Rumor Ternak Uang Telegram Penipuan Tak Benar, Ini yang Justru Harus Diwaspadai

Share on facebook
Share on linkedin
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Rumor Ternak Uang Telegram Penipuan Tak Benar, Ini yang Justru Harus Diwaspadai

Beberapa waktu lalu, santer tersiar rumor Ternak Uang Telegram penipuan. Kasus penipuan dengan ajakan investasi memang sedang marak di tengah tingginya minat masyarakat terhadap dunia investasi. Nah, hal inilah yang patut kamu waspadai. Penipuan dapat menimpa siapa pun, tidak terkecuali kamu.

Terpantau hingga kini, banyak penipu yang menggunakan modus menawarkan investasi melalui grup-grup di aplikasi pesan singkat. Taktik itulah yang digunakan oleh penipu yang mengatasnamakan Ternak Uang. Mereka meminta siapa pun yang bergabung untuk turut berinvestasi dengan mengirimkan sejumlah uang ke Ternak Uang investasi Telegram group tersebut.

Tidak kurang akal, penipu akan membuat grup dengan akun yang memiliki deskripsi dan profil yang mirip dengan platform besar yang umumnya sudah terdaftar di dalam Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Untuk meyakinkan calon investor, oknum Ternak Uang Telegram penipuan ini sampai membuat konten edukasi saham, lho. Jangan salah, akun yang digunakan untuk mengelabui calon investor ini dibuat semirip mungkin dengan mencatut identitas seorang influencer yang concern dan sering membuat konten edukasi terkait investasi saham.

Baca juga: 6 Komunitas Saham Indonesia Terdepan dan Tips Memilihnya bagi Investor Pemula

So, kamu benar-benar harus jeli apabila hendak bergabung dengan grup investasi agar tidak terjerumus ke dalam investasi bodong, ya. Selain itu, terdapat sejumlah hal yang perlu kamu waspadai untuk meminimalisir kerugian akibat investasi bodong dan penipuan.

Cara Cegah Penipuan di Grup Investasi di Telegram

Waspadai 4 Modus Penipuan di Grup Investasi

Tingginya minat masyarakat di dunia investasi berhasil memunculkan berbagai komunitas dan grup investasi di berbagai platform. Nah, di grup investasi inilah biasanya para investor professional akan berbagi tips dan tricks kepada mereka para investor pemula agar cuan dalam berinvestasi.

Namun, ternyata masih ada saja pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab dan mengambil kesempatan ditengah euforia masyarakat di dunia investasi ini. Otoritas Jasa Keuangan mengungkap bahwa akhir-akhir ini memang marak penipuan yang mengatasnamakan investasi.

Inilah beberapa modus penipuan yang mirip dengan Ternak Uang Telegram penipuan dan wajib kamu waspadai.

Iming-iming return yang besar dalam waktu singkat

Tujuan berinvestasi memang untuk mendapatkan return yang optimal, bukan? Namun, hal lain yang perlu dipahami saat mulai terjun ke dunia investasi adalah tidak ada return atau keuntungan yang instan dalam berinvestasi. Terlepas apapun instrument investasi yang kamu gunakan.

So, apabila kamu tergabung dalam grup investasi yang menawarkan imbal hasil dengan nominal keuntungan yang besar dalam waktu singkat, maka kamu perlu mewaspadainya, ya.

Umumnya, dalam dunia investasi berlaku rumus semakin tinggi keuntungan yang akan kamu peroleh, maka akan semakin besar pula risikonya. Jadi, apabila ada grup investasi seperti Ternak Uang Telegram penipuan, maka kamu perlu lebih bijak dalam menanggapinya, ya.

Investasi Spam Chat

Investasi spam chat maksudnya adalah penawaran investasi yang dilakukan melalui spam chat. Nah, apakah kamu pernah mendapatkan penawaran investasi melalui spam? Jika iya, jangan sekali-kali tergoda, ya.

Pasalnya, tidak sedikit oknum yang tak bertanggung jawab dan mengelabui calon investor melalui berbagai platform media sosial, baik itu lewat grup WhatsApp, Line, dan bahkan Telegram. Biasanya, spam chat tersebut berisi link untuk menggaet para calon investor alias korban untuk bergabng ke dalam sauatu grup yang ternyata berisi penawaran investasi bodong. Ngeri juga, ya.

Jadi, bijaklah dalam menanggapi spam chat dan jangan mudah percaya apabila ada chat dari nomor tidak dikenal untuk menawarkan investasi.

Investasi titip dana

Modus berikutnya yang kerap kali muncul dalam grup investasi adalah investasi titip dana. Apa maksudnya?

Nah, modus investasi titip dana ini merupakan modus yang biasa dilakukan oleh oknum dengan mengumpulkan banyak orang ke dalam sebuah grup investasi. Dalam grup tersebut, sang oknum akan memberikan sugesti kepada anggota untuk menyetorkan sejumlah dana sebagai bentuk investasi. Tidak jarang mereka juga menyuruhmu untuk menggandeng anggota baru, lho.

Baca juga: Cara Belajar Keuangan yang Mudah, Salah Satunya di Telegram Ternak Uang

Investasi yang mencatut nama perusahaan besar

Modus yang acap kali mengecoh para calon investor adalah modus investasi yang mengatasnamakan beberapa perusahaan besar. Sebagaimana halnya yang terjadi pada Ternak Uang Telegram penipuan.

Tidak segan-segan para penipu ini menggunakan nama Ternak Uang untuk mengelabui calon investor. Bahkan mereka dengan telaten membuat profil dan diskripsi grup yang semirip mungkin, agar tidak teridentifikasi oleh para anggotanya.

Itulah beberapa modus investasi yang cukup dekat dengan masyarakat. Lantas, apa yang harus kamu lakukan apabila kamu sudah terjerembab dalam grup investasi bodong?

Ternak Uang Telegram yang Resmi Hanya Ada Satu, yang Lain Penipu!

Taktik Jitu Agar Tidak Terjebak Modus Ternak Uang Telegram Penipuan

Untuk mengetahui apa yang harus dilakukan agar terhindar dari jebakan modus investasi, simak uraiannya berikut, yuk.

Join dengan grup investasi yang resmi

Hal utama yang dapat kamu lakukan agar terhindar dari jebakan investasi bodong seperti Ternak Uang Telegram penipuan adalah bergabung dengan grup investasi yang resmi. Biasanya grup ini akan terdiri dari para investor yang ahli dalam dunia investasi, lho.

So, apabila suatu ketika kamu mengalami hal yang mencurigakan, kamu dapat berkonsultasi dengan mereka.

Cek perizinannya

Hal berikutnya yang tidak kalah penting sebelum kamu memutuskan untuk bergabung dengan sebuah grup investasi adalah periksalah kembali perizinannya. Pastikan bahwa grup investasi yang kamu ikuti merupakan grup investasi dengan reputasi yang baik. Jangan coba-coba berinvestasi pada perusahaan yang tidak memiliki izin, ya.

Riset

Melakukan riset sebelum memutuskan untuk bergabung dengan grup investasi adalah langkah awal yang baik bagi investor pemula. Pastikan grup investasi yang akan kamu ikuti merupakan grup yang memiliki kredibilitas dan reputasi yang baik.

Kamu dapat mengecek profil founder dan juga orang-orang dibalik berdirinya grup tersebut. Kamu juga dapat menemukan daftar nama grup investasi yang aman dan sehat melalui internet.

Pilihlah grup investasi yang menurut kamu sesuai dengan minat dan tujuanmu dalam belajar investasi, ya. Jangan modal FOMO saja, ok?

Rumor Ternak Uang Telegram Penipuan Tak Benar, Ini yang Justru Harus Diwaspadai

Jangan tergiur dengan return yang besar

Sebagaimana yang sudah disebutkan sebelumnya, semakin besar return atau imbal hasil yang kamu dapat, maka risikonya semakin tinggi. Oleh karena itu, pastikan bahwa investasi yang ditawarkan memiliki nominal return yang wajar.

Baca juga: 6 Cara Cegah Penipuan dan Scam di Grup Investasi di Telegram

Jadi, Ternak Uang Telegram penipuan itu tidak benar adanya, ya. Memang Ternak Uang memiliki akun Telegram. Namun, kamu hanya dapat bergabung dengan Ternak Uang investasi Telegram grup yang asli dengan mengakses tautan berikut.

Apabila kamu tertarik untuk belajar investasi dan membutuhkan informasi lain mengenai dunia investasi, silakan bergabung dengan academy Ternak Uang. Sebagai platform digital yang bergerak di bidang finansial, Ternak Uang menyediakan ribuan konten edukasi investasi dengan berbagai instrumen bagi investor pemula.

Yuk, gabung jadi member Ternak Uang! Ada banyak keuntungan yang bisa kamu dapatkan, mulai dari akses video modul-modul pembelajaran, ikutan berbagai event, dan masih banyak lagi! Segera daftarkan dirimu, dan mulai langkah pertama untuk sukses menjadi investor!

Bagikan Via

Share on facebook
Share on linkedin
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp