Apa Itu NFT Marketplace, dan 8 di Antaranya yang Paling Populer

Share on facebook
Share on linkedin
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Apa Itu NFT Marketplace, dan 8 di Antaranya yang Paling Populer

NFT marketplace kini semakin populer, seiring semakin luar biasanya perkembangan teknologi—terutama yang berbasis blockchain.

Peluang mendapatkan penghasilan tambahan dari mata uang kripto dan NFT pun semakin terbuka lebar. Nggak kaleng-kaleng sih, kalau misalnya sukses, bukan nggak mungkin nih jadi bekal mandiri finansial. Bagi kamu yang memiliki karya seni digital dalam bentuk NFT dan ingin menjualnya, sebaiknya mengetahui berbagai NFT marketplace agar bisa menemukan kolektor yang tepat.

Mau Jual NFT OpenSea, Pahami Cara Kerja, Aturan, dan 4 Tips Agar Laris Manis

Jejak-Jejak Populernya NFT

Euforia topik NFT masih belum padam, netizen masih terus memperbincangkan di berbagai kanal media tentang aset digital yang satu ini. Banyak yang menganggap bahwa NFT bisa dijadikan tempat mendulang cuan. Tak hanya itu, aset digital di jaringan blockchain ini pun bisa dijadikan investasi.

Tak berbeda jauh dengan jenis instrumen investasi lainnya, NFT pun mempunyai nilai melalui mekanisme pasar. Jadi, harga dari aset digital bisa berubah kapan saja. Kendati demikian, faktor utama yang menyebabkan perubahan harga pada NFT adalah tingkat permintaan dan penawaran dari aset digital itu sendiri.

Dilansir dari CoinMarketCap, sepanjang tahun 2021 pasar NFT telah mencatat rekor penjualan dengan harga fantastis, yakni senilai 2,5 miliar dollar AS. Ini tak lepas dari keunikan NFT yang melindungi HAKI sehingga tidak bisa dibajak, jadi memiliki sebuah aset digital adalah sebuah kebanggaan tersendiri bagi yang membeli. Ditambah, harganya bisa saja naik di masa depan dan pembeli bisa mendapatkan keuntungan saat menjualnya.

Nah, untuk mewadahi transaksi NFT dari seluruh dunia, sekarang tersedia berbagai NFT marketplace yang bisa kamu kunjungi apabila tertarik ingin mengoleksi aset digital atau menjual karya seni digital yang kamu miliki.

Baca juga: NFT Art: 4 Fakta, Definisi, Cara Membeli, serta Menjualnya

Berikut ini ulasan tentang apa itu NFT marketplace sebelum kamu memulai untuk jual beli NFT.

6 Aplikasi Belajar Saham yang Bisa Dicoba dan Tips Memilih yang Sesuai untuk Pemula

Mengenal Lebih Dekat NFT Marketplace

Non fungible token atau NFT marketplace merupakan platform jual beli aset digital. Ringkasnya, NFT marketplace bisa dikatakan seperti ‘pasar’ atau website khusus NFT yang cara kerjanya seperti Amazon, eBay untuk jual beli NFT. Atau kalau marketplace dalam negeri ya, seperti Tokopedia, Shopee, dan sejenisnya.

Di sini, para kolektor digital bisa jual beli dan membuat token NFT milik mereka dalam merepresentasikan kepemilikan atas aset digital tersebut.

Sekarang ini, ada banyak NFT marketplace yang hadir untuk memfasilitasi ribuan aset digital yang dibanderol dengan harga bervariasi tentunya tergantung dari tingkat kesulitan pembuatan. Semakin uni sebuah NFT, maka akan semakin mahal pula harganya.

Agar kamu bisa dengan leluasa untuk jual beli NFT, berikut ini rekomendasi NFT marketplace yang bisa kamu gunakan.

Apa Itu NFT Marketplace, dan 8 di Antaranya yang Paling Populer

8 Rekomendasi NFT Marketplace Global dan Lokal

OpenSea

NFT marketplace pertama, terbesar dan paling banyak digunakan oleh netizen dunia adalah OpenSea. Platform ini didirikan di New York pada tahun 2017 oleh Alex Atallah dan Devin Finzer. OpenSea sendiri berada di jaringan Ethereum dengan token ERC-721 dan ERC-1155.

Dengan menggunakan OpenSea, maka kamu bisa membuat NFT secara gratis, menawarkan pembelian ke kolektor atau lelang. Tak hanya itu, platform digital ini merupakan NFT marketplace yang digunakan sebagai pemasok koleksi langka dan juga produk digital.

Di Indonesia sendiri, platform ini kian mencuat setelah fenomena Ghozali yang berhasil menjual NFT-nya di OpenSea dengan harga fantastis. Selain Ghozali, sejumlah artis sampai Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kami, pun memiliki akun di OpenSea.

Baca juga: Mau Jual NFT OpenSea, Pahami Cara Kerja, Aturan, dan 4 Tips Agar Laris Manis

Rarible

Platform ini cara kerjanya hampir mirip dengan OpenSea. Rarible sendiri berada di jaringan Ethereum dan di dalam platform ini menampilkan berbagai NFT mulai dari item game hingga digital art.

Rarible merupakan salah satu open market yang bisa dikatakan demokratis sehinga memungkinkan para seniman dan content creator bisa mengeluarkan juga menjual aset digital. Rarible sendiri memiliki token dengan nama RARI. Jadi, token ini membuat pemiliknya bisa mempertimbangkan berbagai fitur seperti biaya dan juga aturan komunitas.

Bagi pemula, NFT marketplace ini sangat direkomendasikan.

Axie Marketplace

Axie NFT marketplace adalah sebuah toko online yang digunakan dalam membeli video game Axie Infinity. Di sini kamu bisa membeli Axies baru, tanah, juga item lainnya sebagai NFT yang akan digunakan di game tersebut.

Axie Infinity memiliki token yang disebut Axie Shards dan dibangun di atas jaringan blockchain Ethereum. Jadi ini memungkinkan pengguna bisa jual beli NFT di berbagai pasar lainnya dan di beberapa tempat pertukaran mata uang kripto.

Total trading volume platform ini senilai lebih dari 2,1 miliar dolar AS pada Dappradar, membuat Axie Infinity menjadi tuan rumah untuk pasar NFT yang terbesar nomor dua di industri blockchain.

NBA Top Shot Marketplace

NBA Top Shot adalah National Basketball Association dan Women’s National Basketball Association yang terjun ke dunia aset digital. Di platform ini, semua orang bisa membeli koleksi yang berkesan seperti video klip, permainan yang menjadi favorit juga berbagai karya seni digital dari liga basket tersohor tersebut.

Adapun NBA membangun NFT marketplace tersebut sebagai pasar yang tertutup. Jadi, di sini kamu hanya bisa menjual dan membeli item-item itu di NBA Top Shot Marketplace. Mau bertransaksi di platform ini, kamu mesti menggunakan blockchain flow yang digagas oleh Dapper Labs.

Larva Labs/CryptoPunks

NFT marketplace ini pertama kali dikenal luas setelah mengeluarkan proyek CryptoPunks. Di awal, mereka memberikan proyek tersebut gratis, sayangnya saat ini CryptoPunks sudah laku terjual hingga jutaan dollar. Walaupun memiliki CryptoPunks, Larva Labs tidak berhenti di situ saja, mereka mempunyai proyek karya seni digital yang lain dan juga proyek pengembangan aplikasi berbasis blockchain Ethereum.

Nifty Gateaway

Nifty Gateaway merupakan NFT marketplace terbesar yang sering digunakan oleh seniman digital populer dalam menjual karyanya dan menjadikannya sebagai platform terpercaya untuk jual beli crypto arts. Seniman yang sudah menjual karya seni digital di platform ini antara lain Beeple dan Grimes.

TokoMall

TokoMall merupakan pionir NFT marketplace di Indonesia. Platform ini mengusung konsep yang unik, yaitu jembatan antara dunia nyata dan digital. Di sini, TokoMall sangat mendukung produk, content creator, artis lokal untuk mendunia.

Sesuai dengan konsepnya yang menjembatani dunia nyata dan digital, di TokoMall sangat memungkinkan NFT digunakan untuk menebus barang-barang fisik yang berasal dari mitra eksklusif mereka.

Baliola

Baliola merupakan bagian dari proyek yang diprakarsai oleh kepeng.io. Di platform ini menjual berbagai macam produk hasil karya dari seniman asal Bali dengan sistem NFT. Kemudian dalam prosesnya, marketplace ini diinkubasi oleh Badan Kreatif (BEKRAF) Denpasar.

Ke depannya, Baliola akan didesain bagi siapa saja yang ingin menjual karya seni digital. Setiap user akan dilakukan validasi terlebih dulu, lalu dibuatkan halam sendiri.

Baca juga: 6 Langkah Belajar Cryptocurrency untuk Pemula dan 10 Jenis Crypto Terbaik Saat Ini

Potensi NFT ke depannya akan makin bergairah. Kamu bisa memanfaatkan momentum ini untuk mendulang cuan dengan jual beli aset digital di berbagai NFT marketplace di atas. Sehingga kesempatan kamu bisa mandiri finansial pun semakin besar.

Yuk, gabung jadi member Ternak Uang! Ada banyak keuntungan yang bisa kamu dapatkan, mulai dari akses video modul-modul pembelajaran, ikutan berbagai event, dan masih banyak lagi! Segera daftarkan dirimu, dan mulai langkah pertama untuk sukses menjadi investor!

Bagikan Via

Share on facebook
Share on linkedin
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp