Begini Cara Memilih Aplikasi Saham Terbaik

Share on facebook
Share on linkedin
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Begini Cara Memilih Aplikasi Saham Terbaik

Aplikasi saham terbaik adalah aplikasi yang dapat membantu kita untuk memantau fluktuasi harga saham di setiap harinya, menyediakan juga informasi-informasi penting lainnya, mulai dari laporan keuangan, arus kas, utang, dan ekuitas emiten saham yang kita incar.

Tak hanya itu, di aplikasi saham seperti ini, kita juga bisa melihat berbagai data pendukung untuk melakukan investasi, seperti data Price Earning Ratio (PER) saham, Price Book Value (PBV), nilai market cap, hingga juga ada berbagai update berita terkini seputar emiten yang bersangkutan, ekonomi makro yang dapat memengaruhi pergerakan saham, sampai seluk beluk bursa efek juga.

Selain itu, untuk aplikasi tertentu, kita juga bisa mendapatkan berbagai rekomendasi saham, juga bisa mengecek live indeks saham gabungan.

Jadi, setuju kan, kalau dibilang aplikasi saham bisa jadi merupakan superapp? Memang lengkap banget, soalnya.

Kamu sudah tahu belum, bahwa ada beberapa jenis aplikasi saham yang dapat kita manfaatkan?

Cara Bermain Saham agar Cepat Meraih Keuntungan untuk Pemula

Beberapa Jenis Aplikasi Saham yang Bisa Dimanfaatkan

1. Aplikasi saham simulasi

Jenis aplikasi saham seperti ini cocok banget digunakan oleh investor saham pemula, lantaran di sini terdapat berbagai panduan dasar investasi dan trading saham. Mulai dari panduan cara membeli dan menjual saham, cara menganalisis perusahaan emiten, tahap-tahap transaksi, dan tak ketinggalan data realtime pergerakan harga saham, tentu saja.

Jika kamu baru saja memulai perjalananmu di pasar saham, ini adalah jenis aplikasi saham terbaik untukmu.

2. Aplikasi milik perusahaan sekuritas

Hampir seluruh perusahaan sekuritas sekarang sudah mengembangkan aplikasi saham, yang dapat langsung dipergunakan oleh nasabah untuk bertransaksi saham dengan mudah.

Menjual dan membeli saham jadi gampang banget, kayak main media sosial saja. Scroll-scroll, pilih saham yang sesuai dengan analisis yang sudah dilakukan, dan langsung klik ‘beli’.

3. Aplikasi saham sekaligus komunitas online

Ada aplikasi saham yang memungkinkan kita sebagai pengguna untuk bisa langsung berinteraksi juga dengan pengguna yang lain, untuk saling bertukar ilmu dan sharing soal saham.

Hal ini akan sangat membantu kamu ya, karena kadang kita bisa “mencuri ilmu” dari para senior di dunia saham secara praktisnya dari forum-forum yang ada dalam aplikasi seperti ini.

4. Aplikasi saham milik bank

Sejumlah bank juga mengembangkan aplikasi mobile banking yang selain bisa dipergunakan untuk menabung, transfer antarbank, dan berbagai layanan perbankan lain, juga bisa dimanfaatkan untuk membayar tagihan transaksi saham.

Meski demikian, aplikasi saham milik bank ini masih belum bisa dipakai untuk memantau pergerakan harga, lantaran rata-rata belum bisa menghadirkan data realtime-nya.

Nah, ternyata banyak ya, jenis aplikasi saham itu?

Yes, memang harus kita akui sih, bahwa aplikasi saham online seperti ini adalah salah satu penemuan terevolusioner di dunia investasi saham. Buktinya, dengan segala hal kemudahannya, kepraktisannya, dan kecepatannya, jumlah investor saham semakin bertambah kan?

Lalu, bagaimanakah caranya memilih aplikasi saham terbaik? Yuk, simak sampai selesai.

Mau Mulai Main Saham? Kenali Ragam Risikonya!

Cara Memilih Aplikasi Saham Terbaik

1. Mudah pembukaan akunnya

Setiap orang pasti penginnya sesuatu yang praktis dan memudahkan, begitu juga dengan aplikasi saham. Jadi, pilihlah aplikasi saham terbaik yang memudahkanmu saat mulai membuka akun.

Kebijakan ketentuan pembukaan akun memang bisa berbeda antara satu aplikasi saham dengan yang lainnya, karenanya ada baiknya kamu sesuaikan dengan kondisi kamu. Misalnya saja, ada yang meminta verifikasi data diri dengan video call, ada pula yang cukup dengan selfie bersama identitas diri. Ada yang perlu mengirimkan foto halaman pertama buku tabungan, ada yang tak mensyaratkan.

Pilihlah yang paling mudah untukmu. Lebih cepat kamu dapat membuka akun, akan lebih baik jadinya juga.

2. Cek berbagai syarat dan ketentuannya

Setelah pembukaan akun, ada juga berbagai syarat dan ketentuan yang harus dicermati. Misalnya saja, ada aplikasi saham yang menetapkan deposit minimal dulu untuk bisa bertransaksi saham, tetapi ada juga yang menetapkan Rp0 sebagai deposit awal, alias enggak ada batas minimum.

Nah, hal-hal seperti ini juga patut menjadi pertimbangan kamu juga dalam memilih aplikasi saham terbaik untukmu.

3. Cek fiturnya

Berbagai fitur yang disediakan oleh aplikasi saham terbaik juga patut menjadi pertimbangan.

Misalnya saja, untuk lebih memudahkanmu untuk melakukan diversifikasi—dan lebih efisien juga—kamu memilih aplikasi yang selain bisa dipakai untuk trading saham, juga bisa kamu manfaatkan untuk berinvestasi reksa dana.

Atau, kamu juga bisa memilih aplikasi yang memiliki fitur autotrading, karena kamu merasa tak memiliki waktu untuk memantau pergerakan harga saham setiap harinya.

Sesuaikan dengan kebutuhanmu ya. Aplikasi saham terbaik tak hanya berarti fiturnya lengkap, tetapi akan lebih baik jika punya fitur yang benar-benar sesuai dengan kebutuhanmu dan bisa kamu manfaatkan dengan optimal.

Begini Cara Memilih Aplikasi Saham Terbaik

4. Cek rekam jejaknya

Cek rekam jejak aplikasi saham tersebut, baik melalui pencarian Google maupun media sosial. Banyak sedikitnya komplain yang sering mampir dari pengguna, ataupun bagaimana tingkat potensi masalah yang sering terjadi, seharusnya juga menjadi pertimbanganmu dalam memilih aplikasi saham terbaik.

Jangan sampai malah kamu terlibat dengan aplikasi saham abal-abal yang malahan dapat merugikanmu.

5. Pastikan punya customer service yang helpful

Customer service yang helpful akan dapat membantumu dengan baik, sampai masalahmu selesai, sehingga aktivitas investasi dan trading-mu pun lancar. Pastikan CS-nya mudah dihubungi, dan dapat memberikan respons cepat.

Nah, bagaimana? Apakah kamu sudah menemukan aplikasi saham terbaik yang sesuai dengan kebutuhanmu, seperti tip-tip yang sudah ditulis di atas?

Ingat ya, instrumen investasi memang ada banyak. Namun, kebutuhan setiap orang berbeda. Karena itu, antara instrumen yang ada dan kebutuhan haruslah disesuaikan. Apa yang cocok dilakukan oleh orang lain, belum tentu cocok juga kamu lakukan.

Begitu juga dengan saham. Untuk temanmu, bisa saja portofolionya berkembang dengan baik dengan berbagai koleksi saham sektor teknologi, misalnya. Sedangkan kamu, belum tentu cocok untuk berinvestasi di saham teknologi. Mungkin kamu lebih cocok untuk berinvestasi di saham blue chip.

Hal-hal seperti ini bisa kamu ketahui dengan cara mengenali dirimu sendiri dan kebutuhanmu, dan kemudian mencari instrumen yang sesuai. Jika memang hendak berinvestasi di saham, pilihlah aplikasi saham terbaik yang bisa membantumu mengoptimalkan dana investasi sehingga hasilnya bisa diharapkan.

Jadi, investasi saham kamu sudah tepat belum?

Semoga artikel ini bermanfaat.

Apabila kamu tertarik untuk belajar investasi dan membutuhkan informasi lain mengenai dunia investasi, silakan bergabung dengan academy Ternak Uang. Sebagai platform digital yang bergerak di bidang finansial, Ternak Uang menyediakan ribuan konten edukasi investasi dengan berbagai instrumen bagi investor pemula.

Bagikan Via

Share on facebook
Share on linkedin
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp