Ini Dia 10 Bursa Saham Terbesar di Dunia – BEI Nomor Berapa?

Share on facebook
Share on linkedin
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Ini Dia 10 Bursa Saham Terbesar di Dunia – BEI Nomor Berapa?

Setiap pagi pukul 9.00, aktivitas perdagangan dimulai di bursa saham sedunia, dan kemudian berakhir di sekitar pukul 16.00. Apakah jam buka ini berlaku di semua bursa efek dunia? Iya, rata-rata jam operasionalnya memang di sekitar jam tersebut, termasuk Bursa Efek Indonesia.

Selama itu pula, bursa akan berdengung dengan aktivitas. Banyak orang mengandalkan bursa saham sebagai tempat mereka untuk mencari penghasilan, baik secara langsung maupun tak langsung. Karena itulah, bursa saham sangat penting sebagai salah satu penggerak ekonomi suatu negara.

Apa Itu Bursa Saham?

Bursa sendiri dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia artinya adalah tempat memperjualbelikan saham, obligasi, dan sebagainya. Di sini sudah jelas ya, apa pengertian dari bursa saham. Yang diperdagangkan mulai dari saham, reksa dana, obligasi, derivatif, dan sebagainya.

Tercatat saat ini ada 60 bursa saham di dunia. Bursa-bursa yang besar akan memiliki ribuan emiten saham untuk diperdagangkan setiap harinya.

Hampir seluruh transaksi yang terjadi di bursa saham dioperasikan secara elektronik. Dan seluruh bursa juga sudah punya platform sebagai tempat masyarakat umum untuk ikut berpartisipasi dalam kegiatannya.

Penasaran enggak, bursa saham terbesar ada di mana?

Mari kita lihat.

Bursa Saham Terbesar di Dunia

New York Stock Exchange, US

Bursa saham New York Exchange
Sumber: Forbes

New York Stock Exchange merupakan bursa saham terbesar di dunia, kapitalisasinya mencapai USD 24,49 triliun di Januari 2021.

New York Stock Exchange inilah yang sering disebut sebagai bursa Wall Street, karena memang lokasinya berada di 11 Wall Street, Lower Manhattan, New York City, dan didirikan pada 17 Mei, 1792.

Perdagangan saham yang terjadi di NYSE pada hari tertentu akan memengaruhi perdagangan bursa saham lain di hari berikutnya. Ada 2.400 perusahaan terdaftar di NYSE, dan miliaran lembar saham diperjualbelikan di setiap hari bursa buka. Perusahaan-perusahaan ini terdiversifikasi di semua sektor, dan proporsi utama saham blue chip teratas dunia, seperti Johnson & Johnson, Berkshire Hathaway, dan JPMorgan Chase & Co.

Beberapa indeks yang digunakan untuk mengukur kinerja perdagangan yang dilakukan pada NYSE pada hari tertentu adalah indeks NYSE Composite, NYSE A.S. 100 Index, Dow Jones Industrial Average, dan indeks S & P 500.

NASDAQ, US

NASDAQ bursa saham
Sumber: Forbes

National Association of Securities Dealers Automated Quotations, atau NASDAQ, merupakan bursa saham terbesar kedua, dengan kapitalisasi pasar sebesar USD 19,34 triliun.

Berkantor pusat di 151 W, 42nd Street, New York City, Nasdaq adalah pasar saham pertama yang perdagangannya dilakukan secara elektronik.

Ada lebih dari 3.000 perusahaan terdaftar di Nasdaq, termasuk para tech giants terbesar di dunia seperti Apple, Microsoft, Amazon, Google, dan Facebook. Selain dari Facebook, keempat perusahaan memiliki kapitalisasi pasar lebih dari 1 triliun dolar. Facebook sendiri juga nggak jauh-jauh amat sih.

Shanghai Stock Exchange, Tiongkok

Bursa saham Tiongkok
Sumber: ChinaKnowledge

Shanghai Stock Exchange merupakan bursa saham terbesar milik negara terpadat di dunia, Tiongkok, dan merupakan yang ketiga terbesar di dunia dengan kapitalisasi pasar sebesar USD 6,5 triliun.

Yes, meski terbesar ketiga, tetapi kapitalisasi Shanghai Stock Exchange kurang dari sepertiga kapitalisasi pasar dari bursa saham terbesar dan terbesar kedua di dunia yang ada di Amerika Serikat.

Didirikan pada tanggal 26 November 1990, Shanghai Stock Exchange memiliki lebih dari 1500 perusahaan yang terdaftar di dalamnya, dan Indeks SSE Composite menjadi indeks yang dapat dimanfaatkan untuk melihat sentimen bursa ini.

Saham kapitalisasi besarnya termasuk milik PetroChina, Industrial and Commercial Bank of China, dan Agriculture Bank of China.

Hong Kong Exchange

Sumber: CNBC

Hong Kong merupakan hub finansial terpenting di dunia, lantaran menyediakan ekosistem keuangan yang mencakup semua sektor dan berkualitas tinggi bagi mereka yang bekerja di industri keuangan. Karena itulah, Hong Kong Exchange banyak sekali pemain luar negeri.

Didirikan pada tanggal 3 Februari 1891, Hong Kong Exchange merupakan bursa saham terbesar keempat di dunia dan terbesar di Asia, dengan kapitalisasi pasar sebesar USD 6,48 triliun.

Kapitalisasinya memang hampir sebesar Shanghai Stock Exchange, dengan perkembangannya yang sangat pesat, bukan tak mungkin Hong Kong Exchange bisa melewati pasar saham Shanghai dalam waktu dekat.

Ada lebih dari 2000 perusahaan terdaftar di Hong Kong Exchange. AIA, Tencent Holdings adalah yang terbesar.

Japan Exchange Group

Bursa Saham Jepang
Sumber: Coindesk

Japan Exchange Group sebenarnya merupakan merger dari Tokyo Stock Exchange dan Osaka Securities Exchange, yang dilakukan tanggal 1 Januari 2013. Setelah merger, kapitalisasinya mencapai USD 6,35 triliun. Memang nggak begitu jauh dari bursa terbesar ketiga dan keempat, ya kan?

Ada lebih dari 3.700 perusahaan yang terdaftar di Japan Exchange Group. Hampir semua perusahaan ini sebelumnya juga terdaftar di Tokyo Stock Exchange. Indeks tolok ukur Tokyo Stock Exchange adalah Nikkei, dan Toyota, Suzuki, Honda, Mitsubishi, dan Sony adalah beberapa perusahaan terkemuka yang tercantum di sini.

Senzhen Stock Exchange, Tiongkok

Sumber: Archdaily

Dari tiga bursa saham yang ada di Tiongkok, Senzhen Stock Exchange yang terkecil. Namun, ia memiliki kapitalisasi pasar sebesar USD 4,9 triliun dolar.

So, kalau ditotal, kapitalisasi pasar dari Shanghai Stock Exchange, Hong Kong Stock Exchange, dan Shenzhen Stock Exchange kira-kira sama dengan kapitalisasi pasar NASDAQ.

Shenzhen Stock Exchange didirikan pada 1 Desember 1990, dan memiliki hampir 2300 perusahaan yang terdaftar.

Euronext, Eropa

Sumber: Bloomberg

Euronext adalah singkatan untuk European New Exchange Technology.

Pasar saham ini merupakan bursa pan-Eropa yang menjadikannya sebagai bursa efek terbesar dan paling likuid di Eropa, serta menjadi bursa efek terbesar ketujuh di dunia.

Didirikan pada tanggal 22 September 2000, Euronext memiliki kapitalisasi pasar sebesar USD 4,88 triliun. Berkantor pusat di Amsterdam, Belanda, di sini ada 5 perusahaan dengan kapitalisasi pasar terbesar meliputi Procter & Gamble, LVMH, Royal Dutch Shell, Merck & Co., dan L’Oreal.

London Stock Exchange Group

Sumber: Wikipedia

London Stock Exchange Group (LSEG) adalah bursa saham dan pusat informasi keuangan yang berkantor pusat di London. LSEG ini  terdiri atas London Stock Exchange itu sendiri bersama Refinitiv, LSEG, FTSE Russell, dan memiliki saham mayoritas di LCH dan Tradeweb.

Terletak di jantung pusat keuangan dunia, lebih dari 1.300 perusahaan terdaftar di LSEG, menjadikannya sebagai bursa dengan total kapitalisasi pasar USD 3,67 triliun. Beberapa perusahaan besar yang terdaftar di LSEG adalah Barclays, British Petroleum, Toyota Motors, Unilever, HSBC, dan Astrazeneca.

National Stock Exchange of India

Sumber: Business Standard

National Stock Exchange (NSE) adalah salah satu dari dua pasar saham yang ada di India. Yang lainnya adalah Bombay Stock Exchange (BSE), yang berusia lebih tua daripada NSE.

Didirikan pada bulan April 1993 dan berlokasi di Mumbai, Maharashtra, NSE memiliki kapitalisasi pasar USD 2,57 triliun, dan merupakan bursa saham terbesar kesembilan, serta merupakan bursa saham derivatif terbesar di dunia.

Nifty adalah indeks tolok ukur NSE. Beberapa emiten menonjol dalam Nifty adalah Reliance, HDFC Bank, Infosys, HDFC, ICICI Bank, Tata Consultancy Services, and Kotak Mahindra Bank. Indeks benchmark NSE adalah Sensex.

TMX Group, Kanada

Sumber: The Globe and Mail

TMX Group merupakan pasar saham terbesar kesepuluh, yang berkantor pusat di Toronto, Kanada. Terdiri atas dua bursa saham, yaitu Toronto Stock Exchange (TSX) yang melayani pasar ekuitas skala menengah hingga besar, dan TSX Venture Exchange (TSVX), yang menjadi bursa untuk saham usaha publik, yang skalanya lebih kecil, kapitalisasi TMX Group mencapai USD 2,5 triliun.

Ada sekitar 1.500 perusahaan terdaftar di TSX, dan sekitar 1.600 perusahaan di TSXV. Beberapa perusahaan besar yang terdaftar di TSX adalah Fortis, CGI, Bank Nasional Kanada, Franco-Nevada dan Rogers.

Apa Kabar Bursa Efek Indonesia?

Bursa Efek Indonesia memang belum masuk ke dalam daftar 10 pasar saham terbesar sedunia di atas. Kapitalisasinya saja sampai dengan Agustus 2021 baru mencapai angka Rp7 triliun lebih sedikit. Namun, Menteri BUMN, Erick Thohir sendiri bilang, bahwa pemerintah Indonesia punya mimpi, suatu saat nanti BEI bisa menjadi yang terbesar di Asia Tenggara.

Hmmm, bukan hal yang tak mungkin bukan?

Yuk, bergabung ke grup discord Ternak Uang! Di sana banyak insight seputar dunia keuangan dan investasi! Gratis loh, bakalan bermanfaat banget untuk menambah pengetahuan kamu.

Bagikan Via

Share on facebook
Share on linkedin
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp