7 Website untuk Belajar Main Saham Sebelum Kamu Benar-Benar Terjun ke Pasar Modal

Share on facebook
Share on linkedin
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
7 Website untuk Belajar Main Saham

Bagi seorang pemula, pastinya kamu merasa butuh banget untuk belajar main saham supaya bisa menghindari risiko kerugian dan kemudian memperbesar peluang mendapatkan keuntungan. Betul? Nah, ada nih solusinya, yaitu dengan melakukan simulasi saham.

Simulasi Saham, Apa Maksudnya?

Yes, namanya kan simulasi ya? Kalau menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, simulasi artinya adalah metode pelatihan yang meragakan sesuatu dalam bentuk tiruan yang mirip dengan keadaan yang sesungguhnya. Berarti, kalau simulasi main saham artinya ya kamu berlatih dengan peraga yang mirip dengan kondisi pasar saham, ketika kamu melakukan transaksi saham seperti sebenarnya.

Wah, memangnya bisa? Bisa dong. Zaman sekarang, ya kan, ketika teknologi sudah sangat berkembang dengan begitu canggihnya. Segala hal jadi lebih mudah dilakukan, termasuk ketika kamu butuh belajar main saham.

Belajar Trading Saham

Di Mana Bisa Melakukan Simulasi Saham?

Simulasi saham ini bisa kamu lakukan di website-website tertentu, yang memang menyediakan fitur untuk media belajar. Uang yang digunakan tentu saja bukan uang yang sebenarnya. Dengan demikian, kalaupun kamu melakukan kesalahan, maka risikonya enggak akan sebesar kalau kamu main saham secara langsung. Dari kesalahan yang kamu lakukan itu, kamu lantas bisa belajar mengenai apa saja yang mesti diperhatikan dan dihindari saat main saham. Jangan diulangi lagi, apalagi nanti kalau sudah benar-benar terjun ke pasar saham yang sesungguhnya.

Memang kan, kalau belajar pastinya akan lebih efisien kalau sambil dipraktikkan. Namun, mengingat risiko main saham itu cukup tinggi, maka disarankan bagi kamu untuk belajar main saham dengan simulasi dulu. Jadi, belajarnya dapet, praktiknya juga dapet, sekaligus menekan risiko kerugian yang bisa jadi besar, seperti yang sudah dijelaskan di atas.

Bahkan, banyak juga investor yang sudah lebih senior juga sering menggunakan website simulasi saham ini, sekadar untuk bermain dan hiburan sehari-hari loh. Kadang, mereka juga melakukan simulasi dulu sebelum trading beneran, untuk menguji apakah analisisnya sudah tepat.

Lalu, website apa sajakah yang menyediakan fitur simulasi, untuk menemanimu belajar main saham?

Apa itu Saham Preferen? Berikut Penjelasan Lengkapnya!

Website Tempat Belajar Main Saham dengan Simulasi yang Bisa Kamu Coba

Wall Street Survivor

Wall Street Survivor merupakan website belajar main saham yang sudah banyak digunakan oleh investor dunia.

Apa yang menarik di situs ini, selain menyediakan tempat gratis untuk belajar main saham? Yes, di sini juga sering ada kontes, bahkan diselenggarakan bulanan juga loh. Hadiahnya seru-seru, mulai dari uang tunai, ebook, dan sebagainya, yang pasti akan bermanfaat untukmu.

Lebih seru lagi, kamu juga boleh membuat kontes kamu sendiri, dan bisa undang teman-temanmu juga untuk ikutan kontesmu. Jadi bisa “main” saham bareng deh.

How The Market Works

Website simulator belajar main saham kedua ini sudah memiliki tak kurang dari 400 ribu user loh! Di sini, kamu juga bisa belajar langsung praktik main saham secara gratis. Saat pertama bergabung, kamu akan “diberi modal” uang virtual sebesar USD100.000 untuk ditransaksikan. Oke banget kan? Selain itu, di situs ini juga banyak layanan lain yang bisa mendukung proses belajar kamu dalam bermain saham.

Awalnya, situs ini dikembangkan untuk tempat belajar bagi mahasiswa atau pelajar yang pengin tahu lebih banyak tentang dunia saham. Namun, pada perkembangannya, banyak komunitas dan pihak-pihak nonpelajar dan mahasiswa yang juga “main” di sini.

Cara Melihat Harga dengan Mudah dan Praktis bagi Pemula

MarketWatch Virtual Stock Exchange

Alternatif simulator untuk belajar main saham lainnya yang juga bisa kamu coba adalah MarketWatch Virtual Stock Exchange ini, yang dikembangkan oleh sebuah perusahaan media bursa saham yang terkemuka. Yes, MarketWatch.

Di situs ini, kamu bisa melakukan kustomisasi games jual beli saham yang sesuai untukmu. Kamu juga diperbolehkan untuk mengubah tampilan watchlist dan yang lainnya juga, untuk memudahkanmu praktik dan belajar main saham seperti yang sesungguhnya.

Investopedia Stock Simulator

Simulator saham berikutnya yang juga perlu kamu coba adalah situs besutan Investopedia ini. Namanya Investopedia Stock Simulator.

Seperti halnya situs How The Market Works, saat mendaftar untuk belajar main saham di situs ini, kamu juga akan diberi “modal” uang virtual sebesar USD100.000. Di sini, kamu bisa praktik trading saham dengan saham yang benar-benar ada dalam New York Stock Exchange, American Stock Exchange, dan lainnya loh.

Nggak hanya praktik transaksi saham, kamu juga bisa terhubung dengan ratusan ribu orang dari seluruh penjuru dunia dalam komunitasnya. So, kamu bisa ngobrol deh dengan mereka; belajar lebih banyak dan bertukar pengalaman dengan sesama trader lain.

Asyik kan?

7 Website untuk Belajar Main Saham

Virtual Stock Exchange

Mau belajar lagi dari trader-trader dunia? Ada nih, di Virtual Stock Exchange, yang bisa kamu gunakan untuk media belajar juga dengan gratis.

Bahkan, Virtual Stock Exchange ini juga menawarkan learning center juga loh, kalau kamu pengin lebih dalam lagi belajar soal saham dan pernak-perniknya.

StockTrak

Seperti halnya How The Market Works, situs StockTrak ini juga dikembangkan sebenarnya untuk sarana belajar bagi pelajar dan mahasiswa. Tetapi, banyak juga pelaku pasar saham yang akhirnya ikut memanfaatkan sebagai simulator belajar main saham secara gratis.

Nggak hanya itu, StockTrak juga punya layanan analisis portofolio saham, grafik hasil jual beli, besarnya laba, dan sebagainya.

5 Tip Terbaik Trading Saham Online untuk Keuntungan Maksimal

Stockbit

Nah, kalau yang di atas adalah simulator yang kebanyakan melakukan simulasi dengan data saham luar negeri, yang satu ini menampilkan berbagai pilihan saham Indonesia. Selain itu, ada juga versi aplikasi mobilenya, selain ada website-nya, yang pastinya akan lebih praktis buatmu. Jadi, cocok buat kamu yang memang berniat untuk bermain saham lokal saja.

Di sini juga ada komunitasnya. So, kamu bisa ngobrol dengan trader lain; belajar dari mereka, dan berbagi pengalaman.

Nah, gimana? Belajar main saham memang harus dilakukan sambil praktik, setuju kan? Dari praktik langsung, kamu bisa dapat gambaran sebenar-benarnya mengenai bagaimana main saham yang benar itu. Nggak ngasal, dan pastinya jadi belajar dari kesalahan sendiri juga.

Kalau mau belajar lebih banyak, pastinya kamu bisa bergabung menjadi member di Ternak Uang. Banyak topik yang bisa kamu pelajari, tak hanya sebatas saham juga loh!

Bagikan Via

Share on facebook
Share on linkedin
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp