5 Komunitas Trader Saham Wajib Diikuti Pemula dan Langkah Awal Memulainya

Share on facebook
Share on linkedin
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
5 Komunitas Trader Saham Wajib Diikuti Pemula dan Langkah Awal Memulainya

Kamu punya impian menjadi seorang trader saham yang andal? Beberapa komunitas trader saham yang terdapat dalam artikel ini perlu kamu ikuti ketika kamu mulai terjun ke dunia trading saham.

Tapi, menjadi seorang trader saham yang andal itu nggak bisa instan. Tentunya, untuk mencapai level tersebut, investor pemula akan butuh waktu yang tidak sebentar dalam mempelajari dunia trading saham. Selain itu, kamu juga perlu memetakan apa tujuan investasimu sebelum memutuskan untuk ‘nyemplung’ ke dalam dunia trading.

Ingat, jangan berinvestasi hanya dengan modal FOMO saja, ya! Pasalnya, hal tersebut dapat menjerumuskan ke jurang kerugian saat berinvestasi. Alih-alih untung, berinvestasi hanya dengan FOMO dapat menyebabkan kamu ‘buntung’, lho. Mana bisa segera mandiri finansial kalau buntung terus, kan?

Saat ini, kamu dapat mempelajari seluk beluk dunia investasi saham melalui berbagai platform. Hadirnya internet di tengah kehidupan masyarakat memang memiliki dampak yang cukup signifikan, tidak terkecuali dalam dunia informasi dan komunikasi.

Baca juga: 11 Pertanyaan Seputar Investasi Saham yang Paling Sering Diajukan

Kemudahan tersebut juga berdampak terhadap akses untuk mendapatkan informasi demi memperkaya literasi keuangan. Sebagai investor saham pemula, kamu dapat bergabung dengan komunitas trader saham, mulai dari grup telegram, situs web komunitas, dan masih banyak lagi. Dari komunitas saham ini, kamu akan bisa mendapatkan banyak ilmu dan manfaat.

Yuk, simak daftar referensi komunitas trader saham dan tips mulai berinvestasi saham di bawah ini!

Personal Finance: Pengertian, Contoh, Prinsip, dan 7 Tips Terbaiknya

5 Komunitas Trader Saham untuk Investor Saham Pemula

Berikut adalah beberapa referensi komunitas trader saham yang dapat menjadi platform saat kamu belajar investasi saham.

Ternak Uang Community

Komunitas trader saham pertama yang dapat membantumu dalam belajar investasi adalah Ternak Uang. Aplikasi Ternak Uang merupakan sebuah platform investasi sekaligus platform financial education yang didirikan oleh Timothy Ronald.

Selain platform investasi, Ternak Uang memiliki komunitas yang memfasilitasi para anggotanya untuk berbagi informasi terkait seluk beluk dunia investasi dan trading. Komunitas tersebut bernama Ternak Uang Community.

Dengan bergabung di dalam Ternak Uang Community, kamu dapat berbagi atau mengajukan banyak pertanyaan mengenai berbagai hal yang berkaitan dengan investasi dan trading saham, lho. Pertanyaan yang kamu ajukan di sini akan dijawab oleh para ahli yang andal di bidangnya.

Dengan bergabung bersama Ternak Uang Community, kamu juga bisa berdiskusi mengenai isu-isu menarik dalam dunia investasi saham, memantau fluktuasi saham, belajar cryptocurrency, belajar ilmu perencanaan keuangan, dan masih banyak lagi.

Yang tidak kalah menarik, kamu juga dapat bergabung dalam berbagai kelas maupun event yang diselenggarakan Ternak Uang Community untuk memperluas pengetahuan investasimu.

Stockbit.com

Stockbit merupakan komunitas trader saham di Indonesia yang beranggotakan lebih dari ratusan ribu investor. Mereka berkumpul di satu platform, dan saling berbagi informasi untuk mendapatkan analisa saham terbaik demi keuntungan investasi yang optimal.

Stockbit ini juga menjadi wadah komunitas trader saham untuk berbagi berita, ide, tips dan trik, serta informasi keuangan lain secara real time. Di sini, kamu juga bisa membuat profil dan mengikuti saham atau investor tertentu untuk mendapatkan informasi dan diskusi mengenai analisa saham terbaik.

Sebagai platform financial education, Stockbit memiliki fitur utama, yakni stream. Fitur ini menyediakan informasi berupa ide-ide, grafik saham, tautan dan juga data keuangan lainya. Stockbit juga salah satu platform yang terintegrasi dengan media sosial, seperti Twitter dan Facebook. So, kamu akan lebih mudah untuk berbagi ide dan informasi dari Stockbit ke akun media sosialmu. Menarik bukan?

Komunitas Investor Saham Pemula

Komunitas trader saham berikutnya yang perlu kamu ikuti adalah Komunitas Investor Saham Pemula. Komunitas yang populer dengan nama KISP ini adalah social movement community yang berfokus terhadap literasi keuangan di pasar modal.

Didirikan oleh Tias Nugraha Putra dan Fisca Devi Choirina, komunitas ini memiliki visi untuk memajukan pasar modal di Indonesia. Keren bukan? Berdiri sejak tahun 2014, Komunitas Investor Saham Pemula diharapkan dapat menciptakan investor domestik yang cerdas dan berkualitas, sehingga mampu menyebarkan semangat berinvestasi di masyarakat, terutama untuk kawula muda agar turut terjun ke dunia investasi di pasar modal.

Sebagai komunitas trader saham yang memiliki member tersebar di seluruh penjuru negeri hingga memiliki cabang di luar negeri, Komunitas Investor Saham Pemula sering mengajak anggotanya dan masyarakat umum untuk meningkatkan literasi keuangan dan investasi saham. Ada berbagai acara seminar, talkshow, diskusi online, hingga kopdar yang diselenggarakan, dan siapa pun boleh bergabung.

Baca juga: 7 Tip Belajar Saham Terbaik untuk Pemula

Syariah Saham

Komunitas trader saham berikutnya adalah Komunitas Syariah Saham. Syariah saham adalah sebuah laman resmi dari Himpunan Investor Saham Syariah (HISSAH) yang merupakan sebuah group Facebook. Group Facebook ini dibentuk pada tanggal 17 Mei 2014 silam.

Forum silaturahmi komunitas trader saham yang masuk ke dalam perhitungan Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) dan Jakarta Islamic Index (JII) ini digunakan sebagai sarana edukasi kepada masyarakat yang tertarik untuk belajar lebih banyak tentang saham syariah. Selayaknya komunitas lain, komunitas trader saham Syariah Saham ini juga sering membagikan informasi dan trading idea melalui blognya sehingga dapat kamu baca kapan dan di mana saja.

Tidak jarang, komunitas ini mengadakan kelas online untuk investor saham pemula yang tertarik belajar saham syariah dengan mudah, lho.

Alpha Trading Group

Last but not least, komunitas trader saham terakhir yang juga perlu kamu ikuti adalah Alpha Trading Group atau dikenal dengan ALPHATRADER. Komunitas ini merupakan sebuah komunitas online trading saham yang menggunakan Technical Analysis atau TA sebagai dasar dalam pemilihan sahamnya. Komunitas ini didirikan oleh Aswin Lukman dengan visi untuk mengembangkan komunitas trader saham dan CFD berbasis teknikal analisis yang mandiri, berhasil, dan solid.

ALPHATRADER sendiri memiliki beberapa layanan yang ditawarkan untuk meningkatkan literasi keuangan publik di pasar modal demi mencapai kemandirian finansial. Layanan tersebut berupa training workshop, berita terkait riset dan rekomendasi saham hingga virtual support.

5 Komunitas Trader Saham Wajib Diikuti Pemula dan Langkah Awal Memulainya

5 Langkah Awal Memulai Trading Saham bagi Investor Saham Pemula

Setelah mengetahui beberapa referensi terkait komunitas trader saham untuk investor pemula, berikut adalah beberapa tips yang dapat kamu aplikasikan untuk memulai berinvestasi di pasar modal, terutama dalam berinvestasi saham.

Tentukan tujuanmu berinvestasi

Langkah awal dalam memulai investasi saham atau trading saham adalah memastikan apa yang menjadi tujuanmu berinvestasi. Dengan demikian, kamu akan memiliki patokan saat berinvestasi. Memiliki tujuan investasi yang jelas akan membantumu dalam mengambil keputusan terkait produk investasi dan platform apa yang akan kamu pakai dalam berinvestasi.

Kenali profil risiko

Setelah mengetahui apa yang menjadi tujuan investasimu, maka kamu perlu mengetahui profil risiko. Setiap investor memiliki profil risiko yang berbeda-beda, baik itu konservatif, moderat, maupun agresif. So, kamu harus menyesuaikannya dengan pilihan instrumen dan juga tujuan keuanganmu.

Menentukan periode investasi

Hal berikutnya yang perlu kamu lakukan sebelum memutuskan untuk menjadi seorang trader saham adalah menentukan berapa lama jangka waktu yang kamu perlukan untuk berinvestasi. Apakah kamu akan berinvestasi jangka pendek, jangka menengah, atau bahkan jangka panjang?

Ingat, hal ini perlu kamu sesuaikan juga dengan tujuan investasimu, ya!

Kenali ragam produk investasi

Sebagai investor pemula kamu sangat dianjurkan untuk mengulik beragam produk investasi sebelum memutuskan untuk membelinya. Pilihlah produk unggulan yang sesuai dengan kebutuhan dan tujuan investasimu, agar kamu dapat dengan mudah mencapai keuntungan yang optimal saat berinvestasi.

Pilih platform investasi yang trusted

Hal lain yang tidak boleh kamu lewatkan saat memulai berinvestasi saham adalah memilih platform investasi yang terpercaya atau trusted. Menjamurnya platform investasi digital di masyarakat, membuat kamu sebagai investor pemula harus berhati-hati dan lebih selektif dalam memilih platform untuk menyimpan dana investasi.

Untuk menghindari kerugian atas investasi bodong atau palsu, kamu perlu memastikan bahwa platform investasi yang kamu pilih sudah diawasi oleh OJK, ya!

Baca juga: Mau Join Forum Saham Indonesia? Kenali Dulu 10 Bahasa Gaul Ini!

Itulah ulasan mengenai daftar komunitas trader saham dan juga tips yang dapat kamu aplikasikan saat mulai terjun ke dunia investasi saham. Bergabung dengan komunitas, melakukan riset, mengumpulkan informasi, dan belajar investasi, dapat menghindarkanmu dari risiko kerugian saat berinvestasi saham demi memenuhi impian mandiri finansial, lho.

Yuk, gabung Ternak Uang community!

Kamu bisa ajukan pertanyaan tentang saham, investasi, dan seputar keuangan lainnya, di situs community Ternak Uang. Download aplikasinya, dan bergabung bersama ribuan orang lain yang sudah tergabung di dalamnya.

Bagikan Via

Share on facebook
Share on linkedin
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp