Ini Dia 6 NFT Game Penghasil Uang yang Populer Saat Ini

Share on facebook
Share on linkedin
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Ini Dia 6 NFT Game Penghasil Uang yang Populer Saat Ini

NFT tak sekadar digunakan untuk jual beli aset digital saja, sekarang ini penggunaannya pun sudah merambah ke ranah gaming. Di NFT game, selain bisa memainkan permainan yang seru, kamu juga bisa memanfaatkannya untuk mendapatkan uang lo!

Kita mengenal non fungible token, atau NFT, yang sukses dijadikan medium bagi para seniman yang ingin memperjualbelikan karyanya dalam bentuk digital, dengan masih memiliki hak paten atas aset tersebut. Ini seperti oase bagi mereka di tengah masyarakat yang masih minim edukasi akan pentingnya hak atas kekayaan intelektual.

Menariknya lagi, teknologi blockchain sekarang ini memungkinkan bagi para gamers untuk bisa main game sambil jual beli aset digital. Keren bukan? Nah, konsep permainan inilah yang dikenal dengan istilah NFT game play to earn.

Kamu penasaran bagaimana cara kerja game NFT penghasil uang ini? Yuk, kita bahas dalam artikel kali ini.

Mau Jual NFT OpenSea, Pahami Cara Kerja, Aturan, dan 4 Tips Agar Laris Manis

Apa itu NFT Game?

Agar lebih mengerti tentang NFT game penghasil uang, sebaiknya kamu tahu terlebih dulu konsep play to earn.

Sebenarnya, konsep ini bukanlah hal baru dalam dunia digital game. Justru, konsep ini sudah sering digunakan dalam industri gaming yang membuat para gamer bisa mendapatkan aset dan item dalam game untuk bisa ditukarkan dalam bentuk uang atau alat tukar lain, termasuk mata uang kripto.

Semakin berkembangnya teknologi, konsep game pun digabungkan dengan teknologi blockchain. Di dunia NFT, ini disebut dengan GameFi atau gaming decentralized finance (DeFi). Untuk GameFi sendiri dikenalkan pertama kali oleh Andre Cronje, yang merupakan founder Yearn Finance pada medio September 2020 silam.

Jadi, sederhananya NFT game adalah game berbasis blockchain di sistem NFT, yang bisa memberikan pengguna kesempatan memiliki aset dalam game yang nantinya bisa diperjualbelikan dengan mata uang kripto.

Di NFT game, kamu akan menjalankan sebuah misi tertentu lalu mengumpulkan sejumlah reward yang nantinya bisa ditukarkan dengan uang tunai.

Belajar Investasi dari 5 Investor Sukses Dunia buat Kamu yang Ingin Mengikuti Jejak Mereka

Cara Kerja NFT Game

Di NFT game, kamu tak sekadar menyimpan koleksi mata uang kripto di wallet, tapi bisa membuat kamu mendapatkan penghasilan saat bermain game.

Baca juga: Apa Itu NFT Marketplace, dan 8 di Antaranya yang Paling Populer

Yang membuat beda NFT game adalah memadukan video game dengan keuangan. Game jenis ini menggunakan NFT dalam mekanisme, interaksi pemain dan aturan. Contohnya, sebuah game bisa loh mewakili avatar atau karakter unik kamu sebagai NFT. Adapun item digital yang kamu temukan ketika bermain bisa juga dalam bentuk NFT. Jadi, para gamer bisa menukar ataupun memperjualbelikan NFT-nya dengan pemain lain untuk mendapatkan keuntungan.

Umumnya, kamu akan menerima reward dalam bentuk NFT atau token. Semakin lama kamu bermain di NFT game, maka reward yang akan diperoleh pun semakin banyak. Nantinya, reward ini bisa kamu gunakan membeli item, jual beli aset digital bahkan ditukarkan dengan uang fiat. Tapi, perlu dicatat bahwa jumlah uang yang akan didapatkan bervariasi, tergantung pada mekanisme game yang dimainkan dan juga permintaan pasar.

Baca juga: NFT Art: 4 Fakta, Definisi, Cara Membeli, serta Menjualnya

Pengin dapetin cuan dengan NFT game? Yuk, disimak rekomendasi game yang bisa kamu jadikan lahan mendapatkan penghasilan berupa mata uang kripto.

Ini Dia 6 NFT Game Penghasil Uang yang Populer Saat Ini

6 NFT Game Penghasil Uang Terbaik yang Populer

Gods Unchained

Ini adalah bentuk permainan dengan cara menukar kartu. Di permainan ini yang perlu dilakukan adalah melawan pemain lain dengan tujuan agar bisa naik peringkat dan memperbanyak peluang memenangkan lebih banyak lagi kartu yang berkualitas.

Di NFT game ini, kamu bisa memperjualbelikan aset di dalam game berbentuk kartu digital. Bagi pemula dan belum memiliki kartu, tenang, itu tidak masalah. Pasalnya, game ini adalah salah satu game NFT berbasis blockchain gratis dan akan memberikanmu satu set kartu yang bisa digunakan untuk melawan pemain lain di peringkat yang sama.

CryptoKitties

Bagi pecinta kucing, harus coba permainan yang satu ini, CryptoKitties. Di game ini, kamu akan memelihara seekor kucing virtual yang akan dibekali dengan atribut khusus dan bisa juga loh kamu jual sebagai NFT dengan harga yang tentunya bervariasi.

Ini adalah NFT game yang gratis, dan menariknya, kamu bisa menemukan ribuan CryptoKitties di NFT marketplace yang dijual dengan mata uang kripto yakni Ether (ETH).

Axie Infinity

Axie Infinity dikenal sebagai salah satu pionir NFT game yang terbesar dan memiliki banyak pengguna. Di game ini, kamu akan diajak memelihara hewan peliharaan virtual yang disebut dengan Axie. Tugas kamu tak sekadar merawat Axie saja, tapi juga membawanya ke arena dengan strategi khusus agar bisa mengalahkan kumpulan Axie lainnya di tim lawan.

Berada di jaringan Ethereum, Axie adalah aset NFT yang bisa dijual, beli, tukar maupun lelang di NFT marketplace dengan token khusus yang bernama AXS. Harga 1 AXS setara Rp917.863. Wow, lumayan banget ya!

Plant vs Undead

Di NFT game ini, kamu bisa mengelola pertanian sambil menghasilkan uang dalam bentuk aset kripto Light Energy (LE). Untuk saat ini, token LE bisa diubah menjadi token mata uang kripto PVU. Sama halnya dengan aset kripto lain, token ini bisa diperjualbelikan di berbagai decentralized exchange (DEX).

Agar bisa memperoleh LE, kamu mesti panen benih, menjalankan misi harian seperti menyiram tanaman pemain lain, serta beberapa misi di sekitar pertanian yang ada. Dilansir dari CoinMarketCap per tanggal 18 Maret 2022, 1 PVU sama dengan $0.07667 jika dirupiahkan senilai Rp1.098,43.

Zodiac Racing

Ini salah satu NFT game terbaik berbasis blockchain saat ini. Game ini dikhususkan bagi kamu pecinta game balapan. Di sini kamu bisa mengoleksi mobil NFT yang didesain sesuai dengan zodiak. Sebelum memulai bermain game Zodiac Racing, kamu mesti deposit dulu dengan token ZDC.

Untuk mata uang kripto yang digunakan dalam Zodiac Racing disebut dengan ZDC yang merupakan akronim dari Zodiacs. Nilai token ZDC menurut CoinMarketCap (diakses 18 Maret 2022) $0.005207 atau setara Rp 74.66,-.

Illuvium

Berikutnya, game penghasil uang yang bisa kamu mainkan adalah Illuvium. NFT game ini rencananya akan dirilis pada kuartal pertama tahun 2022.

Illuvium merupakan game Open World RPG 3D di jaringan Ehtereum dengan bentuk gameplay pertempuran yang otomatis. Sama halnya dengan gameplay RPG pada umumnya, di sini kamu mempunyai tugas utama untuk menang dalam pertempuran, meningkatkan peringkat, dan menyelesaikan pencarian. Sebagai reward, kamu akan mendapatkan hadiah berupa mata uang kripto yaitu token ILV.

Untuk saat ini harga 1 token ILV menurut CoinMarketCap (diakses 18 Maret 2022) senilai $533.78 atau setara dengan Rp7.653.337.64. Wow fantastis harganya!

Baca juga: 6 Tip Belajar Crypto untuk Pemula yang Paling Sederhana

Sangat menarik bukan, deretan game NFT penghasil uang di atas? Hitung-hitung bermain NFT game bisa juga dijadikan pendapatan sampingan saat ini. Namun, tetap ya sebaiknya belajar keuangan juga agar reward mata uang kripto yang kamu peroleh bisa dialokasikan ke tujuan keuangan yang sudah disusun. Dan terlebih bisa kamu gunakan untuk mencapai tahap mandiri finansial.

Kamu dapat belajar mengenai seluk beluk NFT dan dunia cryptocurrency ini melalui Ternak Uang, lho.

Yuk, gabung jadi member Ternak Uang! Ada banyak keuntungan yang bisa kamu dapatkan, mulai dari akses video modul-modul pembelajaran, ikutan berbagai event, dan masih banyak lagi! Segera daftarkan dirimu, dan mulai langkah pertama untuk sukses menjadi investor!

Bagikan Via

Share on facebook
Share on linkedin
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp