10 Pertanyaan tentang Investasi yang Paling Sering Ditanyakan oleh Masyarakat

Share on facebook
Share on linkedin
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
10 Pertanyaan tentang Investasi yang Paling Sering Ditanyakan oleh Masyarakat

Sebagai investor pemula, adalah wajar jika kamu punya banyak pertanyaan tentang investasi. Maklum, rasa penasarannya pasti tinggi. Pengin buru-buru juga bisa paham cara kerja investasi, sampai bisa menghasilkan keuntungan.

Berikut ini adalah 10 pertanyaan tentang investasi yang paling sering ditanyakan oleh mereka yang baru mulai berkenalan dengan investasi, ataupun yang masih awam. Barangkali salah satunya adalah pertanyaanmu juga? Yuk, kita cek.

10 Pertanyaan tentang Investasi dan Jawabannya

1. Bagaimana cara mulai belajar investasi saham?

Zaman sekarang, mau belajar apa saja bisa dilakukan dengan mudah. Gratis ada, berbayar pun ada—dan terjangkau pula. Untuk belajar investasi saham, kamu bisa:

  • Baca-baca konten, misalnya artikel, postingan media sosial, atau bisa juga baca-baca buku tentang saham.
  • Nonton video-video di YouTube yang gratisan, ada juga video yang berbayar yang bisa kamu tonton di berbagai platform—yang pastinya pembahasannya akan lebih mendalam ketimbang YouTube.
  • Ikut kelas online atau offline, seperti Ternak Uang yang punya berbagai modul dan kelas yang bisa diikuti oleh siapa saja, level pemula hingga advanced.

Kalau ada pertanyaan mengenai investasi seperti ini, pasti dijawab dengan banyak cara, tapi tahukah kamu apa yang penting? Betul, praktik! Pasalnya, guru yang paling baik adalah pengalaman. Jadi, segera mulai saja investasi saham kamu, dan belajar sambil jalan. Mulailah dari modal kecil, agar risiko juga bisa ditekan.

Artikel yang bisa kamu baca di blog ini terkait belajar investasi saham:

2. Mengapa masih banyak masyarakat yang tertipu investasi tidak jelas sumber dana dan pengelolaannya, alias investasi bodong?

Bisa jadi, hal tersebut merupakan akibat dari kurangnya literasi keuangan masyarakat Indonesia, sehingga tak bisa mengenali aksi tipu-tipuan oknum yang ingin memanfaatkan situasi. Iming-iming yang ditawarkan oleh para penyelenggara investasi bodong ini sangat menggiurkan, sehingga orang yang masih awam bisa dipastikan akan tergoda. Padahal, jika dicermati dengan saksama, banyak yang tak masuk akal dari penawarannya.

Nah, inilah bukti bahwa pengetahuan mengenai investasi memang masih rendah, sehingga pertanyaan investasi bodong seperti ini memang banyak sekali.

Faktanya, literasi keuangan merupakan salah satu literasi dasar yang wajib dimiliki oleh setiap orang yang ingin menjaga kualitas hidup menjadi lebih baik ke depannya. Literasi dasar lainnya adalah literasi baca tulis, numerasi, sains, digital, dan budaya. Tanpa memiliki keenam literasi dasar, dipercaya kita akan kesulitan surviving.

6 Tip Jual Beli Saham agar Keuntungan Maksimal

3. Apa investasi yang menguntungkan untuk saat ini?

Jika ini adalah pertanyaan tentang investasi yang ada di benakmu, maka jawabannya adalah investasi yang sesuai dengan kemampuan, kebutuhan, dan profil risikomu.

Setiap orang punya kebutuhan yang berbeda, juga dengan kondisi, kemampuan, dan profil risiko yang berbeda. Sedangkan, instrumen investasi ada banyak sekali jenisnya, dari yang berisiko tinggi berimbal besar sampai yang berisiko rendah berimbal sepadan pula.

Kamu akan bisa mendapatkan keuntungan yang optimal, jika kamu bisa menyesuaikan kebutuhan, kemampuan, dan profil risiko dengan karakteristik investasi yang ada, dengan memperhitungkan target dan jangka waktunya.

4. Apakah berinvestasi di reksa dana itu menguntungkan?

Kembali lagi pada kebutuhan dan tujuanmu dalam berinvestasi. Jika kamu hendak berinvestasi dalam jangka panjang—misalnya lebih dari 10 tahun—untuk nominal Rp3 miliar, berinvestasi di reksa dana pasar uang tidak akan optimal.

Mengapa? Karena tingkat imbal reksa dana pasar uang sepadan dengan tingkat risikonya yang juga relatif rendah, karena alokasi investasi mayoritas akan ada pada produk-produk pasar uang.

Untuk tujuan keuangan jangka panjang, akan lebih optimal untuk memanfaatkan reksa dana saham, karena tingkat imbal yang tinggi, tetapi kamu juga harus bersiap dengan risiko yang juga tinggi.

Jadi, kembali lagi kebutuhan kamu, dan tujuan keuanganmu.

Cara Investasi Saham bagi Mahasiswa sebagai Investor Pemula

5. Apa tip untuk pemula dalam investasi saham jangka panjang?

Jika kamu mengajukan pertanyaan tentang investasi ini kepada Warren Buffett, maka bisa jadi akan diberi jawaban seperti berikut:

  • Berinvestasilah pada bisnis perusahaan yang kamu pahami
  • Jika kamu tidak berpikir untuk memiliki saham selama sepuluh tahun, jangan pernah berpikir untuk memilikinya selama sepuluh menit.
  • Diversifikasi dengan cermat
  • Ketahui dengan pasti perbedaan harga dan nilai
  • Dengarkan mereka yang kamu kenal dan percayai

Selengkapnya, kamu bisa membaca artikel Belajar Saham dari Warren Buffett untuk Investasi Jangka Panjang ini.

6. Apakah investasi saham itu judi?

Pertanyaan tentang investasi satu ini memang acap muncul. Ya, memang, keduanya sering disamaartikan, padahal keduanya berbeda jauh. Ada beberapa hal yang membuat saham dan judi dirancukan, yaitu:

  • Tidak ada pertukaran bentuk fisik barang dan uang
  • Banyak orang yang berinvestasi saham seperti berjudi, karena alih-alih melakukan analisis mendalam, mereka justru berspekulasi, yang kemudian berakhir dengan merugi.

Investasi saham jika dilakukan dengan benar sesuai tujuan, kebutuhan, dan kemampuan bukan merupakan judi, justru bisa membantu kita meningkatkan kualitas hidup ke depannya.

Karena itu, yuk, belajar investasi saham lebih mendalam, dan tidak melakukan trading saham seperti layaknya orang berjudi.

10 Pertanyaan tentang Investasi yang Paling Sering Ditanyakan oleh Masyarakat

7. Investasi apa yang bisa dilakukan dengan modal kecil?

Ada beberapa instrumen investasi yang bisa dilakukan dengan modal kecil, misalnya:

  • Investasi reksa dana, bisa mulai dengan Rp100.000. Bahkan ada juga manajer investasi yang menawarkan mulai investasi dengan Rp10.000 lo! Terjangkau banget kan, bahkan oleh pelajar sekalipun.
  • Mengembangkan dana di P2P Lending, yang juga bisa dimulai dengan Rp100.000.
  • Investasi saham juga bisa dimulai dengan Rp100.000, karena minimal pembelian saham adalah 1 lot, yang artinya 100 lembar saham. Jika kamu bisa menemukan saham dengan harga maksimal Rp1.000 per lembarnya, kamu bisa mulai sekarang juga kan? Banyak kok, saham yang bagus dengan harga di bawah Rp1.000/lembar. Kamu hanya perlu mengerjakan PR-mu: lakukan analisis baik teknikal maupun fundamental terhadap saham incaranmu itu, sebelum benar-benar membelinya.

8. Apakah crypto aman untuk diinvestasikan jangka panjang?

Pertanyaan tentang investasi ini muncul, karena crypto saat ini memang sedang populer sekali, dan dengan kenaikan nilai yang menggiurkan, wajar jika siapa pun menjadi tergoda untuk ikut berinvestasi. Crypto bisa jadi opsi instrumen investasi jangka panjang, tetapi mengingat volatilitasnya yang tinggi, maka kamu perlu memilih yang fundamentalnya benar-benar bagus.

Lakukan riset, dan analisis dengan cermat ya.

9. Kapan sebaiknya seseorang mulai berinvestasi?

Seperti saat ditanya kapan waktu terbaik menanam pohon, maka jawabannya adalah 20 tahun yang lalu. Itu artinya, semakin dini kita mulai berinvestasi, akan semakin baik hasilnya. Investasi adalah sebuah proses, dan dalam proses itu waktu merupakan teman terbaik kita.

Jawaban terbaik kedua adalah saat ini juga. Jadi, yuk, berinvestasi sekarang, jangan ditunda lagi!

Investor Saham Bertambah, Ini Tip Agar Bisa Konsisten

10. Bagaimana mengenali investasi bodong?

Sebenarnya cukup mudah, jika memang kamu sudah waspada sedari awal. Biasanya akan tampak tanda-tanda seperti:

  • Menawarkan jaminan imbal yang teratur
  • Imbal yang sangat atau terlalu besar
  • Zero risk, alias tanpa risiko
  • Cara kerja yang rumit, yang bahkan sulit dipahami dari mana investor akan mendapatkan imbalnya
  • Tidak ada dalam daftar perusahaan atau usaha resmi yang diawasi oleh OJK

Nah, itu dia pertanyaan tentang investasi yang biasanya dilontarkan oleh masyarakat umum. Apakah pertanyaanmu sudah terwakilkan, dan apakah jawabannya sudah memuaskan?

Atau kamu ada pertanyaan tentang investasi lainnya? Atau jawaban yang disediakan kurang memuaskanmu?

Jangan khawatir, kamu bisa kok mengajukan pertanyaan tentang investasi, dan seputar keuangan lainnya, di situs community Ternak Uang. Download aplikasinya, dan bergabung bersama ribuan orang lain yang sudah tergabung di dalamnya.

Bagikan Via

Share on facebook
Share on linkedin
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp