Isi Ibadah Bulan Puasa 2022 dengan 9 Hal Bermanfaat Ini!

Share on facebook
Share on linkedin
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Isi Ibadah Bulan Puasa 2022 dengan 9 Hal Bermanfaat Ini!

Bulan puasa akhirnya tiba. Sudah siapkah kamu sebagai umat Islam menyambut bulan suci penuh limpahan rahmat dan pahala ini?

Puasa Ramadan tahun ini diperkirakan akan jatuh pada tanggal 2 April 2022. Memang sih pemerintah belum memutuskan tanggal pastinya karena harus melaksanakan sidang isbat terlebih dulu. Berbeda dengan Muhammadiyah yang sudah mengumumkan 1 Ramadan jatuh pada hari Sabtu, 2 April 2022. Ini disebabkan karena Muhammadiyah menggunakan metode hisab yang dalam ilmu astronomi digunakan untuk tahu posisi bulan dan bumi terhadap matahari.

Bagi umat muslim, tak ada yang paling membahagiakan selain menyambut bulan Ramadan dan melaksanakan rukun Islam ini. Karena di momen ini, umat muslim seluruh dunia akan melaksanakan puasa selama sebulan penuh, ada tradisi-tradisi yang hanya hadir di bulan Ramadan, dan tentunya ada limpahan pahala yang sangat banyak. Itulah mengapa sangat dianjurkan agar seluruh umat muslim memperbanyak ibadah, seperti salat tarawih dan melakukan zakat fitrah misalnya.

Baca juga: 7 Personal Finance Tips untuk Tingkatkan Kesehatan Keuanganmu

Selain beribadah, agar puasa bisa terasa lebih bermanfaat, tidak terlalu mager menunggu datangnya azan magrib, sebaiknya kamu melakukan berbagai aktivitas positif. Tujuan melakukan hal ini tak lain demi kesehatan juga. Tubuh tetap bergerak, pekerjaan bisa selesai, membangun bonding dengan keluarga, bahkan kamu pun bisa mendapatkan cuan dengan memanfaatkan momen setahun sekali ini.

Sekarang ini, memang sudah bisa ya melakukan aktivitas di luar rumah. Nah, agar puasa Ramadan kali ini lebih bermanfaat, berikut ini beberapa kegiatan yang bisa kamu lakukan selama bulan puasa 2022.

3 Tips Memulai Investasi Halal, Datangkan Keuntungan Sesuai Ajaran Agama

9 Hal Bermanfaat yang Bisa Dilakukan Selama Bulan Puasa 2022

1. Waktu yang tepat memperbanyak ibadah

“Barang siapa yang pada bulan itu mendekatkan diri kepada Allah dengan suatu kebaikan, nilainya seperti orang yang melakukan perbuatan yang diwajibkan pada bulan lainnya. Dan, barang siapa yang melakukan suatu kewajiban pada bulan itu, nilainya sama dengan 70 kali lipat dari kewajiban yang dilakukannya pada bulan lainnya. Keutamaan sedekah adalah sedekah pada bulan Ramadan.” (HR. Bukhari-Muslim)

Petikan hadis di atas sangat jelas ya, bahwa dengan melakukan ibadah wajib di bulan puasa, kamu akan mendapatkan pahala yang besar. Daripada kamu hanya menghabiskan waktu untuk tidur, nonton, lebih baik tidak melewatkan salat lima waktu, melakukan salat sunnah, dan juga membaca Alquran.

Apalagi jika memiliki anak kecil, ini adalah saatnya mengajarkan pada mereka untuk mulai berpuasa. Agar mereka bisa lebih mengenal dekat agama dan ini momen tepat untuk mengajak si kecil salat berjamaah atau melakukan tadarus bersama-sama.

2. Kumpul keluarga

Salah satu hal yang sangat dinanti saat bulan puasa Ramadan adalah kesempatan untuk kumpul keluarga. Terkadang, karena kesibukan kita akan pekerjaan, waktu bersama keluarga semakin sedikit. Kamu bisa memanfaatkan momen ini untuk kembali mempererat hubungan keluarga. Misalnya, dengan buka puasa bersama di meja makan. Ini mungkin hal yang kecil, tapi akan sangat membekas. Terutama jika ini kali pertama si kecil mulai puasa.

Selain itu, kamu juga bisa mempererat hubungan dengan keluarga di luar kota melalui komunikasi via telepon atau video call di WhatsApp misalnya.

3. Saatnya eksekusi aneka resep yang disimpan

Hayo, sudah berapa banyak postingan resep di berbagai media sosial yang disimpan selama ini? Inilah saatnya untuk dieksekusi satu per satu.

Kamu bisa loh meminta bantuan pasangan atau anak dalam menyiapkan menu takjil. Atau masak bersama untuk menu buka bersama dan sahur. Bisa juga, kamu membagi tugas antara pasangan dan anak dalam menyiapkan berbagai menu. Dengan demikian, kamu tidak akan capek sendiri.

4. Belajar investasi di Ternak Uang

Pandemi memang belum usai, namun sekarang ini kita nggak perlu khawatir akan akses belajar karena ada teknologi yang sangat memudahkan. Ada banyak webinar yang sering diadakan oleh berbagai komunitas, lembaga, atau brand yang isinya sangat bermanfaat bagi kita.

Sekarang ini tren investasi lagi marak dilakukan oleh generasi milenial dan gen Z. Bagi kamu yang selama ini masih menunda untuk belajar investasi, sekaranglah saatnya!

Kamu juga bisa belajar investasi di Ternak Uang selama bulan puasa ini. Di sini kamu akan belajar investasi mulai dari dasar, mengenal jenis-jenis investasi hingga belajar keuangan seperti mengelola dana pribadi langsung dari ahlinya.

Sambil ngabuburit dan belajar investasi, sungguh aktivitas yang bermanfaat di bulan puasa, ya kan?

Baca juga: 3 Tips Memulai Investasi Halal, Datangkan Keuntungan Sesuai Ajaran Agama

5. Olahraga agar tubuh tetap bugar

Tidak ada pantangan bagi yang menjalankan puasa Ramadan untuk olahraga. Bagi yang sudah sering melakukan olahraga, semangatnya jangan sampai kendur di bulan puasa ini.

Kamu masih bisa melakukan olahraga ringan seperti jalan pagi, yoga, bersepeda agar menjaga stamina tetap fit dan pikiran pun lebih fresh.

Jadi, tidak ada alasan ya selama berpuasa itu membuat kamu malas untuk olahraga.

Trading Saham Syariah: Cara Halal Berinvestasi

6. Ikut kajian online

Terima kasih untuk teknologi! Sekarang untuk mengikuti kajian bisa melalui online, seperti di Zoom misalnya. Apalagi sekarang ini banyak kajian agama yang mulai beralih ke online agar makin banyak yang bisa mengikuti. Kamu bisa mengakses berbagai ceramah dari para ustaz melalui platform YouTube, Instagram dan lain-lain.

Memilih tema kajian yang kamu suka pun bisa banget! Kamu tinggal memasukkan kata kunci saja di platform digital tersebut. Atau kamu bisa mengikut live streaming sesuai jadwal kajian.

7. Renovasi rumah kecil-kecilan

Sekarang ini renovasi rumah bisa dilakukan sendiri dengan bujet terjangkau. Ada banyak akun Instagram yang sering membahas tentang home décor, desain rumah, dan apa pun yang berhubungan dengan rumah. Kamu bisa manfaatkan ini untuk aktivitas di bulan puasa.

Apalagi menjelang Lebaran ya, pastinya ingin ada suasana baru di rumah. Kamu bisa mulai meyicilnya sejak awal puasa agar tidak terlalu capek dan bujet pun bisa menyesuaikan.

8. Membuat bisnis kecil-kecilan

Ada banyak ide usaha yang bisa kamu lakukan selama bulan puasa, salah satunya hampers Lebaran. Ini salah satu bisnis yang sangat legit. Karena banyak yang memberikan hampers sebagai tanda silaturahmi dengan keluarga, teman maupun kolega. Selain beribadah, kamu pun bisa meraup cuan.

Atau kamu punya keterampilan baking? Bisa loh kamu manfaatkan dengan membuat aneka kue Lebaran, seperti nastar, kastengel, putri salju dan lain-lain. Kamu bisa menjualnya melalui online agar lebih mudah.

Isi Ibadah Bulan Puasa 2022 dengan 9 Hal Bermanfaat Ini!

9. Berkebun

Punya halaman kosong di depan atau belakang rumah? Bisa tuh diubah menjadi kebun. Kamu bisa memanfaatkan waktu berkebun di sore hari bersama keluarga. Kebun mini bisa diisi dengan berbagai bunga, pohon atau sayur mayur. Dijamin anak-anak pasti bakal senang menyambut aktivitas ini.

Baca juga: 3 Cara Cek Kesehatan Keuangan Pribadi dan 8 Tip Mengaturnya

Semoga bulan puasa 2022 ini kita semua diberikan kesehatan agar bisa menjalaninya penuh, lebih banyak beribadah dan bisa melakukan berbagai aktivitas bermanfaat di atas. Selamat menyambut bulan puasa, ya.

Yuk, gabung jadi member Ternak Uang! Ada banyak keuntungan yang bisa kamu dapatkan, mulai dari akses video modul-modul pembelajaran, ikutan berbagai event, dan masih banyak lagi! Segera daftarkan dirimu, dan mulai langkah pertama untuk sukses menjadi investor!

Bagikan Via

Share on facebook
Share on linkedin
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp