5 Tip Terbaik Trading Saham Online untuk Keuntungan Maksimal

Share on facebook
Share on linkedin
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
5 Tip Terbaik Trading Saham Online untuk Keuntungan Maksimal

Sekarang ini melakukan investasi dan juga trading saham sudah dimudahkan melalui aplikasi di gawai. Jadi sambil duduk-duduk santai, kamu bisa memantau pergerakan harga saham yang ada di pasar. Melakukan trading saham online pun bisa banget. Karena sekarang banyak aplikasi yang menyediakan fitur trading saham di smartphone.

Saham adalah instrumen investasi dengan tingkat risiko yang tinggi. Tapi, ini seimbang kok dengan imbal hasil yang bakal kamu dapatkan nantinya. Itulah mengapa saham disebut sebagai investasi high risk, high return.

Apabila kamu bisa menganalisis saham, mengelola risiko, tidak menutup kemungkinan kamu akan bisa meraup keuntungan yang cukup signifikan. Bisa sampai ratusan persen! Namun, ingat. Risiko juga sama tingginya.

Selain investasi saham, sekarang ini marak kaum milenilas melakukan trading saham online. Apalagi sekarang ini tingkat lowongan pekerjaan menurun drastis, membuat orang-orang berusaha bisa mendapatkan uang dalam jangka waktu yang pendek.

Ya, trading saham online bisa membuat kamu mendapatkan keuntungan dalam jangka waktu pendek. Berbeda dengan investasi saham, ketika kamu membutuhkan horizon waktu yang lumayan panjang agar bisa mendapatkan keuntungan. Tapi tentu saja, masing-masing tergantung tujuannya. Kamu tak bisa membandingkan, mana yang lebih baik: trading saham dan investasi saham. Keduanya punya proses, karakter, dan tujuan yang berbeda.

Bagi kamu yang ingin terjun di dunia trading saham online, beberapa tip ini bisa kamu terapkan agar bisa mendapatkan keuntungan yang maksimal.

Tip Terbaik Trading Saham Online

1. Pahami dulu seluk-beluk dari saham

Memulai kegiatan investasi maupun saham, hal pertama yang mesti kamu lakukan adalah belajar.

Medium belajar ini sangatlah luas, apalagi sekarang ini udah zaman digitalisasi. Jadi kamu bisa dengan mudah menemukan referensi tentang saham. Berbekal pengetahuan, kamu akan mulai memahami apa sih sebenarnya saham itu, dan bagaimana mendapatkan keuntungan yang maksimal darinya.

Pengertian saham adalah surat berharga dari perusahaan. Jadi dengan membeli saham berarti kamu bisa dikategorikan sebagai bagian dari kepemilikan perusahaan tersebut. Dan kamu berhak lho, untuk ikut dalam Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS), yang biasanya dilakukan oleh perusahaan secara rutin dan ikut mendapatkan pembagian keuntungan perusahaan.

Nah, saham yang pengin kamu beli haruslah tercatat di Bursa Efek Indonesia (BEI).

Setiap saham memiliki karakteristik berbeda-beda seperti bergerak di bidang apa, kapitalisasi pasarnya berapa, siapa pemilik bisnisnya, harganya berapa, bagaimana laporan keuangannya. Kamu mesti mengenalinya dengan lebih baik.

Tip dari ahli, sebaiknya membeli saham perusahaan yang track record pemiliknya baik, punya integritas, usahanya berkembang bagus, pertumbuhan laba meningkat dan valuasi murah.

2. Membuka rekening saham

Syarat wajib untuk bisa berinvestasi maupun trading saham online adalah membuka rekening saham di sekuritas. Sekarang ini ada banyak perusahaan sekuritas yang bisa menjadi pilihan. Agar menghindarkan kamu dari scam, maka  pilihlah perusahaan yang sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Membuka rekening saham tak perlu repot ke kantor karena sekarang ini perusahaan sekuritas membuka layanan secara online. Jadi, yang kamu perlukan adalah mengisi saja data-data yang diminta dan berkas yang perlu diunggah. Data-data yang diminta biasanya data diri, unggah foto e-KTP, NPWP, buku tabungan dan selfie dengan e-KTP.

Biasanya proses pembuatan rekening saham online membutuhkan waktu beberapa hari. Nantinya jika disetujui kamu akan mendapatkan Single Investor Identification (SID) dan juga rekening dana nasabah (RDN) yang akan digunakan dalam transaksi saham online.

Apa itu Trading Saham?

3. Melakukan analisis

Dalam dunia saham kamu perlu untuk melakukan analisis agar bisa membuat strategi juga keputusan investasi. Nah, untuk transaksi jual-beli saham, kamu mesti paham dua dasar analisis yaitu :

  • Analisis teknikal, dengan mengamati pergerakan dari pendekatan saham dalam kurun waktu tertentu. Termasuk di dalamnya adalah harga dan flutuasi, informasi titik terendah dan tertinggi saham, serta mencermati berbagai grafik yang ada.
  • Analisis fundamental, lebih mengacu ke kondisi ekonomi, politik, hingga tren usaha. Nah, analisis ini kamu juga bisa melihat dari laporan keuangan perusahaan.

Kedua analisis ini perlu kamu kuasai karena sangat berarti ketika kamu melakukan trading saham online. Karena bisa membawa kamu ke keputusan tepat atau tidak dalam menjual atau membeli. Dan secara langsung pastinya akan memengaruhi keuntungan yang akan diperoleh.

4. Jual beli saham

Beberapa hal penting ini perlu untuk diingat ketika kamu mau melakukan transaksi jual beli saham.

  • Mau beli saham, maka kamu mesti memperhatikan fluktuasi dari pergerakan IHSG yang berakibat dari beberapa faktor seperti faktor internal, eksternal, tingkat likuiditas perusahaan, profit, tren pasar, investasi pemegang saham, juga earning per share growth.
  • Mau menjual saham, maka manfaatkanlah waktu terbaik. Waktu terbaik itu bagaimana? Saat harga tengah naik atau biasa disebut profit taking. Tapi bagaimana kalau saham turun? Tapi pertimbangkan dengan bijak karena kamu akan cut loss di sini.
  • Cut loss merupakan istilah yang digunakan ketika menjual saham di harga yang lebih rendah dari harga beli yang berarti kamu mengalami kerugian. Langkah ini bisa kamu ambil untuk menghindari kerugian lebih besar akibat harga yang terus menerus merosot.

O ya, setiap transaksi jual beli saham, kamu akan dibebankan biaya transaksi. Untuk besarannya, setiap sekuritas berbeda-beda.

5 Tip Terbaik Trading Saham Online untuk Keuntungan Maksimal

5. Pantau pergerakan harga saham

Harga saham sangat fluktuatif, bisa berubah dalam hitungan menit, detik. Ada banyak faktor yang membuatnya fluktuatif, baik internal maupun eksternal.

Jadi, rajin-rajinlah untuk memantau pergerakan harga saham juga trennya seperti apa. Tak perlu tiap jam, tapi minimal durasi 15-30 menit per sesi. Karena jika kamu memantau terus menerus seharian, ini akan berdampak tidak baik ke psikologis.

Apabila harga saham yang kamu punya sudah sesuai target, maka kamu bisa menjual misalnya. Lalu membeli saham lainnya yang memiliki potensi bagus ke depannya.

Melakukan trading saham online hindari karena ikut-ikutan. Karena sekali lagi, saham memiliki risiko besar, apalagi ini trading ya. Pastikan kamu memiliki dana khusus untuk trading dan terus belajar agar kamu bisa membuat keputusan trading yang tepat.

Nah, kamu sudah tahu bagaimana tip terbaik untuk trading saham online. Sekali lagi, sekarang memang zamannya trading saham. So, jika kamu memang tertarik untuk menekuninya, bekali diri sendiri dengan ilmu yang cukup.

Selamat trading!

Bagikan Via

Share on facebook
Share on linkedin
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp