Cara Belajar Keuangan yang Mudah, Salah Satunya di Telegram Ternak Uang

Share on facebook
Share on linkedin
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Cara Belajar Keuangan yang Mudah, Salah Satunya di Telegram Ternak Uang

Belajar keuangan tidak mengenal batasan umur. Tidak mesti menunggu di usia 30 tahun baru kamu mau mulai belajar mengerti cara mengelola keuangan pribadi atau memilih investasi yang tepat untuk tujuan keuangan. Lebih cepat kamu belajar malah lebih baik.

Berdasarkan riset yang dilakukan oleh OCBC NISP Financial Fitness Index, generasi muda Indonesia memiliki tingkat literasi keuangan yang rendah jika dibandingkan negara lain. Rata-rata kesehatan finansial di Indonesia hanya mencapai angka 37,72, jauh lebih rendah dibandingkan negara tetangga Singapura yang berada di angka 61.

Salah satu penyebab dari rendahnya angka literasi keuangan di negara kita adalah keinginan para generasi milenial dan gen Z untuk bisa mendapatkan uang dengan cara instan. Hasrat ingin mendapatkan gelar crazy rich ini mulai menjadi ‘budaya’ karena melihat segelintir orang kerap memamerkan gaya hidup mereka yang mewah di media sosial. Sayangnya, ada sebagian orang yang mendapatkan uang dengan melakukan tindakan kriminal dan merugikan banyak pihak.

Keinginan untuk hidup mewah bak sultan ini masih akan terus berlanjut. Gaya hidup konsumtif masih menjadi momok bagi masyarakat urban sekarang ini ditambah pengetahuan dalam mengelola keuangan sangat minim sehingga menyebabkan banyak yang mengalami kesulitan keuangan.

Cara berpikir ini harus diubah. Menjadi orang kaya itu relatif tergantung usaha kita bagaimana, namun memiliki kondisi keuangan yang sehat itu adalah kepastian dan harus dipelajari lebih lanjut.

Baca juga: 7 Tip Belajar Saham Terbaik untuk Pemula

Jika melihat fenomena sekarang ini, rasanya belajar keuangan sebaiknya dimasukkan ke dalam kurikulum pendidikan kita, ya. Agar sejak dini ditanamkan bagaimana cara mengelola keuangan dan setidaknya mengerti mengapa harus belajar keuangan. Ternak Uang menjadi salah satu platform belajar keuangan yang sudah berpengalaman bersama ribuan member sangat concern terhadap hal ini. So, ini dia beberapa manfaat belajar keuangan bersama Ternak Uang yang bisa didapatkan.

Pengertian Online Banking, dan 4 Tips Aman Memanfaatkannya

5 Manfaat Belajar Keuangan bersama Ternak Uang

1. Keuangan merupakan hal personal

Percaya tidak bahwa tiap orang itu memiliki kemampuan untuk menjadi seorang financial planner bagi diri mereka sendiri?

Setiap orang memiliki kondisi keuangan yang berbeda. Dari hal inilah, kamu mesti tahu cara mengatur keuangan yang cocok bagi diri sendiri tanpa perlu ada campur tangan dari pihak lain. Your money, your rules!

Kendati demikian, jika ingin sukses mengelola keuangan pribadi, kamu mesti belajar keuangan terlebih dulu di Ternak Uang. Hal-hal mendasar perlu dikuasai lalu diterapkan sesuai dengan kondisi kamu saat ini. Jika tidak paham akan teori maka melakukannya pun akan sedikit sulit.

Jadi, lakukan langkah pertama yaitu kenali diri sendiri dan belajar keuangan.

2. Mampu membuat keputusan sendiri tanpa bergantung pada orang lain

Setelah mengambil langkah awal belajar keuangan, maka perlahan kamu akan bisa membuat keputusan keuanganmu secara mandiri.

Masalah hidup yang mana akan menjadi prioritas kamu untuk diselesaikan akan menjadi keputusanmu. Sekali lagi perlu diingat bahwa prioritas orang itu berbeda-beda, maka solusi terbaik ya hanya bisa dicari dan dilakukan oleh pelaku prioritas itu.

3. Menerapkan gaya hidup hemat

Hemat itu bukan berarti pelit, ya.

Hidup hemat juga bukan berarti hidup dengan uang sangat ngepas banget lalu mengabaikan kebahagiaan diri sendiri. Tidak seperti itu ya.

Makna hidup hemat di sini adalah kamu hidup berkecukupan di mana semua kebutuhan dasar sudah bisa terpenuhi. Caranya bisa dengan mendahulukan kewajiban, memilah keinginan dan kebutuhan, mengontrol utang agar tidak melebihi pendapatan, juga bisa mengelola keuangan lebih cerdas.

4. Disiplin

Manfaat belajar keuangan di Ternak Uang bisa membuat kamu lebih disiplin dalam mengelola keuangan pribadi. Mulai dari membuat anggaran, membagi ke dalam pos-pos, mencatat pengeluaran dan juga bisa mengembangkan dana ke instrumen investasi.

Hal-hal yang kamu butuhkan sudah bisa terencana dengan matang dan juga rinci, sehingga ini akan membuat kamu lega dan bisa mencapai tahapan-tahapan keuangan seperti financial independent misalnya.

5. Memiliki perencanaan masa depan

Dengan belajar keuangan akan membantu kamu memiliki perencanaan masa depan yang lebih baik. Ringkasnya, jika kamu bisa berhemat, hidup berkecukupan dan utang masih dalam rasio aman, kamu sudah bisa loh merencanakan kebutuhan masa depan dan melakukan langkah-langkah memulainya.

Masa depan kamu ya ada di tangan kamu sendiri, mau seperti apa dan bagaimana, kamu juga yang menentukan.

5 Langkah Belajar Reksa Dana Pemula yang Mudah Dilakukan

Cara Belajar keuangan yang Mudah Bagi Pemula

Sering kali yang menjadi alasan utama tidak mau belajar keuangan adalah bingung caranya bagaimana. Tak perlu khawatir, karena ada Ternak Uang di sini.

Tapi, sebelum kamu belajar keuangan di Ternak Uang, kamu bisa mencoba belajar dulu melalui beberapa medium yang bisa kamu pilih ini. Tinggal menyesuaikan saja sesuai kenyamanan kamu.

Baca juga: 7 Tips Belajar Investasi untuk Pemula Agar Bisa Meraup Cuan Maksimal

Membaca buku

Membaca adalah jendela dunia. Walaupun tergolong cara lama, namun buku masih jadi media terbaik untuk belajar keuangan. Apalagi bagi kamu pecinta buku, tidak ada salahnya membeli berbagai buku finansial seperti pengelolaan keuangan, investasi dan lain sebagainya.

Buku termasuk sarana belajar yang tidak mengenal batas waktu. Kamu bisa membacanya berulang kali, membawanya ke mana saja. Yang menyenangkan, buku zaman sekarang ini lebih kreatif, ada diselipkan aktivitas, warna-warni, gambar pendukung yang oke dan disajikan dalam bahasa ringan.

Artikel

Sekarang ini sudah banyak website yang menghadirkan artikel-artikel keuangan.

Cara belajar keuangan yang satu ini sangat mudah dan murah meriah. Cukup bermodalkan kuota internet, kamu sudah bisa mengakses berbagai artikel online seputar tips praktis mengelola keuangan, memulai investasi bagi pemula dan lain sebagainya yang bisa disesuaikan kebutuhan.

Seperti di blog Ternak Uang, di sini kamu bisa menemukan berbagai macam tip, edukasi keuangan, investasi, cryptocurrency, dan pengetahuan dasar tentang finansial yang tidak sulit untuk dilakukan oleh pemula.

Media sosial

Sekarang ini media sosial dijadikan sarana edukasi oleh banyak pihak.

Penyajian konten di media sosial seperti Instagram sangat kreatif! Mulai dari gambar, tulisan hingga video reels. Cara penyampaiannya pun mudah untuk dimengerti. Dan kamu hanya butuh modal kuota internet saja untuk mengaksesnya.

Silakan follow akun-akun yang menurut kamu sesuai dengan apa yang dicari. Karena ada banyak akun seperti lembaga keuangan, financial planner, financial blogger, perusahaan sekuritas maupun seperti Ternak Uang yang rutin berbagi edukasi keuangan.

Kelas online

Sejak pandemi Covid-19, kelas offline diliburkan dan dialihkan semuanya ke online. Ini pun menjadi lahan baru bagi kamu yang ingin belajar keuangan tanpa perlu repot keluar rumah. Umumnya penyedia kelas online akan mengadakan kelas di zoom dengan durasi minimal satu jam. Narasumbernya pun dari profesional di bidang keuangan.

Jadi, kamu tinggal mencari kelas online apa yang ingin diikuti, mendaftar dan sediakan kuota untuk masuk kelas.

Cara Belajar Keuangan yang Mudah, Salah Satunya di Telegram Ternak Uang

Belajar Keuangan di Komunitas Online

Bergabung di komunitas online akan sangat membantu kamu belajar keuangan dari ahli bahkan dari teman-teman berdasarkan pengalaman mereka. Di komunitas selain bisa belajar, networking kamu juga akan menjadi luas. Tentunya ini akan sangat membantu kamu dalam memahami seluk beluk keuangan.

Contoh komunitas online yang lagi tren saat ini adalah komunitas saham online dari Ternak Uang. Di sini kamu bisa belajar seluk-beluk saham untuk investasi dan juga trading. Salah satunya melalui grup Telegram Ternak Uang.

Telegram Ternak Uang rutin digunakan sebagai sarana forum diskusi antar member dan non member. Ada banyak topik bahasan didiskusikan di grup Telegram Ternak Uang, mulai dari personal finance, asuransi, saham, reksa dana, cryptocurrency, P2P lending, obligasi, dan sebagainya. Lengkap! Tinggal dipilih yang mana kebutuhan kamu. Mau belajar semua? Bisa banget.

Namun, perlu kamu waspada. Banyak pihak yang mengatasnamakan Ternak Uang juga nama-nama founder dan cofounder Ternak Uang lainnya untuk melakukan tindakan penipuan. Salah satu modusnya adalah dengan menawarkan titip dana investasi dan sebagainya. Ini adalah akun palsu, ya. Perlu kamu ingat, bahwa di Ternak Uang, tidak pernah ada penawaran untuk titip dana dan segala aktivitas penghimpunan dana. Grup Telegram Ternak Uang benar-benar hanya merupakan media untuk saling berbagi informasi dan sharing pengalaman. Jadi, berhati-hatilah, jangan sampai kamu tertipu.

Agar tidak terjebak dengan channel palsu, silakan klik tombol ini untuk langsung bisa bergabung di forum diskusi tersebut.

Baca juga: 4 Langkah Belajar Keuangan, From Zero to Hero

Belajar keuangan itu sudah tidak bisa ditawar lagi. Kamu butuh pengetahuan mumpuni agar bisa mengatasi masalah hidup yang seringkali bersinggungan dengan uang. Dan sekali lagi tidak ada kata terlambat untuk belajar. Karena belajar itu akan selalu kita lakukan seumur hidup.

Yuk, belajar lebih banyak lagi mengenai berbagai hal tentang keuangan dengan gabung jadi member Ternak Uang! Ada banyak keuntungan yang bisa kamu dapatkan, mulai dari akses video modul-modul pembelajaran, ikutan berbagai event, dan masih banyak lagi! Segera daftarkan dirimu, dan mulai langkah pertama untuk sukses menjadi investor!

Bagikan Via

Share on facebook
Share on linkedin
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp