Trik Trading Saham Online untuk Keuntungan Optimal

Share on facebook
Share on linkedin
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Trik Trading Saham Online untuk Keuntungan Optimal

Trading saham online bisa menerapkan beberapa strategi demi memaksimalkan peluang keuntungan untuk didapatkan. Didukung dengan kemudahan cara trading saham belakangan, siapa pun bisa menjadi trader, asalkan punya pemahaman yang cukup.

Keuntungan dari bisnis saham ini memang sangat menggiurkan, apalagi bisa didapat dengan modal yang relatif kecil. Jika bisa cermat dalam menganalisis dan membaca pasar, seorang trader bisa menaikkan kekayaan bersihnya berkali-kali lipat dalam waktu yang relatif singkat melalui trading saham online.

Tetapi, tentu saja, hal ini tidak akan bisa didapatkan secara instan. Apalagi dengan risiko trading saham itu sendiri yang memang cenderung tinggi. Modal dalam jumlah besar pun bisa mendadak lenyap tak berbekas dalam hitungan hari, bahkan jam dan menit. Ini bisa terjadi ketika trader salah mengambil keputusan.

Karena itulah, trading saham online sebenarnya tidak disarankan untuk dijalani bagi mereka yang baru satu dua bulan mencicipi ramainya pasar modal. Perlu jam terbang yang cukup tinggi bagi seseorang untuk dikatakan mampu menjadi seorang trader, apalagi untuk meraih kesuksesan. Akan lebih baik, jika seorang pemula di pasar modal mengambil strategi investasi jangka panjang dulu, sembari belajar lebih banyak lagi. Investasi jangka panjang akan dapat meminimalkan efek yang terjadi jika risiko kerugian pasar terjadi, dan masih tetap menjanjikan keuntungan yang lumayan.

Sebaliknya, jika memang sudah cukup pengalaman, maka bisa saja seorang investor mengubah strateginya menjadi seorang trader. Tentu saja, ini kembali ke kebutuhan dan target masing-masing, karena menjadi investor dan menjadi trader adalah dua hal yang sangat berbeda.

Sebelum beranjak ke trik trading saham online, ada baiknya kita mengingat dulu seluk-beluk saham, sebagai komoditas yang akan kita transaksikan dalam trading.

Apa Saja Faktor Penggerak Harga Saham?

Tentang Saham

Saham adalah surat berharga yang menjadi bukti kepemilikan kita atas sebuah perusahaan sesuai dengan porsi saham yang kita punya. Dengan kepemilikan ini, maka akan muncul pula beberapa hak bagi kita sebagai pemegang saham. Di antaranya berhak atas pembagian laba perusahaan dan memiliki suara dalam rapat.

Satuan pembelian saham adalah 1 lot, yang terdiri atas 100 lembar saham. Untuk bisa membeli dan menjual saham, kita harus punya akses ke Bursa Efek Indonesia. Salah satunya melalui broker saham atau perusahaan sekuritas.

Keuntungan saham bisa didapatkan dari dua cara. Pertama, dari capital gain, yaitu keuntungan yang kita dapatkan dari selisih harga jual yang lebih tinggi daripada harga belinya. Kedua, dari pembagian dividen atau laba perusahaan penerbitnya. Umumnya dividen akan dibagi setahun sekali, tetapi ada juga perusahaan yang membagikan dividennya dua kali dalam satu tahun. Semua tergantung pada keputusan Rapat Umum Pemegang Saham.

Berkenalan dengan Analisis Bandarmology

Trik Trading Saham Online untuk Keuntungan Maksimal

Riset sekuritas yang bereputasi

Saat nanti mulai melakukan trading saham online, broker saham dan perusahaan sekuritas akan menjadi partner bisnis kamu. Dengan demikian, adalah penting bagi kamu untuk memastikan kinerja perusahaan sekuritas tersebut.

Agar bisa memaksimalkan keuntunganmu, sudah pasti kamu harus memilih partner bisnis yang bisa dipercaya, jejaknya bagus, bereputasi, dan legal. Nah, syarat terakhir ini mutlak. Legal dalam arti sudah menjadi anggota Bursa Efek Indonesia dan telah mengantongin izin beroperasi dari Otoritas Jasa Keuangan.

Begitu juga dengan aplikasi trading saham online yang hendak kamu pakai. Pastikan aplikasinya dimiliki oleh perusahaan yang legal juga, mudah diakses, dan tepercaya. Akan lebih baik lagi jika kamu memilih aplikasi trading saham online yang juga memungkinkanmu untuk berinvestasi di instrumen lain juga, misalnya reksa dana dan obligasi. Dengan demikian, selain memudahkan, juga praktis untukmu.

Trik Trading Saham Online untuk Keuntungan Optimal

Siapkan dana ‘dingin’

Untuk bisa trading saham online, kamu akan harus membeli saham sebuah perusahaan, dan menjadi salah satu pemilik perusahaan tesebut. Untuk itulah kamu akan butuh modal.

Minimal pembelian saham adalah sebanyak 1 lot. Namun pastinya kamu sadar betul, bahwa modal akan berbanding lurus dengan keuntungan yang didapat. Kalau modal kamu besar, maka keuntungan juga akan berpotensi besar juga.

Namun, ini tidak berarti kamu harus memaksakan diri. Kamu bisa mulai dari jumlah yang sesuai dengan kemampuan finansialmu. Pastikan kamu hanya menggunakan dana ‘dingin’, yaitu dana di luar dana untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, dana darurat, dan dana yang akan segera dipakai. Jangan pernah memakai uang ‘panas’, seperti uang untuk kebutuhan makan dan minum, uang yang sejatinya hendak disetorkan untuk berbagai kewajiban—seperti utang atau pajak, hingga hindari uang dari hasil berutang. Mengapa? Karena investasi akan tidak selalu untung.

Rekomendasi Saham Hari Ini, Ke Mana Bisa Didapatkan Ya?

Pahami cara kerja trading saham online

Agar bisa mengoptimalkan keuntungan dari trading saham online, kamu harus paham betul bagaimana cara kerja perdagangan saham. Sudah pasti, seharusnya kamu bisa membeli saham di harga yang rendah, dan kemudian menjualnya di harga tinggi.

Nah, ini pastinya akan berbeda dengan misalnya kalau kamu berjualan baju, sembako, elektronik, atau komoditas lainnya. Ada banyak faktor yang bisa memengaruhi pertimbangan sebelum akhirnya melakukan trading saham online. Misalnya soal fluktuasi pergerakan IHSG karena berbagai penyebab baik internal maupun eksternal, kondisi dan kinerja perusahaan, hingga kecenderungan tren pasar.

Timing yang tepat adalah kunci. Kapan kamu bisa membaca bahwa saham sedang berada di titik terendah untuk bisa dibeli, dan kapan saham sudah mencapai titik tertinggi untuk dapat dijual hingga menghasilkan keuntungan yang optimal.

Dan, ini bukan perkara mudah. Akan butuh waktu untuk mengembangkan skill, plus menambah jam terbang. Tapi, selama kamu memang punya tekad besar untuk menjadi seorang trader sukses, semua pasti bisa kamu jalani dengan baik.

Itu dia trik trading saham online yang bisa kamu lakukan demi mendapatkan keuntungan yang optimal. Memang perjalananmu masih jauh, tetapi semua juga harus bermula dari sebuah titik awal, ya kan? Meskipun kecil.

Yuk, belajar serba-serbi trading saham online bersama Ternak Uang!

Daftar di berbagai academy yang ada di Ternak Uang, pilih topik sesuai kebutuhanmu, mulai dari personal finance, investasi, asuransi, hingga crypto.

Yuk, ikutan Tradefest: The Biggest Trading Festival In Indonesia! Sebuah kompetisi trading pertama di Indonesia dengan penilaian percentage return, portofolio sekecil apa pun bisa menang! Dapatkan total hadiah Rp 1,11 miliar!

Yuk, gabung jadi member Ternak Uang! Ada banyak keuntungan yang bisa kamu dapatkan, mulai dari akses video modul-modul pembelajaran, ikutan berbagai event, dan masih banyak lagi! Segera daftarkan dirimu, dan mulai langkah pertama untuk sukses menjadi investor!

Bagikan Via

Share on facebook
Share on linkedin
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp