Apa Itu Internet Banking? Ini Dia Penjelasan Lengkap dan 9 Tips Menggunakannya

Share on facebook
Share on linkedin
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Apa Itu Internet Banking? Ini Dia Penjelasan Lengkap dan 9 Tips Menggunakannya

Apa itu internet banking? Apakah kamu juga sering bertanya-tanya seperti ini? Penasaran ya?

Dari waktu ke waktu layanan perbankan mengalami peningkatan. Ini tak lepas dari adaptasi perbankan akan kebutuhan nasabah dan juga perkembangan teknologi. Apalagi saat ini di mana digitalisasi makin digenjot, maka kehadiran layanan berbasis digital pun mulai bermunculan.

Salah satu layanan digital yang muncul dengan menggunakan jaringan internet dan smartphone adalah internet banking. Barangkali di antara kamu sudah ada yang menggunakan layanan perbankan yang menggunakan jaringan internet ini dalam bertransaksi, misalnya transfer uang atau berbelanja di e-commerce.

Kehadiran internet banking ini seperti oase bagi nasabah. Karena selama ini untuk melakukan berbagai transaksi seperti transfer uang, nasabah harus ke kantor cabang bank terdekat dan menunggu antrian yang bisa berlangsung selama berjam-jam. Atau cek saldo, untuk melakukan ini kamu mesti ke ATM terdekat. Duh, sangat menyita waktu bukan.

Inovasi layanan perbankan ini tentunya sangat memudahkan nasabah. Sekarang, tak perlu repot lagi mesti sediakan waktu ke bank, antri dan kadang transferannya pun membutuhkan waktu atau hanya untuk cek saldo. Dengan layanan ini, semua dimudahkan! Kamu bisa transfer sambil jagain anak dan tidak perlu menunggu lama juga untuk uangnya masuk ke rekening penerima.

Nah, sebenarnya apa itu internet banking? Dan bagaimana tips aman menggunakannya? Yuk, disimak di artikel ini.

Pengertian Online Banking, dan 4 Tips Aman Memanfaatkannya

Apa Itu Internet Banking?

Dilansir dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK), internet banking adalah sebuah fasilitas dari perbankan yang bisa dinikmati nasabah dalam melakukan transaksi dengan jaringan internet kapan pun dan di mana pun.

Tujuannya apa? Tentunya memudahkan nasabah dalam melakukan berbagai transaksi seperti transfer antar bank, cek saldo, bayar cicilan, belanja di e-commerce atau berinvestasi.

Baca juga: 3 Perbedaan Internet Banking dan Mobile Banking yang Mesti Kamu Tahu

Untuk menggunakannya, kamu membutuhkan smartphone, laptop juga koneksi internet yang stabil. Dan layanan ini gratis, tidak ada biaya yang mesti kamu keluarkan untuk menggunakannya.

Kelebihan Internet Banking

1. Tidak dipungut biaya dan sangat praktis

Layanan perbankan dengan internet telah memangkas waktu dan biaya kita untuk ke kantor cabang bank terdekat demi melakukan transaksi perbankan. Bagi kamu yang memiliki jadwal padat, internet banking akan sangat membantu kamu kapan pun dan juga di mana pun.

Dan untuk menggunakan layanan ini juga kamu tidak dipungut biaya.

2. Efisien

Menggunakan layanan internet banking, nasabah bisa mengelola jadwal transaksi dalam satu waktu. Dan bisa juga transfer ke lebih dari satu nomor rekening, entah itu antar bank atau bank yang sama tapi menyesuaikan limit harian.

3. Biaya operasional bank jauh lebih hemat

Dari sisi pihak bank, dengan layanan digital ini akan memangkas biaya operasional yang banyak. Karena hadirnya internet banking dan sistem informasi teknologi akan lebih menghemat biaya di mana tidak perlu repot untuk buka kantor cabang bank yang baru.

4. Transaksi kebutuhan sehari-hari, aman!

Habis kuota internet, token listrik, mau bayar cicilan laptop, kartu kredit? Tenang, kamu tidak perlu repot mesti ke ATM atau ke minimarket, cukup buka layanan internet banking dan segala kebutuhan sehari-harimu pun aman.

5. Bisa membuka rekening baru bahkan pengajuan pinjaman

Beberapa bank semakin berinovasi dengan fitur internet banking, salah satunya bisa membuka rekening dengan memanfaatkan layanan tersebut. Bahkan ada juga bank yang menyediakan fitur pengajuan pinjaman.

6. Mudah untuk cek nilai mata uang

Ingin bepergian ke luar negeri atau mau menukarkan mata uang? Kamu bisa mengecek terlebih dulu nilainya di internet banking.

Baca juga: Pengertian Online Banking, dan 4 Tips Aman Memanfaatkannya

E Banking: Pengertian, Manfaat, dan 7 Jenis Layanan yang Perlu Kamu Ketahui

Kekurangan Internet Banking

1. Rawan terjadi kejahatan online

Di sisi lain, ada efek negatif dari internet banking seperti rawan terjadinya kejahatan online misalnya skimming, phising maupun penawaran hadiah palsu.

Jangan mudah tergiur ketika mendapat telepon atau pesan tentang undian yang sangat tidak masuk di akal.

2. Cyber crime

Kejahatan siber itu salah satunya berupa pencurian data. Jadi, data nasabah yang tersimpan di internet banking bisa dicuri oleh hacker.

Jadi, sebagai penggunanya, sebaiknya kamu menggunakannya sesuai prosedur agar lebih aman. Dan di pihak bank, harus rutin mengawasi juga merawat infrastruktur teknologi informasi.

3. Bahaya virus malware

Hati-hati menggunakan koneksi internet publik, karena bisa saja kamu akan terkena serangan virus seperti malware. Begitu juga kalau kamu menggunakan VPN, sangat rentan terjadi pencurian data, juga terkena virus.

Lengkapi perangkat ponsel dan laptop kamu dengan antivirus untuk menghindari hal tersebut.

4. Masih sulit diakses di daerah yang belum terjangkau internet atau koneksinya rendah

Salah satu kendala internet banking adalah sulit diakses apabila berada di daerah dengan koneksi yang rendah. Sayangnya, di negara kita ini sebaran internet masih belum merata. Masih banyak daerah-daerah yang sinyal internetnya belum baik sehingga akan sulit menggunakan layanan internet banking ini.

Apa Itu Internet Banking? Ini Dia Penjelasan Lengkap dan 9 Tips Menggunakannya

Tips Aman Menggunakan Internet Banking

  • Saat daftar internet banking, buatlah kode akses dan juga PIN dengan kombinasi huruf, angka, simbol yang tidak mudah ditebak oleh orang lain. Hindari menggunakan tanggal lahir, angka berturut-turut, nama pribadi, nama anak. Jangan lupa untuk rutin ganti password secara berkala 1-2 kali dalam setahun.
  • Pastikan PIN yang telah dibuat itu tidak diberitahukan ke siapa pun ketika melakukan transaksi. Perlu diingat juga bahwa bank tidak pernah meminta informasi pribadi seperti kode akses, PIN maupun password.
  • Hentikan transaksi apabila kamu menemukan ketidakwajaran atau hal yang mencurigakan. Segera hubungi bank terkait dan laporkan apa saja ketidakwajarannya.
  • Apabila ada notifikasi transaksi yang mencurigakan, segera hubungi contact center bank terkait.
  • Selalu lindungi laptop, PC dan smartphone kamu dengan anti virus, filter e-mail, program firewall, spyware filter.
  • Sebelum menggunakan internet banking, pastikan akses alamat situsnya sudah benar. Karena sekarang ini banyak situs palsu yang sangat mirip dengan aslinya. Hindari klik situs dengan kata yang berbeda ataupun salah ejaan.
  • Sebaiknya menghindari menggunakan internet publik ketika melakukan transaksi.
  • Jangan pernah memberitahukan kode transaksi one time password (OTP) kamu ke orang lain.
  • Sebaiknya memasang password di smartphone maupun laptop kamu, untuk melindungi data-data yang ada di dalamnya dari oknum yang tidak bertanggung jawab.

Baca juga: Berkenalan dengan Digital Banking: Pengertian, Plus Minus, dan 5 Langkah untuk Registrasi

Tahu akan layanan perbankan seperti internet banking merupakan bentuk financial education yang sangat perlu untuk diketahui. Karena berbagai bentuk layanan digital perbankan yang hadir saat ini pastinya memiliki kelebihan yang bisa kamu manfaatkan.

Yuk, belajar lebih banyak lagi mengenai berbagai hal tentang keuangan dan investasi saham dengan gabung jadi member Ternak Uang! Ada banyak keuntungan yang bisa kamu dapatkan, mulai dari akses video modul-modul pembelajaran, ikutan berbagai event, dan masih banyak lagi! Segera daftarkan dirimu, dan mulai langkah pertama untuk sukses menjadi investor!

Bagikan Via

Share on facebook
Share on linkedin
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp