Cara Bermain Saham agar Cepat Meraih Keuntungan untuk Pemula

Share on facebook
Share on linkedin
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Cara Bermain Saham agar Cepat Meraih Keuntungan untuk Pemula

Ada yang bilang, bahwa trading saham itu nggak setiap orang bisa melakukannya. Stock trading is not for everyone. Ini tak lepas dari begitu tingginya risiko yang harus bisa dihadapi. Karenanya, kalau kamu memang ingin meraih keuntungan, maka kamu harus tahu cara bermain saham yang benar. Apalagi jika kamu masih pemain pemula.

Jika kamu tahu cara kerjanya, tahu aturan mainnya, maka saham bisa jadi salah satu instrumen yang dapat mendatangkan keuntungan besar untukmu. Bisa ratusan kali lipat dari modal yang sudah kamu keluarkan. Namun, jika strategi trading kamu keliru, kamu juga bisa rugi berkali-kali lipat.

Ada banyak strategi yang memang bisa dipilih oleh trader, tetapi untuk pemula, tentu harus tak boleh gegabah. Kadang di sinilah kesalahannya, lantaran sudah cepat-cepat pengin meraih cuan. Terburu-buru bisa membuat kita kurang berhati-hati loh. Jangan karena sudah cuan sekali, kamu langsung anggap yang berikutnya pasti cuan berlipat kali juga. Belum tentu.

Inilah yang sering terjadi. Maka tak jarang trader pemula menyerah kalah, padahal belum jauh dari garis start.

So, harus gimana dong? Kalau kamu pemain pemula, dan pengin serius mendalami dunia trading saham, coba ikuti beberapa step cara bermain saham berikut ini.

Saham LQ45: Pengertian dan Kriterianya

7 Langkah Cara Bermain Saham untuk Pemula agar Segera Meraih Keuntungan

1. Pilih Perusahaan Sekuritas yang Bereputasi

Untuk bisa mulai bermain saham, kamu sudah pasti harus punya akun di perusahaan sekuritas, selakui broker sahamnya.

Pilihlah perusahaan sekuritas yang bereputasi baik:

  • Terdaftar resmi di Bursa Efek Indonesia
  • Pastikan rekam jejaknya bersih
  • Syarat dan ketentuan pembukaan rekening yang mudah dan praktis
  • Pilih yang memberlakukan biaya transaksi kecil
  • Punya analis yang kompeten, sering diundang untuk kelas publik atau menjadi narasumber
  • Didukung fitur/aplikasi online, supaya lebih gampang bertransaksi
  • Punya fasilitas margin trading, yaitu sejenis kredit tetapi untuk investor
  • Menyajikan data realtime.

Perusahaan sekuritas akan menjadi “partner” dan rekan bisnis untukmu saat sudah melakukan trading. So, kamu memang harus cermat dalam memilihnya. Cari informasi sebanyak-banyaknya, karena bisa jadi satu sekuritas belum tentu cocok untuk kamu dan orang lain. Karena masing-masing trader bisa jadi punya strategi trading yang berbeda.

2. Belajar Analisis dan Terapkan

Ada 2 jenis analisis yang bisa kamu lakukan sebagai cara bermain saham untuk menghasilkan keuntungan, yaitu analisis fundamental dan analisis teknikal.

Mudahnya, analisis fundamental akan berfokus untuk menganalisis kesehatan dan reputasi perusahaan penerbit saham yang kamu incar. Kamu akan banyak mendalami bagaimana si perusahaan menjalankan bisnis, meneliti laporan keuangan, sampai mengamati bagaimana pasarnya bergerak.

Sedangkan analisis teknikal akan lebih banyak menganalisis dari sisi historis pergerakan saham. Kamu akan dituntut untuk lebih banyak membaca grafik, mengamati pergerakan pasar modal, dan printilan-printilannya.

Apakah kamu harus menguasai kedua teknik analisis tersebut? Sebaiknya sih iya. Tapi tenang, kamu tak perlu langsung piawai semuanya sekaligus. Pelajari satu per satu, setiap hari, dengan disiplin.

Sukses Besar! Berikut 10 Tokoh Investor Saham Terkaya di Dunia

3. Tentukan Modal dan Bujet

Meskipun kamu berbakat trading saham, dan tahu banget bagaimana cara bermain saham yang baik, melakukan trading tanpa menentukan limit alokasi portofolio akan menjadi tindakan yang berisiko cukup tinggi. Berisiko terhadap apa? Volatilitas.

Tanpa limit, saat pasar goyang, bisa jadi dana tabungan bisa ikut tersedot semua. So, adalah penting untukmu menentukan berapa modal yang akan kamu gunakan untuk melakukan trading, dan buat bujetnya.

Ingat:

  • Investasikan dana hanya sejumlah yang memang bisa kamu terima jika harus hilang.
  • Jangan gunakan dana yang akan segera kamu gunakan dalam waktu dekat, atau yang dialokasikan untuk membayar kewajiban dan kebutuhan pokok.
  • Kurangi 10%-nya jika kamu belum punya dana darurat.
  • Alokasikan 10% – 20% dari hasil yang akan kamu dapat dari trading untuk dana pensiun, sebelum kamu putar lagi.

4. Belajar Strategi

Begitu kamu sudah bisa buka rekening di sekuritas yang bereputasi baik dan juga sudah menentukan modal dan bujet, maka kamu bisa memulai trading.

Ada beberapa strategi yang harus kamu ketahui:

  • Market order: Beli atau jual saham segera ketika sudah mencapai harga yang dinilai paling optimal
  • Limit order: Beli atau jual saham pada saat sudah menyentuh target harga yang kamu tentukan.
Trading Saham Online Modal Kecil? Begini Caranya!

5. Hindari Hot Stocks

Cara bermain saham paling aman untuk pemula? Lebih baik hindari hot stocks!

Apa itu hot stocks? Yaitu saham-saham yang naik karena didukung “story” di luar pasar saham. Misalnya seperti apa?

Misalnya saja, saham farmasi di awal pandemi. Atau, saham-saham nikel ketika sedang panas-panasnya isu Elon Musk hendak berinvestasi di Indonesia. Atau, saham-saham infrastruktur ketika sedang dipompom oleh influencer.

Sebenarnya juga nggak apa-apa sih, kalau memang kamu pengin gabung di “pesta” seperti ini. Tetapi, kamu harus waspada penuh untuk memantau pasar, karena seperti yang bisa diduga, harga saham akan terlalu fluktuatif, mengikuti berbagai “story” yang diembuskan.

Kamu harus benar-benar responsif terhadap gerakan yang sangat kecil sekalipun, jika tak ingin kehilangan keuntungan bahkan berujung kerugian.

6. Pastikan Punya Jaring Pengaman yang Kuat

Ada 2 jaring pengaman yang harus kamu punya, dan harus diperkuat, yaitu:

  • Dana darurat, sesuaikan dengan pengeluaran bulananmu secara rutin.
  • Asuransi untuk aset, terutama kesehatan dan jiwa. Jika kamu adalah tulang punggung keluarga, maka asuransi jiwa adalah wajib kamu miliki.

Keduanya sangat penting, dan memiliki fungsi masing-masing, sehingga tak bisa saling menggantikan. Carilah cara dan berupayalah agar keduanya bisa aman, sebelum kamu mulai melakukan berbagai cara bermain saham.

Cara Bermain Saham agar Cepat Meraih Keuntungan untuk Pemula

7. Rajin-rajin Update dan Upgrade

Cara bermain saham bisa jadi akan berubah seiring perubahan zaman dan perkembangan kondisi. Terutama sih berkaitan dengan teknologi ya.

Kamu bisa lihat, zaman dulu, memang tak semua orang bisa trading saham. Sekarang, didukung dengan teknologi, siapa pun dimungkinkan untuk berburu keuntungan dari perdagangan saham. Mau belajar saham juga lebih gampang. Sumbernya ada di mana-mana, tinggal kembali kepada kita saja bagaimana memilahnya.

So, keep updating and upgrading diri kamu ya. Jangan capek untuk belajar cara belajar saham secara berkelanjutan.

Nah, demikian 7 langkah cara bermain saham untuk pemula yang bisa kamu lakukan. Semoga sukses, dan seiring waktu skill trading kamu  terasah, dan makin besar pula keuntungan bisa kamu dapatkan.

Bagikan Via

Share on facebook
Share on linkedin
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp