4 Taktik Jitu Belajar Trading Crypto untuk Pemula

Share on facebook
Share on linkedin
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
4 Taktik Jitu Belajar Trading Crypto untuk Pemula

Kamu tertarik untuk menjajal terjun ke dunia trading crypto? Sebelum benar-benar terjun ke dalam dunia tersebut, alangkah baiknya jika kamu belajar trading crypto terlebih dahulu, yuk! Artikel ini akan membantumu dalam memahami dan belajar trading crypto dengan lebih baik.

Fenomena trading crypto akhir-akhir ini cukup digandrungi publik dari segala kalangan, mulai dari remaja hingga dewasa. Hal ini tidak lepas dari keuntungan yang menggiurkan saat kamu cermat membaca pasar. Namun, bagi kamu yang kurang jeli dan minim pengetahuan dan belum belajar trading crypto secara mendalam, maka kerugian bisa menimpamu kapan saja.

Belajar trading crypto adalah hal utama yang perlu dilakukan oleh trader pemula. Pemahaman yang komprehensif terkait cryptocurrency penting untuk kamu miliki sebelum benar-benar terjun ke dunia trading crypto. Trading crypto memang suatu hal yang cukup kompleks, namun bukan berarti kamu tidak bisa mempelajari dan memahaminya.

Sebelum belajar trading crypto, para ahli menyarankan agar kamu memahami dan belajar cryptocurrency. Dengan demikian, kamu akan memiliki pengetahuan yang luas terkait pertukaran crypto, keamanannya, hingga seluk-beluk dalam trading sebelum akhirnya kamu memutuskan untuk menginvestasikan uangmu di sini.

6 Tip Belajar Crypto untuk Pemula yang Paling Sederhana

Pahami Definisi Trading Crypto

Trading adalah sebuah aktivitas perdagangan dengan komoditas tertentu, dengan konsep mendapatkan keuntungan yang optimal dalam sebuah frame waktu. Trading crypto sendiri melibatkan penjualan dan pembelian cryptocurrency, dengan menggunakan bursa crypto. Terdapat banyak bursa crypto yang bisa kamu manfaatkan untuk trading. Beberapa yang paling populer di antaranya adalah Coinbase, Binance, dan CoinDCX. Di Indonesia sendiri sudah ada 13 tempat untuk bertransaksi cryptocurrency, yang telah mendapatkan izin Bappebti.

Trading dan investasi memang memiliki konsep yang hampir sama, yakni untuk memperoleh keuntungan yang optimal. Meskipun demikian, keduanya memiliki perbedaan yang cukup signifikan, lho.

Dalam trading, kamu akan berusaha menjaga aset dalam waktu tertentu untuk mendapatkan keuntungan. Bahkan, waktu yang digunakan cenderung singkat. Sementara itu, dalam berinvestasi, kamu dianjurkan untuk mencari tren jangka panjang, yang tidak mengharuskanmu untuk fokus terhadap fluktuasi jangka pendek di pasar.

Baca juga: 6 Tip Belajar Crypto untuk Pemula yang Paling Sederhana

Untuk mendapatkan keuntungan yang optimal dalam trading, kamu dianjurkan untuk memahami tren pasar dan harga komoditas dalam jangka pendek. Kamu dapat membeli crypto ketika harga di pasar sedang rendah, dan bisa menjualnya ketika harganya melambung tinggi.

Belajar Crypto, Hindari 5 Kesalahan yang Paling Sering Terjadi Berikut Ini!

Bagaimana Cara Kerja Trading Crypto?

Saat terjun ke dunia trading dan belajar trading crypto, kamu akan mengetahui kompleksitas kegiatan satu ini. Sebagaimana kegiatan perdagangan pada umumnya, dalam trading, kamu juga akan mengenal untung dan rugi. Sederhananya, apabila seorang trader mendapatkan keuntungan dari penjualan, maka ada trader lain yang berpotensi mendapatkan keuntungan yang lebih rendah.

Ketika belajar trading crypto, kamu perlu memahami tren pasar yang tengah terjadi untuk bisa mengantisipasi dan menghindari risiko kerugian yang tinggi.

Prinsip dalam trading crypto sama saja dengan hukum ekonomi pada umumnya: supply vs demand. Apabila para trader lebih banyak membeli produk tertentu, maka harga produk tersebut cenderung naik. Namun, apabila banyak trader yang menjual produk tersebut daripada membelinya, maka harganya cenderung turun.

Tren pada pasar crypto ini relatif sangat fluktuatif dibandingkan dengan instrumen ataupun komoditi lainnya. Oleh karena itu, kamu dianjurkan untuk menggunakan dana yang sekiranya mampu kamu ikhlaskan saat mengalami kerugian. Bagi trader pemula, tidak ada salahnya jika kamu berkonsultasi dengan ahli sebelum akhirnya benar-benar terjun ke dunia trading crypto ini.

4 Taktik Jitu Belajar Trading Crypto untuk Pemula

Belajar Trading Crypto: 4 Strategi Trading Crypto

Terdapat beragam strategi dalam trading crypto. Berikut adalah 4 strategi trading crypto yang lazim dilakukan oleh para trader.

Scalping

Strategi ini sering kali digunakan oleh para ahli untuk mendapatkan keuntungan yang instan dalam jangka waktu yang relatif singkat. Namun, dengan strategi ini, trader tidak akan mendapatkan keuntungan sebanyak strategi trading lainnya. Pasalnya, tujuan dari trading ini adalah untuk mencapai keuntungan sedikit demi sedikit, yang terakumulasi sepanjang hari. Tidak jarang para ahli mengaplikasikan strategi ini untuk mendapatkan keuntungan dari pergerakan harga crypto yang kecil.

Swing Trading

Dalam strategi swing trading, seorang trader akan menyimpan asetnya selama beberapa hari, bahkan minggu. Oleh karena itu, strategi ini juga dikenal dengan strategi yang mengikuti tren jangka pendek atau menengah, biasanya berkisar 1 – 30 hari. Strategi ini cocok dilakukan untuk kamu yang tak bisa memantau pasar kripto sepanjang hari, seperti halnya para scalper.

Day Trading

Berbeda dengan swing trading, day trading menganjurkan para trader untuk HODL asetnya selama sehari. Day trading ini juga dikenal dengan istilah perdagangan intraday, lho.

Dalam belajar trading crypto dengan strategi day trading, kamu perlu mempertimbangkan analisis teknis dasar dengan indikator teknis yang dapat membantumu menentukan kondisi pasar dan mengidentifikasi tren. Dengan begitu, kamu akan terhindar dari volatilitas pasar dalam semalam.

Baca juga: 3 Trading Strategy yang Perlu Kamu Ketahui

Position Trading

Jika kamu masih belajar trading crypto, kamu mungkin akan bingung dengan position trading karena mirip dengan swing trading. Yes, keduanya fokus terhadap tren jangka panjang.

Dalam strategi position trading ini, kamu perlu memperhatikan pertimbangan para ahli trading terkait pergeseran harga utama. Kamu juga perlu menganalisis grafik harga mingguan dan bulanan untuk mengevaluasi tren pasar. Dengan demikian, kamu bisa mendapatkan gambaran pergerakan secara menyeluruh, dan tidak perlu was-was dengan fluktuasi harga yang kecil.

Nah, itulah sejumlah strategi yang bisa kamu pelajari selagi belajar trading crypto. Lantas, apa saja tip yang perlu kamu perhatikan dalam belajar trading crypto?

TUToring: Step by Step Passive Income dari Crypto

4 Taktik Jitu Belajar Trading Crypto untuk Pemula

Berikut adalah empat taktik jitu yang dapat kamu aplikasikan untuk belajar trading crypto.

1. Mulailah trading crypto dengan bijaksana

Bijaksana dalam hal ini berkaitan dengan keputusan untuk mempertaruhkan aset dalam trading crypto secara proporsional. Jangan gunakan seluruh asetmu untuk trading crypto dan berharap bisa kaya mendadak.

Alokasikan aset yang memang kamu siap kehilangannya sewaktu-waktu. Sangat dianjurkan bagi kamu untuk belajar cara menghasilkan keuntungan sebelum memulai trading crypto. Pasalnya, untuk bisa mendapatkan keuntungan dalam trading crypto, kita akan memerlukan kemampuan yang mumpuni, lho.

2. Fokuslah dalam Diversifikasi Aset

Dalam belajar trading crypto, kamu perlu memperhatikan aset-aset yang dimiliki. Para ahli trading menyarankan agar kamu sebaiknya memiliki lebih dari satu aset, sebagai langkah manajemen risiko. Dengan begitu, kamu dapat memulihkan kerugian dari suatu komoditas menggunakan keuntungan di komoditas lainnya.

3. Hindari Sikap Serakah

Hal yang tidak kalah penting untuk diperhatikan saat belajar trading crypto adalah menghindari sikap keserakahan. Sangat tidak dianjurkan bagi kamu untuk menggunakan semua keuntungan dari modal utama untuk trading crypto berikutnya.

Pasar crypto ini cukup fluktuatif, sehingga dapat berubah hanya dalam itungan detik. So, kamu perlu mempertimbangkan untuk merevisi jumlah perdagangan untuk menghindari kerugian dalam trading crypto.

4. Pelajari Aset yang Ingin Dimasukkan ke dalam Keranjang Trading

Apabila kamu ingin mendapatkan keuntungan yang optimal dalam trading, jangan sekali-kali kamu membeli aset tanpa mengecek latar belakang aset tersebut. Mengetahui latar belakang aset saat belajar trading crypto akan membantumu meminimalkan kerugian dari penipuan dan aset yang berkinerja buruk.

Baca juga: 6 Komunitas Investasi yang Cocok Jadi Tempat Belajar untuk Investor Pemula

Terdapat banyak cara yang dapat kamu pelajari saat belajar trading crypto. Kamu pun bisa belajar trading crypto dari mana saja, dan dari siapa saja. Salah satunya juga bisa kamu dapatkan melalui Academy Ternak Uang.

Apabila kamu tertarik untuk belajar investasi dan membutuhkan informasi lain mengenai dunia investasi, silakan bergabung dengan academy Ternak Uang. Sebagai platform digital yang bergerak di bidang finansial, Ternak Uang menyediakan ribuan konten edukasi investasi dengan berbagai instrumen bagi investor pemula.

Bagikan Via

Share on facebook
Share on linkedin
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp