Rekomendasi Saham Hari Ini, Ke Mana Bisa Didapatkan Ya?

Share on facebook
Share on linkedin
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Rekomendasi Saham Hari Ini, Ke Mana Bisa Didapatkan Ya?

Sebagai seorang investor, kamu mungkin butuh mendapatkan rekomendasi saham hari ini agar dapat menentukan kemudian, perlu untuk menambah portofolio, atau justru melepas saham-saham yang tak berkinerja sesuai dengan harapan. Betul tidak? Iya, apalagi jika kamu masih dalam tahap awal di dunia saham.

Rekomendasi saham memang sangat penting. Setidaknya, kamu bisa memanfaatkannya untuk membuat shortlist untuk sejumlah saham yang prospektif. Mungkin belum bisa kamu koreksi sekarang, tetapi ingin kamu pantau pergerakannya.

Atau juga jika kamu ingin mendiversifikasikan portofolio, ingin menambah koleksi dari saham-saham sektor lain. Kamu bisa mengikuti beberapa rekomendasi saham yang ada dulu, sebelum membuat analisis ala kamu sendiri dan kemudian membeli saham yang tepat.

Lalu, dari mana saja kamu bisa mendapatkan rekomendasi saham hari ini? Yang pasti, rekomendasi saham tidak dibuat hanya dengan penerawangan semata, pun bukan sulap dan bukan sihir. Rekomendasi ini dibuat berdasarkan analisis. Analisis siapa? Tentu saja dari mereka yang sudah ahli dan lebih berpengalaman.

Berikut beberapa tempat ke mana kamu bisa mendapatkan rekomendasi saham hari ini.

Begini Cara Memilih Aplikasi Saham Terbaik

Dapatkan Rekomendasi Saham Hari Ini di Sini!

1. Bursa Efek Indonesia

Sebagai pusatnya aktivitas perdagangan saham, Bursa Efek Indonesia juga melengkapi berbagai pendukung dan fasilitas yang bisa kita manfaatkan secara bebas dan gratis loh. Termasuk juga ada rekomendasi saham yang bisa kita akses setiap harinya.

Kalau untuk kegiatan bursa sahamnya, Bursa Efek Indonesia punya idx.co.id. Untuk berita dan berbagai update seputar dunia saham—termasuk rekomendasi saham—kamu bisa mengaksesnya di idxchannel. Coba akses ke bagian Market News, maka setiap hari kamu akan dapat menemukan artikel mengenai rekomendasi hari ini. Ada juga akun media sosialnya loh, silakan diikuti ya.

2. Media online

Media online, layaknya media massa konvensional, akan memberikan update berita hari ini, termasuk market update terkait pergerakan pasar saham. Biasanya, di sini juga akan ada analisis berbagai saham yang dinilai menarik untuk diikuti. Kamu bisa mendapatkan rekomendasi saham dari media online seperti ini.

Media online yang sering memberikan rekomendasi saham dari berbagai sudut pandang adalah Kontan, Bisnis.com, CNBC Indonesia, dan sebagainya.

3. Situs dan akun media sosial perusahaan sekuritas

Perusahaan sekuritas sekarang juga bersaing untuk memberikan paket lengkap aplikasi investasi saham kepada investornya. Salah satu dari fitur unggulan aplikasi sekuritas adalah adanya rekomendasi saham harian, yang bisa diakses secara bebas dan mudah.

Karena perusahaan sekuritas yang bereputasi baik biasanya juga memiliki sumber daya yang juga mumpuni, maka analis yang ditugaskan untuk membuat rekomendasi saham pastilah juga bukan orang yang sembarangan. Skill-nya pasti sudah teruji dan berpengalaman. Kamu bisa mengandalkan rekomendasi dari mereka, sebagai salah satu bahan pertimbangan untuk melakukan aksi di pasar saham hari ini.

Cara Mudah Memilih Aplikasi Belajar Saham Online yang Oke dan Sesuai untukmu

4. Akun belajar saham

Seiring semakin bebasnya informasi untuk didapatkan oleh semua orang, soal belajar saham juga tak ketinggalan. Sekarang kamu bisa belajar saham dari mana saja, asal dipilah dengan bijak.

Dari akun-akun belajar saham, termasuk grup-grup Telegram atau WhatsApp-nya, kita juga bisa mendapatkan banyak rekomendasi saham.

Di akun belajar saham seperti ini juga akan terbentuk komunitas yang orang-orangnya terdiri atas mereka yang memang sehari-hari berkutat dengan instrumen pasar modal ini. Kamu bisa berdiskusi dan bertukar pikiran dengan mereka, sehingga menambah informasi untuk analisis yang akan kamu lakukan.

5. Influencer

Yang terakhir adalah influencer. Ini juga merupakan salah satu “hasil” dari perkembangan teknologi yang luar biasa belakangan. Semakin banyak orang yang suka berbagi informasi, termasuk para influencer yang royal memberi bocoran rekomendasi saham.

Nah, tapi kamu harus ekstra hati-hati dalam hal ini. Jangan asal menuruti, tetapi ada baiknya bagi kamu untuk melakukan analisismu sendiri. Karena investasimu adalah tanggung jawabmu pribadi, bukan tanggung jawab orang lain. Saat kamu rugi, maka hal tersebut murni menjadi tanggung jawab kamu. Begitu pun sebaliknya jika kamu mendapatkan keuntungan, pastinya juga jadi milik kamu sendiri.

Rekomendasi Saham Hari Ini, Ke Mana Bisa Didapatkan Ya?

Pahami Risiko

Yes, mau mencari rekomendasi saham hari ini di mana saja, kamu harus selalu ingat akan satu hal yang terpenting, yaitu pahami risiko berinvestasi (dan trading) di pasar modal. Dalam berinvestasi saham, kamu harus sadar penuh bahwa akan ada beberapa risiko yang bisa terjadi. Terutama risiko pasar, berupa capital loss, dan risiko likuiditas.

Selain itu, juga ada potensi terjadi risiko ketika emiten penerbit saham yang kita punya melakukan delisting ataupun dinyatakan bangkrut. Bisa jadi, dana investasi kita tak akan pernah kembali.

Karena itu, meskipun kamu sudah mendapatkan banyak rekomendasi

hari ini dari siapa pun—dari media online, akun belajar saham, influencer, bahkan dari Bursa Efek Indonesia sendiri di situs resminya—kamu seharusnya tetap melakukan analisis sendiri. Gunakan teknik analisis fundamental dan analisis teknikal untuk menentukan saham mana yang layak dibeli dan kamu koleksi.

Selalu ingat, bahwa investasi dan keuangan itu bersifat pribadi. Namanya juga personal finance kan, jadinya juga personal. Apa yang berlaku dan cocok dilakukan oleh orang lain, belum tentu cocok untuk kamu lakukan juga. Ketika orang lagi berhasil mengumpulkan keuntungan yang banyak dan bikin mupeng, belum tentu kamu bisa melakukannya dan mendapatkan hasil yang sama juga. Banyak faktor yang memengaruhi. Salah satu yang terbesar adalah jam terbang.

So, silakan saja mencari rekomendasi saham hari ini dari mana saja. Namun, pastikan bahwa kamu kemudian melakukan analisis sendiri, dengan rekomendasi saham yang sudah didapatkan tersebut sebagai komparasi.

Nah, semoga artikel ini mudah dipahami, dan selamat berburu keuntungan dari investasi saham!

Yuk, gabung jadi member Ternak Uang! Ada banyak keuntungan yang bisa kamu dapatkan, mulai dari akses video modul-modul pembelajaran, ikutan berbagai event, dan masih banyak lagi! Segera daftarkan dirimu, dan mulai langkah pertama untuk sukses menjadi investor!

Bagikan Via

Share on facebook
Share on linkedin
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp