhir-akhir ini sedang marak diperbincangkan di media sosial, khususnya oleh generasi milenial. Generasi ini memang terbilang cukup peka soal finansial, terlebih rata-rata umur generasi milenial masih cukup muda, sehingga masih punya cukup waktu untuk meraih cita-cita ini.

Tidak hanya generasi milenial saja, financial freedom pasti menjadi cita-cita setiap orang, terlepas dari generasi mana ia berasal, bukan? Dengan memiliki kebebasan finansial ini, tentu kamu tidak perlu khawatir mengalami masalah keuangan yang kerap kali dirasakan banyak orang.

Namun mencapai financial freedom tentu tidak bisa diraih secara instan. Nyatanya kamu harus melalui berbagai tahapan dulu sebelumnya. Untuk itu, artikel ini akan membahas 7 tahap financial freedom beserta tips terbaik untuk mencapainya.

7 Tahap Financial Freedom dan Tips Terbaik untuk Mencapainya

Apa Itu Financial Freedom?

Financial freedom, atau kebebasan finansial, adalah kondisi ketika seseorang dapat mencukupi segala kebutuhannya sehari-hari, termasuk gaya hidup yang dijalani, tanpa harus bekerja sangat keras secara aktif.

Bagi orang yang sudah mencapainya, aset yang dimiliki dapat menghasilkan uang yang nilainya lebih besar daripada biaya hidupnya. Karena itu, orang yang tergolong financial freedom bisa melakukan apa pun yang diinginkan atau dikehendaki dari segi keuangan.

Baca juga: 7 Tips Belajar Investasi untuk Pemula Agar Bisa Meraup Cuan Maksimal

Contoh Financial Freedom

Misalnya begini.

Seseorang memiliki penghasilan gaji sebesar Rp7.000.000 per bulan, namun ia memiliki aset dari investasi dan bisnis yang jika dijumlahkan dapat menghasilkan Rp20.000.000 per bulannya. Maka dari itu, total pendapatannya dalam sebulan adalah Rp27.000.000.

Sedangkan untuk menutupi pengeluaran sehari-harinya, ia hanya perlu mengeluarkan Rp5.000.000 saja. Artinya, aset yang ia miliki masih sebesar Rp22.000.000 lagi. Dari contoh ini, orang tersebut sudah mencapai financial freedom.

Financially Independent: Pengertian dan 7 Tips Sederhana untuk Meraihnya

Tahap Financial Freedom

Melihat contoh di atas, kamu jadi semakin ingin mencapai financial freedom? Eits, jangan langsung terburu-buru! Terdapat 7 tahapan sebelum mendapatkan kebebasan finansial berikut ini.

0. Dependence

Pasti awalnya kamu bingung, kenapa tahapan ini diawali dengan angka 0? Karena tahapan ini masih sangat awal dan bisa dibilang belum memulai langkah menuju financial freedom.

Pada Tahap Dependence, kamu masih sangat tergantung pada orang lain untuk memenuhi kebutuhan finansialmu. Biasanya tahapan awal ini dilalui saat masih muda, ketika kamu masih belum punya kapasitas serta kemampuan yang cukup untuk menghasilkan uang.

Ciri-ciri tahap dependence ini di antaranya kamu masih sering minta uang ke orang tua, pinjam uang ke teman buat jajan, atau masih pinjam dana dari bank untuk memenuhi kebutuhan.

1. Solvency

Pada tahap ini, kamu sudah memiliki komitmen keuangan. Kamu sudah memiliki penghasilan yang seimbang dengan pengeluaran, dan sudah tidak lagi bergantung pada orang lain untuk memenuhi kebutuhan finansial. Meski begitu, di tahap ini kamu masih mempunyai kewajiban utang yang harus dibayar.

Di tahap ini, kamu harus mencoba mengurangi pengeluaran yang tidak perlu dan mencoba mencari peluang untuk pemasukan tambahan. Kelola uangmu dengan baik agar dapat melunasi utang berdasarkan jumlah pemasukan yang ada.

2. Stability

Jika keadaan finansialmu sudah lebih stabil, maka kamu sudah masuk ke tahap stability. Pada tahap ini, kamu sudah bisa mengelola keuangan dengan lebih baik, dan kamu mendapatkan pemasukan yang lebih besar daripada pengeluaran. Selain itu, kamu juga sudah membayar utang hingga lunas serta mengurangi pengeluaran. Utang yang masuk ke dalam tahap ini hanyalah utang produktif, seperti cicilan KPR atau pinjaman pendidikan.

Di tahap ini pula kamu sudah semakin dewasa soal mengelola keuangan. Kamu sudah tahu pentingnya memiliki dana darurat, serta mencoba menyisihkan uang untuk tabungan atau investasi.

3. Debt Freedom

Di tahap ini, kamu sudah setengah jalan menuju financial freedom. Kamu sudah tidak memiliki utang, memiliki dana darurat yang cukup, serta memiliki investasi yang mulai berkembang.

Jika kamu sudah masuk dalam tahap ini, kamu akan berpikir bahwa uang bukanlah alat untuk bertahan hidup, melainkan uang adalah alat untuk membuat diri lebih berkembang.

4. Security

Pada tahap ini, pendapatan dari investasi semakin berkembang, sehingga kamu dapat mulai membuat budgeting investasi dan melakukannya secara konsisten. Kamu juga sudah memiliki instrumen investasi untuk jangka pendek, jangka menengah, hingga jangka panjang. Selain itu, kamu juga sudah merasa aman dari hasil investasi yang didapat, serta sudah dapat memenuhi seluruh kebutuhan, mulai dari kebutuhan primer hingga esensial.

5. Independence

Di tahap ini tidak hanya kebutuhan dasar saja yang sudah bisa terpenuhi, tapi kamu juga sudah bisa memenuhi gaya hidup seperti yang diinginkan. Jika kamu sudah menjadi financial independent, kamu bisa saja memutuskan untuk pensiun dini. Karena di tahap ini uang sudah bekerja untuk kamu, bukan lagi kamu yang bekerja untuk uang.

Baca juga: 5 Tanda Financial Independent, dan Cara Terbaik untuk Mencapainya Mulai Tahun Ini

6. Abundance

Jika sudah sampai di tahap ini, maka kamu sudah mencapai financial freedom. Di tahap ini, kamu sudah memiliki passive income dalam nominal besar yang cukup memenuhi seluruh kebutuhan, mulai dari kebutuhan dasar hingga gaya hidup. Bahkan di tahap ini, kamu masih memiliki banyak sisa uang untuk keperluan lainnya, dan kamu bebas melakukan apa pun tanpa mengkhawatirkan uang.

7 Tahap Financial Freedom dan Tips Terbaik untuk Mencapainya

Tips dalam Mencapai Financial Freedom

So, apakah kamu sudah mulai tergiur dan ingin segera mencapai financial freedom? Proses yang harus kamu lewati tentu tidak mudah. Dibutuhkan banyak belajar dalam mengelola keuangan serta konsistensi yang tinggi agar keinginan tersebut bisa tercapai.

Tidak ada yang tidak mungkin asalkan berusaha, berikut beberapa tips yang bisa kamu lakukan agar mencapai kebebasan finansial.

1. Pahami Kondisi Finansial

Financial freedom bukan diukur dari berapa besar pendapatan kamu, melainkan apakah pendapatan kamu bisa menutupi seluruh kebutuhan kamu. Kamu harus memahami kondisi finansial kamu saat ini, mulai dari jumlah pendapatan hingga pengeluaran.

Setelah itu, kamu bisa coba analisis apakah seluruh pendapatan sudah bisa membayar semua pengeluaran kamu. Jika belum, kamu harus menghitung berapa besar yang dibutuhkan agar jumlah pendapatan lebih besar dari pengeluaran.

2. Tentukan Tujuan Keuangan

Menentukan tujuan keuangan penting dilakukan agar kamu memiliki target keuangan yang harus dicapai, sebelum tiba di financial freedom sebagai target keuangan paling terakhir. Tentukan tujuanmu secara realistis dan konsisten, sesuai dengan kondisi keuangan kamu. Kamu bisa saja menjadikan tahapan-tahapan kebebasan finansial di atas sebagai target.

Sebagai contoh, bulan ini sebisa mungkin kamu tidak membuat utang baru, dan membuat skema melunasi utang-utang konsumtif. Bulan depan, semua utang konsumtif lunas. Bulan depan lagi, mulai membangun dana darurat, dan seterusnya, hingga tercapai target per tahap financial freedom yang tadi sudah dijelaskan.

3. Cari Sumber Pendapatan Lain

Orang yang sudah mencapai financial freedom mayoritas mengandalkan aset yang dimiliki sebagai sumber passive income. Oleh karena itu, mulailah cari sumber pendapatan lain selain dari pekerjaan utama. Kamu bisa mencoba mendapat sumber pendapatan lain, mulai dari memulai bisnis hingga mencoba berbagai instrumen investasi.

4. Lunasi Seluruh Utang

Utang adalah salah satu ancaman terbesar seseorang tidak bisa mencapai financial freedom. Karena itu jika kamu memiliki utang atau tagihan, upayakan untuk melunasinya. Kalau perlu, kamu menghemat pengeluaran hingga sekian persen demi bisa menyisihkan uang lebih banyak untuk membayar utang hingga lunas.

Baca juga: Mandiri Finansial di Usia Muda: 6 Ciri dan 7 Langkah Mudah untuk Mencapainya

Itulah 7 tahap financial freedom dan tips yang bisa dilakukan untuk mencapainya. Semangat meraih impianmu untuk bebas dari finansial, dan semoga bermanfaat!

Kalau kamu tertarik belajar lebih lanjut tentang kebebasan finansial ini, ataupun cara mengelola keuangan, kamu bisa gabung jadi member Ternak Uang dan ikutan Ternak Uang Academy! Sebagai platform digital yang bergerak di bidang finansial, Ternak Uang menyediakan ribuan konten edukasi investasi dengan berbagai instrumen bagi investor pemula, termasuk trading saham.

Yuk, gabung jadi member Ternak Uang! Ada banyak keuntungan yang bisa kamu dapatkan, mulai dari akses video modul-modul pembelajaran, ikutan berbagai event, dan masih banyak lagi! Segera daftarkan dirimu, dan mulai langkah pertama untuk sukses menjadi investor!

Bagikan Via

Share on facebook
Share on linkedin
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp