Aplikasi Belajar Saham Terbaik di Android untuk Meningkatkan Keterampilan Investasi dan Trading Saham Kamu

Share on facebook
Share on linkedin
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Aplikasi Belajar Saham Terbaik di Android untuk Meningkatkan Keterampilan Investasi dan Trading Saham Kamu

Aplikasi belajar saham biasanya dicari oleh kamu yang lagi mulai menjajaki dunia pasar modal. Hal ini adalah pertanda bagus ya, karena dengan mau belajar dulu, berarti kamu sadar bahwa kamu harus punya bekal ilmu sebelum benar-benar terjun menjadi investor ataupun trader saham.

Memang tak bisa dimungkiri, bahwa saham merupakan instrumen yang menawarkan potensi keuntungan yang besar. Namun, seiring dengan profit besarnya, risiko yang bisa terjadi juga cukup tinggi.

So, sebelum benar-benar melakukan investasi saham, dan juga trading, ada baiknya untuk belajar lebih banyak mengenai seluk beluk saham ini. Dengan belajar saham terlebih dulu, kita nantinya pun bisa mengelola potensi risiko dengan lebih baik, dan kemudian bisa mengatur strategi untuk memaksimalkan peluang keuntungan yang bisa didapatkan.

Syukurlah perkembangan teknologi dewasa ini sangat memudahkan bagi siapa pun untuk mulai belajar saham. Nggak perlu susah-susah, tinggal bermodalkan smartphone dan kuota yang cukup, kamu bisa mendapatkan banyak ilmu dari aplikasi belajar saham. Semua bisa gratis diakses dengan mengunduhnya dari PlayStore untuk smartphone Android.

TUToring: Memahami Laporan Keuangan 101

Aplikasi Belajar Saham di Android yang Bisa Kamu Coba

1. RTI Business

Aplikasi belajar saham berikutnya ini terkenal di kalangan investor dan trader senior lantaran fiturnya yang cukup lengkap, yang bisa dimanfaatkan semaksimal mungkin untuk memantau kurs, data keuangan, charts, berita emiten, hingga kondisi indeks harga saham terbaru. Biasanya aplikasi ini dipakai untuk menganalisis laporan keuangan dan memperhitungkan ROI.

Aplikasinya sendiri berukuran mini, sehingga tak membebani smartphone, dan sangat mudah dioperasikan.

Memiliki rating 4.7, aplikasi belajar saham ini sudah diunduh oleh lebih dari 1 juta pengguna.

Selain RTI Business, juga ada RTI Analytics, yang bisa dibilang sebagai versi ‘expert’ dari RTI Business. Fiturnya lebih lengkap, dengan chart dan grafik yang lebih akurat serta detail.

2. Stockbit

Aplikasi belajar saham berikutnya ini juga memungkinkanmu untuk latihan lewat virtual trading secara real time. Simulatornya terdiri atas perusahaan publik yang sudah terdaftar di Bursa Efek Indonesia, sehingga bisa tampak cukup realistis.

Selain itu, Stockbit juga punya komunitas saham yang cukup besar, yang bisa kamu manfaatkan untuk mencuri ilmu dari para senior trader dan investor. Setelah melakukan simulasi transaksi saham, kamu bisa langsung mempraktikkannya juga di aplikasi yang sama.

Stockbit memiliki rating 4.3, dan sudah diunduh 1 juta pengguna.

Apa itu Saham Preferen? Berikut Penjelasan Lengkapnya!

3. Stock Trainer

Stock Trainer adalah aplikasi belajar saham yang memungkinkanmu untuk melakukan simulasi trading saham, sebelum benar-benar melakukannya. Telah diunduh oleh lebih dari 1 juta user, aplikasi belajar saham satu ini mendapatkan rating 4.4 bintang di PlayStore.

Stock Trainer merupakan aplikasi belajar saham untuk virtual trading, maka Stock Screener adalah aplikasi yang bisa kamu pakai untuk menelusuri pergerakan saham tertentu, berdasarkan pola candlestick, volume, harga, jenis, dan sebagainya. Rating Stock Screener adalah 4.1, dan sudah diunduh oleh 100.000 user lebih.

Kedua aplikasi ini menggunakan saham-saham luar negeri ya.

4. StockMarketSim

Aplikasi belajar saham berikutnya adalah StockMarketSim, yang menyediakan fitur simulasi jual beli saham perusahaan Indonesia dan luar negeri. Kamu juga bisa memantau pergerakan harganya secara virtual real time. Aplikasi ini memberikan ‘modal’ yang lebih besar untuk disimulasikan dibandingkan aplikasi yang lain, yaitu mulai dari Rp10 miliar.

StockMarketSim memiliki rating 4.6, dan sudah diunduh oleh 100.000 pengguna lebih.

7 Website untuk Belajar Main Saham

5. Trader Trainer

Trader Trainer merupakan aplikasi belajar saham berikutnya yang bisa kamu coba. Cara kerjanya mirip dengan StockMarketSim, tetapi tanpa tutorial. Di sini, kamu bisa mempelajari bagaimana pasar modal bergerak, dan juga menganalisis chart saham yang kamu miliki, berdasarkan historical charts yang aktual.

Nggak cuma oke digunakan oleh kamu yang sedang belajar saham, aplikasi ini juga sering dimanfaatkan oleh para trader senior untuk mengetes strategi mereka, sebelum akhirnya benar-benar diterapkan di pasar modal yang sesungguhnya.

Untuk melakukannya, kamu akan diberi modal USD 25.000, atau kira-kira setara dengan Rp350 juta.

Trader Trainer diberi rating 4.5, dan sudah diunduh oleh 100.000 pengguna lebih.

6. Best Brokers: Stock Simulator

Dengan dana awal sebesar USD 25.000, kamu bisa mulai melakukan simulasi investasi dan trading saham dengan lebih dari 60.000 saham realtime, yang dijual di bursa saham internasional seperti Nasdaq, DAX, TEC, dan sebagainya.

Best Brokers memiliki rating 4.4, dan aplikasi belajar saham satu ini sudah digunakan oleh lebih dari 1 juta user.

Aplikasi Belajar Saham Terbaik di Android untuk Meningkatkan Keterampilan Investasi dan Trading Saham Kamu

7. Invstr: Play. Learn. Invest

Kalau kamu menggunakan aplikasi belajar saham yang satu ini, tak hanya saham saja yang bisa kamu pelajar, tetapi juga kripto dan ETF juga. Saham yang disediakan adalah dari 1000 lebih emiten pasar modal luar negeri, seperti dari Wall Street, Nikkei, dan sebagainya.

Modal yang diberikan untuk pengguna sebesar USD 1 juta, dan kamu bisa ‘berkompetisi’ dalam Fantasy League dengan pengguna lain untuk meraih leaderboard, untuk memenangkan sejumlah hadiah menarik. Legit kan?

Invstr memiliki rating 4.3 di PlayStore, dan sudah diunduh oleh 500 ribu lebih pengguna.

8. Ternak Uang

The last but very not least, kamu perlu juga untuk memanfaatkan aplikasi belajar saham yang disediakan oleh Ternak Uang, platform digital nomor satu untuk membantu kamu belajar berinvestasi.

Di aplikasi ini ada puluhan modul komprehensif yang bisa kamu manfaatkan untuk belajar lebih banyak. Tak hanya soal saham, tetapi juga berbagai topik keuangan lainnya. Juga ada watchlist analisis saham yang bisa kamu pantau, serta ada kurasi berita saham pilihan setiap harinya.

Nah, untuk bisa memanfaatkan berbagai fitur dan menikmati semua kontennya, kamu harus mendaftar dulu untuk menjadi member Ternak Uang. Yuk, segera daftar dan unduh aplikasinya ya, supaya perjalanan investasi dan trading saham kamu bisa lebih lancar dan menghasilkan cuan lebih banyak.

Apabila kamu tertarik untuk belajar investasi dan membutuhkan informasi lain mengenai dunia investasi, silakan bergabung dengan academy Ternak Uang. Sebagai platform digital yang bergerak di bidang finansial, Ternak Uang menyediakan ribuan konten edukasi investasi dengan berbagai instrumen bagi investor pemula.

Bagikan Via

Share on facebook
Share on linkedin
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp