5 Jenis Aplikasi Belajar Investasi, Manfaatkan Sesuai Kebutuhanmu!

Share on facebook
Share on linkedin
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
5 Jenis Aplikasi Belajar Investasi, Manfaatkan Sesuai Kebutuhanmu!

Buat kamu yang masih dalam tahap pemula, didukung oleh aplikasi belajar investasi yang tepat adalah koentji. Ibaratnya, kamu harus punya partner belajar sekaligus mentor, sekaligus tempat praktik, yang bisa dipercaya, agar kemampuan berinvestasimu semakin terasah. Setuju kan?

Nah, kehadiran aplikasi yang seperti ini—belakangan—begitu marak di Indonesia. Kamu bisa menemukannya banyak berseliweran di Google, ataupun di media sosial. Hanya saja, tak semua bisa menjadi media belajar investasi yang tepat.

Apalagi, jenisnya juga banyak, yang seharusnya memang kamu sesuaikan dengan kebutuhan investasi yang muncul. Pasalnya, instrumen investasi sendiri juga begitu beragam, dan nggak semua aplikasi mampu mengakomodasinya.

Jadi, mau belajar investasi apa nih? Reksa dana? Saham? P2P Lending? Emas? Yes, masing-masing punya aplikasi belajar investasi sendiri-sendiri loh. Yuk, kita lihat satu per satu.

Aplikasi Belajar Saham Terbaik di Android untuk Meningkatkan Keterampilan Investasi dan Trading Saham Kamu

Aplikasi Belajar Investasi Reksa Dana

Reksa dana bukan merupakan instrumen investasi yang sulit untuk dipelajari. Peran manajer investasilah yang membuatnya demikian. Namun, ini bukan berarti lantas membuatmu terus malas untuk belajar lebih banyak.

Justru, dengan kamu belajar investasi reksa dana secara mendalam, kamu bisa mengoptimalkan perkembangan dana investasi dengan lebih baik, karena bisa memanfaatkan berbagai keuntungan yang ditawarkan.

Pada dasarnya, setiap manajer investasi pastilah sudah profesional menangani begitu banyak dana kelolaan investor. Selain mengelola, mereka juga diwajibkan untuk memberikan laporan kinerja secara rutin. Tapi tentu, selalu ada yang terbaik di antara yang baik.

Berikut adalah aplikasi belajar investasi reksa dana yang bisa kamu pertimbangkan:

Bibit

Bibit memang baru hadir pada 2018. Namun, kini sudah diunduh oleh lebih dari 5 juta pemakai, dengan rating rata-rata 4.6 di PlayStore. Aplikasi belajar investasi ini sangat ramah bagi pemula yang penasaran pengin mengembangkan dana melalui reksa dana.

Manajer investasi yang bergabung di Bibit juga banyak sekali, sehingga akan memudahkanmu untuk memilih, mana yang paling sesuai dengan kebutuhanmu. Tak perlu khawatir bingung, karena ada robo advisor di aplikasi ini, yang bisa membantumu meracik produk sehingga dapat memenuhi kebutuhan sekaligus sesuai dengan profil risiko.

Bareksa

Bareksa merupakan perusahaan fintech pertama yang memiliki izin untuk menjual produk reksa dana yang pertama dari OJK. Dengan demikian, tak perlu merasa khawatir lagi akan reputasinya.

Bareksa bisa diibaratkan sebuah marketplace, khusus untuk produk reksa dana, yang sudah beroperasi sejak 2015.

Aplikasi belajar investasi ini tak hanya memudahkan investor untuk memulai perjalanan investasi dengan user friendly UI/UX design-nya. Di dalamnya, ada fitur simulator, robo advisor, berbagai laporan kinerja dan fund fact sheet yang lengkap dari puluhan manajer investasi, hingga berbagai tip investasi sebagai bahan kamu belajar investasi lebih dalam.

Belajar Investasi Reksa Dana: 5 Langkah Mudah Membaca Fund Fact Sheet

Aplikasi Belajar Investasi Emas

Investasi emas tetap diminati, meskipun zaman sudah semakin modern. Sifatnya yang cukup tahan banting terhadap krisis, menjadikannya sebagai safe haven bagi investor. Meski terlihat cukup mudah, kamu juga perlu loh belajar investasi emas dengan baik, agar hasilnya nanti bisa optimal.

Pegadaian

Tak hanya sebagai tempat untuk menggadaikan aset, Pegadaian—sebagai perusahaan milik negara—juga menyediakan layanan investasi emas. Cabangnya banyak, dan juga menyediakan aplikasi belajar investasi emas yang cukup mudah dioperasikan oleh pemula, yakni Pegadaian Digital.

Di aplikasi ini, kamu bisa membuka rekening khusus tabungan emas, lalu sedikit demi sedikit mengumpulkan aset logam mulia ini mulai Rp50.000 saja.

Cukup terjangkau kan? Seiring waktu, kamu semakin berpengalaman berinvestasi, dan akan bisa membuat rutinitas menabung emas, sehingga sedikit demi sedikit asetmu akan berkembang.

Cara Belajar Saham untuk Pemula Agar Segera Siap Mengais Cuan

Aplikasi Belajar Pengembangan Dana P2P Lending

Pengembangan dana di P2P Lending juga bisa menjadi pilihan instrumen yang dipelajari pemula. Imbalnya sangat menarik, sekaligus kamu bisa membantu UMKM, khususnya, untuk memberikan pendanaan modal bisnis.

Sangat menjanjikan, mengingat banyak UMKM yang tidak dapat terlayani dengan baik jika mengajukan pinjaman modal ke institusi bank konvensional, dan P2P Lending bisa jadi alternatif solusi secara mutualisme.

Saat ini ada banyak sekali platform P2P Lending yang bisa jadi pilihan aplikasi belajar investasi, tetapi kamu harus waspada juga akan banyaknya platform ilegal, yang tidak diawasi oleh OJK.

Beberapa platform fintech P2P Lending legal yang bisa kamu coba misalnya Investree, Koinworks, Amartha, Akseleran, dan sebagainya.

TUToring: 3 Trading Strategy yang Perlu Kamu Ketahui

Aplikasi Belajar Investasi Saham

Saham adalah instrumen investasi yang semakin populer saat ini. Berupa surat berharga bukti kepemilikan terhadap sebuah perusahaan, saham dapat disimpan untuk didapatkan keuntungannya dalam jangka panjang, juga dapat diperdagangkan dalam durasi pendek-pendek sebagai komoditas trading.

Beberapa aplikasi belajar investasi saham yang bisa kamu manfaatkan misalnya:

Stockbit

Aplikasi belajar investasi saham yang pertama ini menyediakan fitur virtual trading yang memungkinkanmu untuk melakukan simulasi jual beli saham sebelum benar-benar melakukannya di bursa. Dengan demikian, kamu bisa menguji dulu, apakah pembelian saham kamu benar-benar sesuai dengan rencana, atau perlu diulik lagi.

Komunitas sahamnya juga cukup besar, sehingga bisa membantumu untuk belajar langsung dari mereka yang sudah lebih berpengalaman.

IPOT

Aplikasi belajar investasi saham IPOT juga merupakan salah satu platform yang populer sekarang, dengan pemakai aplikasi sudah lebih dari 1 juta orang, dengan rating 3.8.

Di sini, kamu bisa menemukan berbagai chart yang bisa membantumu membuat analisis dengan tepat. Tak hanya itu, juga ada berbagai berita seputar dunia keuangan dan ekonomi, terutama yang berkaitan dengan emiten-emiten saham, yang wajib juga untuk disimak.

5 Jenis Aplikasi Belajar Investasi, Manfaatkan Sesuai Kebutuhanmu!

Aplikasi Belajar Investasi Segalanya

Aplikasi belajar investasi terakhir adalah platform yang memungkinkanmu belajar segala macam instrumen investasi, mulai dari reksa dana sampai crypto. Betul, aplikasi milik Ternak Uang.

Sudah diunduh oleh 100.000 orang, aplikasi ini juga memberikan banyak modul keuangan, mulai dari perencanaan keuangan, asuransi, investasi, dan masih banyak lagi.

Kamu tinggal mendaftar saja sebagai member untuk berbagai opsi periode, dan kamu bisa mengakses banyak hal untuk menemanimu belajar investasi secara mendalam.

Nah, tertarik?

Yuk, bergabung ke grup discord Ternak Uang! Di sana banyak insight seputar dunia keuangan dan investasi! Gratis loh, bakalan bermanfaat banget untuk menambah pengetahuan kamu.

Bagikan Via

Share on facebook
Share on linkedin
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp