6 Alasan Financial Education Sangat Krusial Dipelajari oleh Semua Orang

Share on facebook
Share on linkedin
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
6 Alasan Financial Education Sangat Krusial Dipelajari oleh Semua Orang

Apa yang terlintas di benak kamu ketika mendengar istilah financial education? Ya, financial education adalah hal yang erat kaitannya dengan pengetahuan dalam sektor keuangan dan bagaimana cara mengelolanya. Dalam financial education, kamu akan akrab dengan segala sesuatu yang berkaitan dengan anggaran, uang, dan perhitungannya.

Umumnya setiap individu pasti memiliki kemampuan dalam pengelolaan keuangan, tidak peduli apakah individu tersebut berpendidikan rendah maupun memadai. Hal ini terbukti dengan mereka mampu melakukan transaksi jual beli untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Nah, kemampuan dasar seseorang dalam mengelola keuangan ini penting untuk dikembangkan, lo. Tak terkecuali kamu. Dengan mendalami financial education, wawasan kamu mengenai pengelolaan keuangan akan lebih variatif dan lebih luas tentunya.

Lantas, apa alasan financial education sangat krusial bagi seseorang untuk dipelajari?

Agar lebih memahaminya, kamu perlu membaca ulasan mengenai alasan hal ini sangat krusial untuk dipelajari semua orang dari berbagai kalangan dalam artikel berikut.

Personal Finance Advisor: Apa Saja Tugasnya dan 4 Tips Memilih yang Terbaik

Apa itu Financial Education?

Financial education atau juga sering disebut sebagai literasi keuangan adalah sebuah kemampuan seseorang untuk memahami dan menerapkan berbagai keterampilan keuangan, mulai dari mengenali berbagai produk keuangan, manajemen tabungan pribadi, melakukan penganggaran, hingga investasi.

Dalam hal ini, financial education atau literasi keuangan dipercaya dapat membantu individu dalam mengelola personal finance agar kondisi keuangannya tetap stabil dan fluktuatif. Mengapa demikian? Pasalnya literasi keuangan ini akan membantu kamu memiliki pengetahuan yang kuat terkait prinsip dan konsep-konsep dasar dalam keuangan.

Prinsip dan konsep dasar yang terdapat dalam financial education ini meliputi pengelolaan utang, perencanaan finansial, bunga majemuk, investasi, teknik menabung yang menguntungkan, dan juga wawasan mengenai nilai uang yang terus mengalami perubahan.

Baca juga: Banking Education: Pengertian dan 7 Pro dan Kontra Tentangnya

Demi kesuksesan dalam mencapai financial education, kamu perlu mempelajari keterampilan dasar yang berupa melakukan penganggaran hingga melacak pengeluaran. Kamu juga dianjurkan untuk mempelajari manajemen utang serta merencanakan kehidupan di masa pensiun.

6 Alasan Financial Education Penting untuk Dipelajari Semua Orang

Setelah mengetahui apa itu financial education, berikut adalah beberapa alasan mengapa financial education itu penting dipelajari oleh semua orang.

Penunjang dalam berbisnis

Kemampuan dan literasi keuangan penting bagi kamu yang berminat untuk membuka bisnis sendiri. Kemampuan mengelola keuangan menjadi keahlian utama yang penting kamu miliki apabila ingin menjadi seorang entrepreneur.

Dengan bekal ilmu keuangan yang memadai, kamu bisa melamar ke perusahaan dan mulailah mempelajari bagaimana cara perusahaan tersebut mendapatkan laba. So, apabila dirasa pengetahuanmu sudah cukup, kamu bisa memulai membuka bisnismu sendiri suatu hari nanti.

Ilmu keuangan yang memadai akan mendukung ketrampilanmu dalam membangun, mengelola, hingga mengembangkan bisnis hingga memperoleh laba dan mencapai kesuksesan.

Motivasi untuk seseorang mencapai financial independence

Kemerdekaan finansial atau financial independence adalah suatu kondisi yang merupakan mimpi semua orang. Bagaimana tidak? Financial independence merupakan kondisi ketika seseorang tidak perlu khawatir bagaimana mereka memenuhi kebutuhannya tanpa bekerja. Fase ini adalah fase ketika seseorang memiliki aset yang cukup untuk memenuhi gaya dan biaya hidup tanpa harus khawatir serta bergantung pada kerja keras.

Apabila kamu memiliki keahlian yang mumpuni di bidang keuangan, maka kamu dapat memotivasi orang lain untuk mencapai fase kemerdekaan finansial. Dengan kemampuanmu dalam financial education, kamu dapat memanfaatkannya untuk membuka layanan keuangan dan membantu orang-orang dalam manajemen kehidupan finansial orang tersebut.

Baca juga: Kenali 3 Prinsip Personal Finance, Pengertian dan Bagaimana Memulainya

Menjadi investor yang bijak

Financial education yang mumpuni akan menunjang kemampuanmu dalam berinvestasi sehingga kamu dapat menjadi investor yang bijak. Alih-alih berinvestasi dengan modal FOMO, dengan bekal pengetahuan dan ilmu keuangan yang mumpuni, kamu dapat mengoptimalkan instrumen investasi yang kamu miliki demi mencapai tujuan finansialmu.

Pengetahuan yang memadai mengenai dunia keuangan akan membantumu dalam menganalisis dan mengamati perkembangan tren pasar hingga mengambil keputusan keuangan dan investasi yang menguntungkan. Dengan memperdalam financial education, maka hal tersebut akan menjadi bekal apabila kamu ingin menjadi investor yang andal.

So, dalam berinvestasi kamu perlu menyesuaikan profil risiko dengan tujuan keuanganmu, ya.

Bekal untuk terlibat dalam pekerjaan sosial

Apabila kamu memiliki financial knowledge yang mumpuni, maka kamu dapat secara bijak dalam mengelola dan mengalokasikan keuangan. Dengan begitu, kamu bisa terlibat dalam berbagai pekerjaan sosial yang menuntut kita memberikan perhatian dan kepedulian yang lebih. Misalnya membantu korban bencana alam, korban perang, dan masih banyak lagi.

Kegiatan-kegiatan sosial yang berupa penggalangan dana tidak hanya kegiatan mengumpulkan uang saja. Lebih dari itu, kegiatan tersebut juga dibarengi dengan penyusunan anggaran hingga pengalokasiannya. Adanya pertanggungjawaban moral dari kegiatan sosial serta laporan pertanggungjawaban membuat kegiatan tersebut menjadi lebih kompleks. Tujuannya tidak lain adalah untuk membuktikan bahwa dana yang terkumpul benar-benar digunakan dan disalurkan kepada mereka yang memiliki hak untuk menerimanya.

Mengecek kesehatan bisnis sendiri

Menjadi seorang entrepreneur memang dituntut untuk memiliki kemampuan pengelolaan keuangan yang mumpuni. Dengan demikian, kamu dapat mengamati kondisi kesehatan bisnis yang kamu miliki. Indikator sehat atau tidaknya suatu bisnis dapat dilihat dari laporan keuangan, lho. Maka dengan financial education kamu bisa menganalisis laporan keuangan, sehingga kamu dapat memahami kondisi bisnis yang kamu kelola secara nyata.

Mengelola uang secara efektif

Belajar keuangan adalah salah satu cara agar kamu dapat menggunakan uangmu secara efektif. Tentunya tanpa melihat latar belakang pekerjaanmu, ya. Apabila kamu seorang entrepreneur, maka ilmu keuangan dapat menjadi guideline dalam memanfaatkan uang secara optimal untuk memperoleh laba.

Namun, apabila kamu bekerja di sektor domestik atau informal, ilmu mengenai keuangan tetaplah penting. Dengan melek akan literasi keuangan, maka kamu akan belajar bagaimana cara menghemat uang serta bagaimana cara menabung yang paling menguntungkan.

Nah, demikianlah ulasan mengenai alasan pentingnya financial education bagi semua orang. Konon, financial education memiliki manfaat tersendiri apabila dipelajari dan diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari, lho.

6 Alasan Financial Education Sangat Krusial Dipelajari oleh Semua Orang

Financial Education untuk Kamu

Dengan memiliki financial education yang mumpuni, kamu bisa membentuk dan mempertahankan anggaran agar tetap seimbang, merencanakan tabungan pensiun, membeli aset, mengetahui asuransi yang sesuai dengan kebutuhan, mengontrol pengeluaran agar tidak membludak, mendapatkan pengetahuan mengenai investasi dan cara mengelolanya, manajemen utang dan pinjaman, hingga pengelolaan dana untuk jenjang pendidikan.

Sebagaimana yang diketahui, financial education adalah hal yang sangat krusial dalam kehidupan, tanpa pandang umur dan juga tingkat sosial. Minimnya literasi keuangan di masyarakat memberikan dampak yang cukup miris, mulai dari korban pinjaman online, kasus penipuan, dan sejumlah kasus lain yang memicu kebangkrutan.

Baca juga: 5 Langkah Cek Keuangan Pribadi: Sudah Sehat Belum?

So, gabung dan jadi member Ternak Uang apabila kamu ingin melek akan literasi keuangan. Ternak Uang adalah sebuah platform financial education yang memberikan berbagai macam layanan mulai dari komunitas hingga event edukasi dengan narasumber yang ahli di bidangnya.

Kamu juga bisa membaca ribuan konten edukasi keuangan dan investasi di platform digital ini, lho. Tunggu apa lagi? Yuk, download aplikasinya dan bergabung dengan ribuan anggota lainnya.

Bagikan Via

Share on facebook
Share on linkedin
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp