Apa Itu Bank Digital? Apa Bedanya dengan Jenis Bank Lainnya?

Share on facebook
Share on linkedin
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Apa Itu Bank Digital? Apa Bedanya dengan Jenis Bank Lainnya?

Kamu penasaran dengan apa itu bank digital? Dan apa perbedaannya dengan jenis bank lain? Jika iya, maka kamu sudah menemukan artikel yang tepat. Di sini kamu akan menemukan jawaban terkait apa itu bank digital dan juga perbedaannya dengan jenis bank lain.

Bank digital adalah sebuah istilah yang belakangan ini kerap muncul apabila kamu membahas mengenai jasa layanan keuangan. Tidak dapat dipungkiri, era digitalisasi memang sudah menjamah ke seluruh aktivitas manusia. Tidak terkecuali layanan perbankan.

Melansir beberapa sumber, di Indonesia sendiri kehadiran perbankan digital ini sudah menjamur. Semakin hari, rasanya semakin banyak saja bank digital yang bermunculan. Namun, apakah kamu tahu sebenarnya apa itu bank digital?

Berkenalan dengan Digital Banking: Pengertian, Plus Minus, dan 5 Langkah untuk Registrasi

Mengenal Apa itu Bank Digital?

Beberapa sumber menyebutkan bahwa, digital bank atau bank digital adalah seluruh kegiatan lembaga jasa keuangan perbankan yang dilakukan secara digital atau dengan memanfaatkan internet. Kegiatan tersebut mencakup pembukaan rekening tabungan hingga penutupannya yang dapat dilakukan secara online, tanpa kamu perlu ke kantor bank terkait.

Sementara itu, apabila kamu merujuk pada peraturan Otoritas Jasa Keuangan atau OJK No. 12/POJK.03/2021, digital bank adalah seluruh layanan perbankan elektronik yang ditujukan untuk dapat memaksimalkan pemanfaatan data nasabah, sebagai upaya memberikan pelayanan yang lebih mudah, cepat, sesuai kebutuhan, dan dapat dilakukan secara mandiri oleh nasabah dengan tetap memperhatikan unsur keamanannya.

Singkatnya, apa itu bank digital merupakan layanan perbankan yang memungkinkan nasabahnya untuk mengakses layanan dan produk perbankan melalui platform elektronik yang memanfaatkan internet.

Baca juga: Apa Itu Internet Banking? Ini Dia Penjelasan Lengkap dan 9 Tips Menggunakannya

Nah, sampai di sini apakah kamu masih bingung tentang apa itu bank digital?

E Banking: Pengertian, Manfaat, dan 7 Jenis Layanan yang Perlu Kamu Ketahui

Perbedaan Apa itu Bank Digital dengan Jenis Bank Lain

Memang benar, istilah bank digital memang sering kali disamaartikan dengan layanan online bank. Namun, pada dasarnya keduanya memiliki perbedaan yang cukup signifikan, lho.

Bank digital adalah layanan perbankan yang ditujukan untuk digitalisasi semua operasional bank, baik itu operasi inti dan non inti. So, tujuan utama dari layanan bank digital ini merujuk pada tidak dibutuhkannya lagi kantor fisik bank.

Sementara itu, layanan online bank adalah bank konvensional yang menyediakan atau membuka layanan online untuk memudahkan nasabahnya. Secara teknologi pun, layanan online bank ini masih kalah dengan kecanggihan yang diterapkan oleh bank digital, lho.

Meskipun apa itu bank digital terlihat lebih canggih, namun jenis bank ini tidak mudah dalam menggaet nasabah dalam waktu singkat. Pasalnya, laba ini hanya berasal dari pendapatan non bunga dan hasil menjaring deposit, lalu menyalurkannya sebagai kredit.

Oleh karena itu, tidak heran apabila bank digital selalu berusaha membangun kerja sama dengan pihak ketiga untuk membentuk ekosistem. Misalnya seperti e-commerce, pengusaha mikro, layanan transportasi, dan ekosistem petani.

Dengan adanya ekosistem keuangan digital tersebut, diharapkan nasabah bank digital akan membuka rekening bank dan melakukan berbagai transaksi dengan menggunakan rekening tersebut. Menarik ya?

Ya pada prinsipnya sih, bank digital ini memang tidak memiliki kantor cabang maupun layanan ATM. Jadi, kamu melakukan semua transaksi secara online menggunakan smartphone. Beberapa contoh bank digital yang populer belakangan ini seperti SeaBank, Bank Jago, dan juga Neo Commerce.

Di awal kemunculannya, biasanya apa itu bank digital akan menawarkan berbagai promo menarik, seperti cashback, suku bunga tinggi, gratis biaya admin, gratis biaya transfer, bahkan ada pula bank digital yang menawarkan hadiah setiap kamu berhasil mengajak satu nasabah baru.

Apa Itu Bank Digital? Apa Bedanya dengan Jenis Bank Lainnya?

Manfaat dan Jenis Layanan Bank Digital

Setelah mengetahui apa itu digital bank dan perbedaanya dengan jenis bank lain, kamu juga perlu memahami manfaat bank digital. Berikut adalah beberapa manfaat bank digital yang perlu kamu tahu.

  • Bank digital memberikan kamu sebagai nasabahnya kemudahan dan kenyamanan dalam menggunakan layanannya hingga 24 jam nonstop.
  • Kamu juga bisa mengatur pembayaran otomatis untuk sejumlah tagihan utilities reguler, seperti telepon, kartu kredit, dan listrik.
  • Layanan bank digital ini memungkinkan kamu sebagai nasabah untuk masuk ke akun rekening kapan dan di mana saja untuk memantau catatan transaksi akun. So, kamu bisa lebih baik dalam mengontrol pengeluaran.
  • Kamu juga bisa dengan bebas melakukan pembayaran di e-commerce, karena biasanya bank digital sudah terintegrasi dengan sistem pembayaran di e-commerce
  • Meminimalkan risiko mata uang palsu saat kamu melakukan transfer dana
  • Dapat kamu akses di mana saja, bahkan hingga ke daerah pelosok, asalkan smartphone kamu terhubung dengan internet
  • Kamu dapat memblokir kartu kredit dengan mengklik tombol yang disediakan.

Sejumlah manfaat bank digital di atas telah membuktikan bahwa bank digital ini sangat memperkuat privasi dan keamanan dari nasabah bank, bukan?

Jenis Layanan Bank Digital

Mengingat sejumlah manfaat yang didapat dalam penggunaan bank digital membuat peminat mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Pasalnya, mereka merasa bahwa layanan yang diberikan dari bank digital ini lebih lengkap dan efisien dibandingkan dengan layanan bank konvensional.

Baca juga: Berkenalan dengan Digital Banking: Pengertian, Plus Minus, dan 5 Langkah untuk Registrasi

Berikut adalah beberapa layanan dari apa itu bank digital yang perlu kamu ketahui.

Mobile banking

Mobile banking adalah layanan bank digital yang memungkinkan nasabahnya untuk bertransaksi melalui smartphone yang sudah terpasang program khusus pada SIM Card nasabah. Umumnya pihak bank digital sudah bekerja sama dengan pihak operator seluler.

Internet banking

Layanan internet banking pada bank digital ini memungkinkan nasabah dapat melakukan berbagai transaksi perbankan menggunakan perangkat elektronik yang terkoneksi dengan internet.

Phone banking

Phone banking merupakan layanan bank digital yang memungkinkan nasabah untuk menghubungi pihak bank digital resmi melalui telepon. Umumnya, layanan ini menggunakan sistem layanan otomatis maupun tenaga manusia, saat kamu meminta pihak bank untuk melakukan transaksi yang kamu inginkan.

SMS banking

Apabila phone banking memungkinkan kamu sebagai nasabah bank digital untuk melakukan permintaan transaksi melalui telepon, maka SMS banking ini memungkinkan kamu melakukan transaksi perbankan melalui fitur SMS atau Short Message Service. Kamu hanya perlu mengirimkan SMS dengan format dank ode tertentu kepada nomor pihak bank terkait, dan masukkan permintaan transaksi untuk dapat melakukan suatu transaksi yang kamu inginkan.

Nah, demikianlah ulasan mengenai apa itu bank digital, perbedaannya dengan jenis bank lain, manfaat bank digital, hingga ragam jenis layanannya.

Meskipun bank digital memiliki segudang kelebihan layanan yang ditawarkan, kamu juga tidak boleh menutup mata akan kekurangannya. Kamu perlu mengingat bahwa kejahatan siber tidak mengenal siapa korbannya.

Segala aktivitas bank digital yang dilakukan dengan memanfaatkan internet ini juga membuka banyak risiko kejahatan siber yang perlu kamu waspadai. Jangan sekali-kali menggunakan internet umum untuk mengakses layanan digital banking. Pastikan gunakan koneksi internet yang memang aman agar terhindar dari kejahatan siber.

Baca juga: Arti Perbankan dan Seluk Beluknya yang Perlu Kamu Ketahui

Mempelajari apa itu bank digital juga menjadi salah satu langkah awal untuk mencapai mandiri finansial, lho.  Apabila kamu tertarik untuk belajar lebih jauh mengenai bank digital, silakan bergabung dengan academy Ternak Uang. Sebagai platform digital yang bergerak di bidang finansial, Ternak Uang menyediakan ribuan konten edukasi investasi dengan berbagai instrumen bagi investor pemula.

Yuk, gabung jadi member Ternak Uang! Ada banyak keuntungan yang bisa kamu dapatkan, mulai dari akses video modul-modul pembelajaran, ikutan berbagai event, dan masih banyak lagi! Segera daftarkan dirimu, dan mulai langkah pertama untuk sukses menjadi investor!

Bagikan Via

Share on facebook
Share on linkedin
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp