5 Tempat Belajar Crypto yang Ramah Bagi Pemula

Share on facebook
Share on linkedin
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
5 Tempat Belajar Cryptocurrency yang Legit Bagi Pemula

Mata uang kripto masih hangat diperbincangkan. Sudah ngehype sejak satu tahun sebelumnya, mata uang digital ini masih terus menjadi topik menarik hingga tahun ini. Apalagi dengan populernya NFT, yang butuh cryptocurrency juga bertransaksi. Jadi, tidak mengherankan jika sekarang ini banyak yang mulai mencari tempat belajar crypto agar bisa berinvestasi, trading, ataupun melakukan transaksi di berbagai layanan digital.

Padahal kalau diingat-ingat, awal mula munculnya cryptocurrency di tahun 1990-an dipandang sebelah mata oleh banyak orang. Banyak orang bertanya-tanya, bagaimana bisa bertransaksi dengan mata uang ini? Bagaimana dengan keamanannya? Dan, rentetan pertanyaan lain yang mengandung keraguan mengiringi hadirnya mata uang kripto.

Baca juga: 8 Tanya Jawab tentang Investasi yang Sering Diajukan oleh Investor Pemula pada Pakar Investasi

Tapi, seiring waktu segala keraguan dipatahkan oleh perkembangan mata uang kripto dan teknologi blockchain itu sendiri yang luar biasa. Sekarang, bahkan perusahaan-perusahaan besar sekelas Microsoft, Tesla, Starbucks hingga KFC menyediakan layanan transaksi menggunakan cryptocurrency. Alasan utama mereka adalah mata uang kripto ini merupakan aset safe haven yang sudah terbukti selama pandemi. Nilai cryptocurrency dianggap tidak terlalu terpengaruh oleh kondisi ekonomi dunia.

Bagi kamu yang tertarik belajar cryptocurrency, yuk lebih mengenal lagi seperti apa sih cryptocurrency, apa saja fungsinya, serta di mana tempat belajar crypto.

4 Taktik Jitu Belajar Trading Crypto untuk Pemula

Mengenal Cryptocurrency

Sebelum mencari di mana tempat belajar crypto yang oke, kamu perlu tahu dulu apa itu cryptocurrrency.

Cryptocurrency adalah mata uang digital yang digunakan sebagai alat transaksi secara virtual di jaringan blockchain. Mata uang kripto ini mengandung kode-kode rahasia yang rumit yang berfungsi melindungi, dan juga sebagai keamanan.

Perbedaan dengan mata uang konvensional yang sifatnya terpusat, cryptocurrency justru memiliki sifat terdesentralisasi. Yang artinya, tidak ada pihak ketiga yang hadir dan berperan sebagai perantara untuk suatu transaksi dengan cryptocurrency. Jadi, pembayaran dengan mata uang kripto berlangsung dari pengirim ke penerima atau biasa disebut peer-to-peer.

Yang membuat mata uang kripto ini dipercaya adalah seluruh transaksi di dalamnya tetap dicatat dan dipantau real time dalam sistem jaringan blockchain. Pencatatan transaksi biasa dilakukan oleh seseorang yang sering disebut penambang cryptocurrency. Tugas mereka mencatat dan nantinya akan mendapat komisi dari pekerjaan tersebut.

Baca juga: 6 Tip Belajar Crypto untuk Pemula yang Paling Sederhana

Sekarang ini ada kurang lebih 1000 mata uang kripto yang beredar di pasaran. Ada beberapa di antaranya yang paling populer di masyarakat dan sering dijadikan sebagai alat transaksi. Misalnya bitcoin, ethereum ataupun binance coin. Shiba Inu dan Dogecoin juga sering digunakan, terutama untuk berdonasi.

6 Tip Belajar Crypto untuk Pemula yang Paling Sederhana

Apa Fungsi Cryptocurrency?

Ada beberapa faktor yang menyebabkan mata uang kripto ini digandrungi oleh masyarakat dunia, salah satunya ada pada fungsi dari cryptocurrency itu sendiri.

1. Alat Transaksi

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, sekarang ini banyak perusahaan besar dan toko yang mulai memberlakukan mata uang kripto sebagai alat pembayarannya. Tak hanya itu saja, sekarang kamu bisa menggunakan cryptocurrency ini di restoran, penerbangan, hotel, kafe dan aplikasi. Bahkan, ada juga loh universitas yang sudah menerima cryptocurrency untuk pembayaran kuliah.

2.  Instrumen Investasi

Cryptocurrency mulai populer ketika harga bitcoin terus meroket. Tahun lalu, bitcoin bahkan pernah menyentuh level Rp900 juta per keping. Luar biasa! Tidak mengherankan kalau ada orang yang tiba-tiba menjadi kaya karena memiliki bitcoin.

Inilah awal mula orang-orang mulai tertarik mencari tempat belajar crypto dan menjadikan cryptocurrency sebagai instrumen investasi. Imbal hasil yang ditawarkan memang sangat legit. Kendati demikian, seperti saham, investasi ini termasuk kategori high risk. Ya, bahkan sangat tinggi risiko.

Baca juga: Belajar Crypto, Hindari 5 Kesalahan yang Paling Sering Terjadi Berikut Ini!

3. Mining

Fungsi terakhir dari cryptocurrency adalah mining.

Pada dasarnya, cara kerja cryptocurrency ini adalah kamu mesti memecahkan kode kriptografi yang rumit dalam mengonfirmasi transaksi dan mencatatnya ke dalam blockchain. Nah, untuk memecahkan kode ini bisa dilakukan dengan cara mining.

Semakin besar daya komputasi yang kamu miliki, maka semakin besar pula peluang kamu untuk memecahkannya. Apabila kamu berhasil, maka kamu akan menerima hadiah berupa mata uang kripto sebagai biaya transaksi.

Sudah mulai tertarik untuk belajar cryptocurrency? Tenang, berikut ini rekomendasi tempat belajar crypto terbaik bagi pemula.

5 Tempat Belajar Cryptocurrency yang Legit Bagi Pemula

5 Tempat Belajar Crypto yang Legit Bagi Pemula

1. Udemy

Udemy merupakan platform jasa kursus keterampilan pribadi dan karier. Platform digital ini menyediakan pengajar profesional terbaik dari seluruh dunia sesuai bidangnya masing-masing, dan memberikan kesempatan seluasnya bagi pengguna dalam menentukan sendiri ritme belajarnya.

Udemy jadi salah satu tempat belajar crypto yang direkomendasikan, karena salah satu kursus yang sangat populer di sini adalah kursus bitcoin. “Blockchain and Bitcoin Fundamentals” sudah diikuti oleh 84.000 orang. Kursus ini dimentori oleh George Levy, yang merupakan Chief Learning Officer di Blockchain Institute of Technology.

Tempat belajar crypto ini membagi pembelajarannya menjadi empat bagian besar yang membahas mulai dari pengenalan teknologi Bitcoin dan blockchain, smart contract, peran dari penambang Bitcoin, dan cara menggunakan juga menyimpan bitcoin.

2. Coursera

Salah satu tempat belajar crypto yang lain adalah platform belajar online Coursera, yang sudah memiliki banyak pengguna.

Tak hanya jadi tempat belajar crypto, di Coursera ada beragam materi pembelajaran dari berbagai topik dan bidang ilmu, yang dimentori oleh profesional di bidangnya. Menariknya di platform ini, ada berbagai fitur canggih yang dihadirkan dalam menunjang proses belajar. Di sini, kamu juga bisa mengatur jadwal secara fleksibel.

Sebagai tempat belajar crypto, kamu bisa loh memilih kelas dengan mentor dari berbagai universitas ternama seperti Pennsylvania, Michigan, Princeton dan masih banyak lagi.

Kursus Bitcoin yang menjadi primadona di Coursera adalah “Bitcoin dan Cryptocurrency Technologies” yang sudah diikuti oleh 550.496 orang dengan mentor Arvind Narayanan, Professor Associate dari Universitas Princeton. Beberapa materi yang bisa kamu dapatkan seperti pengenalan Bitcoin dan cryptocurrency, mining Bitcoin, mekanisme Bitcoin dan masih banyak lagi.

9 Tanya Jawab Investasi yang Bisa Menghapus Keraguanmu Berinvestasi

3. Komunitas Sarjana Crypto

Salah satu tempat belajar crypto yang enjoyable adalah komunitas. Karena nggak hanya banyak ilmu yang bisa didapatkan, kita pun bisa berinteraksi dan bersosialisasi dengan orang-orang yang punya passion yang sama di komunitas.

Komunitas Bitcoin terbesar di Indonesia yang bisa jadi tempat belajar crypto adalah komunitas Sarjana Crypto. Komunitas ini aktif di Instagram dengan akun @sarjanacrypto. Mereka kerap menyajikan berita terupdate seputar dunia cryptocurrency melalui postingan yang menarik maupun video.

Beberapa topik yang sering dibahas adalah seputar dunia crypto, blockchain, Bitcoin. Selain itu, komunitas Sarjana Crypto juga menyediakan berbagai produk seperti buku, e-book, merchandise dan kursus Bitcoin.

4. Skillshare

Skillshare merupakan platform belajar online. Di tempat belajar crypto ini, kamu bisa belajar tentang bitcoin dan kawan-kawannya. Setiap kelas memiliki durasi rata-rata sekitar 45 menit hingga 2 jam

Sayangnya, untuk pilihan kursus tentang cryptocurrency dan juga blockchain belum terlalu lengkap, seperti platform lainnya.

TUToring: Step by Step Passive Income dari Crypto

5. Ternak Uang

Ternak Uang juga bisa jadi tempat belajar crypto yang mengasyikkan. Merupakan aplikasi belajar investasi, di sini, kamu juga bisa belajar tentang saham, obligasi, reksa dana, P2P lending hingga cryptocurrency.

Tak hanya menyediakan aplikasi saja, Ternak Uang mempunyai komunitas yang memfasilitasi anggota sebagai tempat belajar crypto, sekaligus tempat berbagi berbagai informasi tentang dunia investasi.

Khusus untuk cryptocurrency, kamu bisa belajar di Academy Ternak Uang dan dimentori oleh profesional di bidang ini. Beberapa materi yang bisa kamu dapatkan di tempat belajar crypto ini antara lain DeFi, NFT, Blockchain, Smart Contract, Cryptocurrency, Screening Cryptocurrency dan Risiko Cryptocurrency.

Baca juga: 4 Taktik Jitu Belajar Trading Crypto untuk Pemula

Sama halnya dengan instrumen investasi lainnya, kamu butuh belajar cryptocurrency dari dasar agar bisa berinvestasi dengan cerdas, memiliki strategi tepat untuk trading dan juga tahu cara bertransaksi. Kamu bisa memilih salah satu tempat belajar crypto di atas sebagai sarana untuk menambah pengetahuan.

Apabila kamu tertarik untuk belajar investasi, khususnya cryptocurrency, dan membutuhkan informasi lain mengenai dunia investasi, silakan bergabung dengan academy Ternak Uang. Sebagai platform digital yang bergerak di bidang finansial, Ternak Uang menyediakan ribuan konten edukasi investasi dengan berbagai instrumen bagi investor pemula.

Bagikan Via

Share on facebook
Share on linkedin
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp