Mau Cuan Lewat Investasi Saham Online? Begini 7 Trik Jitunya!

Share on facebook
Share on linkedin
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Mau Cuan Lewat Investasi Saham Online? Begini 7 Trik Jitunya!

Dampak digitalisasi saat ini merambah ke berbagai sektor, termasuk dalam investasi saham. Saat ini investasi saham online jadi peluang baru yang menguntungkan bagi mereka yang memang sudah sadar pentingnya berinvestasi. Bermodalkan ponsel dan akses internet, kamu dapat bertransaksi saham dengan mudah. Meski masih menjadi investor pemula, kamu juga memiliki peluang untuk bisa cuan dari saham lo.

Apa bedanya saham online dan saham biasa?

Nah, perbedaan ini sebenarnya berdasarkan cara membelinya saja.

Dulu, saham hanya dapat dibeli melalui broker dengan mendatangi kantornya. Sekarang, membeli saham melalui broker dapat dilakukan di mana saja dan kapan pun. Jika dulu kamu harus menyimpan dokumen kepemilikan saham secara fisik, kini dokumen tersebut tersimpan secara digital.

Cara mendaftar juga mudah, karena sekarang bisa dilakukan dengan menggunakan smartphone kamu saja.

Tip Investasi Saham Pemula yang Paling Sederhana

Apa yang Perlu Dipersiapkan untuk Bisa Cuan dari Investasi Saham Online?

Kamu perlu tahu dulu beberapa prinsip investasi saham.

Yang pertama, soal high risk, high return. Istilah ini disematkan pada kegiatan investasi. Apa pun bentuk investasi, kamu harus bersiap dengan segala risiko yang cukup tinggi. Utamanya dalam investasi saham. Namun, risiko ini sebanding dengan imbal hasil yang akan didapatkan.

Apabila kamu berhasil dalam mengelola risiko dan dapat menganalisis saham dengan baik, maka bisa dibilang, investasi saham online akan bisa menjadi sumber cuan besar.

Nah, yuk simak beberapa trik jitu lain di bawah ini yang akan membantu kamu dalam melakukan investasi saham online dan berharap cuan darinya.

50% Lebih Investor Saham Adalah Para Usia Muda - Ini Tip Terbaik untuk Investasi di Pasar Modal

Trik Jitu Investasi Saham Online

Pelajari segala hal tentang saham

Untuk memulai melakukan investasi saham online, pastikan kamu mempelajari dan memahami segala hal terkait saham.

Saham adalah bukti kepemilikan dalam bentuk surat berharga yang diterbitkan oleh perusahaan yang telah tercatat di Bursa Efek Indonesia. Jangan lupa untuk melacak dan mengenal baik perusahaan yang akan kamu beli sahamnya.

Ada beberapa kategori saham yang didasarkan pada kapitalisasi pasar. Kapitalisasi pasar merupakan harga saham setelah dikali dengan jumlah saham yang beredar. Jenis tersebut dibagi menjadi tiga yaitu blue chip, second liner, dan junk stocks.

Blue chip yaitu saham dari perusahaan dengan laporan keuangan dan pendapatan stabil, serta memiliki kinerja terbaik di bursa saham. Kapitalisasi pasarnya bisa mencapai di atas Rp40 triliun. Saham ini disebut juga sebagai saham lapis pertama.

Second Liner, atau saham lapis dua, ini merupakan saham yang bukan unggulan dalam kapitalisasi pasar dan likuiditasnya pun lebih kecil dari saham blue chip. Harga kapitalisasi pasarnya umumnya mulai dari Rp500 miliar.

Junk Stocks adalah saham lapis tiga, yaitu saham perusahaan dengan kapitalisasi kecil. Pendapatannya tidak stabil, bahkan kadang merugi karena berbagai sebab. Prospek saham dalam kategori ini tidak terlihat menguntungkan, dengan harga saham yang sangat fluktuatif.

Berhati-hatilah dalam menentukan saham mana yang hendak dibeli. Pastikan kamu paham betul apa yang akan kamu beli. Gegabah dalam menentukan saham akan berakibat fatal untuk modalmu, dan kalau memang loss, itu merupakan tanggung jawab pribadi masing-masing.

Lakukan analisis dalam memilih saham

Umumnya dikenal dua jenis analisis dalam memilih instrumen investasi saham online, yaitu analisis fundamental dan analisis teknikal.

Lakukan analisis fundamental guna melihat perusahaan dengan prospek cerah dengan kinerja dan laporan keuangan yang aman dan sehat. Analisis teknikal pun penting untuk membantu melihat pergerakan saham dari waktu ke waktu.

Dengan menganalisis baik secara fundamental maupun teknikal, keduanya akan membantumu dalam memilih saham yang berpotensi tinggi dalam meraup keuntungan.

Mau Cuan Lewat Investasi Saham Online? Begini 7 Trik Jitunya!

Waktu yang tepat untuk menjual dan membeli saham

Untuk melakukan investasi saham online, terdapat beberapa hal yang harus dijadikan pertimbangan. Terutama terkait pembelian dan penjualan saham.

Misalnya saat membeli saham, kamu harus memperhatikan fluktuasi dan pergerakan IHSG yang terjadi, akibat faktor eksternal maupun internal. Biasanya hal tersebut dipengaruhi oleh profil dan tingkat likuiditas perusahaan, tren pasar, penjualan, laba investasi pemegang saham, dan pertumbuhan laba per saham (earning per share growth).

Jika kamu ingin menjual saham, pastikan untuk mempertimbangkan serta lakukan analisis agar pemilihan waktumu bisa tepat, yaitu saat harga saham sedang naik sehingga kamu bisa melakukan profit taking.

Namun, jika terpaksa kamu ingin menjualnya ketika harga saham turun, maka lakukan pertimbangan cut loss juga dengan bijak.

Apa itu cut loss? Istilah ini digunakan saat kita menjual saham dengan harga yang lebih rendah daripada harga beli. Yes, ini dapat menyebabkan kerugian. Karenanya, pertimbangkanlah dengan baik.

Pantau pergerakan saham

Banyak faktor eksternal maupun internal yang dapat berpengaruh pada harga saham. Naik turunnya harga saham dapat berubah hanya dalam hitungan menit maupun detik. Oleh karenanya, amati pergerakan dan tren harga saham agar kamu dapat mengetahui arah langkah selanjutnya.

Luangkan waktu untuk mendapatkan informasi terbaru terkait tren saham. Dengan begitu, kamu dapat memaksimalkan keuntungan dengan saham online.

Hindari harga saham yang cepat naik (dan cepat pula turun)

Banyak orang tergoda dengan saham yang harganya cepat naik. Ya, selalu ada kondisi ketika harga saham melejit naik.

Sudah pasti hal ini akan menggoda, apalagi jika kamu baru saja terjun ke dunia investasi saham online. Tapi, kamu perlu menahan diri dan tidak terburu-buru memutuskan untuk membeli saham tersebut. Coba telaah lebih dalam lagi. Apa yang menyebabkann harganya bisa melejit naik? Karena tren sesaatkah? Karena di-endorse-kah? Atau ada sebab yang lain.

Lakukan analisis lagi secara mendalam, dan yang pasti: lakukan semuanya tidak secara emosional.

Belajar, belajar, belajar!

Pengetahuan terkait investasi online perlu diperbarui mengikuti perkembangan. Luasnya wawasan kamu akan meningkatkan peluang untuk sukses dalam investasi saham online ini.

Ada banyak cara untuk belajar investasi saham online. Misalnya saja mengikuti seminar yang berkaitan dengan investasi saham. Atau membeli buku-buku investasi saham. Kalau mau lebih mudah, ya follow akun-akun yang banyak membahas soal seluk-beluk investasi saham.’

Pilih dengan bijak sumber belajarmu ya, supaya kamu bisa dapat ilmu yang bisa benar-benar bermanfaat.

Nah, demikianlah trik investasi saham online untuk pemula. Selamat menyambut cuan, dan semoga bermanfaat.

Bagikan Via

Share on facebook
Share on linkedin
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp