Mau Meningkatkan Literasi Finansial? Tantang Dirimu Sendiri dengan Ikut Kompetisi Trading!

Share on facebook
Share on linkedin
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Mau Meningkatkan Literasi Finansial? Tantang Dirimu Sendiri dengan Ikut Kompetisi Trading!

Tahukah kamu, bahwa tingkat literasi finansial di Indonesia masih terhitung sangat rendah? Karena itulah, sebagai salah satu upaya untuk mendorong agar keterampilan keuangan masyarakat Indonesia meningkat, Ternak Uang menyelenggarakan kompetisi trading Tradefest selama 3 bulan penuh!

Memilih Aplikasi Trading Saham Terbaik, Ini yang Harus Diperhatikan

Tingkat Literasi Keuangan di Indonesia

Pada tahun 2019, Otoritas Jasa Keuangan telah mengadakan Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan (SLINK), dan menunjukkan fakta bahwa indeks literasi keuangan Indonesia mencapai 38.03%, dengan indeks inklusi keuangan—yang menunjukkan tingkat ketersediaan akses terhadap produk dan lembaga keuangan sesuai dengan kebutuhan masyarakat—sebesar 76.19%.

Indeks ini sudah meningkat jika dibandingkan dengan hasil survei yang sama oleh OJK tahun 2016, yang menunjukkan indeks literasi keuangan masyarakat sebesar 29.7%, dan indeks inklusi keuangan sebesar 67.8%.

Kendati sudah meningkat, tetapi angka indeks 38.03% ini masih sangat rendah loh! Pasalnya, ini artinya dari 100 orang Indonesia, baru 38 orang saja yang sudah memiliki pengetahuan, keterampilan, dan keyakinan terhadap produk dan lembaga penyedia jasa keuangan, yang akhirnya memengaruhi dalam mengambil keputusan keuangan.

TUToring: Memahami Laporan Keuangan 101

Cara Meningkatkan Literasi Keuangan: Mulai dari Diri Sendiri

Melihat berbagai kekurangan yang ada, maka ini bukan hanya tugas pemerintah saja untuk mendorong agar literasi keuangan kita semakin meningkat. Justru, akan lebih efektif, jika upaya peningkatan ini datang dari diri kita lebih dulu.

So, beberapa hal yang bisa kita mulai dari diri sendiri agar dapat meningkatkan literasi keuangan kita adalah:

1. Banyak membaca dan bertanya

Bertukar pengalaman dengan mereka yang lebih dulu berpengalaman di dunia saham menjadi salah satu cara yang cukup efektif. Pasalnya, praktik investasi dan trading saham butuh pengetahuan praktis, di samping juga mempelajari teorinya.

So, kamu mungkin sudah banyak membaca buku-buku atau artikel-artikel tentang keuangan. Untuk memperdalamnya, kamu perlu melengkapinya dengan berbagai tip praktis, yang mungkin tidak ter-cover dalam tulisan dan teori. Yang seperti ini, bisa kamu dapatkan dengan berbagi cerita secara langsung dengan mereka yang sudah berpengalaman.

2. Ikut kelas ataupun webinar

Kelas ataupun webinar juga bisa menjadi salah satu cara untuk meningkatkan literasi keuangan secara efektif. Termasuk kelas untuk belajar saham dan seluk-beluknya.

Ada kelas yang berkelanjutan, ada juga yang sifatnya occasional, sesuai kebutuhan dan tren. Mana yang bagus? Semuanya boleh saja kamu ikuti, asalkan kamu memang membutuhkan materinya.

3. Tantang diri sendiri dengan ikut kompetisi trading

Cara berikutnya yang juga bisa dilakukan untuk meningkatkan literasi keuangan adalah dengan ikut kompetisi. Misalnya saja kompetisi trading Tradefest, yang diselenggarakan oleh Ternak Uang. Kompetisi ini akan dimulai di bulan Desember dan berakhir di bulan Februari 2022.

Bagaimana ikut kompetisi trading bisa membantu kita meningkatkan literasi keuangan, terkhusus dalam hal investasi dan trading saham?

Mau Meningkatkan Literasi Finansial? Tantang Dirimu Sendiri dengan Ikut Kompetisi Trading!

Ikut Kompetisi Trading Tradefest dan Raih Peluang Memenangkan Hadiah 1 Miliar!

Kalau kamu ikutan kompetisi trading ini, maka kemampuanmu dalam melakukan analisis teknikal untuk bertransaksi di pasar modal akan diuji. Ibaratnya, ini bisa jadi semacam ujian buatmu; untuk mengecek apakah hasil belajarmu sudah cukup memadai sampai saat ini.

Jadi, setelah beberapa waktu belajar, kamu bisa menantang dirimu sendiri untuk trading saham, dan apakah kamu bisa mendapatkan keuntungan yang maksimal dengan strategi yang kamu terapkan.

Tak hanya sebagai tantangan, bisa jadi dengan ikut kompetisi trading ini, peluang kamu sebagai investor pemula untuk menambah keuntungan monetary dan karier dalam trading saham semakin terbuka dengan luas. Pasalnya, dalam proses berkompetisi, tak hanya adu banyak keuntungan saja, tetapi kamu juga akan diberi bekal pengetahuan dan mentoring dalam kelas-kelas Ternak Uang oleh mereka yang lebih berpengalaman.

Dobel kesempatan kan, jadinya? Kamu bisa belajar, menambah pengetahuan, sekaligus langsung praktik trading saham.

Tips Money Management dalam Trading dan Investasi

Berikut adalah syarat dan ketentuan jika kamu ingin ikut kompetisi trading ini:

  • Mendaftar secara online melalui website, dengan mengisi form dan mengirimkannya kembali. Pendaftaran ini sudah dibuka sejak 11 November 2021 yang lalu, dan akan ditutup 3 Desember 2021 mendatang. Jangan khawatir, kalau kamu terlambat mendaftar pun, kamu masih bisa ikut kok dalam durasi waktu yang tersisa.
  • Kompetisi trading akan diselenggarakan mulai 6 Desember 2021, dan ditutup 4 Februari 2022.
  • Buka akun di sekuritas yang sudah ditunjuk oleh Ternak Uang, yaitu Sucor Sekuritas atau Trimegah Sekuritas. Setorkan modal awal minimal Rp1.000.000, tanpa batasan maksimal.
  • Wajib menjadi member Ternak Uang selama masa kompetisi trading, atau minimal 3 bulan. Jika keanggotaan expired sebelum waktu kompetisi trading berakhir, maka peserta akan didiskualifikasi.
  • Kompetisi trading ini bersifat terbuka untuk umum, kecuali kamu yang berprofesi di bidang pasar modal, seperti manajer investasi, analis, dan sejenisnya, ataupun all star.
  • Hanya diperbolehkan trading saham, bukan produk yang lain.
  • Peserta peringkat 5 besar akan diundang untuk mempresentasikan strategi trading yang digunakan dalam berkompetisi di hadapan juri dan umum.

Gimana? Menarik kan?

Menarik dong! Apalagi ada hadiah senilai total Rp1.1 miliar nih untuk pemenang, masih ditambah dengan berbagai hadiah lainnya!

Tunggu apa lagi?

Yuk, tantang diri sendiri untuk meningkatkan literasi keuangan, dalam hal ini trading saham! Segera daftarkan dirimu ya.

Bagikan Via

Share on facebook
Share on linkedin
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp