5 Tempat Gratis Belajar Saham Bagi Pemula

Share on facebook
Share on linkedin
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
5 Tempat Gratis Belajar Saham Bagi Pemula

Sebagai pemula di dunia investasi saham, tentunya kamu membutuhkan banyak pengetahuan agar bisa tercapai tujuan keuangan yang sudah disusun dan mengurangi risiko. Untuk mendapatkan pengetahuan tentunya kamu mesti belajar. Belajar saham bagi pemula sekarang ini bisa kamu lakukan kapan pun dan di mana pun karena sudah ada teknologi yang memudahkan.

Jika dulu belajar saham bagi pemula sangat sedikit yang menyediakan ruang pembelajarannya, sekarang sudah jauh berbeda. Apalagi ketika saham menjadi salah satu primadona instrumen investasi di berbagai belahan dunia, maka muncullah berbagai medium belajar saham.

Seseorang yang ingin terjun di dunia saham, pengetahuan diibaratkan sebagai fondasi. Karena dengan pengetahuan ke depannya kamu akan bisa mengetahui lebih detail seluk beluk dunia investasi sehingga kamu akan lebih mudah mencapai tujuan keuanganmu. Tak hanya itu juga, dengan belajar saham bagi pemula seperti kamu, bisa membantu membuat strategi investasi dan meminimalkan kerugian.

Di masa pandemi ini, pembelajaran secara daring makin gencar dilakukan. Dan ini tentunya dirasakan lebih efisien karena bisa menyesuaikan dengan keadaan. Tak ketinggalan, berbagai perusahaan sekuritas, komunitas hingga personal seperti financial planner dan bloger juga menyediakan fasilitas belajar saham bagi pemula, baik gratis maupun berbayar. Tentunya dengan narasumber yang memiliki kapasitas yang mumpuni di bidangnya.

Bagi kamu pemula yang ingin belajar saham, apakah biasanya bingung mau mulai dari mana? Ya, itu wajar sih. Apalagi sekarang ini literasi keuangan sudah semakin meluas, dengan lebih banyak opsi produk maupun media pembelajaran. Wajar kalau malah jadi bingung kan?

Yuk, dicatat beberapa tempat gratis ini untuk mengembangkan pengetahuanmu akan ilmu saham.

Trading Saham Online Modal Kecil? Begini Caranya!

Tempat Gratis Belajar Saham Bagi Pemula

Website Ternakuang

Kemajuan teknologi menuntut metode pembelajaran pun mesti menyesuaikan dengan zaman. Saat artikel  acara offline masih dilarang, maka online pun menjadi pilihan.

Salah satu website atau blog yang menyediakan belajar saham gratis bagi pemula adalah Ternakuang. Ini merupakan platform belajar investasi, saham dan keuangan pribadi bagi anak muda.

Di website ini, disediakan sarana dan media belajar gratis saham. Kamu bisa menambah pengetahuan dengan membaca artikel-artikel di laman blog. Ada banyak panduan investasi maupun trading saham bagi pemula yang bisa kamu dapatkan di sini. Pembahasan investasi saham di tiap artikelnya pun disajikan dengan bahasa yang ringan dan mudah dimengerti.

Komunitas Saham

Belajar investasi saham rasanya tidak afdal jika nggak bergabung dengan komunitas.

Di komunitas saham, kamu bisa mendapatkan teman belajar bersama. Selain itu, di komunitas juga biasanya ada orang yang sudah memiliki ilmu yang mumpuni di bidang saham.

Pada umumnya, komunitas sering mengadakan webinar, Instagran Live ataupun belajar via WhatsApp Group untuk belajar saham. Untuk webinar, bisa juga berkolaborasi dengan komunitas lain ataupun menggandeng profesional di bidang saham.

Secara langsung, komunitas merupakan medium untuk belajar saham gratis bagi pemula yang terbaik. Karena di sini, kamu akan mendapatkan berbagai informasi juga perkembangan terkait saham.

Tip Investasi Saham Pemula yang Paling Sederhana

Youtube

Platform media sosial ini berada di urutan pertama yang paling banyak diakses oleh pengguna internet di Indonesia. Di YouTube, kamu bisa menemukan berbagai macam informasi dari ahlinya langsung. Termasuk salah satunya adalah soall saham.

Banyak lho financial planner, financial bloger, maupun praktisi investasi dan saham yang mau berbagi ilmu gratis tentang dunia saham melalui video YouTube. Kamu bisa mengaksesnya kapan saja dan di mana saja. Pokoknya no ribet club!

Apalagi di tiap video, pasti ada visual yang sangat mendukung pembelajaran.

Webinar

Sejak pandemi, tidak ada lagi belajar secara offline dan semuanya dialihkan secara online. Webinar pun menjadi tren sekarang ini sebagai media pembelajaran berbagai bidang, termasuk belajar saham.

Ada banyak webinar belajar saham gratis yang sering diadakan oleh perusahaan sekuritas, platform investasi, dan juga komunitas-komunitas. Cara untuk mengetahui info webinar belajar saham bagi pemula bisa kamu lakukan dengan follow semua media sosial dari perusahaan sekuritas dan lain-lain.

Biasanya, di media sosial seperti Instagram sering diupdate tentang informasi webinar gratis. Dan biasanya untuk webinar gratis ini kuotanya sangat terbatas. Oleh karena itu, kamu mesti mantengin rutin media sosial mereka.

5 Tempat Gratis Belajar Saham Bagi Pemula

Instagram

Selain YouTube, Instagram menjadi media sosial yang paling populer di Indonesia. Dan ini dimanfaatkan dengan baik oleh banyak kalangan dalam memberikan informasi dan literasi keuangan.

Sekarang ini mulai muncul financial planner ataupun financial bloger yang aktif berbagi informasi terkait keuangan. Mereka sangat rutin update ilmu keuangan tiap hari. Informasi biasanya disajikan dalam bentuk visual dengan carousel (slide), IGTV, maupun fitur terbaru, IG Reels.

Dan tak ketinggalan, fitur IG Live juga sering dimanfaatkan oleh financial planner, bloger, perusahaan sekuritas dan juga platform investasi untuk berbagi ilmu saham bagi pemula. Memang sih durasi IG live hanya satu jam, tapi bagi kamu yang ketinggalan bisa lihat di feed IG yang mengadakannya.

Tak ada alasan bagi pemula untuk tidak belajar saham. Ada banyak media yang bisa kamu pilih untuk mengembangkan ilmu akan instrumen investasi yang satu ini. Yuk, dimanfaatkan sebaik mungkin fasilitas belajar saham bagi pemula di atas. Selamat belajar!

Bagikan Via

Share on facebook
Share on linkedin
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp