Apa Itu NFT Art? Ini Penjelasannya, dan 7 Langkah Cara Jualnya

Share on facebook
Share on linkedin
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Apa Itu NFT Art? Ini Penjelasannya, dan 7 Langkah Cara Jualnya

Hadirnya NFT yang merupakan bagian dari cryptocurrency seperti oase bagi para seniman dan juga kolektor seni di seluruh dunia. Berbagai karya seni digital yang dimiliki oleh seniman bisa diperjualbelikan dalam bentuk token NFT. Namun, apakah kamu tahu apa itu NFT art?

Dunia NFT art di tanah air semakin menggeliat setelah hebohnya penjualan foto selfie dari Ghozalie beberapa bulan lalu. Nominal penjualan pun sangat fantastis! Dan ini rupanya menjadi pemantik bagi masyarakat Indonesia untuk mengenal lebih dekat dengan NFT art.

Barangkali kalau mendengar NFT art dan cryptocurrency, pasti akan tebersit pertanyaan, ‘apa itu NFT art dan apa bedanya dengan uang kripto?’

Munculnya pertanyaan mendasar tersebut adalah hal yang wajar karena kedua bentuk ini sama-sama berada di jaringan blockchain. Namun tentunya ada perbedaan signifikan antara apa itu NFT art dan mata uang kripto.

Mata uang crypto seperti bitcoin misalnya, kurang lebih seperti uang fisik yang sering kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari. Bitcoin ini memiliki nilai tukar yang sama dan tentunya bisa untuk diperdagangkan.

Sedangkan apa itu NFT art? Karya seni digital ini tidak memiliki nilai tukar. Di dalam NFT, ada tanda tangan digital yang tidak memungkinkan terjadinya pertukaran dengan NFT lainnya. Ringkasnya, token NFT A misalnya tidak memiliki nilai yang sama dengan token NFT B.

Semoga paham, ya.

Nah, agar kamu lebih memahami lagi tentang apa itu NFT art, berikut ini penjelasan lengkap, kelebihan, cara membuat dan juga cara menjual karya seni digital ini. Siapa tahu di antara kamu belum tahu apa itu NFT art, tapi memiliki karya seni yang bisa dijual dalam bentuk NFT, kelak dari penghasilan tersebut kamu bisa menjadi financial independent atau mandiri secara finansial lho!

NFT Crypto Itu 2 Hal yang Beda Loh! Ini 3 Perbedaan yang Perlu Kamu Tahu

Memahami Apa Itu NFT Art

Apa itu NFT art atau biasa disebut juga crypto art? Ini adalah karya seni digital yang diterbitkan dalam bentuk token cryptocurrency. Karya ini bisa diakses juga diperjualbelikan di jaringan blockchain. Yup, sama dengan aset kripto lainnya.

Fenomena apa itu NFT art memang belakangan menghebohkan netizen dunia. Dimulai dari tweet dari CEO Twitter, Jack Dorsey, yang berhasil menjualnya dalam bentuk NFT dengan nominal Rp36 miliar. Sejak kejadian tersebut, banyak seniman dunia yang mulai tertarik dan penasaran tentang apa itu NFT art dan ingin menjual karya seni digital buatan mereka.

Nah, umumnya nih sebuah NFT Art dijual atau berpindah kepemilikan melalui proses lelang di berbagai platform lelang online. Namun, jangan khawatir sekarang ada banyak juga kok marketplace NFT Art seperti OpenSea yang bisa kamu gunakan untuk menjual karya seni kamu.

Baca juga: NFT Crypto Itu 2 Hal yang Beda Loh! Ini 3 Perbedaan yang Perlu Kamu Tahu

Apakah setelah karya seni digital dijual, seniman tetap memiliki hak cipta?

Iya, seniman tetap memiliki hak cipta atas karya yang diwakili oleh NFT tersebut, bahkan ketika NFT art tersebut beralih kepemilikan. Inilah yang membuat banyak seniman yang ‘jatuh cinta’ dan paham dengan prinsip apa itu NFT art.

Mau Jual NFT OpenSea, Pahami Cara Kerja, Aturan, dan 4 Tips Agar Laris Manis

Kelebihan NFT Art

Bukti autentikasi sebuah karya seni

FYI, NFT tidak melulu berbentuk lukisan, namun bisa juga dalam bentuk video, screenshot, meme, foto, hingga game. Semua balik ke keputusan yang membuat dan penjualnya.

Yang menarik dari apa itu NFT art adalah kode unik yang memiliki sifat collectible atau dapat dikoleksi. Nah, kode unik ini berfungsi dalam melacak penerbit token, siapa pemilik awal dan juga pemilik akhir untuk sebuah NFT Art tersebut. Kode unik ini akan menggerus terjadinya duplikasi dan pemalsuan karya seni digital. Dan di sisi seniman pun royaltinya pun tetap terjaga.

Memiliki kesempatan yang sama

Bagi seniman pendatang baru jika ingin masuk ke ranah pameran seni konvensional agak sedikit sulit. Belum lagi juga masih minim pengetahuan akan cara kerja dan apa itu NFT art.

Faktanya, semua seniman memiliki kesempatan yang sama untuk memamerkan karya seni digital juga menjualnya. Hal ini terjadi karena proses mengonversi karya seni digital menjadi sebuah NFT art itu tidak membutuhkan waktu dan proses yang lama.

Bisa menjangkau audiens yang luas

Dengan NFT art, kamu bisa menjangkau audiens yang lebih luas dan proses yang mudah. Karya seni digital ini bisa dinikmati secara virtual dengan kemudahan akses. Inilah yang membuat potensi memiliki audiens yang luas semakin besar.

Cara Membuat NFT Art

Sudah tahu kan, apa itu NFT art? Apakah sekarang kamu tertarik untuk menjual karya seni dalam bentuk NFT art? Kamu harus memperhatikan beberapa poin di bawah ini.

  • Tentukan blockchain dalam mengeluarkan NFT. Ada beberapa blockchain yang bisa digunakan seperti : Tron, EOS, Flow by Dapper Labs, Tezos, Cosmos, Polkadot, WAX. Setiap blockchain tersebut memiliki standar token yang terpisah ya, marketplace tersendiri juga crypto wallet yang sama-sama kompatibel.
  • Pilih platform agar bisa terhubung dengan wallet dan saat mengunggah karyamu yang akan diubah menjadi NFT. Beberapa marketplace NFT Ethereum yang bisa digunakan antara lain : OpenSea, Mintable, Rarible.

Baca juga: Ini Dia 6 NFT Game Penghasil Uang yang Populer Saat Ini

Berikut cara membuat NFT Art di salah satu marketplace, OpenSea.

  • Siapkan terlebih dulu karya seni yang kamu punya.
  • Buat crypto wallet. Misalnya di OpenSea, maka yang direkomendasikan itu MetaMask.
  • Klik website OpenSea, lalu pilih ikon profil yang ada di kanan atas, kemudian klik My Profile.
  • Klik Sign in lalu ikuti semua step yang akan muncul di layar.
  • Setelah selesai daftar, klik Create di kanan atas lalu pilih My Collections.
  • Sekrol ke bawah, lalu klik Create New Collections dan pilih Create.
  • Masukkan detail untuk koleksi NFT yang kamu punya.
  • Klik tombol Add New Item dan kamu harus mengunggah meta data seperti foto, video dan audio.
  • Beri nama untuk NFT Art yang kamu buat.
  • Klik Create dan tanda tangan di wallet milik kamu untuk memberikan konfirmasi atas pembuatan aset NFT tersebut.
  • Selesai, NFT Art kamu sudah muncul dan siap dijual.
  • Siapkan karya digital yang akan diubah menjadi NFT Art.
Apa Itu NFT Art? Ini Penjelasannya, dan 7 Langkah Cara Jualnya

Cara Menjual NFT Art

Selesai memahami apa itu NFT art dan kemudian membuat karya yang layak, langkah selanjutnya adalah menjual NFT art tersebut di marketplace, seperti OpenSea. Berikut langkah-langkahnya.

  • Buka website OpenSea lalu klik My Profile.
  • Pilih NFT Art yang akan dijual dari wallet kamu.
  • Klik tombol Sell yang ada di kanan atas halaman.
  • Tentukan harga yang ingin dijual, jenis lelang dan preferensi lainnya.
  • Apabila data sudah sesuai, klik Post Your Listing.
  • Nantinya kamu akan diminta melengkapi listing, mengonfirmasi keseluruhan detail dan memposting NFT yang kamu punya di marketplace.
  • Mau melihat daftar NFT Art milik kamu yang dijual silahkan klik My Profile dan pilih Activity.

Ke depannya aset digital berupa NFT ini akan terus berkembang lagi. Semakin banyak orang penasaran apa itu NFT art, maka bisa dibilang akan semakin banyak pula orang yang bisa membuatnya. Kamu pun tak perlu bingung jika ingin membeli NFT. Tinggal pilih marketplace NFT, atau bisa juga di OpenSea sekalian, dan akan banyak pilihan crypto art yang muncul.

Baca juga: Apa Itu NFT Marketplace, dan 8 di Antaranya yang Paling Populer

Jangan lupa jika kamu ingin menjadi bagian dari ekosistem ini, kamu harus terus belajar dan update dengan segala perkembangannya, ya.

Yuk, gabung jadi member Ternak Uang! Ada banyak keuntungan yang bisa kamu dapatkan, mulai dari akses video modul-modul pembelajaran, ikutan berbagai event, dan masih banyak lagi! Segera daftarkan dirimu, dan mulai langkah pertama untuk sukses menjadi investor!

Bagikan Via

Share on facebook
Share on linkedin
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp