Trading Saham Online Modal Kecil? Begini Caranya!

Share on facebook
Share on linkedin
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Trading Saham Online Modal Kecil? Begini Caranya!

Saat ini untuk investasi dan trading saham, kamu tidak membutuhkan dana yang besar. Bermodalkan Rp100 ribu saja, kamu sudah bisa membuka rekening efek. Jadi, untuk trading saham online modal kecil pun sekarang ini bisa dilakukan.

Perkembangan literasi keuangan yang semakin meluas ternyata memberi efek yang sangat baik akan pemahaman dan animo masyarakat akan produk keuangan. Tak ketinggalan, trading saham online modal kecil pun meningkat secara signifikan. Tentunya ini secara langsung menunjukkan bahwa anggapan investasi dan trading di pasar modal harus bermodal besar itu salah. Berbekal modal kecil saja kamu bisa trading dan meraup keuntungan yang lumayan.

Tip Investasi Saham Pemula yang Paling Sederhana

Tren Trading Saham Online

Perkembangan dari bisnis digital sekarang ini yang tengah menjadi tren juga sangat mendukung aktivitas trading saham online. Namun, perlu kamu ingat, bahwa trading saham mesti dilakukan secara berhati-hati, karena ketika salah melakukan keputusan investasi, kerugian siap menanti di depan mata.

Nah, bagi kamu yang sudah berniat untuk trading saham, hal mendasar yang mesti dilakukan adalah memahami dengan baik prinsip trading itu sendiri. Karena tidak dimungkiri, alasan utama kaum milenial berbondong-bondong terjun ke dunia ini adalah adanya keuntungan yang—konon—sangat besar. Sayangnya, kadang hal ini tidak didukung oleh pemahaman yang baik tentang bagaimana cara trading saham yang benar.

Di balik imbal hasil besar, ada risiko besar yang bisa saja terjadi, dan kamu mesti siap menghadapinya. Kalau kamu mengabaikan dasar-dasar investasi dan trading saham, itu artinya sama saja mengundang kerugian untuk datang. Trading saham online membutuhkan pengetahuan, kesabaran, serta strategi yang mendalam agar kamu bisa meraup keuntungan yang optimal.

Bagi kamu yang pengin trading saham online modal kecil, bisa banget! Berikut ini tip yang bisa kamu lakukan.

Trading Saham Pemula Harian, Ini Tip Buat Kamu

Trading Saham Online Modal Kecil, Begini Caranya!

Untuk pemula di dunia investasi, langkah awal untuk mulai dengan modal kecil inisudah benar. Karena dengan modal kecil, ketika terjadi kerugian, risiko yang terjadi nggak akan terlalu nyesek. Kamu juga bisa membuat strategi investasi terbaik dengan modal kecil ini.

Ada alasan kuat mengapa trading saham online ini sangat populer bagi pemula, selain bisa dimulai dengan modal kecil, cara pengoperasiannya pun fleksibel. Seperti namanya trading saham online, jadi kamu bisa melakukan kegiatan jual beli kapan pun dan di mana pun bermodalkan smartphone.

Agar kegiatan trading saham online modal kecil ini berjalan lancar, kamu bisa mengikuti tip berikut ini.

Belajar kosakata di dunia saham

Pengetahuan adalah hal mendasar yang penting untuk dimiliki saat memutuskan untuk terjun ke trading saham online. Ada banyak kosakata yang mesti dipelajari.

Namun, supaya nggak bingung, mulailah dulu dari 3 istilah ini, yaitu junk stocks, blue chip, dan second liner. Ketiga istilah ini dipakai untuk menyebut jenis saham berdasarkan kapitalisasi pasar.

Kapitalisasi pasar juga penting untuk kamu tahu karena menunjukkan jumlah saham dari perusahaan tersebut yang beredar di pasar saham dikalikan dengan harga saham.

Junk stocks adalah jenis saham dengan kapitalisasi pasar di bawah Rp500 miliar. Nah, di sini kamu bisa memilih saham disesuaikan dengan modal yang dimiliki.

Blue chip sering disebut saham lapis pertama karena memiliki kapitalisasi pasar di atas Rp40 triliun. Dan second liner adalah saham dengan kapitalisasi pasar yang berkisar antara Rp500 miliar sampai Rp 10 triliun.

Pelajari analisis

Banyak yang beranggapan bahwa trading saham adalah bagian dari judi. Ini tentu saja pendapat yang salah. Melakukan trading saham online sangat membutuhkan analisis yang mendalam, tidak asal menebak saja.

Ada dua jenis analisis yang penting kamu pelajari, yaitu analisis teknikal dan analisis fundamental.

Secara ringkas, analisis teknikal akan merujuk ke analisis yang dilakukan berdasarkan riwayat dari pergerakan saham dalam bentuk chart atau grafik. Nah, harga saham bisa kamu prediksi dengan belajar candlestick hijau dan merah.

Sedangkan analisis fundamental adalah analisis untuk mengetahui apakah sebuah perusahaan memiliki reputasi baik atau tidak dilihat dari laporan keuangan dan performanya.

Trading Saham Online Modal Kecil? Begini Caranya!

Beli saham yang memiliki sifat likuid

Likuid di dunia saham berarti saham yang mudah untuk diperdagangkan.

Sebagai pemula, dengan saham yang likuid, kamu tidak akan menemui kesulitan berarti untuk melakukan trading saham online modal kecil. Termasuk jika kemudian kamu memutuskan untuk menjual juga menyimpannya dalam rentang waktu yang lama.

Beli saat merah, jual saat hijau

Saham sering mengalami perubahan harga terkait dengan kondisi internal maupun eksternal. Namun, ada salah satu prinsip yang akan berlaku, yaitu beli saat merah dan jual saat hijau. Kamu perlu memantau pergerakan harga saham, agar bisa melakukannya.

Kamu yang baru pertama kali terjun di dunia trading saham online, harus memegang teguh prinsip ini agar tidak mengalami kerugian.

Jangan lupa untuk mengimbangi dengan membaca berita terkini dan juga kondisi pasar.

Tahan untuk tidak terpancing saham yang cepat naik harganya

Bagi pemula trading saham online modal kecil sangat disarankan untuk menghindari saham yang harganya cepat naik atau junk stock.

Mengapa perlu dihindari? Karena saham jenis ini hanya akan memberi benefit ke trader berpengalaman yang sudah menguasai teknik-teknik trading. Sedangkan bagi pemula ini sangat berisiko.

Saran terbaik adalah jangan mudah terpancing, sebaiknya lakukan analisis sebelum kamu memutuskan untuk membeli.

Mau Cuan Lewat Investasi Saham Online? Begini 7 Trik Jitunya!

Tetap tenang

Pergerakan harga saham sangat fluktuatif, dan ini kerap menimbulkan kepanikan bagi para investor juga trader. Apalagi kamu yang baru memulai trading saham online dengan modal kecil. Pasti akan ada kepanikan juga kebingungan ketika melihat harga anjlok atau meroket.

Wajarlah, modal kecil, kalau menguap begitu saja tanpa memberi hasil sudah pasti akan menjadi beban kerugian tersendiri untuk kita. Betul??

Untuk menghadapi keadaan pasar saham seperti ini, hal yang penting dilakukan adalah tetap tenang. Hindari membuat keputusan di saat panik karena hasilnya tidak akan bagus.

Ada saran dari investor legendaris, Warren Buffett.

Saat harga saham turun, belilah saham yang telah kamu incar sebelum harganya naik. Lalu, simpan saham tersebut dan tunggu momen yang tepat saat harga naik untuk dijual di pasar modal.

Demikian tip trading saham online modal kecil bagi pemula. Semua pasti akan ada trial dan eror dalam trading, tapi percayalah dengan proses akan membuat kamu lebih berpengalaman. Dan kelak ada strategi yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan keuntungan besar.

Bagikan Via

Share on facebook
Share on linkedin
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp