6 Tips Belajar Bisnis Terbaik dan Paling Mudah untuk Pemula

Share on facebook
Share on linkedin
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
6 Tips Belajar Bisnis Paling Mudah untuk Pemula

Ingin memulai bisnis tentunya tidaklah mudah, apalagi jika kamu belum memiliki pengalaman dan pengetahuan akan bidang yang ingin ditekuni. Untuk itu kamu perlu belajar bisnis bagi pemula agar bisa tahu cara membuat strategi, meningkatkan omzet produk atau jasa, mengembangkan usaha, bisa bertahan, menyelesaikan masalah dan mampu menggaet investor di kemudian hari.

Menjadi seorang pebisnis yang andal haruslah memiliki mental kuat, optimis dan pantang menyerah. Dengan begitu, kamu akan lebih kuat menghadapi segala problematika bisnis, memiliki ide dan inovasi dalam mengembangkan usaha ke depan.

Membangun bisnis tidak semudah membalikkan telapak tangan. Banyak pebisnis yang gagal melanjutkan usahanya karena bingung ketika dihadapkan dengan masalah. Bahkan masalah kecil saja tidak bisa ditanggulangi. Hal tersebut biasanya terjadi karena mengabaikan proses belajar bisnis saat pertama kali memulainya.

Baca juga: 5 Cara Mendapatkan Modal Bisnis untuk Memulai Usaha

Belajar bisnis ini bisa kok kamu lakukan dari mana saja. Baik mengikuti seminar offline, webinar, hingga kelas bisnis yang dimentori oleh profesional. Dengan belajar ini seperti fondasi bagi kamu dalam mengembangkan bisnis dan juga self development.

Wanita Harus Mandiri Secara Finansial: 5 Alasan dan 4 Cara untuk Mewujudkannya

5 Alasan Mengapa Belajar Bisnis itu Penting Dilakukan

Menambah pengetahuan

Belajar bisnis yang tepat otomatis akan menambah pengetahuanmu di bidang ini. Ilmu itu bersifat fleksibel dan kompatibel. Jadi, jangan merasa ilmu tersebut akan sia-sia ya. Tidak. Ilmu yang kamu pelajari akan tetap berguna sampai kapan pun.

Mempelajari ilmu bisnis, kamu akan belajar tentang pengelolaan keuangan, akuntansi, marketing, e-commerce, manajemen dan masih banyak lain lagi. See, ternyata tidak satu topik saja yang bisa kamu pelajari saat belajar bisnis tapi ada banyak!

Nantinya ketika kamu sudah mempelajarinya, kamu bisa menerapkan di usaha yang tengah di bangun.

Mengasah keterampilan dan kepemimpinan

Menyambung poin pertama, ketika belajar bisnis, kamu akan mempelajari banyak hal, nah, di sinilah keterampilanmu dalam berwirausaha dan kepemimpinan juga akan ditempa.

Dua hal ini bisa kamu raih dengan cara belajar dan latihan dengan intensif agar bisa berkembang dengan baik dari waktu ke waktu.

Dalam dunia bisnis, keterampilan dan kepemimpinan ini sangat penting. Apabila ingin usahanya sukses dan menjadi pebisnis andal, kamu mesti tahu keterampilan kepemimpinan ini. Mengapa demikian? Karena kepemimpinan akan membuat kamu bisa memimpin tim, memiliki komunikasi yang efisien, berpikir positif, visioner, bisa memotivasi orang lain bukan menyalahkan. Dan dalam skala besar, dengan belajar kepemimpinan kamu bisa membuat keputusan bisnis yang tepat, menemukan solusi untuk masalah dan tentunya berinovasi.

Mengantisipasi kehilangan pekerjaan

Tidak dipungkiri bahwa sekarang ini lapangan pekerjaan semakin menipis, berbanding terbalik dengan jumlah pencari kerja yang semakin banyak. Efeknya, banyak yang mengalami kesulitan mencari pekerjaan dan ujungnya ya menganggur.

Bagi kamu yang memiliki pekerjaan utama, belajar ilmu bisnis ini bisa jadi salah satu cara untuk menambah penghasilan, sekaligus sebagai modal bagi kamu untuk bisa mandiri kelak. Sedangkan, bagi kamu yang baru mau memulai usaha sebagai ‘sarana’ ada pekerjaan, tidak perlu berkecil hati. Sudah tepat kok kamu belajar bisnis, langkah selanjutnya tinggal menerapkan apa yang dipelajari.

Bermanfaat bagi orang lain

Secara langsung ketika kamu membuka usaha, maka orang lain pun bisa turut merasakan manfaatnya. Akan ada lapangan pekerjaan baru bagi mereka yang tengah berusaha mencari pekerjaan. Walaupun di awal kamu hanya membutuhkan sedikit saja, tapi tidak menutup kemungkinan kelak di kemudian hari usahamu semakin besar dan bisa menjaring lebih banyak lagi tenaga kerja.

Melatih disiplin dalam mengelola uang

Percaya tidak ketika memulai usaha, kita akan semakin menghargai uang?

Baca juga: 4 Tanda Kondisi Keuangan Kamu yang Sehat, dan Tip Mengelolanya

Begini, membuka usaha itu tidaklah mudah. Ada banyak hal yang mesti dikorbankan agar roda usaha bisa berjalan dengan baik. Mulai dari modal bisnis, menyusun strategi, bangun tim, dan lain sebagainya. Ketika kamu mendapatkan keuntungan, di sini kamu akan berusaha lebih baik lagi untuk mengelolanya agar usaha bisa terus jalan dan menghidupi kamu juga karyawan.

Kamu akan terlatih menjadi lebih disiplin dalam mengelola uang dan ini kelak akan membuat kamu bisa meraih kondisi mandiri finansial berbekal usaha yang dimiliki.

Agar memulai usaha dengan lancar, berikut ini tips belajar bisnis bagi pemula yang bisa dilakukan.

6 Tips Belajar Bisnis Paling Mudah untuk Pemula

6 Tip Belajar Bisnis Bagi Pemula

Mulailah dengan bisnis skala kecil

Tidak ada yang salah memiliki impian memiliki coffee shop besar seperti Kopi Kenangan. Tapi, untuk mencapainya butuh proses, ya. Sebagai langkah awal belajar bisnis, disarankan mulailah membuka bisnis kecil-kecilan terlebih dulu.

Untuk apa?

Di sini, kamu akan mulai belajar memahami cara mengelola bisnis dan peka terhadap kebutuhan pasar. Kamu bisa menyusun target jangka waktu, mau berapa lama usaha kecil ini dikembangkan. Lalu, atur lagi strategi bisnis agar bisa naik level.

Ingat, tidak ada sukses yang datang secara instan. Semua butuh waktu, tenaga, pikiran, uang untuk bisa bertahan dan mengembangkan usahanya.

Melakukan penelitian bisnis

Melakukan penelitian bisnis ini tujuannya agar kamu bisa menentukan demografi dari produk yang akan dijual. Mau dijual ke segmen mana? Apakah milenial, ibu rumah tangga, gen Z atau anak-anak? Itu bisa kamu ketahui dengan melakukan penelitian bisnis. Agar nantinya target market kamu jelas dan tepat sasaran.

Kamu bisa melakukan penelitian secara online dengan menyebarkan kuisioner di berbagai channel media sosial atau bisa juga turun langsung ke lapangan.

Mengasah pola pikir pengusaha

Pola pikir ini sangat penting dan salah satu kunci sukses bagi pebisnis. Dikutip dari buku Mindset karya Carol Susan Dweck, ada dua jenis mindset yaitu fixed mindset dan juga growth mindset.

  • Fixed mindset, pebisnis cenderung menilai bahwa hasil akhir merupakan tolak ukur keberhasilan sekaligus mencerminkan identitas diri. Sayangnya, pebisnis dengan tipe ini akan sulit menerima sebuah kegagalan.
  • Growth mindset, tipe pebisnis yang percaya bahwa kemampuan bisa dikembangkan melalui kerja keras dan dedikasi. Orang dengan tipe ini lebih menghargai sebuah proses daripada menilai sesuai dari hasil akhir saja. Baiknya lagi, tipe ini menyukai tantangan dan akan melihatnya sebagai peluang untuk bisa lebih berinovasi.

Mau menjadi tipe yang mana? Keputusan ada di tangan kamu.

Perluas networking

Memperluas jaringan pertemanan itu penting dilakukan. Nantinya kamu akan melihat banyak peluang baru, belajar hal baru tentang bagaimana mengelola bisnis, menyelesaikan masalah juga bagaimana mengelola keuangan bisnis.

Mulailah berteman dengan sesama pebisnis pemula yang ada di sekitar lingkungan kamu. Lalu, kamu bisa menambah pertemanan dengan bergabung di komunitas atau media sosial yang fokus di dunia bisnis.

Mengikuti seminar bisnis

Menambah pengetahuan adalah wajib hukumnya bagi setiap orang. Karena dengan menambah pengetahuan, makin banyak hal yang bisa kamu tahu dan berguna dalam mengelola bisnis.

Kamu bisa memulainya dengan mengikuti seminar bisnis yang dilakukan secara offline maupun online. Ada banyak jadwal yang bisa kamu pilih loh yang disesuaikan dengan level dan bujet. Nantinya kamu akan mendapatkan ilmu langsung dari pebisnis andal yang sudah profesional.

Menentukan modal bisnis dan harga jual

Apabila kamu merasa ilmu sudah cukup dan mau terjun langsung membuka usaha, pastikan kamu sudah tahu ya modal awal bisnis dan layanan apa yang cocok. Dan tak kalah penting adalah tentukan target pasar agar produk yang dijual sesuai dengan harga pasaran. Khusus untuk harga jual, kamu bisa merujuk dari harga pasaran yang ada, harga jual kompetitor dan daya beli konsumen.

Memang butuh keberanian mengambil langkah dalam memulai bisnis. Oleh karena itu, kuatkan fondasi dengan belajar bisnis, kumpulkan modal dan lakukan!

Baca juga: Financial Independence: 4 Cara untuk Mencapainya

Bagi kamu pemula di dunia bisnis dan ingin belajar, yuk gabung di event Belajar Bisnis 101 by Raymond Chin, yang merupakan CEO dan Co-Founder Ternak Uang. Di usianya yang masih belia, Raymond mendirikan Ternak Uang dengan tujuan agar generasi milenial dan gen Z makin melek literasi keuangan dan investasi. Hingga saat ini Ternak Uang memiliki 351.000 pengguna, dengan pertumbuhan 30% per bulan.

Di sini, kamu akan belajar bagaimana memulai bisnis dengan modal sedikit, menentukan target, mengelola dan mengembangkannya. Jangan sampai kehabisan seat, yuk daftar sekarang juga!

Yuk, gabung jadi member Ternak Uang! Tak hanya bisa bergabung dalam event ini saja, ada banyak keuntungan yang bisa kamu dapatkan, mulai dari akses video modul-modul pembelajaran, ikutan berbagai event, dan masih banyak lagi! Segera daftarkan dirimu, dan mulai langkah pertama untuk sukses di dunia keuangan dan bisnis!

Bagikan Via

Share on facebook
Share on linkedin
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp