Free Class New Year New Me (Personal Finance): Apa Resolusi Tahun Baru 2022 Kamu?

Share on facebook
Share on linkedin
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Free Class New Year New Me (Personal Finance): Apa Resolusi Tahun Baru 2022 Kamu?

Kurang dari tiga minggu lagi kita akan menyambut tahun baru 2022. Sudahkah kamu membuat resolusi keuangan untuk 2022?

Biasanya, pergantian tahun baru memang selalu ditandai dengan membuat daftar resolusi yang ingin dicapai. Mungkin sebagian dari kamu menganggapnya sia-sia. Tapi, sebenarnya, tak ada yang salah dengan hal tersebut. Justru dengan membuat resolusi, kamu akan lebih termotivasi untuk menjadi lebih baik, lebih rajin bekerja, dan melakukan hal-hal positif lainnya demi mewujudkannya.

Tapi, jangan jadikan resolusi sekadar tulisan atau coretan di buku catatan maupun di notes ponsel saja ya. Apalah artinya rencana dan cita-cita kalau akhirnya tak direalisasikan?

Well, meski berganti ke tahun baru 2022, tapi sepertinya kita masih berada di masa pandemi COVID-19 nih. Berkaca dari tahun 2021, mungkin sebagian orang mengalami pukulan berat akibat pandemi, namun ada juga yang mendapatkan berkah luar biasa.

Mau memiliki tujuan keuangan baru atau melanjutkan yang lama, pastinya harus bisa disesuaikan dengan kondisi di tengah pandemi ini. Walaupun berbagai sektor sudah mulai pulih, namun kita tidak pernah tahu apa yang akan terjadi ke depan, bukan?

Berikut beberapa tip yang bisa kamu lakukan untuk membuat resolusi di tahun baru.

Free Class Investasi: Cara Cerdas Raih Kebebasan Finansial

5 Cara Efektif Membuat Resolusi Tahun Baru

Gunakan metode SMART

Yang menjadi masalah utama dalam membuat resolusi adalah sering kali kita tak tahu apa yang kita inginkan. So, kamu bisa mencoba metode SMART untuk menjabarkannya.

Apa itu SMART?

SMART merupakan singkatan dari spesific, measurable, achieveable, relevant, dan time-bound.

  • Specific, jadi buatlah resolusi secara detil. Alih-alih ingin berinvestasi, tapi sebaiknya tentukan mau investasi apa di tahun depan.
  • Measurable, misalnya pengin mulai investasi. Pengin punya investasi senilai Rp100 juta? Maka buatlah itu sebagai target yang harus dicapai.
  • Achievable, buatlah resolusi yang sesuai dengan kondisi kamu dan bisa dicapai.
  • Relevant, sesuaikan dengan kebutuhan kamu dan hindari tren ikut-ikutan.
  • Time-bound, tentukan jangka waktu resolusimu.

Mulai dari langkah kecil

Dalam membuat resolusi tak perlu hal yang megah tapi sulit untuk kamu lakukan. Buatlah sebuah daftar berisikan hal-hal kecil yang bisa kamu lakukan dan realistis dengan keadaan.

Belajar dari pengalaman

Pengalaman adalah guru terbaik, betul?

Pengalaman ini tidak melulu tentang apa yang sudah kamu capai, tapi juga termasuk di dalamnya kegagalan. So, jika mengalami kegagalan, cari tahu penyebab, susun strategi dan jadikan motivasi untuk bisa kamu wujudkan di tahun baru 2022.

Free Class: Ikut Bandar Saham Jadi Cuan? Masa Sih?

Masukkan hal yang kamu sukai

Tentunya kamu akan lebih mudah melakukan resolusi dari hal-hal yang kamu sukai. Untuk passion-mu yang selama ini dipendam, yuk wujudkan di tahun depan!

Ingat, selalu ada ruang untuk pengembangan diri. Apalagi sekarang ini kemudahan teknologi bisa kamu manfaatkan untuk mengasah skill dan mengembangkan passion-mu menjadi cuan misalnya.

Tidak perlu daftar yang panjang

Sekali lagi, ingat metode SMART di atas, yang akan membantu kamu membuat daftar resolusi semakin spesifik dan terukur. Tidak perlu membuat daftar yang panjang. Akan lebih baik kalau sedikit saja, tapi bisa dilakukan dan diwujudkan.

Setelah tahu cara membuat resolusi, sekarang sudah bisa ya terpikirkan apa saja resolusi keuangan tahun 2022? Masih bingung juga? Tenang, yuk disimak lagi yang berikut ini.

Free Class New Year New Me (Personal Finance): Apa Resolusi Tahun Baru 2022 Kamu?

5 Resolusi Keuangan di Tahun Baru 2022

Bye cicilan

Selama dua tahun belakangan ini, mungkin kondisi keuangan pribadi porak-poranda akibat pandemi COVID-19. Bertahan saja hingga sekarang, sudah jadi hal yang sungguh luar biasa. Tidak sedikit orang-orang yang terpaksa melakukan pinjaman untuk bisa bertahan hidup karena terkena badai PHK, usaha menurun drastis, bahkan ada yang gulung tikar.

So, di tahun baru, buatlah daftar cicilan yang berisi daftar pinjaman dan tenor. Dari situ, kamu bisa menyusun rencana realistis untuk melunasi cicilan seluruhnya, melunasi sebagian, atau melanjutkan cicilan. Apabila kamu punya dana dan ingin melunasi, lakukan negosiasi dengan pihak kreditur.

Buatlah rencana pengeluaran

Setiap bulan tentunya kamu sudah memiliki rencana pengeluaran seperti kebutuhan sehari-hari, makanan, transportasi dan gaya hidup. Tapi, sering kali yang terjadi adalah banyak yang tidak melakukannya sehingga terjadi kebocoran dana di sana-sini. Akibatnya, sulit untuk menabung, juga investasi.

Tinggalkan kebiasaan buruk tersebut. Mulailah membuat rencana pengeluaran seperti kebutuhan primer juga sekunder, dan disiplin dengan daftar tersebut. Hati-hati dengan ‘bocor halus’ yang sering terjadi.

Mengenal Reksa Dana Saham: Apa dan Bagaimana Cara Kerjanya?

Dana darurat sebuah keharusan

Selama pandemi berlangsung, kita seperti ‘ditampar’ bahwa dana darurat itu mahapenting. Adanya dana darurat membuat kita bisa bertahan secara ekonomi dan bisa bebas dari perkara pinjam-meminjam uang.

Tidak ada kata terlambat untuk memulai. Tahun baru 2022, targetkan dirimu sendiri untuk bisa memiliki dana darurat sampai jumlah yang ideal. Lakukan evaluasi keuangan kamu, dan mulai sisihkan dana tiap bulannya ke pos dana darurat.

Investasi dan menabung

Kurangi gaya hidup foya-foya. Sekarang ini kemajuan media sosial membuat sebagian orang memiliki ‘penyakit’ FOMO (fear of missing out). Padahal, ini bukanlah hal yang terlalu penting dilakukan.

Di tahun baru 2022 mari rencanakan untuk bisa mengontrol emosi yang sangat memengaruhi kondisi keuangan. Lakukan penghematan untuk pengeluaran yang tidak penting. Lalu, alihkan dana tersebut ke investasi dan tabungan.

Bagi pemula, reksa dana merupakan jenis instrumen investasi terbaik yang bisa kamu pilih. Mau menabung, bisa kamu lakukan dengan autodebit saat gajian. Jadi, selalu ingat untuk sisihkan di depan ya.

Tabungan dana pensiun

Lho kok udah mikirin dana pensiun?

Well, dana pensiun tidak mesti menunggu untuk dimulai saat kamu berusia 40 tahun. Mulai sejak dini adalah keputusan yang terbaik.

Kamu tidak akan pernah tahu kapan akan berhenti bekerja. Di saat kamu memutuskan untuk berhenti bekerja dan sudah memiliki dana pensiun, tentunya ini akan lebih membuatmu nyaman. Kamu secara langsung sudah memangkas rantai sandwich generation.

Tidak sulit kok membuat resolusi keuangan tahun baru 2022, yang utama adalah lakukan langkah kecil untuk memulainya dan konsisten.

Menyambut tahun baru, Ternak Uang akan mengadakan Free Class New Year New Me (Personal Finance), yang akan diselenggarakan 29 Desember 2021 mendatang. Yuk, segera daftarkan diri untuk mengikuti kelas ini, jangan sampai kehabisan seat ya!

Yuk, bergabung ke grup discord Ternak Uang! Di sana banyak insight seputar dunia keuangan dan investasi! Gratis loh, bakalan bermanfaat banget untuk menambah pengetahuan kamu.

Bagikan Via

Share on facebook
Share on linkedin
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp